in

13 Browser Anti Blokir Yang Bisa Kalian Gunakan Untuk Berselancar di Dunia Internet

Browser anti blokir – Kebutuhan internet untuk saat ini memang sudah seperti kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan oleh manusia. Keberadaan akan internet banyak membantu manusia mendapatkan informasi hingga mempermudah berbagai macam jenis pekerjaan.

Hal tersebut memang sudah bisa kita rasakan untuk saat ini secara nyata. Di mana dengan adanya internet, kita sebagai pengguna bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi. Mulai dari informasi mendidik, menghibur dan konten yang mungkin bersifat dewasa atau larangan.

Keberadaan internet memang memberikan informasi secara bebas untuk kita konsumsi. Oleh karena itu, sebagai individu yang menggunakan internet secara bebas untuk dapatkan informasi juga harus jeli dalam memilih informasi yang didapatkan.

Sebab tak semua informasi yang ada di internet bisa kita cerna secara langsung. Harus kita pilah mana yang memang memberikan manfaat dan mana yang bersifat merugikan atau menghancurkan. Pemerintah juga sudah memberikan upaya dalam penanganan penyaringan di informasi yang ada di internet.

Bisa kita lihat saat ini sudah ada beberapa situs yang diblokir oleh pemerintah. Tentunya situs-situs tersebut juga memiliki alasan tersendiri kenapa mereka bisa diblokir. Namun, tak jarang para pengguna juga mencari celah untuk bisa melakukan akses terhadap situs-situs yang telah diblokir tersebut. Salah satunya dengan menggunakan browser anti blokir.

Rekomendasi Browser Anti Blokir

Pixabay.com/skylarvision

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika ada beberapa orang yang mencoba menggunakan browser anti blokir. Keberadaan browser anti blokir ini terbilang kerap membantu mereka untuk membuka beberapa situs yang statusnya telah diblokir di beberapa browser aman.

Nah, jika kalian sampai saat ini belum tahu apa saja browser anti blokir yang bisa digunakan, maka beberapa rekomendasi browser anti blokir yang ada di bawah ini bisa membantu.

1. Opera Browser

Bagi kalian yang kerap menjelajah dunia internet mungkin tidak asing dengan aplikasi browser yang begitu populer seperti Opera Browser. Opera Browser memberikan kemudahan penjelasan bagi para penggunanya secara lebih cepat bahkan ketika koneksi yang digunakan dalam kondisi lelet sekalipun.

Karena hal inilah Opera Browser juga menjadi aplikasi browser anti blokir yang banyak digunakan para pengguna. Opera Browser juga memiliki kemampuan untuk mengkompresi dan mengoptimalkan konten yang akan disajikan terlebih dahulu sebelum ditampilkan kepada para penggunanya.

Selain itu, Opera Browser juga menawarkan berbagai macam fitur unggal. Salah satunya adalah fitur pemblokir iklan yang membantu para pengguna untuk memuat halaman web menjadi lebih cepat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Karena hal inilah para pengguna Opera Browser tidak perlu melakukan unduhan aplikasi pemblokir iklan tambahan layaknya aplikasi browser lainnya. Lalu Opera Browser juga bisa menjamin keamanan dan melindungi privasi dari para penggunanya.

Bahkan kalian juga bisa mengunjungi halaman web di Opera Browser dengan aman dan privat jika memanfaatkan fitur private mode tanpa meninggalkan cookie maupun riwayat di smartphone kalian. Saat ini, Opera Browser sudah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna. Sedangkan untuk rating di Google Play, Opera Browser mendapatkan angka 4,3/5.

Mungkin bagi sebagian orang masih bingung untuk menggunakan Opera Browser. Namun, tenang, karena dengan buku Tip Trik Menggunakan Browser Opera, kamu akan lebih mudah menggunakan Opera Browser.

 

2. Tor Browser

Selanjutnya, ada The Onion Router atau lebih banyak dikenal sebagai Tor Browser. Tor Browser sendiri merupakan jaringan virtual yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan serta kerahasiaan dari sebuah data di internet. Browser ini akan membantu para penganutnya untuk melakukan pencarian di internet secara anonim.

Dilihat dari filosofinya, browser tersebut diberi nama Onion atau bawang karena skema yang digunakan memang terdiri dari banyak lapisan. Tentunya tujuan dari hal tersebut adalah sebagai persembunyian trafik atau identitas asli pengguna di internet.

Pada awalnya, jaringan Tor Browser dibuat khusus untuk membantu Angkatan Laut Amerika Serikat. Dimana keberadaan jaringan tersbeut memungkikan Angkatan Laut AS serta organisasi militer lainnya untuk melakukan komunikasi secara anonim ketika online.

Akan tetapi, Tor Browser saat ini telah memusatkan perhatiannya pada browser dan pengembangan beberapa alat privasi lainnya. Jika kalian ingin menggunakan Tor Browser, maka kalian bisa mencoba mencarinya di marketplace aplikasi di smartphone pribadi. Sebelum itu, perlu diketahui dulu jika Tor Browser hanya bisa digunakan pada smartphone dengan OS minimal Android 5.0+ dan iOS 11.4+.

3. XNXubd VPN Browser

XNXubd VPN Browser adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka situs dengan status diblokir. Aplikasi XNXubd VPN Browser bisa digunakan dengan dukungan jaringan minimal 3G.

Menariknya aplikasi XNXubd VPN Browser bisa kalian gunakan secara gratis di smartphone dengan OS Android. Tak hanya itu, XNXubd VPN Browser menawarkan keamanan yang begitu aman.

Meski begitu, aplikasi XNXubd VPN Browser memang masih tersedia Android versi 4.4 ke atas, sedangkan untuk iOS belum ada. Saat ini, aplikasi XNXubd VPN Browser sudah di download lebih dari 10 ribu lebih pengguna.

4. Aloha Browser

Aloha Browser bisa menjadi pilihan browser anti blokir selanjutnya. Dimana Aloha Browser sudah memberikan fitur lengkap seperti VPN bawaan tanpa batas alias gratis. Namun kalian juga perlu tahu jika akses VPN hanya bisa dilakukan versi aplikasi saja. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan akses VPN di Aloha Browser, kalian harus download terlebih dahulu aplikasinya.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur lainnya seperti adblock khusus iklan, VR Player, pemutar media pada latar belakang, hemat data dan masih banyak lainnya. Lalu, aplikasi Aloha Browser hanya bisa diakses pada OS Android minimal versi 7.0 ke atas. Sedangkan saat ini pengguna dari Aloha Browser sudah ada lebih dari lima ribu orang.

5. BF Browser

BF Browser adalah salah satu aplikasi yang memungkikan kalian untuk bisa membuka situs diblokir dengan server dan kecepatan yang lebih tinggi. Bahkan kalian tidak perlu menggunakan aplikasi VPN tambahan ketika menggunakan aplikasi BF Browser.

Selain itu, keberadaan browser ini juga bisa mengnonaktifkan internet positif pada beberapa situs tertentu. Kalian bisa menggunakan BF Browser secara gratis dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan.

Saat ini, BF Browser sudah bisa kalian download di Google Play store. Selain itu BF Browser hanya memiliki ukuran sebesar 15 mb dan bisa digunakan pada OS Android dengan versi 5,0 ke atas.

6. UC Browser

ucweb.com

Jika kalian kerap menjelajah dunia internet mungkin tidak asing dengan aplikasi UC Browser. UC Browser bisa dibilang menjadi salah satu aplikasi browser di OS Android yang banyak digunakan. Menariknya, UC Browser juga menawarkan versi yang lebih ringan dengan nama UC Browser Mini.

Selain itu, aplikasi UC Browser juga sangat mudah mudah digunakan. Bahkan terbilang bisa compatible di berbagai macam jenis versi OS Android. Hal ini karena UC Browser mulai bisa digunakan pada versi Android 2.2 ke atas. Download video dari berbagai macam platform menggunakan UC Browser juga bisa lebih cepat dan stabil karena aplikasi ini sudah menawarkan fitur fast download.

Fitur lain yang diberikan oleh UC Browser adalah seperti kemudahan dalam proses streaming video, adanya notifikasi website berita, incognito mode, night mode dan gesture control. Saat ini, aplikasi UC Browser sudah di download sebanyak 50 ribu lebih pengguna.

7. Puffin

Puffin Browser merupakan salah satu rekomendasi browser anti blokir yang berikutnya. Walaupun mungkin tidak sesenior aplikasi kompetitor lainnya. Namun, dari segi kemampuan, aplikasi Puffin Browser tidak bisa diremehkan.

Aplikasi Puffin Browser bukan hanya hadir dalam versi mobile saja. Namun Puffin Browser juga telah hadir dalam versi PC. Tentunya kalian bisa berselancar di internet dengan lebih cepat lagi ketika menggunakan aplikasi Puffin Browser.

Selain itu aplikasi Puffin Browser versi PC juga sudah tersambungkan dengan plugin Adobe Flash secara default. Bahkan unduh file via cloud saja ternyata bisa lebih cepat karena memang tidak ada batasan kecepatan pada aplikasi ini.

Saat ini Puffin Browser menawarkan dua jenis pilihan, ada yang versi gratis dan ada versi premium yang mengharuskan para penggunanya membayar dalam bentuk dolar AS. Puffin Browser sudah tersedia untuk smartphone OS Android versi 4.1 ke atas dan sudah di unduh sebanyak 50 ribu lebih pengguna.

8. Blue Proxy

Blue Proxy Browser VPN adalah salah satu browser yang bisa kalian gunakan untuk membuka halaman website yang telah diblokir. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan para penggunanya untuk terlindungi privasinya ketika online.

Dimana aplikasi Blue Proxy Browser VPN suah menawarkan mode penyamaran yang menjadikan riwayat website yang dikunjungi para pengguna tidak diketahui. Selain itu aplikasi ini juga sudah menawarkan fitur VPN yang secara langsung tersemat dan bisa membantu kalian untuk akses situs yang sudah terblokir.

Aplikasi Blue Proxy Browser VPN sudah bisa digunakan pada OS Android versi 5.0 ke atas. Dan saat ini aplikasi ini sudah digunakan sebanyak 10 ribu lebih pengguna.

Sudah menjadi hal umum apabila dengan kehadiran internet dapat memudahkan seseorang dalam melakukan suatu hal, salah satunya dengan berbisnis. Bagi kamu yang ingin melakukan bisnis online, maka tak ada salahnya menjadikan buku Internet Business Classroom : Affiliate Marketing sebagai referensi.

 

9. Vegas Browser

Vegas Browser merupakan salah satu aplikasi browser proxy otomatis yang bisa kalian gunakan secara lebih mudah, akses tanpa batas serta bisa melindungi privasi para penggunanya.

Aplikasi Vegas Browser memang lebih kenal karena multifungsi yang ditawarkannya. Hal ini karena aplikasi ini bisa digunakan untuk membuka situs terblokir tanpa perlu bantuan aplikasi VPN tambahan. Bisa dibilang seluruh fitur kebutuhan kalian di internet sudah tersedia di aplikasi Vegas Browser.

Vegas Browser juga bisa menjamin akses internet cepat pada jaringan H+ atau 3G. Sedangkan dari segi keamanan data, kalian bisa menjelajahi situs internet secara anonim. Hal ini akan menjadikan lokasi kalian tidak akan terdeteksi. Aplikasi Vegas Browser sudah bisa digunakan pada OS Android 4.1 ke atas. Saat ini,  aplikasi ini sudah digunakan sebanyak 100 ribu lebih pengguna.

10. Azka Browser

Jika kalian kerap menjelajahi situs internet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Azka Browser. Aplikasi ini tersedia bagi kalian yang memiliki smartphone OS Android. Tentunya aplikasi Azka Browser sudah tersedia di Google Play Store.

Menariknya lagi saat ini Azka Browser tak hanya tersedia versi mobile saja. Namun Azka Browser sudah hadir dalam versi PC. Tentunya kalian akan makin mudah menjelajahi berbagai macam jenis situs yang memiliki status terblokir. Perlu diketahui juga jika aplikasi Azka Browser sudah menawarkan fitur penyamaran.

11. Turbo VPN Browser

Turbo VPN menjadi salah satu aplikasi VPN terfavorit untuk saat ini. Karena ada perkembangan yang dilakukan, saat ini aplikasi ini sudah tersedia dalam bentuk browser. Lalu browser ini juga memungkinkan para penggunanya untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan akses situs yang telah diblokir.

Beberapa aplikasi VPN memang memberikan efek lemot pada saat digunakan untuk melakukan akses suatu situs. Namun, kondisi tersebut tidak akan berlaku pada Turbo VPN Browser. Sebab aplikasi ini bisa menjamin stabilitas dan kecepatan ketika digunakan.

Supaya komputer atau laptop kamu semakin aman, maka ada baiknya dipasangkan software pembasmi virus. Jika bingung untuk memilih software pembasmi virus, maka tak perlu khawatir karena kamu bisa mencari tahunya pada buku 15 Software Pilihan Basmi Virus & Spyware.

 

12. Pekob Pro

Pekob Pro merupakan browser anti blokir yang selanjutnya. Keberadaan dari Pekob Pro memang terkenal bisa menjadikan para penggunanya semakin mudah menjelalah bahkan sangat ringan untuk mengunjungi website dengan status terblokir.

13. Brave Browser

Brave Browser akan memungkinkan para pengguna untuk melakukan penjelajahan situs terblokir dengan mudah. Saat ini keberadaan dari aplikasi ini juga sudah banyak digunakan. Selain itu, aplikasi ini akan menjamin data privasi para penggunanya karena memiliki fitur penyamaran.

Resiko Jika Mengakses Situs Terblokir

Saat ini, sudah ada beberapa situs yang memiliki status terblokir. Meski masih bisa diakses dengan beberapa cara. Namun, keberadaan dari situs tersebut juga tidak terjamin keamanannya. Oleh karena itu, sebelum membuka situs dengan status terblokir, baca dulu beberapa risiko yang akan terjadi ketika kalian membuka situs tersebut.

1. Pelacakan Pengguna

Di dunia internet ada banyak orang atau pihak tertentu yang menjadi target pelacakan tentang sesuatu. Di mana mereka bisa mengetahui berbagai macam hal dari si target seperti situs web yang kerap mereka kunjungi, kata kunci yang kerap digunakan dan lain sebagainya.

Data yang target miliki bisa didapatkan dari tindakan pelacakan tersebut. Tujuan dari tindakan pelacakan tersebut terbilang cukup beragam, salah satunya adalah untuk membuat profil orang yang menjadi target.

Secara umum profil tersebut biasa digunakan dengan tujuan pemasaran sebuah produk seperti aplikasi. Selain itu ada juga iklan sesuai dengan ketertarikan dari si pemilik profil tersebut. Jika kalian kerap mengunjungi situs tertentu terkadang iklan yang ditampilkan juga akan sesuai dengan minat apa yang kalian miliki.

2. Kebocoran Data

Mengunjungi situs yang sudah diblokir juga akan menjadikan para penggunanya memiliki kemungkinan terjadinya kebocoran data pribadi. Biasanya rekam jejak kunjungan ke suatu situs akan tersimpan dalam database. Terkadang, ada juga oknum yang memanfaatkan histori pengguna pada konteks negative. Hal inilah yang terkadang merugikan banyak orang.

3. Rawan Penipuan

Tak jarang terjadi penipuan yang didapatkan dari website yang sudah terblokir. Sebagai contohnya adalah ketika seseorang mengunjungi situs dewasa. Tak jarang ada orang yang dengan senang hati mengeluarkan sejumlah uang agar bisa mendapatkan konten dewasa. Namun kondisi ini rentan terhadap penipuan.

Tak jarang juga mereka yang mengunjungi situs porno akan terjangkit oleh virus ransomware. Dimana virus ini akan mengunci komputer target dan memberikan ancaman kepadanya. Selain itu ada juga yang meminta sejumlah bayaran kepada korban.

4. Malware

Selain  ransomware ada juga malware yang kerap menjadi permasalahan serius yang dihadapi oleh para pengguna situs dewasa. Secara mudahnya malware tersebut akan didistribusikan melalui jaringan periklanan. Satu kali klik pada sebuah tautan biasanya akan secara otomatis melakukan unduhan virus, trojan, worm atau malware. Hal inilah yang membahayakan dan patut untuk diwaspadai.

Nah, itulah penjelasan tentang beberapa browser anti blokir yang bisa kalian gunakan. Namun, sebaiknya lebih berhati-hatilah ketika berselancar di dunia internet. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu, Grameds.

Jika ingin mencari buku terkait browser atau antivirus komputer, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Rujukan:

  • https://jalantikus.com/tips/browser-anti-blokir/
  • https://barriermagz.com/rekomendasi-browser-anti-blokir/
  • https://www.liputan6.com/tekno/read/2889458/5-bahaya-yang-mengancam-di-balik-situs-porno


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.