in

Cara Membeli Ebook di Google Play Book, Simak Ulasannya

Unsplash.com

Cara Membeli Ebook di Google Play – Bicara tentang bacaan tak akan ada habisnya. Mulai dari buku, koran hingga konten di halaman internet juga sudah mudah kita dapatkan. Kemajuan teknologi juga memberikan peran penting dalam mempermudah para pembaca buku.

Sadar atau tidak saat ini sudah mulai masa peralihan bentuk buku lho. Meski belum menyeluruh, namun tak bisa dipungkiri jika buku atau bacaan sudah banyak ditemukan dalam bentuk ebook. Menariknya kalian sudah semakin mudah untuk mendapatkannya.

Kenapa bisa begitu? Selain penyedia bacaan dalam bentuk artikel blog di internet. Saat ini sudah banyak layanan baca dan beli ebook yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Google Play Book. Mungkin kalian tak asing dengan layanan Google Play.

Nah Google Play Book merupakan salah satu fiturnya. Artikel ini akan membahas seputar Google Play Book dan ebook. So, jika kalian ingin tahu selengkapnya. Maka tak boleh lewatkan informasi yang ada pada artikel ini selengkapnya.

Apa Itu Google Play Book

Sebelumnya sudah disinggung sedikit tentang Google Play. Nah pada poin ini akan dijelaskan lebih rinci dari Google Play Book. Google adalah salah satu raksasa penyedia layanan teknologi yang sampai saat ini semakin banyak pengguna aktifnya.

Salah satu layanan yang diberikan oleh Google selain laman pencarian internet, ternyata masih ada lho sebuah layanan yang berhubungan dengan sebuah buku bacaan. Namanya adalah layanan atau aplikasi Google Play Book.

Dimana Google Play Book ini bisa digunakan oleh kalian untuk mencari sebuah buku. Tak hanya satu ada dua buku saja. Namun ada ratusan buku yang ada di dalam Google Play Book. Menariknya koleksi buku yang ada di dalam layanan Google Play Book dibagi lagi sesuai dengan genre lho.

Dengan begini para pembaca juga bisa lebih mudah nih untuk menemukan judul buku sesuai dengan genre. Tak hanya itu saja, Google Play Book juga menyediakan layanan fitur pencarian. Dimana fitur ini bisa kalian manfaatkan mencari buku tanpa perlu membuka semua genre atau beberapa halaman, namun hanya perlu satu ketuk.

Kenapa bisa begitu ? Ya, fitur pencarian di Google Play Book bisa kalian sisipkan beberapa kata kunci atau satu judul buku. Nantinya akan button atau tombol pencarian. Ketika kalian menggunakan fitur ini secara otomatis sistem Google Play Book akan mencari judul buku yang kalian inginkan tadi.

Lebih mudah dan tak memakan waktu. Tak hanya itu saja, pasalnya fungsi dari Google Play Book bukan saja bisa digunakan untuk mencari buku. Namun membaca, membeli, menerjemahkan dan fungsi lainnya juga diberikan oleh layanan Google Play Book.

Semua fungsi tersebut akan dijelaskan pada poin tersendiri. Maka dari itu simak ulasan selengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Ebook?

Jika sebelumnya pengertian dari Google Play Book sudah dijelaskan. Maka berikutnya akan dijelaskan pengertian dari ebook. Karena memang keterkaitan antara Google Play Book dan ebook sangat erat sekali.

Secara lebih sederhana ebook atau elektronik book. Dimana ebook juga kerap disebut dengan digital book. Hal ini disebabkan semua materi ebook hanya bisa dibuka pada perangkat elektronik seperti perangkat PC, laptop hingga smartphone.

Menariknya semakin kesini ternyata kebutuhan ebook juga semakin diperlukan lho. Sebab mobilitas pekerjaan yang begitu tinggi terkadang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk membeli buku di toko buku atau meminjam buku di sebuah perpustakaan.

Tak heran para pencipta dan penerbit buku saat ini menyediakan dua bentuk terbitan. Satu dalam bentuk fisik dan satu lagi dalam bentuk ebook atau elektronik book. Sebenarnya untuk materi yang ada dalam ebook sendiri terbilang cukup beragam.

Mulai dari materi dalam bentuk text, gambar, video, audio maupun beberapa bentuk lainnya yang bisa dibuka diperankan elektronik seperti yang dijelaskan sebelumnya. Penemu dari ebook sendiri sampai saat ini masih jadi perdebatan.

Namun keluar dari itu semua, kebutuhan ebook sangat penting sekali. Dan untuk mendapatkan ebook juga terbilang cukup mudah sekali. Saat ini selain bisa menggunakan website resmi penerbit maupun toko buku besar seper Gramedia.com.

Kalian juga bisa menemukan berbagai macam judul ebook di dalam layanan Google Play Book. Penjelasan pada poin pengertian Google Play Book juga sudah memberikan sedikit gambaran. Jika ebook yang ada di dalam Google Play Book tersedia sesuai genre dengan berbagai macam judul.

Perlu diketahui juga nih jika adanya ebook juga memiliki kelebihan dan kekurangan lho. Kelebihan dan kekurangan dari ebook akan dijelaskan lebih lanjut pada poin tersendiri. Jadi baca terus ya ulasan berikutnya.

Baca Ebook di Gramedia Digital

Tahukah Anda bahwa Gramedia memiliki salah satu aplikasi Gramedia Digital, dengan aplikasi tersebut Anda bisa membeli buku dalam versi ebook, menariknya lagi ada sistem paket langganan premium dimana Anda bisa membaca ribuan buku setiap bulannya.

Untuk mencoba aplikasi ini, Anda bisa mendownload aplikasinya di Play Store atau App Store berikut ini.

Cara Membaca Ebook di Google Play Book

Salah satu fitur canggih yang diberikan oleh Google Play Book adalah kemudahan dalam membaca ebook. Sebab ebook yang ada di Google Play Book bisa kalian tampilkan pada smartphone. Bayangkan saja, dimanapun dan kapanpun itu kalian tetap bisa membaca buku digital tanpa ada kendala sekaligus memerlukan tenaga berlebihan.

Namun untuk menggunakan fitur yang diberikan oleh layanan Google Play Book. Ternyata dibutuhkan beberapa tahapan lho. Tenang saja jika kalian belum tahu tahapan yang diperlukan.

Sebab ada penjelasan di bawah ini adalah tentang beberapa tahapan membaca ebook melalui layanan Google Play Book.

  1. Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah membuka aplikasi Google Play Book
  2. Pilih ebook yang akan dibaca
  3. Ketuk pada bagian tengah buku yang ada di dalam tampilan Google Play Book
  4. Geser agar bisa membalik halaman pada ebook dengan lebih cepat
  5. Gunakan daftar isi untuk menuju ke bab lain, bookmark ataupun catatan
  6. Gunakan pilihan tampilan untuk bisa mengubah ukuran font, ukuran teks pada ebook dan spasi antar baris
  7. Gunakan pilihan tampilan dan menu nuansa untuk bisa melakukan pengaturan kecerahan maupun warna yang ada pada latar belakang
  8. Gunakan pilihan setelan untuk memutar layar maupun menyesuaikannya dengan waktu
  9. Agar bisa berubah ke mode gelap atau dark mode, kalian hanya perlu masuk ke dalam menu setelan dan masuk ke pilihan menu tampilan, lanjutkan dengan aktifkan mode gelap
  10. Terakhir agar bisa kembali ke ebook semula, kalian hanya perlu mengetuk bagian tengah

Nah terbilang cukup mudah bukan untuk membaca ebook di layanan Google Play Book. Jadi tunggu apalagi, gunakan segera Google Play Book untuk mempermudah proses membaca sebuah ebook.

Membeli Ebook di Google Play Book

Google Play Book tak hanya memberikan fitur membaca saja, namun kalian sebagai pengguna bisa melakukan pembelian ebook yang ada di dalam layanan Google Play Book lho. Cara yang digunakan juga begitu mudah kok.

Bahkan tak perlu memakan waktu lama. Namun jika kalian belum tahu bagaimana cara membeli ebook di Google Play Book. Maka beberapa langkah yang dijelaskan di bawah ini bisa membantu kalian dalam melakukan pembelian ebook pada layanan Google Play Book.

  1. Pastikan dahulu ponsel kalian terhubung dengan koneksi internet
  2. Jika belum memiliki aplikasi Google Play Book, silahkan unduh dan lakukan instalasi sepeti aplikasi lainnya
  3. Jika aplikasi Google Play Book sudah terinstal, buka aplikasi tersebut
  4. Cari judul ebook atau gunakan rekomendasi judul ebook dari Google Play Book. Ketuk bagian tengah ebook agar bisa mempelajari sedikit tentang ebook yang dipilih. Sampel gratis bisa kalian dapatkan ketika ebook tersebut memberikan fitur tersebut. Akan tetapi tak semua ebook memberikan fitur sampel gratis.
  5. Ketika kalian sudah memilih ebook yang akan dibeli. Maka lanjutkan dengan ketuk harga dari ebook tersebut
  6. Lakukan pembayaran sesuai dengan pilihan yang tersedia
  7. Jika sudah ebook yang kalian pilih di Google Play Book bisa diunduh secara langsung

Cara Membeli Ebook di Google Play

Cara Menyewa Ebook di Google Play Book

Fitur lain yang ditawarkan oleh Google Play Book adalah layanan sewa buku. Wah udah kayak perpustakaan online ya. Dimana kalian hanya perlu menyewa dalam jangkauan waktu tertentu tanpa membeli buku tersebut.

Tentunya harga yang ditawarkan mungkin lebih rendah daripada ketika kalian memutuskan membeli buku tersebut. Akan tetapi perlu diketahui juga nih jika tak semua buku ada yang menyediakan fitur sewa.

Maka dari itu jika ingin melakukan sewa buku di Google Play Book. Maka kalian juga perlu jeli agar bisa lebih tahu apakah buku tersebut menyediakan sistem sewa atau tidak.

Di luar itu semua, dalam melakukan sewa buku di Google Play Book diperlukan beberapa tahapan. Sama seperti tahapan fitur lain yang ditawarkan oleh Google Play Book yaitu mudah dilakukan dan tak perlu waktu yang cukup banyak.

Di bawah ini adalah beberapa tahapan yang bisa kalian gunakan ketika ingin menyewa ebook di aplikasi Google Play Book.

  1. Buka aplikasi Google Play Book yang sudah terinstall di ponsel kalian
  2. Lanjutkan dengan mencari buku atau menggunakan rekomendasi yang diberikan oleh aplikasi Google Play Book
  3. Ketika sudah menemukan ebook yang akan disewa, ketuk bagian tengah dari ebook tersebut
  4. Ketika sudah terbuka pada tampilan layar ponsel kalian deskripsi termasuk harga dari ebook. Maka periksa bagian sebelah harga, apakah menyediakan fitur harga atau tidak. Jika terdapat fitur tersebut maka pastikan juga bagian jangkauan waktu sewa.
  5. Terakhir ketika ingin menyewa ebook tersebut, kalian hanya perlu ketuk harga dan pembayaran yang berlaku.

Sebagai catatan, ketika kalian ingin mengetahui apakah masih ada jangkauan waktu sewa. Kalian hanya perlu melihat pada menu koleksi dan ketuk bagian sampul. Nantinya akan akan ada keterangan lama sewa termasuk jika waktu sewa sudah terlewat. Biasanya akan ada keterangan “Masa berlaku habis”.

Cara Membeli Ebook di Google Play

Cara Unduh Ebook Dari Google Play Book

Setelah membeli ebook di Google Play Book sebenarnya kalian bisa melakukan unduhan buku tersebut lho. Nantinya ebook akan berbentuk format pdf. Dalam proses unduhan ini bisa dilakukan via desktop maupun menggunakan ponsel.

Namun baik itu via desktop maupun ponsel, keduanya membutuhkan beberapa langkah. Penjelasan dibawah ini akan memberikan informasi langkah-langkah yang diperlukan untuk unduh ebook di Google Play Book.

Unduh ebook Google Play Book via desktop

  1. Masuk ke dalam website Google Play Book
  2. Jika sudah, lanjutkan dengan opsi login
  3. Gunakan menu pilihan yang ada bagian sidebar kiri layar desktop
  4. Masuk ke dalam menu My Books. Pada bagian ini kalian akan melihat koleksi ebook yang sudah dibeli
  5. Jika belum ada ebook pada menu tersebut. Maka kalian bisa membeli atau menggunakan fitur unduh gratis. Sebab beberapa ebook memang memberikan layanan unduh gratis
  6. Pilih ebook yang ingin di unduh dan ketuk bagian tengah ebook tersebut
  7. Gunakan menu pilihan yang sudah tersedia di bagian pojok kanan tampilan ebook tersebut
  8. Nantinya akan muncul beberapa format unduh. Dua format unduh ebook tersebut adalah EPUB dan PDF. Pilih saja sesuai kebutuhan kalian.
  9. Meski kalian sudah memilih format PDF atau EPUB. Namun unduhan yang telah dilakukan di Google Play Book akan memberikan format ACSM.
  10. Terakhir, kalian hanya perlu mengkonversi format ACSM menjadi EPUB atau PDF.

Unduh Ebook di Google Play Book Via Ponsel

  1. Buka aplikasi Google Play Book yang sudah terinstall pada ponsel kalian.
  2. Masuk ke dalam menu perpustakaan. Bagi pengguna iphone, menu perpustakaan berada pada bagian sidebar. Namun untuk pengguna Android, menu perpustakaan ada pada bagian bawah tampilan.
  3. Ketika sudah terbuka menu perpustakaan tersebut. Maka akan ada beberapa koleksi ebook yang kalian miliki. Jika tidak ada koleksi ebook, maka kalian bisa membeli atau menggunakan fitur unduh gratis pada ebook tersebut.
  4. Ketuk ebook yang ingin diunduh.
  5. Secara otomatis ebook akan diunduh dari layanan Google Play Book.

Dari dua tahapan di atas tentunya semua bisa digunakan. Keduanya akan sangat membantu kalian untuk melakukan unduhan ebook di website maupun aplikasi Google Play Book.

Cara Membeli Ebook di Google Play

Cara Menerjemahkan Ebook di Google Play Book

Fitur berikutnya yang ditawarkan oleh Google Play Book adalah fitur terjemahan text yang ada pada ebook. Namun kalian juga perlu tahu nih jika fitur terjemahan ini hanya berlaku pada ebook yang menggunakan mode Flowing Text.

Adapun beberapa tahapan yang diperlukan ketika kalian ingin menerjemahkan text book pada Google Play Book. Di bawah ini adalah beberapa tahapan yang bisa kalian gunakan ketika ingin menerjemahkan text pada ebook yang tersedia di Google Play Book.

  1. Buka aplikasi Google Play Book
  2. Pilih ebook yang ingin diterjemahkan
  3. Sorot bagian text yang ingin diterjemahkan
  4. Ketika sudah, maka akan muncul sebuah pop up opsi metode terjemahan yang akan digunakan
  5. Pilih layanan terjemahan text di Google Translate
  6. Secara otomatis hasil text yang diterjemahkan akan muncul di bagian bawah

Kelebihan Ebook

Seperti yang dijelaskan di poin awal sebelumnya jika ebook memiliki beberapa kelebihan. Penjelasan terkait dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ebook ada di bawah ini.

  1. Ramah lingkungan adalah salah satu kelebihan dari ebook. Pasalnya ebook tersebut tidak memerlukan sebuah kertas sebagai bahan dasar.
  2. Tampilan yang selalu dinamis juga dimiliki oleh ebook.
  3. Begitu praktis dan mudah dibawa kemana-mana juga menjadi kelebihan ebook. Pasalnya ebook yang tak berbentuk hard cover bisa kalian simpan di ponsel. Dengan begitu lebih simpel dan bisa dibawa kemanapun kalian mau.
  4. Berbeda dengan bentuk hard cover atau fisik, ebook terbilang tahan lama dan tak memerlukan perawatan khusus.

Itulah beberapa penjelasan tentang ebook dan Google Play Book yang bisa kalian baca selengkapnya. Ingin mendapatkan banyak ebook dengan mudah, ya gunakan saja layanan Google Play Book untuk membantumu.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda