in

19 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Unsplash.com

Cara Mendapatkan Uang dari Internet – Mendapatkan penghasilan tambahan dari internet merupakan idaman setiap orang. Apalagi dengan penetrasi penggunaan internet yang semakin tinggi, setiap tahunnya membuat orang semakin kenal dengan internet. Telah banyak orang uang yang mahir dan familiar menggunakan internet dan memaksimalkan untuk mendapatkan pendapatan disana.

Di era yang berbasis digital sekarang ini, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet dan beragam peluang yang ditawarkan. Kini internet merupakan sarana yang dipilih untuk menghasilkan uang karena mudah dan fleksibel bisa dilakukan dimana saja tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dalam artikel ini, kami membahas 18 cara mendapatkan uang dari internet. Berikut dibawah ini cara-caranya:

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

1. Menggunakan blog

Telah banyak orang yang mempunyai blog untuk membagikan dan memajang hasil karyanya. Namun, Anda bisa menggunakan blog untuk menjual produk tertentu untuk mendatangkan penghasilan, maka buatlah blog yang menarik enak dipandang mata dengan tujuan jangka panjang.

Pilihlah topik yang sering dibahas seperti tentang pendidikan, ekonomi, kesehatan, hobi maupun pengembangan diri. Asah kemampuan Anda dengan banyak membaca buku untuk membuat konten yang berkualitas.

Selain itu, Anda juga harus mempelajari tentang mengoptimasi website, content management system (CMS) dan Google Analytics guna mengetahui trafik blog dan memperbaiki peringkatnya di laman Google.

2. Menjual barang secara online

Kian banyak situs eCommerce, atau toko online yang menjadi wadah untuk berjualan. Apa pun barangnya bisa Anda jual melalui situs tersebut. Saat ini makin banyak pembeli yang lebih suka belanja online daripada harus ke toko karena hemat tenaga dan ongkos untuk pergi.

Disamping menguntungkan pembeli, penjual pun juga merasakannya karena harus membayar sewa toko yang mahal, diperlukan pegawai untuk mengurusi toko dan biaya-biaya operasional lainnya. Selain itu, Anda lebih mudah untuk memasarkan produk ke berbagai negara.

3. Menjadi Freelancer

Menjadi freelancer belakangan banyak digemari orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terdapat beberapa situs seperti outfiverr.com, upwork.com, freelancer.com, dan worknhire.com yang menyediakan tawaran pekerjaan freelance. Sebagai pemula, Anda juga bisa mencarinya di situs lowongan kerja seperti LinkedIn.

Caranya dengan membuat akun di situs tersebut, membaca dengan teliti, dan melamar sesuai dengan kemampuan Anda. Beberapa situs mengharapkan Anda untuk menambahkan curriculum vitae, sehingga klien yang cocok dengan Anda dapat menghubungi secara langsung untuk menawarkan pekerjaan.

Agar bisa dilirik oleh klien melalui keempat platform tersebut, asah kemampuan serta keahlian yang dimiliki dan tetapkan niche. Misalnya, kalau Anda ingin bekerja sebagai freelance desainer grafis, pilih niche seputar desain grafis, tutorial, dan lain sebagainya.

4. Bergabung pada program afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu bidang bisnis internet yang hingga saat masih banyak peminatnya. Afiliasi merupakan konsep penjualan online yang melibatkan pemilik barang, perantara dan pembeli untuk menjual barang di dunia maya. Di dalam dunia nyata afiliasi bisa disamakan dengan calo, makelar, sponsor, dan perantara. Seorang yang menjadi perantara di dalam bisnis internet disebut affiliate.

Affiliate mendapatkan pendapatan dari komisi menjual barang milik pedagang lain tanpa harus mencari downline. Caranya dengan dengan merekomendasikan atau memberi ulasan suatu produk melalui website Anda dan sertakan link afiliasi. Ketika ada pembeli produk dengan mengklik dari link tersebut, Anda mendapatkan komisi bergantung dari seberapa besar produk yang terjual.

5. Menjadi dropshipper

Bagi Anda yang ingin mencoba berjualan online melalui web toko online, porta; pemasaran atau sosial media, anda dapat mencoba dropshipping. Dropshipping merupakan konsep berjualan tanpa stok barang. Barang yang dijual atau dipasarkan adalah milik orang lain.

Segala proses transaksi diatur oleh pemilik barang mulai dari packing, pengiriman dan pengerjaan barang barang custom). Caranya Anda bisa memasang iklan sendiri marketplace, setelah terpanjang dan ada pembeli Anda menghubungi pihak penyedia barang untuk memesan produk dan segera memprosesnya.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

6. Menjual foto dan video secara online

Cara lain mendapatkan uang pemula ialah berjualan foto dan video. Apalagi jika Anda memiliki hobi memotret objek dan merekam momen.

Terdapat situs yang mewadahi dan mengunggah koleksi foto dan video, situs-situs tersebut memiliki komunitas user yang besar. Caranya ketika ada orang yang ingin memakai foto maupun video Anda, maka harus membayarnya guna mendapatkan lisensinya.

Situs yang sering digunakan untuk menampilkan koleksi foto seperti Shutterstock dan iStockPhoto. Sedangkan untuk video VideoHive, Pond5, VideoBlocks dan Dissolve

Sebelum mengunggah koleksi Anda ke situs tersebut, luangkan waktu untuk riset atau mencari tahu style foto dan video yang paling banyak digunakan. Asah kemampuan untuk bisa mengedit gambar atau foto dan video secara mandiri bila perlu mengikuti kursus.

7. Menjual dan membeli Web Hosting

Cara mendapatkan uang dari Internet berikutnya dengan menjadi web hosting. Jasa web hosting merupakan jasa penyedia layanan hosting atau penyewaan server kepada para klien. Lewat hosting, klien dapat menyimpan semua berkas di website sehingga dapat diakses melalui internet.

Layanan hosting juga menyediakan fitur-fitur pendukung lain diantaranya fitur SSL untuk menunjang keamanan, fasilitas pop3 email, layanan support, hingga layer keamanan seperti Imunify360. Target pemasarannya adalah toko online dan perusahaan.

Kemudian, UMKM, professional dari bidang apapun, web developer, organisasi, lembaga, startup dan lainnya. Cara mencari uang di internet dengan menjadi hoster dengan membuat akun web hosting, mengatur batasan resource (disk space dan bandwidth), mengelola akun menggunakan WHM

8. Menjual Website

Cara mendapatkan uang dari website adalah dengan menjualnya. Menjual website dapat memperoleh keuntungan tinggi bila dibandingkan dengan pendapatannya lainnya.Memperoleh penghasilan dari internet dengan jual website.

Nilai jual website lebih tinggi bila dibandingkan dengan pendapatan yang biasanya Anda terima per bulannya. Pada umumnya jumlah atau angka penjualan tergantung pada beberapa faktor misalnya dari jumlah traffic yang diterima website.

Anda perlu tahu daftar website yang bisa dibeli, silakan memeriksanya di EmpireFlippers, Flippa, dan We Sell Your Site. Setelah itu, riset terhadap angka revenue dan trafik, backlink (link profile), dan alasan mengapa website dijual.

Jika sudah laik, segera jual website tersebut dengan harga bersaing. Namun, perbaiki dulu kualitas situs dan optimasikan hingga jumlah trafik meningkat serta revenue naik.

9. Menulis dan Menerbitkan eBook

Anda menulis buku elektronik kemudian menjualnya di internet untuk mendatangkan penghasilan. Paling tidak bagi Anda yang kesulitan untuk menerbitkan buku di sebuah penerbit. Anda dapat menerbitkan e-book dan menjualnya sesuai dengan ilmu yang dimiliki.

Menerbitkan sendiri buku yang ditulis berarti Anda juga harus mengedit, menentukan konsep buku, mendesain sampul, mengunggah ke platform khusus. Tulislah buku yang memuat informasi bermutu, dan jangan ragu untuk menyewa jasa editor dan desainer profesional.

Ada baiknya untuk menentukan topik yang pas, kira-kira lain dan laku, Anda dapat survey ke toko buku atau memanfaatkan internet untuk mencari hal-hal baru. Setelah menemukannya, tuangkan ke dalam buku elektronik tak pelak orang akan mencarinya untuk membeli e-book karya Anda.

10. Menjadi content creator

Belakangan profesi content creator sedang naik daun dan kian banyak orang berlomba-lomba menjadi creator yang baik. Hal ini karena profesi ini tidak mengenal batasan umur dan siapa pun bisa menjadi content creator.Profesi ini merupakan orang yang membuat konten dan mengunggahnya di platform media sosial seperti Tiktok, Instagram, dan Youtube.

Umumnya tugas seorang content creator bertugas mengumpulkan ide serta data, melakukan riset untuk menentukan sebuah konsep konten. Setelah itu, mereka membuat konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan dalam memenuhi tujuan yang disepakati.

JIka Anda ingin menjadi content creator, pelajari tentang media produksi, latih kemampuan berkomunikasi yang luwes, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk alternatif untuk memberikan informasi yang dapat menghibur audiens sertakan lelucon di dalamnya agar tidak bosan ketika sedang melihatnya.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

11. Menjadi podcaster

Dunia podcasting sudah mulai banyak dilirik oleh banyak orang. Podcasting merupakan hasil rekaman berbentuk suara yang umumnya tidak disiarkan langsung, jarang terdapat iklan yang muncul serta tidak perlu menyesuaikan jadwal siaran seperti radio.

Podcasting adalah aksi membagikan konten audio secara online yang bisa diunggah di berbagai platform seperti Spotify dan iTunes. Tak hanya itu, podcast mempunyai fitur dan format audio yang bisa didengar kapan saja.

Penghasilan dari podcast bergantung dari seberapa banyak pengikut Anda dan seberapa sering podcast Anda didengar. Semakin banyak pengikutnya dengan jumlah unduhan podcast, maka semakin tinggi pendapatan yang diperoleh.

12. Membuat email marketing

Setiap hari inbox Anda pasti tidak pernah sepi dari newsletter. Newsletter ini dikirim karena Anda setuju untuk berlangganan suatu layanan.

Nah, ketika mendapati newsletter ada di inbox, apa yang biasanya Anda lakukan? Langsung membaca pesannya atau justru langsung menghapusnya. Menulis email marketing merupakan salah cara mendapatkan uang di internet.

Caranya dengan membuat email dengan pesan yang menarik pembeli, kirim email secara berkala, pilih provider yang akan digunakan, kemudian buat landing page sederhana dan arahkan trafiknya. Adapun provider yang bisa digunakan diantaranya ConvertKit, Drip, MailChimp, dan Aweber.

Sebagai pemula perhatikan newsletter, apa saja isi nya dan pelajari gaya bahasa yang memikat para audience.

13. Membuat kursus online

Membuat kursus online juga menghasilkan uang dengan bekal keahlian. Kursus online harus memiliki website sebagai penunjang aktivitas online dan lebih menekankan penyediaan materi pengajaran seperti dengan sekolah, tentunya lebih mudah dipahami oleh murid.

Cara bisa membuat platform melalui WordPress lalu menginstall plug-in LMS. Fitur yang tersedia sudah lengkap seperti penataan kursus, membuat latihan soal atau game dan pengelolaan pembayaraan.

Bahasa Inggris dan matematika menjadi mata pelajaran yang banyak dibutuhkan. Ada banyak syarat akademik maupun pekerjaan yang mengharuskan kita menguasai bahasa Inggris dan matematika.

18. Desainer grafis

Bagi yang punya kemampuan mendesain gambar atau sering memakai software Adobe Photoshop dan Illustrator, bekerja sebagai desainer grafis meraup pundi-pundi uang. Cobalah untuk bergabung di platform penyedia jasa desainer grafis.

Jika klien menyukai hasil desain Anda, mereka pasti akan menghubungi Anda untuk bekerja sama. Cara lain, jika sudah memiliki portofolio yang banyak Anda bisa menawarkannya pada situs pencari kerja dan melalui pendekatan kepada rekan Anda dengan mengenalkan kemampuan Anda, siapa satu sedang membutuhkan desainer grafis

19. Menjadi penerjemah lepas

Jika menguasai bahasa asing, cobalah menjadi penerjemah lepas untuk subtitle film (subtitler) ataupun naskah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda harus punya kemampuan bahasa asing yang mumpuni dan disertakan dengan sertifikat kemampuan berbahasa asing seperti IELTS, DELF, DELE dan lainnya. ,

Selain itu Anda harus melengkapinya dengan suka membaca buku, mengikuti perkembangan dunia film, tidak cepat bosan ketika duduk berjam-jam karena harus menyimak jalan cerita, dan yang terpenting, bisa bekerja cepat di bawah tekanan.

20. Korektor atau Proofreader

Tugas korektor atau proofreader untuk memeriksa penulisan dari segi tata bahasa serta kualitas teks. Seorang proofreader bertugas untuk memastikan teks bebas dari kesalahan penulisan (typo) dan tidak ada plagiasi.

Profesi tersebut biasanya ditawarkan oleh penerbit buku. Anda bisa mengirim lamaran melalui website resminya atau mengunjungi kantornya. Namun, jika ingin bekerja secara remote, Anda bisa melihat situs Freelancer Indonesia dan Scribendi. Kedua situs tersebut menghubungkan Anda dengan klien yang membutuhkan jasa proofreader.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

21. Mengisi survey online berbayar.

Mengisi survey merupakan cara mendapatkan uang yang paling mudah dan tidak ribet untuk bisa mendapatkan uang dari internet karena tugasnya hanya menjawab, tidak perlu berpikir keras untuk memasarkannya

Biasanya, perusahaan penyedia survei memberi komisi berupa poin rewards pada setiap survei yang diselesaikan. Apabila poin sudah terkumpul pada batas yang ditentukan maka dapat ditukar dengan uang, voucher, pulsa, atau saldo e-wallet.

22. Menyewakan ruang beriklan

Menyewa ruang beriklan biasanya dilakukan oleh website yang memiliki trafik tinggi. Jaringan iklan yang cukup populer di kalangan blogger dan pemilik website adalah Google AdSense, namun ada pula Ezoic dan Media.Cara menggunakannya dengan mendaftarkan diri, website akan dievaluasi. Jika diterima, iklan sudah bisa dipasang di situsmu.

Bila kamu sudah memiliki audiens sendiri, cobalah menyewakan ruang beriklan ke bisnis sejenis lainnya. Misalnya, situsmu menyajikan informasi tentang produk makanan, maka kamu bisa menawarkan jasa penyewaan ruang iklan ke produsen makanan.

Ada bentuk lain dari menyewa ruang beriklan dengan konten berbayar. Prosesnya, perusahaan menjalin kerjasama dan membayarnya untuk menulis konten bersponsor dari produk yang dijualnya. Konten ini nantinya dipasang di situs Anda dan berbagi komisi sesuai dengan negosiasi yang telah disepakati bersama.

23. Narator Audiobook

Apakah Anda gemar membaca buku dan juga mempunyai suara yang indah? Jika iya, cara menghasilkan uang dari internet sebagai narator audiobook ini sangat cocok untuk Anda. Profesi tersebut belum populer di Indonesia, namun di Amerika sudah banyak yang bekerja menjadi narrator audiobook.

Nah, bagi Anda tertarik menjadi narator audiobook, Anda bisa mendaftar pada platform ACX dan mengikuti audisinya. Pastikan untuk menyiapkan mikrofon yang bagus dan software untuk merekam sampel suara Anda.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat melihat beragam cara untuk mendapatkan uang dari internet. Dengan mempelajari salah satu pilihan yang Anda suka untuk dijadikan profesi tidak hanya mendapatkan uang saja, Anda juga bisa menambah rekan kerja dan menambah pengetahuan. Tetapi, ada banyak orang yang menggunakan cara di atas sebagai sumber pendapatan utama.

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mempelajari mengenai salah satu poin yang disebutkan misalnya menjadi content creator, Anda bisa mempelajarinya dengan membaca referensi-referensi yang ada di internet maupun buku yang hanya bisa kamu dapatkan di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Penulis pena: Audrey Aulivia Wiranto

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda