in

12 Aplikasi Untuk Membaca Buku Digital, Yang Mana Cara Favoritmu?

unsplash.com

Cara Membaca Buku Digital – Kemajuan teknologi sampai saat ini bisa dibilang selalu memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Manfaat yang diberikan bisa berguna dalam berbagai sektor. Bahkan jika dahulu kita membaca sebuah informasi harus dari buku atau media cetak lain.

Saat ini sudah berbeda lagi, pasalnya sudah banyak para penerbit yang mulai memanfaatkan kemajuan teknologi. Contohnya adalah adanya ebook, blog dan beberapa platform lainnya. Namun dengan adanya pemanfaatan teknologi bukan berarti 100 persen media cetak sudah hilang.

Hanya saja mobilitas kegiatan manusia yang semakin meningkat membutakan semua informasi dengan begitu cepat. Tentu saja buku dan media cetak lain masih dibutuhkan, namun mungkin intensitasnya sudah tidak sebesar seperti dulu.

Sebenarnya adanya ebook atau sebuah blog sama dengan buku. Cuma yang membedakan adalah bahan paparan yang digunakan. Jika buku menggunakan kertas,sedangkan ebook atau blog menggunakan sebuah halaman digital.

Jadi secara sederhana ebook ataupun blog adalah sebuah buku digital yang bisa mempermudah para penggunanya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Sampai saat ini kebutuhan ebook atau platform lain sangat dibutuhkan.

Cara Membaca Buku Digital

Melihat hal tersebut membuat para pengembang aplikasi berfikir untuk membuat sebuah aplikasi sebagai wadah dari kumpulan blog. Artinya dengan adanya aplikasi ini diharapkan para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan ebook hanya dari satu aplikasi.

Seiring berjalannya waktu tak hanya satu atau dua saja. Namun sudah banyak aplikasi khusus untuk baca, sewa dan beli ebook. Hal ini juga bisa dibilang sebagai salah satu cara baca buku digital atau ebook. Namun apakah semua aplikasi bisa memberikan kemudahan bagi para pengguna.

Mungkin kalian sebagai pengguna tidak berfikir semua bisa bekerja dengan penuh kualitas terbaiknya. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi baca buku digital atau ebook yang bisa digunakan. Apa saja itu? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini agar lebih jelas.

1. Gramedia Digital

Sebagai salah satu toko buku besar yang ada di Negara Indonesia. Gramedia seakan-akan selalu berada di pihak para pembacanya. Tak hanya memberikan bantuan kemudahan dalam penyedia buku fisika terlengkap sesuai genre.

Gramedia juga menyediakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli ebook secara lebih mudah. Aplikasi tersebut diberi nama Gramedia Digital. Dengan adanya aplikasi ini para pengguna bisa nih beli ebook, majalah maupun koran digital hanya dengan satu ketukan saja.

Banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi Gramedia Digital ini. Selain mempermudah kalian dalam membeli buku secara satuan. Ternyata Gramedia Digital juga bisa memberikan kalian layanan langganan lho.

Namun untuk bisa mendapatkan fasilitas langganan ini, kalian harus mendaftarkan akun terlebih dahulu di Gramedia Digital Premium Package. Selain Gramedia Digital juga sudah bekerja sama dengan beberapa platform media besar lain seperti TEMPO, MRA, Kompas, Gramedia Group dan beberapa media lain.

Aplikasi Gramedia Digital tersedia di market aplikasi seperti Play Store dan App Store. Dapatkan segera layanan terbaik dari aplikasi Gramedia Digital. Mudah diunduh dan cepat proses install. Masih ragu menggunakan Gramedia Digital? Buruan cobain biar tahu semua kemudahan yang diberikan.

2. Kindle

Cara Membaca Buku Digital
sumber: pocket-lint.com

Siapa sih yang tak tahu perusahaan Amazon. Mungkin kalian pernah dengar sekilas tentang perusahaan Amazon. Ya, aplikasi Kindle adalah salah satu aplikasi milik amazon. Dimana aplikasi Kindle ini bisa mempermudah para pengguna untuk mendapatkan sebuah ebook secara lebih cepat.

Aplikasi Kindle tak hanya bisa menjadikan pusat pembelian ebook saja. Namun adanya aplikasi Kindle juga akan mempermudah pengguna ketika membaca ebook. Menariknya semua ebook yang ada di dalam aplikasi Kindle juga ada di dalam marketplace Amazon lho.

Jadi ebook apa yang sudah kalian incar di marketplace Amazon bisa didapatkan di aplikasi Kindle. Layaknya aplikasi pada umumnya, aplikasi Kindle juga memberikan berbagai macam fitur yang ditawarkan.

Beberapa fitur yang bisa kalian dapatkan di aplikasi Kindle adalah seperti fitur kamus, penulisan sebuah catatan dan juga pemberian sebuah highlight. Satu hal lagi yang perlu kalian ketahui, aplikasi Kindle juga sudah terintegrasi dengan sosial media Goodreads.

Kalian bisa mendapatkan aplikasi Kindle secara gratis di marketplace Google Play Store atau App Store. Nah ternyata aplikasi Kindle tak hanya berlaku di smartphone saja. Namun Kindle juga bisa diinstal dengan mudah pada perangkat PC dan Mac.

3. iPusnas

Mungkin kalian jarang mendengar ipunas. Namun sebenarnya iPusnas adalah besutan dari pemerintah Indonesia lho. Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi terbilang seperti sebuah perpustakaan online.

Meski begitu tawaran fitur dari aplikasi itunes cukup menarik. Salah satunya adalah fitur sosial media. Dimana kalian sebagai pengguna aplikasi iPusnas ketika menganggap ada ebook yang cukup menarik. Kalian bisa langsung berbagi ke sosial media atau ke akun teman kalian.

Tanpa perlu membeli buku, kalian sudah bisa dapatkan bacaan ebook menarik menggunakan aplikasi iPusnas. Satu hal yang perlu kalian ketahui. Aplikasi iPusnas tak hanya bisa digunakan pada ponsel dengan sistem operasi Android atau iOs saja.

Namun aplikasi iPusnas juga bisa kalian gunakan pada PC. Artinya, kalian bisa membaca ebook dengan layar yang lebih lebar tanpa perlu memindahkan file dari HP ke PC. Lebih simpel dan lebih mempermudah kalian sebagai pengguna aplikasi iPusnas.

Cara Membaca Buku Digital

4. iJakarta

Berikutnya ada aplikasi iJakarta yang masih menjadi salah satu rekomendasi aplikasi untuk membaca ebook. Sama dengan ipunas, aplikasi ijakarta juga dibuat oleh pemerintah Jakarta. Banyak orang menyebut aplikasi ijakarta dengan nama Jakarta Digital Library.

Menariknya aplikasi ijakarta memiliki konsep seperti perpustakaan umum. Dimana kalian bisa membaca buku tanpa melakukan pembelian sebuah buku.

Jika pada perpustakaan umum ada pilihan lama meminjam. Di aplikasi iJakarta juga menggunakan sistem jangkauan waktu peminjaman yang berbeda-beda.layanan jangkauan waktu pinjam buku di apliaksi ijakarta adalah 3 hari, 7 hari dan 30 hari.

Dari beberapa pilihan jangkauan waktu lama pinjaman bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Aplikasi ijakarta juga menawarkan berbagai macam fitur menarik. Salah satunya adalah fitur sosial media. Dimana jika kalian menemukan informasi menarik dari buku yang kalian baca di aplikasi ijakarta.

Maka kalian bisa berbagi melalui fitur tersebut. Selain bisa diinstall di perangkat PC. Aplikasi ijakarta juga bisa kalian unduh melalui Google Play Store dan App Store dan bisa di instal di smartphone.

5. Storial

Cara Membaca Buku Digital

Storial menjadi salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca buku digital. Aplikasi Storial hadir pada tahun 2016 lalu. Meski terkesan masih baru, namun dalam aplikasi Storial sendiri setidaknya sudah ada 50 ribu judul dari berbagai penulis di seluruh penjuru Indonesia.

Aplikasi Storial tak hanya bisa digunakan untuk membaca ebook lho. Pasalnya bagi kalian yang memiliki kegemaran menulis bisa banget nih turut berkontribusi pada aplikasi Storial. Ya, aplikasi Storial berguna untuk membaca, menulis dan kolaborasi.

Fitur kolaborasi ini adalah sebuah fitur yang mempermudah para pengguna aplikasi Storial untuk saling berinteraksi. Baik itu dari penulis kepada penulis, pembaca kepada pembaca maupun keduanya. Bukan hanya satu genre tulisan saja.

Namun aplikasi Storial juga menyediakan berbagai jenis buku. Mulai dari novel, cerita pendek, humor, artikel maupun puisi. Nah dilihat dari beberapa jenis itu saja sudah bisa membuka tempat bagi kalian yang suka menulis namun bingung untuk mencari media publish.

Selain itu kalian juga perlu tahu nih jika aplikasi Storial juga menawarkan fitur lainnya. Contohnya saja seperti fitur audio story. Dengan fitur ini para pengguna tak perlu membaca buku, melainkan mendengarkan cerita dari aplikasi. Wah tampak begitu menarik ya kalau dilihat lebih dalam.

Adanya aplikasi Storial bisa membuat penulis melakukan publish artikelnya dimanapun ia berada dan bagi pembaca bisa membaca kapanpun ia mau. Aplikasi Storial memberikan dua sistem baca nih.

Pertama ada Freemium yang memungkinkan pembaca mendapatkan ebook secara gratis. Lalu ada juga konten premium yang hanya bisa dibaca dengan menukarkan koin.

Besaran koin yang ada di dalam aplikasi Storial juga berbeda-beda. Mulai dari 100 koin dengan harga Rp. 20 ribu hingga 190 koin dengan harga Rp. 150 ribu.

6. Google Play Books

Jika kalian tahu aplikasi Google Play, maka aplikasi Google Play Books adalah salah satu layanan yang diberikan. Aplikasi Google Play Books dibuat oleh google yang memungkin pengguna mendapatkan layanan baca ebook secara lebih mudah.

Banyak ebook yang bisa kalian dapatkan di aplikasi Google Play Books. Baik itu yang bisa dibaca secara gratis maupun yang harus melalui pembelian. Lalu seperti namanya, aplikasi Google Play Books dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi terbesar saat ini yaitu Google.

Bisa dibilang jika aplikasi Google Play Books memiliki banyak sekali fitur menarik. Diantaranya adalah fitur pencarian. Pembelian, unduh, baca dan terjemahan. Nah untuk penjelasan fungsi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Google Play Books ada di bawah ini.

  1. Adanya fitur pencarian akan mempermudah kalian untuk mendapatkan buku hanya dengan memasukkan nama judul buku tersebut. Sebab daripada mencari satu persatu buku pada fitur genre, memang lebih cepat mencari buku dengan memanfaatkan fitur pencarian.
  2. Lalu untuk fitur pembelian bisa mempermudah kalian untuk mendapatkan buku berbayar. Sebab aplikasi Google Play Books tak hanya menyediakan buku gratis saja. Namun ada juga buku yang hanya bisa dibaca dengan cara membeli terlebih dahulu.
  3. Ketiga ada fitur unduh yang memungkinkan kalian mendapatkan sebuah file unduhan dari koleksi buku yang ada di perpustakaan aplikasi Google Play Books. Ketika buku tersebut diunduh tentunya kalian akan lebih mudah membacanya tanpa perlu koneksi internet.
  4. Terakhir ada baca dan terjemahan, fitur baca ini bisa digunakan untuk membaca semua buku di dalam koleksi perpustakaan yang ada di aplikasi Google Play Books. Sedangkan untuk fitur terjemahan akan kemungkinan kalian mendapatkan terjemahan dengan bantuan Google Translate. Namun fitur terjemahan hanya berlaku untuk pengguna mode Flowing Text.

Dilihat dari penjelasan di atas, bisa dibilang aplikasi Google Play Books selalu memberikan apa yang dibutuhkan oleh para pengguna.

7. Kobo

Cara Membaca Buku Digital
sumber: digitaltrends.com

Selanjutnya ada aplikasi Kobo yang bisa kalian manfaatkan untuk membaca ebook. Dimana di dalam aplikasi Kobo sudah terdapat banyak sekali judul ebook yang bisa kalian baca. Setidaknya ada lebih dari 6 ribu judul ebook yang bisa kalian baca secara langsung di aplikasi Kobo.

Aplikasi Kobo tak hanya menyediakan layanan ebook saja. Namun aplikasi Kobo juga memiliki fitur audiobook yang bisa langsung kalian gunakan. Artinya kalian bisa mendengarkan sebuah bacaan dalam ebook tanpa perlu membaca.

Sama seperti aplikasi lainnya, Kobo juga menawarkan beberapa fitur menariknya. Mulai dari tools yang bisa digunakan untuk membuat catatan. Lalu aplikasi Kobo juga bisa digunakan untuk membuat highlight pada ebook yang sedang dibaca.

Menariknya lagi aplikasi Kobo juga memberikan sebuah fitur kamus built ini. Namun tahukah kalian jika aplikasi Kobo menawarkan dua mode tampilan antar muka lho. Dua tampilan tersebut adalah day and night.

Terlalu kecil ukuran text pada ebook, tenang saja tak perlu khawatir. Sebab aplikasi Kobo sudah dibekali dengan fitur ubah ukuran text sesuai dengan keinginan para pengguna. Dilihat dari beberapa fitur tersebut, ternyata aplikasi Kobo bisa sangat membantu sekali bagi para pengguna.

Aplikasi Kobo tersedia di website resmi miliknya, layanan Google Play Store dan App Store. Gunakan beberapa marketplace aplikasi tersebut untuk mendapatkan aplikasi Kobo.

8. Aldiko

Adanya aplikasi Aldiko bisa kalian jadikan salah satu pilihan untuk membantu mempermudah membaca ebook. Dimana aplikasi ini memang selalu mendapatkan pengembangan yang cukup bermanfaat bagi para pengguna.

Dari perngembangan yang di langsungkan, aplikasi Aldiko mampu memberikan fitur-fitur menarik lho. Mulai dari tampilan yang mempermudah para pengguna. Lalu aplikasi Aldiko juga memberikan dukungan terhadap format file PDF dan EPUB.

Pada koleksi ebook yang dimilikinya, kalian akan mendapatkan kemudahan akses ebook paling baru dan juga yang masuk ke dalam daftar best seller. Aplikasi Aldiko juga memiliki fitur lain seperti kamus, seleksi text, pengaturan tulisan dan masih banyak lagi.

Aplikasi Aldiko mendukung semua sistem operasi smartphone saat ini. Hal ini terbukti adanya aplikasi Aldiko di dalam marketplace seperti Google Play Store dan App Store.

9. Nook

Cara Membaca Buku Digital
sumber: pocket-lint.com

Aplikasi Nook juga tak kalah menarik untuk digunakan sebagai salah satu media membaca ebook dengan mudah. Di dalam aplikasi Nook terdapat lebih dari 7.500 ebook gratis. Tentunya jumlah tersebut akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Namun untuk jumlah total buku yang ada di dalam aplikasi Nook ada sekitar 4 juta buku. Layaknya perpustakaan atau toko buku. Aplikasi Nook juga menyediakan berbagai macam genre buku. Mulai dari ebook, komik, novel grafis dan majalah.

Menariknya aplikasi Nook juga memiliki beberapa fitur dukungan lho. Mulai dari pengaturan font, margin hingga spacing bisa dilakukan pada aplikasi Nook. Selain itu aplikasi Nook juga memiliki beberapa fitur lain seperti catatan, bookmark hingga highlight.

Aplikasi Nook bisa kalian dapatkan di dalam Google Play Store maupun App Store.

10. Libby by Overdrive

Selanjutnya ada aplikasi Libby yang bisa juga nih membantu kalian dalam membaca sebuah ebook. Aplikasi Libby tak hanya menyediakan ebook saja. Namun fitur audiobook juga diberikan oleh aplikasi Libby.

Selain memiliki tampilan yang cukup sederhana. Proses membaca ebook dari aplikasi Libby ternyata hanya menggunakan sebuah kartu perpustakaan lho.

Aplikasi Libby bisa kalian dapatkan di Google Play Store ataupun App Store.

12. Wattpad

Rekomendasi terakhir adalah aplikasi Wattpad. Bisa dibilang jika aplikasi Wattpad sampai saat ini begitu populer. Bahkan dikalangan anak muda sekalipun, aplikasi Wattpad begitu populer.

Selain bisa membaca berbagai macam judul ebook. Kalian juga bisa turut berkontribusi tulisan dalam aplikasi Wattpad lho. Ribuan novel bisa kalian temukan di aplikasi Wattpad ini. Menariknya novel-novel tersebut memiliki berbagai macam genre lho.

Mulai dari novel genre horror, romansa hingga sci-fi. Saat ini aplikasi Wattpad sudah menyediakan sebuah fitur berlangganan. Setidaknya dalam satu bulan biaya yang diperlukan adalah Rp. 80 ribu saja.

Aplikasi Wattpad bisa kalian temukan di layanan Google Play Store maupun App Store.

Cara Membaca Buku Digital

Itulah beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membaca ebook. Cocok banget nih bagi kalian yang belum tahu cara baca buku digital untuk menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi baca ebook di atas.

BACA JUGA:

  1. Rahasia Super Hemat Baca Buku, Majalah, dan Koran Digital Sepuasnya 
  2. Cara Mudah Bayar Berlangganan Gramedia Digital dengan Go-Pay 
  3. Langkah Mudah Berlangganan Gramedia Digital secara Auto Renewal Lewat Aplikasi 
  4. Langkah Mudah Berlangganan Paket Bundling Gramedia Digital x Kompas.id 
  5. Cara Mudah Berlangganan Paket Premium Gramedia Digital 

Written by Ananda