in

Begini Cara Mengetahui Jenis Font dengan Mudah dan Anti Ribet

Cara Mengetahui Jenis Font – Apakah Grameds sedang mencari cara untuk mengetahui jenis font tertentu? Tepat sekali, Grameds tidak perlu khawatir karena Ada cara mudahnya untuk mengetahui jenis font dari gambar sekalipun. Kita mungkin terkadang terpesona dengan salah satu desain grafis atau web desain yang keren karena penggunaan jenis fontnya. Atau Grameds yang barangkali sedang belajar desain membutuhkan jenis font tertentu.

Sekarang teman-teman Grameds tidak perlu merasa kesulitan lagi mencari jenis font karena bisa menggunakan aplikasi atau web browser tertentu untuk mengetahuinya. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat dan membantu para desainer grafis yang perlu mengetahui jenis font tertentu. Berikut ini cara-cara yang biasa Grameds lakukan untuk mengetahui jenis font tertentu untuk diterapkan di desain sendiri:

Cara Mengetahui Jenis Font Menggunakan Web Browser

Ada beberapa situs online yang menyediakan jasa pencari jenis font secara gratis. Jadi, jika Grameds ingin langsung mencari cara mengetahui jenis font secara online, maka bias menggunakan beberapa website berikut ini:

1. WhatTheFont

Situs WhatTheFont adalah salah satu web browser online yang menyediakan layanan untuk mencari jenis font. Situ ini lumayan populer di kalangan desainer karena kemudahannya dan biasanya bagi para desainer yang tidak bisa mengaksesnya melalui iPhone maka bisa menggunakan situs ini.

Cara mengetahui jenis font menggunakan situs WhatTheFont adalah sebagai berikut:

  • Pertama, sebelum masuk ke dalam situs WhatTheFont, pastikan Grameds sudah mengantongi gambar atau potret jenis font yang ingin diketahui jenisnya
  • Setelah itu simpan file gambar jenis font tersebut dengan format JPG, JPEG, atau PNG dengan kualitas yang baik
  • Kemudian Grameds baru bisa kunjungi situs WhatTheFont di https://www.myfonts.com/WhatTheFont/ untuk mulai mencari jenis font
  • Upload file gambar ke situs WhatTheFont dengan cara klik Choose File, lalu pilih file gambar dan klik Open
  • Tunggu sampai situs selesai mengupload file
  • Maka secara otomatis situs WhatTheFont akan memberi hasil pencarian jenis font gambar tersebut
  • Setelah itu Grameds bisa mencari jenis font tersebut untuk diterapkan di desain yang akan dibuat

2. Identifont

Berbeda dengan situs WhatTheFont yang menggunakan gambar font untuk mengetahui jenisnya, situs Identifont justru menggunakan beberapa pertanyaan untuk menemukan suatu jenis font tertentu. Jadi jangan heran jika Grameds akan disuguhkan beberapa pertanyaan seputar jenis font yang dicari di situs ini. Itulah sebabnya jika di situs ini Grameds harus memahami betul tentang bagaimana jenis font yang ingin dicari namanya karena hal itu akan membantu Grameds untuk mudah menemukan nama jenis fontnya.

Cara mengetahui jenis font menggunakan situs Identifont adalah sebagai berikut:

  • Pertama Grameds kunjungi terlebih dahulu situs Identifont di http://www.identifont.com/
  • Maka Grameds akan menemukan tampilan situs yang berisi beberapa kolom kosong dengan beberapa pertanyaan
  • Grameds hanya perlu menjawab satu-persatu kolom pertanyaan tersebut, jadi pastikan Grameds mengetahui sedikit tentang jenis font
  • Situs hanya akan menanyakan kemiripan jenis font yang ingin Grameds ketahui berdasarkan jenis font yang sudah diketahui
  • Grameds juga menggunakan pengetahuan tentang bagaimana jenis font tersebut dibuat

Cara ini mungkin akan sulit bagi desainer pemula yang belum terlalu paham seluk beluk jenis font. Namun bagi desainer professional yang sudah terbiasa bergelut dengan jenis font akan memudahkan jika ia sedikit lupa nama jenis font tertentu. Jadi Grameds bisa sesuaikan kebutuhan penggunaan situs ini jika masih pemula atau sudah professional.

 

Percakapan Huruf
Percakapan Huruf

tombol beli buku

Buku Desain Web bagi Pemula membahas cara merancang web menggunakan bahasa HTML dan CSS, mengutamakan pada studi kasus serta contoh penggunaan setiap kode HTML dan CSS. Selain itu, masih banyak lagi pembahasan lainnya yang tidak kalah penting untuk dipelajari. Tunggu apalagi, segera miliki dan pelajari buku ini! Dengan sekejap, kalian akan mahir merancang web dengan bahasa HTML dan CSS.

3. Fontspring Matcherator

gramedia back to kampus

Situs pencari jenis font berikutnya adalah Fontspring Matcherator yang memiliki sistem pencarian yang tidak jauh berbeda dengan situs WhatTheFont. Situs ini juga menggunakan media gambar atau foto untuk mengidentifikasi nama jenis font tertentu. Situs ini bisa diakses secara gratis dan mudah sehingga bisa menjadi referensi untuk mengetahui jenis font tertentu.

Cara mengetahui jenis font menggunakan situs Fontspring Matcherator adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Grameds bisa kunjungi situs Fontspring Matcherator di https://www.fontspring.com/matcherator
  • Lalu klik tombol Upload Image untuk mengunggah gambar jenis font yang ingin diketahui nama jenisnya
  • Jadi Grameds harus menyimpan file hasil jepretan atau gambar dengan kualitas yang baik dan jelas
  • Setelah itu tunggu sampai situs selesai mengunggah file dan mulai mencari jenis nama fontnya
  • Kemudian secara otomatis situs Font Matcherator akan menemukan nama jenis font tersebut
  • Selain menggunakan gambar, Grameds juga bisa menemukan jenis font melalui link URL dengan cara klik tombol Image URL
  • Lalu masukan URL jenis font yang sudah disalin, kemudian klik tombol Get URL
  • Tunggu sampai situs mencari nama jenis tersebut, maka Grameds sudah bisa menemukan jenis font tersebut

Cara ini bisa lebih cepat dibandingkan menggunakan gambar atau hasil potret karena kita harus menyimpan dan mengunggahnya terlebih dahulu. Namun Grameds juga harus menemukan link jenis font tersebut jika ingin membukanya dengan cepat. Situs ini bisa Grameds gunakan jika menemukan jenis font secara online pula, salah satunya melalui link URL tersebut.

4. Font Squirrel Matcherator

Menggunakan situs Font Squirrel tidak jauh berbeda dengan situs-situs sebelumnya, yakni menggunakan gambar untuk mendeteksi jenis font tertentu. Jadi Grameds perlu menyimpan file gambar jenis font tertentu untuk kemudian diunggah di situs online ini untuk diidentifikasinya nama fontnya. Cara mengetahui jenis font menggunakan situs Fontsquirrel Matcherator  adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Grameds bisa kunjungi situs Fontsquirrel Matcherator di https://www.fontsquirrel.com/matcherator
  • Setelah itu unggah file gambar font yang sebelumnya Grameds simpan
  • Kemudian klik Matcherator It untuk menemukan jenis font dalam gambar tersebut
  • Tunggu proses pencarian sampai selesai, jika prosesnya benar maka situs online ini akan menampilkan hasil jenis font yang paling mirip dengan dengan file gambar yang terunggah tersebut

5. What Font Is

Tidak jauh berbeda dengan situs lainnya, What Font Is juga menggunakan gambar atau file foto lainnya untuk mengidentifikasi nama jenis font. Selain itu Grameds juga bisa menemukan jenis font menggunakan link URL di situs ini. Jadi Grameds bisa menggunakannya dengan mudah secara online tanpa ribet.  Cara mengetahui jenis font menggunakan situs What Font Is adalah sebagai berikut:

  • Grameds bisa langsung kunjungi situs What Font Is di https://www.whatfontis.com/
  • Kemudian klik klik tombol Abc pada keterangan Drag & Drop your image here to identify your font! Untuk mengunggah gambar jenis font tertentu
  • Pilih file gambar lalu tunggu sampai situs selesai mengunggah file
  • Jika file gambar terbaca oleh situs maka otomatis akan ter crop, lalu lanjutkan dengan klik Next Step
  • Jika file gambar belum terbaca jelas, maka Grameds bisa melakukan optimasi dengan mengatur rotation, brightness, dan contras agar gambar tersebut bisa lebih jelas
  • Setelah itu klik tombol merah Find The Font untuk menemukan nama jenis fonte tersebut
  • Jika Grameds ingin mencari menggunakan link URL maka masukan salinan link pada tombol specify an Image URL
  • Setelah klik kembali tombol FIND THE FONT agar situs menemukan nama jenis font tersebut

6. Font Face Ninja

Berbeda dari situs pencari jenis font lainnya, situs Font Face Ninja dapat menemukan jenis font tertentu melalui website-website yang Grameds kunjungi. Jadi cara ini tidak menggunakan website online melainkan ekstension dari Google Chrome. Itulah sebabnya Grameds perlu menginstall Plugin  dan menggunakan Font Face Ninja ini. Cara mengetahui jenis font menggunakan Font Face Ninja adalah sebagai berikut:

  • Pertama Grameds bisa kunjungi situs di https://www.fonts.ninja/ untuk mengunduh plugin Font Face Ninja
  • Setelah itu Grameds bisa pilih menu Add to Chrome
  • Kemudian tunggu sampai proses instalasi Font Face Ninja selesai diproses hingga icon Font Ninja tersebut berwarna hijau di bagian pojok atas
  • Setelah selesai terpasar, Grameds bisa coba kunjungi salah satu website
  • Kemudian klik kanan pada icon Font Face Ninja, lalu arahkan kursor pada jenis font website tersebut, maka akan muncul secara otomatis nama font tersebut beserta detail ukurannya

Cara ini mungkin sangat cepat dan detail memberikan informasi tentang jenis font tertentu. Namun kekurangan dari cara ini adalah Grameds hanya bisa menemukan jenis font yang ada di internet saja. Itu artinya Grameds tidak bisa mencari jenis font dari luar situs atau website tertentu, sehingga membatasi desainer untuk mencari jenis font. Cara ini mungkin tepat bagi para webmaster yang sedang melakukan riset desain sebuah website tertentu, namun kurang recomended bagi para desainer grafis yang biasanya mencari jenis font secara manual.

novel romantis

 

tipografi
tipografi

tombol beli buku

Buku ini mengupas dasar-dasar desain website atau situs dari nol menggunakan Dreamweaver. Cocok dibaca oleh para pemula. Adapun pembahasan buku ini, di antaranya merancang proyek pembuatan situs dari nol, membuat desain awal situs, bekerja dengan tabel, memasukkan gambar dan foto ke dalam situs, membuat dan mengenal jenis-jenis hyperlink, serta masih banyak lagi.

Dengan buku ini, para pembaca akan mengenal prinsip dasar membuat desain website yang mudah dipelajari dan diikuti.

7. Fount

Font adalah salah satu situs online yang menyediakan layanan mencari jenis font yang hampir sama kerjanya dengan Font Face Ninja. Grameds perlu menginstal plugin terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur pada Fount tersebut. Cara mengetahui jenis font menggunakan Fount adalah sebagai berikut:

  • Pertama Grameds bisa kunjungi situs di https://fount.artequalswork.com/ untuk mengunduh plugin Fount
  • Setelah itu Grameds bisa melakukan instalasi plugin dari Fount tersebut sampai selesai
  • Kemudian Grameds bisa menggunakan fitur Fount untuk mengetahui jenis font pada website-website tertentu
  • Setelah cek menggunakan Fount dengan cara klik kanan jenis font tertentu pada tulisan di website, lalu arahkan ke Fount agar mereka bisa mendeteksi nama font tersebut
  • Namun menggunakan Fount Anda tidak bisa mengetahui jenis font yang tidak tertera di internet

8. Flickr Typeface Identification

Flickr sebenarnya bukanlah situs pencari jenis font melainkan adalah salah satu situs online yang menyediakan berbagai macam foto. Biasanya pengguna Flickr akan mengunggah berbagai foto di situs online ini. Lalu bagaimana memanfaatkan situs online ini untuk menemukan jenis font?

Cara mengetahui jenis font melalui situs ini Grameds bisa menggunakan forum diskusi di situs online ini yang bernama Flickr Typeface Identification. Melalui forum ini Grameds bisa menanyakan berbagai macam jenis font barang kali ada member Flickr yang mengetahui jenis font tersebut.

Cara ini mungkin tidak bisa mencari tahu jenis font dalam waktu yang cepat karena perlu menunggu respon atau jawaban dari para pengguna Flickr. Namun situs online ini bisa Grameds manfaatkan untuk berkomunikasi dengan profesional karena kebanyakan para member situs online adalah para desainer ataupun orang-orang yang bergelut di bidang desain website.



Cara Mengetahui Jenis Font Menggunakan Aplikasi

Selain melalui web browser, Grameds bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk melakukan mengetahui jenis font. Cara mengetahui jenis font menggunakan aplikasi mungkin cocok untuk Grameds lakukan jika memang sering mencari jenis font, misalnya Grameds memang sedang ada proyek desain grafis atau desain website yang membutuhkan bantuan aplikasi agar lebih cepat menemukan jenis font tertentu.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Grameds gunakan untuk mengetahui jenis font dengan cepat dan anti ribet:

1. WhatTheFont – iTunes

Aplikasi WhatTheFont adalah salah satu aplikasi di iTunes yang bisa digunakan untuk mengetahui berbagai jenis font khususnya bagi pengguna iPhone. Jadi jika Grameds pengguna Android belum bisa menggunakan aplikasi ini karena belum tersedia dalam versi Androidnya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Grameds hanya perlu memotret font atau memiliki file gambar font  yang diketahui nama jenisnya. Setelah itu buka aplikasi dan unggah file tersebut agar aplikasi WhatTheFont bisa mencari jenis font tersebut. Maka pengguna aplikasi ini sudah bisa menemukan jenis font tersebut.

5 Pemrograman Dasar Desain Website
5 Pemrograman Dasar Desain Website

tombol beli buku

Buku ini akan mengajak kalian mengenal bahasa pemrograman paling dasar dalam dunia website, yaitu HTML. Dengan HTML, kalian menentukan struktur halaman web. Selanjutnya, kalian akan mempelajari CSS untuk mengatur tampilan website. Kemudian, website dapat dibuat lebih interaktif dengan memanfaatkan Javascript. Terakhir, agar website menjadi lebih powerful dari sisi server, maka kalian perlu mempelajari PHP dan MySQL. Dengan begitu, website kalian bisa mengelola database.

Setelah membaca buku ini kalian diharapkan memahami apa dan bagaimana kelima bahasa pemrograman tersebut saling membantu dalam menyusun website yang canggih serta modern.

2. Photoshop

Jika tidak ingin mengandalkan jaringan internet, maka Grameds bisa menggunakan aplikasi Photoshop untuk mengetahui jenis font tertentu. Aplikasi ini dapat mendeteksi dengan ukuran jenis font tertentu tanpa bantuan internet sama sekali. Pasalnya aplikasi Photoshop memiliki banyak jenis font dalam fiturnya untuk kebutuhan berbagai desain para penggunanya. Wajar saja aplikasi ini juga memfasilitasi penggunanya yang juga sering melakukan riset jenis font atau berusaha mencari jenis font tertentu.

Berbeda dengan aplikasi WhatTheFont yang bisa dijalankan di smartphone, penggunaan aplikasi Photoshop Grameds memerlukan perangkat PC atau laptop yang memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi ini. Kita semua mengetahui bahwa aplikasi editor yang satu memang lumayan berat untuk dijalankan apalagi beraktivitas dalam kegiatan komputasi sebuah perangkat.

Berikut ini Cara mengetahui jenis font menggunakan aplikasi Photoshop dengan mudah:

  • Pertama simpan terlebih dahulu file gambar atau foto dari jenis font tertentu yang akan dicari jenisnya
  • Setelah itu buka aplikasi Photoshop, lalu pilih menu File kemudian Open untuk memasukan file gambar ke dalam aplikasi ini untuk selanjutnya diidentifikasi
  • Setelah gambar sudah berhasil masuk ke aplikasi, maka klik menu Type, lalu scroll kebawah sampai menemukan menu Match Font
  • Kemudian tunggu proses aplikasi photoshop untuk mencari nama jenis font
  • Maka Photoshop akan menampilkan nama jenis font yang sesuai dengan gambar tersebut

Nah, itulah beberapa cara mengetahui jenis font mulai dari yang online sampai yang offline menggunakan aplikasi. Teman-teman Grameds bisa menyesuaikan kebutuhan mencari jenis font ini dengan akses yang bisa dilakukan. Jika Grameds sering melakukan aktivitas desain grafis atau website maka disarankan menggunakan aplikasi agar lebih mudah. Namun agar lebih praktis Grameds bisa menggunakan web browser untuk mengetahui jenis font tertentu secara online.

Beberapa cara mengetahui jenis font di atas memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi Grameds bisa memilih mana yang paling mudah dilakukan untuk menemukan jenis font. Agar lebih mudah dan menguasai dunia desain baik desain grafis atau desain website, Grameds bisa mencari referensi di koleksi buku Gramedia. Di situs www.gramedia.com Grameds dapat menemukan banyak referensi buku yang bisa dibaca tentang dunia desain. Berikut ini buku-buku rekomendasi Gramedia yang bisa Grameds baca untuk menambah pengetahuan dan skill di bidang desain: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas

Ragam Desain Grafis Photoshop untuk Pemula
Ragam Desain Grafis Photoshop untuk Pemula


tombol beli buku

Buku ini hadir untuk membantu menjelaskan secara teknis bagaimana semua efek khusus, memainkan cahaya, bereksperimen dengan warna, dan sebagainya dibuat. Kalian akan mempelajari aneka layer style, efek, filter, dan lainnya. Dengan demikian, inilah buku yang kalian butuhkan untuk menghadirkan efek-efek khusus memakai Photoshop.

Pengguna Photoshop versi lama (CS) masih tetap dapat memanfaatkan penjelasan dan langkah-langkah yang ada di dalam buku ini. Jadi, silakan buat kreasi-kreasi hebat secepat mungkin!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha