in

Cara Memasang AdBlock di Berbagai Perangkat

John Reden Wikimedia

Cara Memasang AdBlock  – Cara Memasang AdBlock di Chrome Android, iPhone, dan PC berbeda. Cara memasang AdBlock di Chrome ini dapat digunakan untuk menghilangkan iklan pada Android, iPhone, dan PC. Kami akan mengulasnya secara detail melalui artikel berikut ini!

Apa Itu AdBlock?

Perlu untuk Grameds ketahui bahwa AdBlock merupakan ekstensi peramban yang dapat menyaring dan memblokir iklan di perambang yang Grameds gunakan.

Tidak hanya Google Chrome, sebenarnya AdBlock juga dapat Grameds temukan di peramban lainnya. Sebut saja Opera, Firefox, Microsoft Edge, dan Apple Safari versi mobile maupun desktop.

Ketika mengaktifkan AdBlock, maka perangkat tidak akan terganggu dengan kehadiran iklan dengan tiba-tiba. Uniknya, AdBlock dapat Grameds manfaatkan dengan gratis. Dengan demikian, AdBlock sangat menarik untuk Grameds manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Dengan memblokir iklan yang mengganggu pada perangkat, Grameds dapat mengoperasikan ponsel maupun PC untuk memenuhi segala keperluan dengan lebih lancar.

Tidak terkecuali, ketika menjelajah dengan search engine. Kemudahan ini bisa Grameds rasakan saat AdBlock telah terpasang.

Cara Memasang AdBlock di Google Chrome Android

cara memasang adblock
https://www.android.com/

Cara pertama yang penting untuk Grameds perhatikan kali ini, yaitu cara memasang AdBlock di Google Chrome dalam smartphone Android. Untuk melakukan cara ini, Grameds tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi pihak ketiga ataupun Google Chrome.

Pasalnya, Google Chrome sudah termasuk dalam aplikasi bawaan yang biasanya telah otomatis terinstall di smartphone Android.

  • Pertama-tama, Grameds dapat membuka menu yang berada di sisi sudut kanan atas Google Chrome.
  • Lalu, klik menu Settings.
  • Kemudan, carilah pilihan Pop-ups.
  • Langkah selanjutnya mpilih tombol slider mode off. Hal ini digunakan untuk menyalakan pemblokiran pop-up.

Sementara bila Grameds mengarahkan tombol slider tersebut ke mode on, maka berarti pemblokiran nonaktif.

Grameds dapat mengatur aktif atau tidaknya fungsi AdBlock secara mudah dengan menggunakan tutorial tersebut.

Meski demikian, Grameds akan merasa kesulitan jika tidak mencermati tiap langkahnya. Oleh karena itu, jangan sampai Grameds melewatkan satu poin pun.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Cara Memasang AdBlock di Google Chrome iPhone

Selain Android, cara memasang AdBlock juga dapat dilakukan dengan menggunakan iPhone dengan mudah. Caranya cukup sederhana sehingga siapa saja dapat melakukannya.

Lantas bagaimana caranya? Grameds dapat temukan cara mudahnya pada tutorial di bawah.

  • Sama halnya cara sebelumnya, Grameds dapat mulai dengan membuka aplikasi Chrome terlebih dahulu di iPhone.
  • Setelah itu, Grameds dapat ketuk tiga baris.
  • Kemudian pilih Settings yang ada di dalamnya.
  • Langkah selanjutnya, klik Content Setting.
  • Jika sudah, ketuklah Block Pop-Ups.
  • Langkag terakhir, Grameds dapat lanjutkan dengan memilih geser tombol ke turn off atau turn on sesuai kebutuhan.

Cara tersebut sebenarnya tidak hanya dapat Grameds lakukan menggunakan iPhone saja, melainkan juga dengan perangkat iOS lainnya.

Dalam hal ini, Grameds juga dapat menggunakan iPad. Dengan alasan tersebut, terbukti bahwa AdBlock telah mendukung berbagai perangkat.

Cara Memasang Adblock Menggunakan Brave Browser

cara memasang adblock
https://brave.com/

Memasang AdBlock juga dapat Grameds lakukan dengan menggunakan Brave Browser. Apa itu Brave Browser? Pada dasarnya, Brave Browser merupakan salah satu alternarif peramban terbaik.

Cara ini dapat Grameds terapkan pada smartphone Android. Nantinya Grameds dapat merasakan berbagai ragam manfaat saat setelah memakai Brave Browser. Apa saja manfaatnya?

Salah satu manfaatnya yaitu dapat memblokir beragam jenis iklan. Bahkan jendela pop-up sekalipun tidak akan terlihar di perangkat. Grameds pun dapat memakai smartphonr Android dengan lancar.

Manfaat berikutnya, Brave Browser sudah menyediakan sistem anti pelacakan. Sistem tersebut dapat membantu Grameds untuk mencegah pelacakan kegiatan yang dilakukan pada perangkat. Grameds menjadi dapat lebih leluasa dalam mengoperasikan ponsel Android.

Menariknya, Brave Browser tak sekadar tersedia versi mobile, melainkan juga versi desktop. Untuk menggunakan peramban tersebut juga tanpa biaya alias gratis.

Jelas Grameds akan merasa untung karena dapat mengatasi iklan pengganggu tanpa mengeluarkan biaya.

Ketika menggunakan Brave Browser, Grameds pasti akan merasakan berbagai keuntungan. Salah satu keuntungannya, yakni memungkinkan kunjungan web dapat dilakukan dengan akses yang lebih cepat. Grameds pun tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk browsing.

Memasang Adblock di Google Chrome Komputer dapat dilakukan dengan menambahkan ekstensi khusus pemblokir pesan pada aplikasi peramban tersebut. Grameds dapat mengunduh terlebih dulu ekstensi pemblokir pesan melalui Google Chrome Web Store.

Cara Memasang Adblock Plus Di Google Chrome Komputer

Ada berbagai ekstensi yang dapat diinstal, salah satu yang cukup direkomendasikan ialah Adblock Plus. Grameds dapat mengunduhnya melalui Chrome Web Store dengan gratis melalui cara menekan tombol ADD TO CHROME. Bila muncul konfismasi, pilih opsi Add extension. Akan muncul ikon ABP di dekat tombol menu bila telah berhasil.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya, Grameds dapat mengetuk ikon ABP tersebut, lalu mengetuk opsi Enabled on this site untuk mematikannya dan Disabled on this site untuk menghidupkannya.

Rekomendasi Adblock

Salah satu cara yang dipakai oleh pemilik sebuah situs untuk memperoleh pemasukan ialah dengan memasang iklan. Meski demikian, bukan rahasia umum lagi bila sebagian besar iklan yang ditampilkan banyak yang sangat menganggu baik karena muncul terus menerus walau telah ditutup, maupun malah menutupi konten dari laman yang tengah dikunjungi.

Jika cara untuk memblokir iklan pada penjelasan sebelumnya ternyata masih kurang efektif, Grameds dapat menggunakan program dari pihak ketiga.

Untungnya, di internet terdapat cukup banyak aplikasi atau lebih tepatnya ekstensi yang bisa memblokir iklan serta membuat situs yang dikunjungi menjadi lebih “bersih” dan nyaman. Berikut 7 diantaranya yang direkomendasikan untuk dipakai di Google Chrome, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge.

1. AdBlock Plus

AdBlock Plus merupakan salah satu adblocker paling populer yang tersedia di hampir seluruh peramban seperti Chrome, Firefox, Edge, Safari dan Opera. Adblocker yang satu ini cukup mudah untuk dikonfigurasikan saat awal digunakan serta menyediakan berbagai fitur tambahan seperti peringatan cookie, dukungan untuk memblokir tracker,dan notifikasi.

Selain itu, dengan menggunakan AdBlock Plus, Grameds juga dapat memberi pengecualian terhadap sejumlah situs tidak ingin diblokir iklannya. Untuk versi mobile terutama Android, AdBlock Plus juga memiliki peramban sendiri dengan nama AdBlock Browser yang memiliki fitur dan fungsi pemblokiran iklan yang cukup sama.

2.  AdBlock

Walau memiliki nama yang hampir sama, AdBlock sejatinya tak memiliki hubungan dengan adblocker sebelumnya, AdBlock Plus. Keduanya sama-sama merupakan adblocker paling terkenal yang dapat digunakan pada berbagai macam peramban mulai dari Chrome, Edge, Safari,dan Firefox. Adblocker yang satu ini bahkan berhasil menjadi ekstensi paling banyak diunduh di Safari dan Chrome.

AdBlock sendiri memakai serangkaian “filter list” yang diperbarui dengan berkala dan secara otomatis memblokir konten iklan di situs yang dikunjungi pengguna. Meski demikian, sama seperti AdBlock Plus, pada AdBlock, pengguna juga dapat memperbolehkan iklan untuk muncul pada situs-situs tertentu.

3.  Poper Blocker

Tidak menjadi adblocker yang memblokir berbagai jenis iklan, Poper Blocker justru dibuat dengan tujuan untuk melengkapi adblocker lainnya. Dalam kasus ini, Poper Blocker hanya berfokus pada pop-up serta hal lain serupa yang masih lolos dari adblocker yang lain. Saat digunakan, Grameds akan memperoleh notifikasi kecil jika ada pop-up yang diblokir.

Untuk memaksimalkan penggunaan, Grameds juga dapat menggunakan Poper Blocker bersamaan dengan adblocker lainnya seperti AdBlock Plus dan AdBlock, terlebih Poper Blocker juga dapat dikatakan sangat ringan. Sayangnya, adblocker yang satu ini sekarang hanya tersedia di Chrome.

4. Stands Fair AdBlocker

Berikutnya ialah Stands Fair AdBlocker yang memiliki fungsi sama seperti Poper Blocker dan hanya tersedia di Chrome. Adblocker ini sama seperti yang lain, bisa memblokir iklan dan pop-up yang sering kali muncul pada situs-situs tertentu, sembari mencegah tracker yang melacak apa yang sedang Grameds lakukan.

Stands Fair AdBlocker menawarkan pada pengguna kebebasan untuk memilih jenis iklan apa saja yang hendak diblokir, bahkan seperti iklan yang muncul di video yang ada pada Facebook dan YouTube. Selain memilih jenis iklan, Stands Fair AdBlocker juga memberikan opsi untuk “membebaskan” jenis iklan tertentu untuk tampil dan membiarkan iklan untuk muncul pada situs-situs yang dipilih.

5. uBlock Origin

uBlock Origin merupakan adblocker berbentuk ekstensi dengan nilai jual berupa kesederhanaan dan efisiensi sehingga tidak terasa berat meski diaktifkan terus menerus. Adblocker yang satu ini hadir dengan cukup banyak “filter list” yang berisi berbagai jenis iklan yang akan diblokir termasuk yang berpotensi mengandung malware dan menginfeksi perangkat pengguna ketika tidak sengaja di-klik.

Jika mau, pengguna juga dapat membuat “filter list” mereka sendiri menggunakan file host. Jika dua adblocker sebelumnya hanya eksklusif di Chrome, uBlock Origin tersedia di peramban garapan Google tersebut dan juga Firefox.

6. Ghostery

Sama seperti seluruh adblocker di daftar ini, Ghostery bisa menghilangkan iklan dari berbagai situs, sehingga Grameds bisa lebih berfokus pada konten dari situs terkait dan memperoleh pengalaman browsing yang lebih nyaman. Ghostery cukup menarik karena selain memblokir iklan, Ghostery juga memiliki fitur privasi yang berguna untuk memblokir tracker serta memungkinkan Grameds untuk melihat siapa saja yang berusaha untuk mengumpulkan data.

Ghostery dapat digunakan dengan gratis di Chrome, Opera, Firefoxdan Edge, tetapi untuk proteksi lebih baik (termasuk VPN), Grameds harus berlangganan mulai dari US$4,99 atau sekitar Rp71 ribu untuk 1 bulan.

7. Adblocker for YouTube

YouTube pada saat ini making agresif dengan menyematkan iklan dan itu lah alasan mengapa Adblocker for YouTube ini diciptakan. Sesuai dengan namanya, adblocker berbentuk ekstensi ini bisa secara otomatis memblokir seluruh iklan di YouTube, baik yang muncul sebelum, ditengah-tengah, bahkan di akhir video dan iklan yang sekedar menggunakna format teks.

Adblocker for YouTube tersedia di Firefox dan Chrome. Untuk Firefox namanya sama, tetapi dikembangkan oleh developer yang berbeda. Walau demikian, fungsi keseluruhannya sama dengan yang terdapat di Chrome. Selain itu, Adblocker for YouTube juga dapat digunakan untuk Firefox versi Android.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi mengenai beberapa adblocker terbaik untuk blokir iklan di Google Chrome, Mozilla Firefox dan juga Microsoft Edge.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.