in

Ketahui Cara Hapus Akun Telegram yang Mudah Dilakukan

Cara hapus akun Telegram – Telegram merupakan salah satu aplikasi yang berasal dari Rusia. Popularitas ini semakin meningkat sejak awal kemunculannya pada tahun 2013 silam, salah satunya adalah daya tarik dari aplikasi Telegram ini fitur-fiturnya yang banyak serta dalam penggunaannya juga fleksibilitas.

Grameds bisa menggunakan aplikasi Telegram melalui berbagai platform mulai dari Android, Iphone, Windows phone hingga PC. Cara login dari aplikasi ini juga sama seperti whatsapp yaitu dengan mendaftarkan nomor ponsel dan secara otomatis nantinya identitas di akun Telegram yang bersangkutan.

Sistem keamanan di aplikasi Telegram sangat tinggi, salah satunya isi pesan di dalam percakapan antara dua orang pengguna hanya dapat dibaca oleh kedua orang yang saling berkomunikasi. Sekalipun itu dari pihak Telegram tetap tidak bisa melihat isi percakapan tersebut.

Sama halnya dengan media sosial lainnya, Telegram ini sendiri terkadang oleh beberapa ingin dihapus, apakah kamu salah satu orang yang ingin menghapus Telegram? Lalu, bagaimana cara menghapus akun Telegram? Ketahui caranya melalui artikel ini, ya.

Fitur-Fitur Telegram 

pixabay.com/Victoria_Regen

Kelebihan dari aplikasi Telegram dibandingkan dengan aplikasi lain adalah memiliki banyak fitur menarik di dalamnya. Berikut ini beberapa fitur unggulan dari Telegram yang perlu grameds ketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum menghapus akun ya. Yuk simak fitur-fitur Telegram di bawah ini.

1. Pesan rahasia 

Fitur pertama di Telegram adalah fitur pesan rahasia. Fitur ini terjadinya percakapan rahasia yang hanya diketahui oleh dua orang yang saling berkomunikasi satu sama lain. Semua pihak di luar ruang percakapan rahasia tersebut tidak akan mengetahui isi chat di dalamnya termasuk Telegram.

Hal ini karena adanya enkripsi end to end yang diterapkan di dalamnya. Di sisi lain, di dalam fitur pesan rahasia juga memungkinkan sebuah pesan bisa terhapus secara otomatis dalam kurun waktu tertentu karena adanya fitur self-destruct. Hal ini menjadikan aplikasi Telegram sebagai aplikasi pesan yang sangat aman.

2. Dapat mengirim file yang berkapasitas besar

Pada aplikasi Telegram dapat mengirim file dengan ukuran mencapai 2GB. Jumlah ini tentu saja jauh di atas Whatsapp yang hanya dapat mengirim file dengan ukuran yang tidak lebih dari 16 MB.

Dengan begitu, grameds dapat memilih file yang akan dibagikan kepada orang lain mulai dari dokumen, foto hingga video berdurasi panjang tanpa harus mengurangi kualitasnya. Kelebihan inilah yang membuat banyak pengguna whatsapp banyak beralih ke aplikasi ini.

Sudah tak bisa dipungkiri apabila dengan adanya media sosial bisa membuat seseorang memiliki teman walaupun di daerah yang berbeda. Selain itu, masih ada banyak sekali manfaat dari penggunaan media sosial. Nah, semua manfaat itu bisa kamu ketahui pada buku Keajaiban Sosial Media.

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

3. Multiplatform 

Dengan memiliki aplikasi Telegram, grameds tidak akan ketinggalan informasi dari seseorang maupun grup yang diikuti. Grameds bisa tetap terhubung dengan Telegram dari berbagai platform mulai dari windows phone, android, iphone, PC hingga macbook. Kemudahan ini tentu akan sangat membantu apabila grameds mempunyai banyak device untuk menunjang pekerjaan sehari – hari. Dari semua perangkat yang dimiliki, seluruhnya bisa mengakses akun yang sama hanya dengan menggunakan satu nomor HP yang terintegrasi dengan Telegram.

4. Adanya fitur chanel

Channel dalam aplikasi Telegram disediakan kepada para pengguna untuk membuat sebuah saluran yang dapat diikuti oleh sebanyak – banyaknya anggota tanpa ada batasan. Dengan adanya fitur ini, grameds dapat membuat sebuah campaign yang dapat berjalan dengan anggota, nantinya akan terus bertambah karena tidak adanya batasan dalam jumlah yang ditampung. Arah komunikasi juga tidak akan berantakan karena pemilik channel yang dapat menuliskan chat di dalamnya.

5. Dapat mengedit pesan terkirim

Apabila di whatsapp grameds hanya dapat menghapus pesan apabila terjadi salah ketik atau typo. Hal ini berbeda di aplikasi Telegram, pesan yang baru saja grameds kirim masih dapat diedit apabila terjadi kesalahan dalam penulisan. Maka, grameds bisa menulis chat dengan cepat tanpa harus khawatir akan salah tulis. Fitur ini tidak dibatasi dengan waktu tertentu. Artinya, grameds masih tetap mengedit pesan yang dikirim kapan saja.

6. Dapat menambahkan teman dengan menggunakan username

Di aplikasi lain seperti whatsapp menambahkan kontak baru atau teman biasanya harus menggunakan nomor telepon yang harus disimpan terlebih dahulu. Sementara itu, pada aplikasi Telegram grames tidak perlu menggunakan nomor telepon untuk menambahkan teman ke kontak Telegram. Cukup dengan menggunakan username Telegram, maka grameds sudah bisa menambahkan kontak orang lain. Hal ini agar tidak adanya penyalahgunaan telepon demi keamanan privasi pengguna yang lebih terjaga nantinya.

7. Grup dengan kapasitas yang lebih besar

Apabila di aplikasi whatsapp grup akan dibatasi anggotanya sebanyak 256 saja. Sedangkan di Telegram dapat menampung kontak hingga 5.000 anggota dalam satu grup chat yang disebut dengan supergroup. Ditambah dengan fitur-fitur lengkap di dalamnya yang dapat grameds gunakan seperti pin, hashtag, pesan tertentu dan masih banyak lainnya.

8. Menyembunyikan fitur last seen pada sebagian kontak

Fitur last seen memang sering digunakan pada aplikasi whatsapp untuk menghindari aktivitas yang grameds lakukan di aplikasi tersebut, tidak diketahui kontak yang dimiliki. Di sisi lain, fitur ini juga ada di Telegram. Hanya saja grameds bisa mengatur siapa saja kontak yang dapat melihat dan tidak dapat melihat last seen tersebut sesuai dengan preferensi.

Untuk aplikasi whatsapp. Grameds dapat mengakses login di dua perangkat yaitu smartphone dan di desktop. Sedangkan untuk aplikasi Telegram, grameds bisa login di beberapa perangkat secara bersamaan. Contohnya, ketika grameds ingin login di dua perangkat smartphone secara bersamaan, maka hal ini dapat dilakukan.

Ketika bermain sosial media pasti akan mendapatkan beberapa isu. Namun, semua isu tersebut sebenarnya bisa diatasi, bagaimana caranya? Kamu bisa mengetahui cara mengatasi isu pada media sosial melalui buku Strategi Memenangkan Isu di Sosial Media.

 

9. Kapasitas ruang penyimpanan yang tidak terbatas

Di aplikasi Telegram memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas, di mana Telegram menggunakan sistem cloud storage untuk menyimpan setiap data secara aman, tidak memenuhi perangkat dan mudah untuk di akses. Sistem penyimpanan yang tidak terbatas dan tidak berbayar sudah disediakan aplikasi Telegram sehingga grameds dapat menyimpan segala jenis data file.

Mulai dari pesan, video, gambar dan berbagai jenis file lainnya dalam satu sistem penyimpanan. Tidak heran apabila banyak orang yang mulai beralih ke Telegram sebagai salah satu aplikasi chatting online karena keunggulan-keunggulan tersebut.

10. Berbagi data media tanpa khawatir kualitas menjadi turun

Ketika grameds berbagi foto maupun video ke sesama pengguna whatsapp, biasanya kualitas yang dihasilkan akan menurun. Hal ini karena di whatsapp akan memangkas atau mengkompresi ukuran file sebelum dikirimkan agar memudahkan proses pengiriman data ke orang lain. Tentu akan membuat kualitas foto maupun video sering menjadi buram atau kurang jelas.

Dengan menggunakan aplikasi Telegram, grameds tidak akan menemukan masalah-masalah tersebut. Karena di Telegram akan memberikan pilihan ketika grameds berbagi file dengan sesama pengguna terlebih dahulu. Apakah ingin melakukan kompresi maupun langsung mengirimkan file berukuran asli. Dengan begitu, foto atau video yang grameds kirimkan tidak akan buram atau kurang jelas.

Cara Menghapus Akun Telegram 

pixabay.com/Elf-Moondance

Dari fitur-fitur Telegram yang sudah ada, ketika grameds ingin menghapus akun Telegram secara permanen ada beberapa langkah yang harus dipelajari, antara lain:

  • Cara menghapus akun Telegram dari browser di PC

Cara pertama dengan menggunakan browser di PC, berikut ini langkah – langkahnya :

  1. Buka browser di PC grameds seperti chrome, firefox, opera dan lain sebagainya.
  2. Kemudian, kunjungi situs untuk menghapus akun Telegram melalui link yang telah disediakan.
  3. Langkah selanjutnya masukkan nomor HP dari akun Telegram yang ingin grameds hapus.
  4. Apabila sudah, pihak Telegram akan mengirimkan kode OTP sebagai langkah verifikasi.
  5. Ketika sudah menerima kode OTP melalui SMS, grameds segera salin kode tersebut serta masukkan ke kolom yang sudah disediakan di situs Telegram.
  6. Kemudian, pilih tombol sign in.
  7. Setelah itu grameds akan diminta untuk memberikan alasan mengapa ingin menghapus akun Telegram. Silahkan memberi alasan yang sesuai dengan kondisi yang sedang dirasakan.
  8. Apabila sudah, grameds bisa langsung menekan tombol delete my account.
  9. Selesai.

Dengan menghapus akun Telegram, berbagai macam data-data yang di dalamnya seperti informasi kontak, riwayat percakapan, file-file multimedia sudah tidak dapat di akses kembali. Maka, lakukan backup data – data tersebut sebelum grameds mulai menghapusnya.

  • Cara menghapus akun Telegram dari aplikasi di HP Android 

Berikut ini cara-cara menghapus akun Telegram via aplikasi :

  1. Membuka aplikasi Telegram.
  2. Klik icon garis tiga di sudut kiri atas.
  3. Kemudian, pilih setting dan privacy & security.
  4. Setelah itu, gulir layar ke bawah dan pilih delete my account. Kemudian pilih if away for.
  5. Grameds dapat menentukan berapa lama akun akan dihapus setelah tidak digunakan. Biasanya dapat memilih antara 1 bulan, 3 bulan hingga 1 tahun.
  6. Apabila sudah, maka dapat menghapus aplikasi Telegram dari Hp.
  7. Selesai.

Cara di atas tidak langsung dapat menghapus akun Telegram begitu saja. Apabila grameds memilih if away for 1 month (1 bulan) maka akun Telegram baru akan dihapus apabila grameds tidak menggunakannya dalam waktu 1 bulan.

  • Cara menghapus akun Telegram dari IOS

Berikut ini langkah-langkah menghapus akun Telegram melalui IOS:

  1. Membuka aplikasi Telegram.
  2. Grameds masuk ke menu setting di kanan bawah layar.
  3. Setelah itu klik menu privacy and security.
  4. Kemudian, scroll layar ke arah bawah hingga menemukan opsi atau menu automatically delete my account.
  5. Grameds dapat mengatur waktu penghapusan akun secara otomatis dengan mengklik if away for.
  6. Lalu pilih rentang waktu yang diinginkan antara satu bulan, tiga bulan, enam bulan maupun 12 bulan.
  7. Setelah itu, akun Telegram secara otomatis akan terhapus selama grameds tidak pernah login atau online pada akun tersebut. Dengan rentang waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.
  8. Selanjutnya, grameds dapat melakukan logout atau uninstall aplikasinya.

Seorang Muslim dianjurkan ketika bermain media sosial memerhatikan apa yang dilarang dan apa yang diperbolehkan. Buku Moslem Social Media 4.0: Argumen Islam Terhadap Fenomena Sosial Media di Era Industri 4.0, memberi penjelasan tentang topik yang sedang hangat diperbincangkan saat ini, yakni Revolusi Industri 4.0 yang merupakan proses digitalisasi dalam segala aspek kehidupan.

 

  • Cara menghapus akun Telegram tanpa kode verifikasi

Selain cara-cara di atas, grameds juga bisa menghapus akun Telegram tanpa menggunakan kode verifikasi. Jadi, apabila grameds kehilangan nomor telepon atau lupa nomor telepon yang dahulu digunakan dalam membuat akun Telegram, tidak perlu khawatir, ya. Karena grameds dapat menghapus akun Telegram secara permanen atau sementara tanpa menggunakan kode verifikasi. Langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Membuka aplikasi Telegram terlebih dahulu, dengan meminta bantuan pada pihak Telegram dengan memberikan keterangan yang sesuai dengan kejadian. Sehingga, grameds akan diminta meninggalkan alamat email serta nomor telepon.
  2. Kemudian, grameds dapat membuka email support Telegram melalui alamat https://Telegram.org/support.
  3. Apabila sudah, grameds akan diminta menuliskan di kolom keterangan berupa alasan penghapusan akun tanpa menggunakan kode verifikasi.
  4. Jika proses tersebut sudah selesai, grameds dapat menekan tombol submit agar melanjutkan proses penghapusan akun.
  5. Apabila sudah, maka akun Telegram grameds sudah dihapus.
  • Cara menghapus akun Telegram yang terkena hack 

Apakah aplikasi grameds pernah terkena hack? Karena kemungkinan di zaman yang serba modern ini membuat kejahatan dunia maya termasuk hacker yang kian marak, ya. Sehingga apabila akun Telegram grameds terkena hack, masih bisa menghapusnya dengan cara-cara berikut ini :

  1. Langkah pertama, grameds dapat membuka halaman nonaktif Telegram. Kemudian masukkan nomor Telegram yang digunakan untuk membuat akun.
  2. Tunggu hingga nomor telepon tersebut memperoleh notifikasi. Pada halaman selanjutnya grameds akan diminta agar memasukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke nomor telepon itu.
  3. Selanjutnya grameds akan diminta untuk menuliskan alasan penghapusan akun Telegram di kolom yang sudah disediakan.
  4. Apabila sudah, garmeds dapat mengklik “selesai” namun apabila timbul pop up “Apakah Anda yakin?”. Kemudian, pilih Ok.
  5. Setelah itu, akun Telegram grameds sudah selesai di hapus.
  • Cara menghapus akun Telegram secara manual

Cara menghapus akun Telegram juga bisa dilakukan secara manual. Berikut ini langkah – langkahnya :

  1. Buka opsi untuk menghapus akun pada situs resmi Telegram.
  2. Masukkan nomor telepon yang terhubung di akun Telegram yang akan dihapus serta usahakan menggunakan format yang tepat. Untuk pengguna Indonesia, bisa mencantumkan kode +62 yang dilanjutkan dengan nomor telepon.
  3. Kemudian, pengguna akan menerima SMS yang isinya tentang kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada laman dan klik tombol sign in.
  4. Grameds akan diminta untuk memasukkan alasan mengapa memutuskan menghapus akun Telegram. Apabila grameds telah benar – benar yakin akan menghapus akun Telegram, maka lanjutkan dengan memilih tombol “Delete my account”.

Cara Backup Data Sebelum Menghapus Akun

Sebelum grameds melakukan cara-cara diatas pada perangkat yang digunakan, maka perlu diketahui bahwa pada saat rentang waktu atau saat proses hapus akun selesai data yang dimiliki di dalamanya akan terhapus secara permanen. Lantas, bagaimana cara membackupnya? Yuk simak caranya di bawah ini.

  1. Grameds membuka Telegram di laptop maupun PC.
  2. Kemudian, grameds dapat memilih metode masuk dengan menggunakan scan code QR atau nomor telepon.
  3. Setelah itu cari menu atau opsi garis tiga yang ada pada bagian pojok kiri atas.
  4. Langkah selanjutnya, cari menu yang bertuliskan advanced dan klik opsi bertuliskan export Telegram data.
  5. Grameds akan diberikan beberapa pilihan yang mana saja yang akan di backup. Kemudian dapat dicentang beberapa yang diperlukan.
  6. Apabila sudah selesai, langkah selanjutnya grameds scroll kebawah hingga menemukan tulisan location and format. Disarankan untuk memilih opsi HTML, apabila sudah klik export.
  7. Kemudian pilih allow pada beberapa izin akses lainnya. Kemudian selesai.

Nah, itulah penjelasan tentang cara menghapus akun Telegram yang mudah dilakukan, ya grameds. Ketika grameds ingin menghapus sementara atau permanen, maka dapat dilakukan dengan cara-cara di atas ya. Selain itu, pastikan juga kalau beberapa file-file sudah disimpan di memori lain, ya.

Jika Grameds ingin mencari buku seputar media sosial, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Rujukan:

  • https://www.pressburner.com/cara-hapus-akun-Telegram/
  • https://www.wlp.co.id/cara-hapus-akun-Telegram-permanen/
  • https://eraspace.com/artikel/post/10-kelebihan-fitur-Telegram-yang-tidak-dimiliki-whatsapp


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.