in

Cara Pesan Tiket Bioskop Online Antiribet: Lewat Situs sampai Aplikasi

Sumber: Unsplash

Cara pesan tiket bioskop online – Dewasa ini, siapa yang tak gemar menonton film di bioskop? Bahkan, sejak dulu pun, film merupakan suatu hal yang tenar dan digemari banyak orang. Penceritaan yang menarik, alur menegangkan, sampai kisah cinta yang bikin iri, semua itu bisa dilihat melalui film layar lebar yang memuaskan.

Dari masa ke masa, dunia sinema Indonesia telah mengalami berbagai untung ruginya. Sebagai contoh, awal pandemi COVID-19 yang memukul industri ini. Meski begitu, kita berhasil bangkit dan beradaptasi mengembangkan satu langkah yang lebih mudah untuk menonton film tanpa antre di loket.

Memang, bagaimana caranya? Tentunya, memanfaatkan teknologi masa kini dan sistem online. Namun, bagaimana cara memesan tiket bioskop secara online?

Super Skills: 10 Langkah Mudah Membuat Film Sendiri

 

 

Cara Pesan Tiket Bioskop Online

Memesan tiket bioskop secara online bisa dilakukan melalui situs dan aplikasi. Beberapa di antara kita bisa cenderung memilih pembelian melalui situs dengan alasan agar hemat ruang di perangkat kita atau hanya untuk membeli tiket bioskop sesekali saja.

Selain itu, kita juga bisa membeli tiket bioskop melalui aplikasi mobile banking yang secara umum tak hanya ditujukan untuk membeli tiket bioskop saja, tetapi untuk keperluan finansial lainnya.
Berikut cara memesan tiket bioskop online lewat situs atau mobile banking M-BCA:

?? Situs Cinema XXI

Cinema XXI menyediakan metode pemesanan tiket online melalui situs dan aplikasinya. Berikut tata cara memesan tiket bioskop online melalui situs:

  1. Kunjungi situs https://21cineplex.com/
  2. Jika belum punya akun, buatlah akun baru atau log in dengan nomor ponsel yang terdaftar dan PIN yang telah ditetapkan, jika sudah punya akun
  3. Akan tampil halaman beranda. Ubah opsi “playing in” sesuai dengan lokasi yang ingin Grameds kunjungi untuk menonton film
  4. Pilih pada gambar atau banner film yang tersedia dan ingin ditonton
  5. Akan muncul halaman informasi terkait film tersebut. Jika memutuskan untuk menontonnya, klik pada “buy ticket
  6. Tentukan hari dan jam tayang sesuai yang telah direncanakan untuk menonton
  7. Tentukan kursi untuk duduk sesuai denah dan ketersediaan.
  8. Jangan lupa untuk memeriksa kembali detail film yang akan ditonton, seperti lokasi, judul, tanggal dan jam.
  9. Jika sudah yakin, silakan klik “buy now” dan ikuti tahap konfirmasi pemesanan hingga selesai.
  10. Setelahnya, masukkan PIN untuk mengonfirmasi pembayarannya.
  11. Tunggu hingga proses berhasil.

?? BCA Mobile

Untuk Grameds yang merupakan nasabah Bank Central Asia alias BCA, bisa memakai salah satu fitur yang terdapat pada layanan mobile banking dari bank ini, yakni BCA Mobile. Melalui aplikasi ini, kita akan sangat dimudahkan dalam mendapatkan tiket film favorit.

Meski begitu, perlu diingat bahwa pemesanan tiket bioskop melalui metode ini hanya bisa dilakukan untuk jaringan bioskop CGV saja. Berikut langkah-langkah pemesanannya:

  1. Masuk ke aplikasi BCA Mobile
  2. Setelahnya, klik pada menu “lifestyle” yang tersedia.
  3. Akan ada pilihan untuk tiket bioskop. Klik pada “tiket bioskop
    Atur kolom “pilihan kota” dan “tampilkan” sesuai dengan preferensi
  4. Pilih pada judul film, jadwal tayang, serta studio tempat kita akan menonton film tersebut
  5. Pilih kursi yang tersedia
  6. Klik pada ”lanjutkan
  7. Akan tampil halaman checkout. Periksa kembali ketepatan data yang telah diatur
  8. Jika yakin, klik pada “bayar sekarang
  9. Masukkan PIN BCA Mobile yang telah kita punya
  10. Tunggu hingga muncul notifikasi pembelian berhasil

Bikin Film, Yuk

 

 

Melalui Aplikasi

Selain membeli melalui web, kita juga bisa memesan tiket melalui aplikasi yang tersedia di smartphone. Tinggal download, ikuti instruksi, cari film kesukaan, beli tiket di bioskop kesayanganmu! Berikut ulasannya.

1. TIX ID

Aplikasi ini akan cocok untuk Grameds yang sering top up e-wallet DANA. TIX ID adalah aplikasi pihak ketiga yang berfokus pada layanan pemesanan tiket, khususnya untuk jaringan bioskop seperti Cinema XXI dan CGV.

Langkah pertamanya, tentulah melakukan log in ke akun TIX ID. Setelahnya, kita bisa menghubungkan akun tersebut dengan platform DANA. Jika mempunyai cukup saldo DANA, kita pun bisa membeli tiket bioskop secara online melalui TIX ID.

Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Nusantara Elang Sejahtera ini bisa diunduh pada Android 5.0 ke atas. Fitur terbarunya, yakni kita bisa mengetahui rating, sinopsis, trailer, gambar, sampai jajaran pemain dari suatu film. Di sana, bisa jadi pula kita mendapatkan tiket untuk event seru lain.
Jangan khawatir, aplikasi yang bisa diunduh secara legal di Google Play ini hanya berukuran 31 MB, Grameds.

Berikut cara memesannya:

  1. Daftar atau log in pada aplikasi TIX ID
  2. Pilih lokasi menonton
  3. Pilih film yang akan ditonton
  4. Tentukan tanggal, jam, dan lokasi bioskop yang ingin dituju
  5. Klik pada “beli tiket”, tentukan jumlah tiket yang akan dipesan
  6. Tentukan posisi kursi yang tersedia sesuai denah teater
  7. Klik “ringkasan order” dan periksa kembali kesesuaian data pemesanan
  8. Pilih “bayar sekarang
  9. Masukkan nomor yang terdaftar di DANA, dan memiliki saldo cukup
  10. Ketikkan PIN DANA, kemudian klik pada “bayar

2. Cinema 21 (M-TIX)

Aplikasi yang juga disebut M-TIX ini merupakan salah satu aplikasi pemesan tiket lainnya, khusus untuk Cinema XXI, The Premiere XXI, serta IMAX XXI. Tampilan aplikasinya mudah dipahami dan sederhana, kita bisa segera tahu jadwal film terbaru di bioskop, daftar teater yang tersedia, hingga harga tiket di seluruh jaringan bioskop di Indonesia.

Memesan tiket pun jadi lebih mudah dengan Cinema 21 karena tampilannya yang sederhana dan langkah-langkah yang tak terlalu berbeda dengan aplikasi dan platform lainnya. Bahkan, kita akan mendapatkan kode pemesanan dan kode QR untuk ditukarkan dengan tiket di bioskop.

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di PlayStore, dan ukurannya hanya 5,3MB. Berikut cara memesan tiket di sini:

  1. Buka aplikasi M-Tix
  2. Pilih film dan lokasi bioskop tempat menonton yang telah kamu tentukan
  3. Tentukan tanggal, jam tayang, dan jumlah tiket yang akan dibeli
  4. Akan muncul denah teater, pilih kursi yang tersedia sesuai keinginan
  5. Klik pada “confirm order
  6. Periksa kembali detail keterangan pemesanan
  7. Ketikkan PIN dan klik padabuy ticket

3. BookMyShow

BookMyShow bisa menjadi aplikasi pemesanan tiket pilihan selanjutnya. Merupakan aplikasi pihak ketiga, cara yang satu ini cukup trendi dan praktis untuk digunakan. Pasalnya, BookMyShow telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan bioskop di Indonesia, seperti Cinepolis, CGV, Lotte Cinema, Flix, dan lain sebagainya.

Menariknya, aplikasi yang berukuran 28 MB ini memungkinkan kita untuk melakukan pemesanan tiket sekaligus camilan yang dapat dibawa masuk ke dalam teater, khususnya untuk bioskop CGV.

Grameds yang memiliki ponsel dengan versi Android 4.1 ke atas sudah bisa mengunduh aplikasi ini. Dalam versi terbarunya, BookMyShow memungkinkan kita untuk dapat membaca berbagai ulasan yang ada. Dengan begitu, kita bisa membaca review terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menonton suatu film dan memesan tiketnya di sini.

Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi
  2. Pilih film
  3. Klik pada book tickets
  4. Pilih lokasi dan jam tayang sesuai keinginan
  5. Tentukan jumlah tiket
  6. Pilih kursi yang dikehendaki
  7. Klik pada “pay
  8. Skip” jika tidak ingin membeli makanan
  9. Konfirmasi pada detail pembelian tiket, lalu klik “pay
  10. Pilih metode pembayaran, lalu bayar dalam waktu yang ditentukan

4. Traveloka

Salah besar jika kita mengira Traveloka hanyalah platform untuk menyokong keperluan travelling, Grameds. Pasalnya, aplikasi yang dikenal bergerak dalam layanan tiket akomodasi dan transportasi pesawat secara online ini juga bisa membantu kita memesan tiket bioskop!

Layanan dari Traveloka ini khususnya dapat memesankan tiket secara online untuk Flix, CGV, Cinepolis, dan lain sebagainya. Disayangkan, platform Traveloka ini baru menyediakan pembayaran dengan metode kartu kredit dan transfer bank saja.

Meski begitu, aplikasi ini mempunyai berbagai fitur. Contohnya, dalam versi terbaru, kita bisa melihat informasi terkait film terbaru. Tampilan aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali ini pun cukup sederhana sehingga bisa memudahkan penggunanya.

Berikut cara memesan tiket:

  1. Daftar atau log in pada aplikasi Traveloka
  2. Klik menu “bioskop” dan pilih kota dan tampilan film
  3. Pilih film yang akan ditonton
  4. Pilih bioskop dan waktu penayangan
  5. Klik pada “pilih kursi”, ketuk pada “lihat menu
  6. Ketuk “lanjutkan
  7. Pilih pada “metode pembayaran

5. CGV Cinemas

Di samping berbagai aplikasi pihak ketiga yang telah kita bahas, salah satu jaringan bioskop terbesar di Indonesia juga memiliki aplikasi untuk layanan pemesanan tiket secara online. Platform apakah itu? Tentunya, CGV Cinemas yang telah banyak jadi pilihan.

Lain halnya dengan Cinema 21, Grameds tak perlu repot membuat akun untuk menikmati layanan dari aplikasi ini. Sebab, kita bisa langsung menghubungkan akunnya dengan Facebook atau GMail milik sendiri. Bahkan, kita pun tak perlu melakukan top up dari e-wallet lain ke aplikasi ini.

Kerennya, kita bisa memilih tipe studio kesukaan yang memang disediakan oleh CGV melalui aplikasi ini. Mulai dari pilihan Regular, Velvet, 4DX, sampai Satin. Tinggal pilih saja! Di dalam CGV Cinemas pula, Grameds bisa membayar lewat kartu keanggotaan CGV dan kartu kredit. Tersedia pula metode lainnya.

Terlebih, CGV CInemas juga memiliki fasilitas khusus untuk film, seperti ScreenX, SweetBox, 4DX, Velvet Class, sampai Gold Class.

Berikut cara memesan tiket dengan metode ini:

  1. Registrasi atau log in
  2. Pilih lokasi cinema
  3. Pilih judul film dan jam tayang sesuai keinginan
  4. Tentukan jumlah dan posisi kursi yang dikehendaki
  5. Pilih metode pembayaran yang tersedia dan masukkan data-data
  6. Email akan diterima setelah pembayaran selesai.

6. Cinepolis Indonesia

Melangkah ke jaringan berikutnya, ada pula Cinepolis yang menyediakan aplikasi Cinepolis Indonesia. Dulu bernama Cinemaxx, aplikasi ini menyediakan tiket dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan CGV atau Cinema XXI, Grameds.

Termasuk aplikasi resmi, kita bisa langsung memesan tiket dengan nyaman dan lebih cepat. Untuk metode pembayarannya sendiri, Cinepolis menyediakan cara melalui kartu kredit, OVO (dengan top up), hingga GoPay.

Aplikasi yang hanya berukuran 16 MB ini punya versi terbaru yang mendukung untuk memanjakan kita dengan berbagai diskon, seperti tampilan depan yang memampangkan cashback, dan sebagainya.

Tak hanya sampai di situ, Grameds juga bisa berlangganan dan mendapatkan informasi film terbaru setiap hari dari aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 1 juta kali ini. Berikut cara membeli tiket:

  1. Pilih “movies” dan tentukan film
  2. Tentukan lokasi bioskop, jadwal penayangan, lalu klik pada “buy ticket
  3. Pilih posisi kursi dan tekan pada “confirm seat
  4. Tentukan metode pembayaran, klik “continue” dan selesaikan pembayaran

7. GoTix

Siapa yang tak kenal dengan super app karya anak bangsa, Gojek? Sejak awal diluncurkan, platform yang satu ini memang sudah menyasar masyarakat dengan berbagai fasilitas yang dikerahkannya, termasuk layanan pemesanan tiket dengan nama fitur GoTix.

Berupa salah satu fitur, tentu saja kita bisa membayar menggunakan top up GoPay, Grameds. Memesan lewat aplikasi Gojek pun akan lebih menyenangkan karena fiturnya lengkap dan bisa melihat informasi film terbaru.

Dijamin, aplikasi yang seluruhnya berukuran 62 MB dan telah diunduh lebih dari 50 juta kali ini tak akan membuatmu ketinggalan tren film terkini. Berikut cara memesan tiketnya:

  1. Daftar atau log in pada aplikasi Gojek
  2. Klik pada menu lain, scroll hingga terlihat menu GoTix
  3. Tentukan film yang akan ditonton
  4. Klik pada “buy ticket
  5. Pilih tanggal, jam, dan lokasi bioskop
  6. Sesuaikan jumlah dan posisi kursi, klik pada “continue
  7. Pilih metode pembayaran yang ada, klik pada “order

8. Goers

Sudah pernah dengar aplikasi bernama Goers? Ini merupakan aplikasi pemesanan tiket online terbaru. Pada awalnya, platform ini hanya melayani pembelian tiket online untuk acara atau event-event di kota tertentu. Misalnya, webinar, seminar nasional, pameran, sampai konser.

Semakin hari, Goers memperluas cakupan bisnisnya dengan mulai melayani pembelian tiket bioskop. Menariknya, kita bisa mendapatkan tiket untuk suatu event bergengsi dengan harga yang relatif lebih murah daripada platform lainnya. Bahkan, seringkali ada cashback yang menanti.

Aplikasi yang cuma berukuran 12 MB ini punya versi terbaru dengan fasilitas yang lebih memudahkan pengguna dan membuat kita bisa mendapatkan informasi terkait film terbaru yang tayang.

Berikut cara memesan tiket bioskop lewat Goers:

  1. Log in ke akun member Goers
  2. Tentukan lokasi tempat tinggal dan klik pada menu “movies
  3. Pilih film yang akan ditonton, klik pada “buy ticket
  4. Tentukan lokasi CGV terdekat dan pilih waktu penayangan
  5. Pilih tempat duduk, klik pada “check out
  6. Tentukan metode pembayaran, klik “continue

Cara Mencetak Tiket Bioskop Online

Grameds, kita sudah tahu berbagai cara memesan tiket bioskop online, kelebihan, hingga kekurangannya. Namun, tahap untuk lebih mudah dalam menonton film di bioskop tak sampai di situ saja. Harus diketahui pula cara mencetak tiket yang sebelumnya telah dibeli secara online melalui berbagai pilihan metode.

Berikut tata cara mencetak tiket di mesin self-ticketing bioskop kesayangan:

  1. Kunjungi bioskop yang sesuai dengan lokasi pemesanan tiket online
  2. Persiapkan kode pemesanan tiket yang dapat dilihat lewat email, nota, atau aplikasi yang digunakan untuk memesan tiket online
  3. Mulai mencetak pada mesin “self-ticketing” dengan mengklik “scan ticket”, atau isi nomor ponsel dan kode pemesanan melalui layar sentuh secara manual.
  4. Tunggu hingga pencetakan tiket selesai, lengkap dan sesuai dengan pesanan.

Salah satu hal yang jangan sampai terlewat setelah mencetak tiket bioskop adalah memastikan kembali jumlah dan detail pada tiket sesuai dengan pesanan. Jika mengalami kendala tertentu pada proses atau hasil cetak tiket, segera hubungi petugas bioskop.

Jika semua aman terkendali, kita bisa menunjukkan tiket pada petugas yang berjaga di depan pintu teater saat waktu penayangan film tiba.

Hujan Bulan Juni

 

 

Grameds, demikian cara pesan tiket bioskop online yang cukup memudahkan kita. Tak hanya bioskop, Gramedia sebagai toko buku terbesar se-Indonesia juga menyediakan pembelian secara online. Jangan lupa, banyak penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan saat membeli buku di Gramedia.com, sehingga kamu bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi