in

Cara Menggabungkan PDF Secara Online atau Offline

Menggabungkan PDF saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang sering digunakan dalam dunia kerja. Bagaimana tidak, pola kerja yang menuntut kecepatan dan ketepatan membuat kita harus mencari alat (tools) yang membantu produktivitas pekerjaan.

Sering kita temukan kasus-kasus dalam dunia kerja yang mengharuskan kita menggabungkan dua file dalam satu dokumen. Untuk membantu pekerjaan-pekerjaan seperti penggabungan file, saat ini sudah disediakan berbagai cara baik mode offline dan juga dalam mode online.

PDF (Portable Document Format) merupakan format dokumen yang sering digunakan untuk mengirim file secara online. Format PDF yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 ini bertujuan untuk menampilkan dokumen seperti teks, huruf, gambar, dan grafis dua dimensi.

Cara Menggabungkan PDF Secara Offline

Selain mempermudah juga berfungsi agar urutan file yang sudah dibuat tidak berubah. Seringkali jika mengirim dalam Format (doc), file yang sudah dibuat posisi dan susunannya berubah.

Pekerjaan-pekerjaan yang dikelola oleh perusahaan biasanya untuk menggabungkan PDF menggunakan aplikasi seperti Adobe Reader dan Foxit Reader. Kedua aplikasi ini merupakan aplikasi yang umum dipakai dengan cara kerja offline.

Menggabungkan file pdf secara offline merupakan pilihan yang bijak untuk saat ini. Terlebih saat ini sudah banyak software gratis yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Berbagai manfaat yang didapatkan dari cara menggabungkan pdf secara offline, selain bisa dilakukan tanpa koneksi internet, selain itu prosesnya cenderung lebih mudah dan cepat. Karena aplikasi sudah terinstall di perangkat komputer atau laptop.

Selain itu menggabungkan PDF secara offline adalah pilihan yang bijak untuk keamanan data, karena file yang digabungkan tidak dikirim kepada pihak ketiga. Untuk data-data penting dan rahasia perusahaan sangat dianjurkan untuk menggunakan fitur offline.

Kita tidak ingin data penting perusahaan di salah gunakan. Namun, saat ini tidak mudah menemukan perangkat lunak yang dapat diakses yang memberikan pengalaman yang mulus bagi pengguna. Untuk itu berikut dapat disimak keterangan aplikasi dan langkah menghubungkannya.

1.1 Cara Menggabungkan File PDF dengan Adobe Reader

Adobe PDF Reader merupakan aplikasi yang terkenal untuk menampilkan dan mengedit file format PDF. Beragam fitur telah tersedia di aplikasi ini seperti membaca file, konversi, memisahkan, juga menggabungkan PDF.

adobe pdf reader

Enam langkah untuk menggabungkan PDF menggunakan Adobe Acrobat Reader DC berikut ini bisa menjadi panduan singkat yang bermanfaat.

a. Langkah pertama, buka aplikasi Adobe Acrobat Reader yang sudah di install di perangkat komputer atau laptop.
b. Pada menu Alat Pilih “Gabungkan File”
c. Kemudian tambahkan file
d. Lakukan penyesuaian pada dialog “opsi” seperti ukuran file, keluaran, jenis filem dan preferensi lainnya.
e. Setelah selesai penyesuaian klik “Gabungkan File”
f. Buka opsi“File” lalu pilih “Simpan Sebagai” untuk menyimpan di perangkat komputer atau laptop.

Langkah ini tidak begitu rumit, hanya memerlukan sekitar 5 menit untuk menggabungkan sekitar 5 file. Kecepatan menggabungkan file bergantung banyaknya file.

Hanya saja untuk menggunakan fitur tersebut kita diharuskan berlangganan keanggotaan secara resmi pada aplikasi Adobe Acrobat Reader. Atau jika kita tidak memerlukan berlangganan cukup gunakan “Uji Coba Gratis”.

1.2 Cara Menggabungkan File PDF dengan Foxit Reader

foxit reader menggabungkan pdf

Berikut langkah yang bisa diikuti untuk menggabungkan banyak file menjadi satu pada aplikasi Foxit Reader berbayar.

a. Buka satu file PDF yang akan di gabungkan
b. Pada menu toolbar pilih Organize selanjutnya klik Insert kemudian pilih From File.
c. Dan silakan anda pilih file-file pdf mana saja yang ingin di satukan, lalu klik Open.
d. Selesai

Foxit reader menjadi salah satu aplikasi yang dipercaya untuk mengelola aplikasi PDF, dalam aplikasi ini telah disediakan pula fitur untuk edit pdf dan “Merge PDF”. Merge PDF digunakan untuk menggabungkan 2 file atau lebih menjadi 1 file PDF.

Seperti halnya Adobe Reader, untuk menggunakan fitur menggabungkan file pada aplikasi Foxit Reader juga harus di aplikasi yang berbayar. Pada dasarnya Foxit Reader menyediakan versi berbayar dan versi gratis. Dimana versi gratis hanya bisa digunakan untuk membuka file PDF saja, tidak untuk mengedit dan merge file.

Dengan demikian untuk menggunakan fitur ini kita harus membelinya secara legal. Sangat tidak disarankan untuk menginstall aplikasi yang ilegal karena berpotensi diserang malware dan yang lebih berbahaya adalah pencurian data.

2. Cara Menggabungkan PDF Online Gratis

Selain dengan menggunakan aplikasi menggabungkan PDF juga bisa dilakukan secara online. Fitur ini sangat mudah digunakan terutama bagi yang memiliki jaringan internet stabil.

Menggabungkan PDF secara online juga terbilang lebih simple tanpa harus menginstal aplikasi dan mendaftarkan diri sebagai keanggotaan berbayar. Fitur online menjadi pilihan tepat untuk menggabungkan tugas-tugas sederhana seperti makalah, artikel, berita, sertifikat, maupun foto

Kita hanya cukup mengetikkan pencarian dengan kata kunci “Menggabungkan PDF online” maka akan muncul berbagai website yang siap digunakan. Berikut beberapa situs website penggabung PDF yang sudah dirangkum.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku
  • majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan


Pada umumnya menggabungkan file PDF secara online hanya memerlukan paling banyak lima langkah. Semua biasanya diawali dengan menyiapkan dokumen dan menyeret (drag) dokumen ke salah satu situs yang sudah dibuka. Akan tetapi beberapa aplikasi memiliki cara yang sedikit berbeda dengan keunggulan dan kualitas yang beragam.

2.1 Menggabungkan dengan Small PDF

small pdf

Link : https://smallpdf.com/

Dalam situs resminya mereka menerangkan Smallpdf adalah produk Swiss: negeri jam tangan, bank, desain bersih, dan pengerjaan berkualitas tinggi. Sesuai tradisi mereka dimana membuat produk dapat diandalkan, aman, dan mudah digunakan.

Fitur yang diunggulkan dari smallpdf adalah cukup dengan menarik halaman ke dalam area editor, kita dapat menyusun ulang atau menghapus halaman juga bisa menambah PDF lagi untuk digabungkan dalam satu dokumen.

Berikut beberapa langkah mudah untuk menggabungkan PDF di smallpdf.com:

a. Pertama buka situs smallpdf.com
b. Lalu anda akan diarahkan pada home page penggabung PDF
c. Setelah itu Tarik dan taruh beberapa file PDF dalam kotak yang sudah disediakan. Atau kita bisa membukanya dengan klik “Browse” lalu arahkan pada penyimpanan perangkat komputer dimana file kita disimpan.
d. Ketika sudah melihat file PDF yang akan digabungkan tersedia di homepage smallpdf.com lakukan proses editing. Lalu setelah selesai tekan tombol unduh PDF.

Mereka meyakinkan bahwa semua file yang di upload untuk menggabungkan PDF telah aman dan dan dimusnahkan secara permanens setelah satu jam “Semua file yang Anda unggah dan file yang telah diproses melalui server kami akan dihapus permanen setelah satu jam” Alangkah baiknya kita membaca terlebih dahulu Kebijakan Privasi berikut untuk mengetahui lebih detailnya.

Bebrapa keunggulan yang ditawarka oleh smallpdf.com adalah aplikasi web yang berbasis browser. Sehingga dapat digunakan di semua sistem operasi termasuk Mac, Windows, dan Linux.

Berbeda dengan aplikasi yang diinstal harus menyesuaikan dengan sistem operasi yang berjalan. Untuk menggabungkan PDF atau menambah sebuah halaman ke PDF, Anda biasanya harus membeli software yang mahal.

Layanan online ini aman dan terjamin. Server mereka di Cloud akan menangani pembuatan PDF untuk juga menggabungkan file-file. Jadi, proses tersebut tidak akan memakan ruang di komputer Anda.

Misi mereka adalah pembuat simpel dalam pengolahan PDF, seperti yang dikemukakan pada website mereka smallpdf.com “Kami menemukan bahwa perangkat lunak PDF yang ada terlalu berat dan tidak nyaman untuk digunakan.

Smallpdf memecahkan masalah ini dengan menghapus fitur yang tidak digunakan dan berfokus pada pengalaman pengguna. Tim teknik kami bekerja tanpa lelah untuk menjaga server kami tetap aktif dan berjalan untuk 25+ juta pengguna puas yang kami layani setiap bulan.”

Kami mungkin tim kecil dari negara kecil, tapi kami punya ambisi besar. Dalam 5 tahun saja, kami telah membuat platform yang telah menjadi salah satu dari 500 situs web yang paling banyak dikunjungi di internet. Kami pikir itu sangat luar biasa!

2.2 Menggabungkan dengan Combine PDF

combine pdf

Link : https://combinepdf.com/

Seperti halnya smallpdf.com, combine PDF juga merupakan Alat pengolah PDF online gratis yang cukup mudah digunakan.

Menggabungkan beberapa file PDF atau gambar menjadi sebuah dokumen PDF merupakan pekerjaan yang sangat mudah oleh combine PDF karena tanpa harus menginstal perangkat lunak (software) apapun.

Keunggulan yang mereka tawarkan untuk para pengguna adalah bisa memilih hingga 20 file PDF dan gambar dari komputer, lalu atau drag file-file kita ke area combine PDF. Berikut dua langkah yang sangat mudah untuk dilakukan :

a. Masuk ke situs combinepdf.com
b. Klik dan seret file untuk mengubah susunannya.
c. Saat semua file siap digaungkan, klik tombol gabungkan.

Seperti halnya smallpdf.com mereka juga meyakinkan bahwa file yang diunggah ketika kita akan menggabungkan PDF akan dihapus setelah satu jam. Jika prosedur tersebut benar dilakukan oleh combinepdf.com menjadi salah satu aplikasi browser yang aman digunakan.

2.3 Menggabungkan dengan iLovePDF

Link website : https://www.ilovepdf.com/

Aplikasi online berbasis browser selanjutnya adalah iLovePDF. Mereka mendeklarasikan dalam websitenya bahwa Tim iLovePDF bekerja demi membuat pekerjaan pengeditan PDF menjadi lebih mudah.

Berdasarkan riset mereka, bahwa menangani file PDF terkadang bisa memakan waktu. Tawaran menarik dari iLovePDF adalah tidak perlu menghabiskan waktu banyak hanya untuk menggabungkan PDF. “Bukankah menyenangkan jika menghabiskan waktu lebih banyak untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda senang daripada stres mengurusi PDF?”

Beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan dalam menggabungkan PDF di iLovePDF:
a. Buka situs ilovepdf.com
b. Arahkan ke menggabungkan PDF
c. Pilih file beberapa file PDF yang akan digabungkan sesuai dengan urutan, file bisa lewat di unggah dari perangkat komputer atau cloud seperti Google Drive dan dropbox.
d. Selanjutnya pilih gabungkan PDF
e. Langkah terakhir unduh PDF yang sudah digabungkan

Sekilas tentang ilovepdf mereka Lahir dan berbasis di Barcelona pada tahun 2010, dimana mereka memiliki tujuan untuk menawarkan layanan yang gratis, dapat diakses dan berkualitas terbaik untuk membantu mengelola PDF.

Situs website yang awalnya hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi ini sekarang telah menjadi salah satu situs web yang paling sering dikunjungi. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengolah PDF mereka telah menyediakan juga aplikasi iLovePDF dalam mode Mobile App, yang sangat memungkinkan kita mengelola dan modifikasi dalam perjalanan, sedangkan mode desktop memungkinkan digunakan untuk mengelola dan modifikasi PDF secara offline. Semua mode yang tersedia dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

3. Cara Menggabungkan PDF Dengan aplikasi Android

Beberapa keunggulan akan didapatkan ketika menggunakan aplikasi android untuk menggabungkan PDF. Selayaknya aplikasi yang diinstal pada perangkat komputer, aplikasi penggabung di Android juga memiliki fitur-fitur yang tidak bisa diragukan.

Beberapa aplikasi yang telah diinstal di perangkat android tidak memerlukan jaringan internet ketika akan menggabungkan PDF. Hal ini memberikan keuntungan bagi pengguna yang sedang minim paket dan jaringan internet.
Menginstall aplikasi penggabung PDF di android juga memberikan kemudahan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan sering melakukan perjalanan, sehingga jarang menggunakan komputer.
Meski dengan mobilitas tinggi atau dalam perjalanan kita tetap bisa melakukan pekerjaan ini tanpa memberikan perintah kerja kepada orang lain. Selain itu banyak orang yang senang menggunakan perangkat android untuk bekerja, karena alasan kemudahan serta selalu ada dalam genggaman. Bagi yang belum mengetahui aplikasi penggabung PDF berikut beberapa aplikasi dan langkah lengkap untuk menggabungkan file PDF kamu.

3.1 Cara Menggabungkan File PDF dengan PDFelement Android

Aplikasi yang ada di Google Play Store ini menyediakan fitur yang sangat bermanfaat seperti Mulai dari membaca, membubuhkan keterangan, hingga mengelola berbagai dokumen dalam format PDF. Dikutip dalam laman Google Play Store PDFElement Android dapat digunakan secara gratis. Untuk menggabungkan dan memodifikasi file PDF menjadi satu hanya membutuhkan beberapa langkah.
a. Lakukan instalasi aplikasi ini di Play Store.
b. Unggah semua file PDF yang akan digabungkan
c. Selanjutnya tap ikon yang terletak pada pojok kanan atas aplikasi untuk masuk pada mode edit
d. Kemudian Pilih file, dan klik “combine”
e. File yang sudah digabungkan secara otomatis akan tersimpan di perangkat Android

3.2 Cara Menggabungkan File PDF dengan Xodo Android

Sumber: xodo.com
Xodo PDF Reader & Editor adalah sebuah aplikasi dengan beragam fitur diantaranya membaca, menggabungkan, dan membagikan dokumen PDF dan mengisi formulir PDF dengan tersinkronisasi Google Drive, Dropbox, serta Onedrive. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk untuk menggabungkan PDF melalui aplikasi ini:

a. Lakukan instalasi aplikasi Xodo PDF Reader & Editor dengan terlebih dahulu mengunduh Google Play Store
b. Setelah aplikasi diinstal pada perangkat smartphone, buka aplikasi
c. Lalu pli tanda “+” pada sudut kanan bawah aplikasi
d. Lalu pilih “PDF from documents”
e. Selanjutnya pilih semua file akan digabungkan
f. kemudian klik “Merge”
g. Sebelum anda menyimpan beri nama file yang telah digabung
h. Tentukan lokasi tempat menyimpan folder PDF
i. Setelah itu siap menikmati hasil penggabungan file PDF

Dikutip dalam laman resmi Xodo.com misi yang yang diusung adalah untuk membantu orang bekerja dengan PDF dengan cepat, mudah, dan nyaman. Dimana dengan Dengan Xodo, dapat mengedit, membuat anotasi, menandatangani, dan membagikan PDF di desktop, seluler, dan web, kapanpun dan dimanapun mau.

Xodo menawarkan desain yang mulus dan intuitif sehingga memungkinkan untuk fokus pada konten, sementara fitur Xodo yang beragam sangat memungkinkan menyelesaikan pekerjaan secara produktif dan menjadi yang terbaik.

Itulah tutorial cara untuk menggabungkan PDF lebih mudah dengan online maupun offline, selamat mencoba ya.

Baca juga artikel yang lain :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad