in

Simak Tips Mudah Cara Baca Koran Digital Berikut Ini

unsplash.com

Cara Baca Koran Digital – Di era yang serba digital seperti sekarang, keadaan tentu perlahan memaksa kita untuk selalu beradaptasi dengan berbagai perubahan dan kemajuan teknologi. Berbagai aspek kehidupan yang awalnya berbasis konvensional dengan cepat berubah menjadi serba digital. Zaman yang serba digital ini tentu membuat kita harus tetap up to date dengan berbagai layanan berbasis teknologi yang menunjang kebutuhan kita sehari-hari.

Salah satu aspek yang berubah dalam kehidupan kita adalah cara memperoleh informasi. Dahulu kita terbiasa memperoleh berita dari berbagai media cetak, seperti koran, koran, maupun tabloid. Perlahan, media elektronik berbasis audio maupun audio-visual seperti radio dan televisi mulai mengambil peran sebagai sumber informasi menggantikan media cetak. Dan kini, media berbasis digital berada dalam puncak kejayaannya seiring meningkatnya penggunaan gadget dan internet.

Salah satu media berbasis digital yang kini berperan penting dalam kehidupan sehari-hari adalah koran digital. Dengan kemudahan yang ditawarkan koran digital, Grameds dapat mengakses berbagai informasi dalam beragam rubrik koran hanya dengan melalui ponsel pintar, tablet, maupun laptop.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas perjalanan singkat peralihan. koran cetak menuju koran digital, berbagai manfaat yang ditawarkan dari membacanya, sekaligus keuntungan dari membaca koran digital. Selain itu, kami akan membahas cara mudah membaca koran digital melalui aplikasi maupun website yang bisa diakses dengan gawai pintar. Berikut ulasannya!

Peralihan Koran Konvensional ke Koran Digital

Secara bahasa, koran merupakan kata serapan yang berakar dari bahasa Belanda “krant” dan bahasa Perancis “courant”. Dalam segi peristilahan sendiri, koran, yang biasa disebut pula sebagai surat kabar, merupakan sebuah produk penerbitan yang dari segi ciri dan sifatnya ringan dan biasanya dicetak pada kertas berbiaya murah dengan karakteristik buram dan lebar sehingga dapat dibawa kemana pun sekaligus mudah dibuang.

Sebuah edisi koran biasanya berisi berita-berita terkini tentang berbagai topik, mulai dari politik, hukum, gaya hidup, teknologi, olahraga, hingga ramalan cuaca. Dalam koran pula sering terdapat kolom-kolom tertentu untuk membahas informasi secara lebih detail dan terperinci.

Sebagai bagian dari media massa yang ditujukan untuk masyarakat luas, pada umumnya koran diterbitkan setiap hari dengan pengecualian hari libur, meskipun ada pula koran yang terbit dalam periode mingguan.

Penerbitan koran pun dapat menyesuaikan jangkauan berita yang akan disampaikan, mulai dari lingkup lokal, nasional, bahkan internasional. Penerbitan yang berdasarkan luas wilayah itu juga mempertimbangkan latar belakang masyarakat yang akan menjadi calon pembaca sekaligus seberapa luas isu yang dibahas.

Dalam posisinya sebagai media cetak berbasis tulisan, sering kali koran disandingkan dengan majalah yang biasa dicetak menggunakan kertas yang dijilid dan diterbitkan secara berkala, baik mingguan maupun bulanan.

Meskipun demikian, perbedaan mendasar yang membedakan koran dengan majalah biasanya terletak pada kedalaman serta fokus isu dan tema yang disampaikan. Kebanyakan konten sebuah majalah cenderung membahas suatu isu lebih mendalam dan berdasarkan tema tertentu, sementara konten koran cenderung membawa suatu isu dengan lebih ringan dan tidak terikat pada tema edisi terbit, serta lebih aktual karena terbit harian dibandingkan dengan koran yang terbit mingguan ataupun bulanan.

Dalam proses penerbitan koran pun biasanya terdapat beberapa sosok yang memegang peran yang saling berkesinambungan. Dalam suatu perusahaan koran, biasanya terdapat berbagai posisi yang memiliki tanggung jawab masing-masing.

Mulai dari pemilik surat kabar sebagai penanggung jawab keberlangsungan dan arah serta tujuan medianya, redaktur sebagai jurnalis bertanggung jawab atas kepenulisan rubrik tertentu, editor sebagai penentu layak atau tidaknya suatu artikel yang akan terbit, hingga reporter yang memegang posisi utama dalam pencarian berita di lapangan.

Sekarang, seiring perkembangan teknologi informasi, koran tidak lagi hanya bersifat konvensional dengan berbasis pada media cetak berupa kertas. Seiring kemajuan teknologi, koran berbasis media cetak berevolusi menjadi koran berbasis media digital sehingga cara mengaksesnya cukup dengan menggunakan ponsel pintar, tablet, maupun laptop. Melalui berbagai keunggulan dari koran digital ini, penyedia layanan koran memberikan kemudahan akses bagi pembaca, mulai dari tahap pembelian produk, pencarian kata kunci, hingga penyimpanan.

Cara Baca Koran Digital

Dengan memilih koran digital, pembaca dapat membelinya dengan mudah melalui cara berlangganan pada penyedia layanan koran dan melakukan tranksasi pembayaran online sehingga cukup praktis dilakukan. Lalu, berbagai fitur yang tersedia dalam koran digital dapat membantu pembaca dalam mencari informasi pada koran yang dibaca, misalnya seperti pencarian kata kunci yang dapat dilakukan melalui mesin pencari yang disediakan aplikasi pembaca koran digital sehingga tidak perlu membuang waktu untuk mencari informasi yang dituju. Banyak hal istimewa yang dimiliki oleh koran digital sehingga di masa kini lebih banyak orang yang lebih memilih berlangganan koran digital dibanding koran konvensional.

Manfaat Membaca Koran

Tentu Grameds cukup penasaran seberapa bermanfaat kegiatan membaca, khususnya membaca koran. Dengan membaca koran, kita dapat memperoleh berbagai manfaat yang tentunya akan berdampak positif dalam hidup kita, baik di waktu dekat maupun dalam kurun waktu jangka panjang. Berikut kami ulas beberapa manfaat yang dapat Grameds peroleh jika rutin membaca koran.

1. Memperoleh Perkembangan Isu Teraktual

Di setiap edisi koran yang Grameds akses, pastinya dapat ditemukan berbagai isu aktual yang sedang hangat diperbincangkan pada masa menjelang terbit. Perkembangan beragam peristiwa maupun permasalahan dari tingkat regional, nasional, hingga internasional biasanya tercantum dalam setiap artikel yang termuat dalam koran.

Grameds juga bisa memantau perkembangan suatu isu, dari awal hingga akhir, dari sederet edisi koran yang terbit berkala. Sebagai contoh, apabila Grameds mengikuti isu dugaan kasus korupsi yang dilakukan oleh seorang pejabat, Grameds dapat memperoleh perkembangan kasus tersebut secara lengkap dan berlanjut, mulai dari pemeriksaan hingga vonis pengadilan, melalui serangkaian terbitan koran yang hadir melalui beberapa edisi. Dengan demikian, tak perlu lagi ada kekhawatiran untuk ketinggalan berita apapun, sebab kelanjutan setiap isu di suatu edisi koran akan tetap dibahas melalui terbitan edisi berikutnya.

2. Mempertajam Daya Pikir Kritis

Pembahasan yang rinci dan objektif atas beragam peristiwa melalui berbagai artikel dalam koran tentu akan mempertajam daya kritis pembaca. Berbagai tema isu yang dibahas di setiap artikel dalam koran tentu akan melahirkan perspektif atau sudut pandang baru di benak para pembaca, sehingga pembaca akan semakin kritis dalam menyikapi isu yang dimuat dalam artikel koran tersebut.

Berbagai isu yang diangkat dalam koran pun dapat memberikan peran pemantik bagi pembaca untuk tetap mengawal dan mengawasi isu yang sedang hangat terjadi. Sebagai contoh, artikel koran yang mengupas isu soal berbagai kebijakan pemerintah dengan analisis pakar tentu akan memberikan sumbangsih tersendiri untuk pembaca dalam menilai peristiwa yang bersangkutan. Dengan membawa fakta yang valid dan relevan, tentunya dalam kemasan yang baik, suatu artikel dalam koran tentu akan memberikan pencerahan baru bagi pembacah, entah dalam bentuk persetujuan maupun ketidaksetujuan atas isu yang bersangkutan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Cara Baca Koran Digital

3. Memperinci Informasi

Dalam beberapa artikel yang ditawarkan dalam suatu koran tentu terdapat beberapa informasi yang sempat atau sekilas pernah diketahui pembaca. Melalui pembacaan atas artikel tersebut, pembaca dapat me-refresh ulang pengetahuannya terkait informasi yang bersangkutan sekaligus memperoleh update terbaru terkait isu tersebut.

Sebagai contoh, mungkin seorang pembaca sempat memperoleh informasi terkait sebuah kecelakaan lalu lintas dari berita di televisi secara sekilas. Kemudian, saat membaca artikel di koran pembaca tersebut menemukan informasi kecelakaan lalu lintas tadi secara lebih lengkap dan rinci. Di sini, pembaca tersebut memperoleh informasi secara lebih lengkap dan utuh dari berita yang sebelumnya pernah diketahui

4. Memperkuat Ingatan

Di rubrik tertentu dalam suatu koran biasanya terdapat artikel yang memuat soal berbagai peristiwa penting bersejarah. Di sini, pembaca dapat menyegarkan kembali ingatannya terhadap peristiwa tersebut, yang bisa pula lebih rinci dan dalam perspektif baru.

Selain itu, dapat pula artikel yang dimuat dalam koran berisi seputar kisah tokoh penting yang berperan besar menjadi sosok teladan bagi banyak orang, sekaligus bagaimana hasil pemikiran dan kontribusinya kepada masyarakat. Dengan demikian, banyak nilai positif yang dapat pembaca peroleh dari pembahasan ulang atas tokoh yang bersangkutan.

Keunggulan Membaca Koran Digital

Berlangganan koran digital dapat membawa berbagai keuntungan bagi para pembaca, lho! Dengan berbagai fitur yang disediakan oleh koran digital, Grameds dapat menemui beragam hal baru yang lebih menguntungkan dan lebih bermanfaat bila dibandingkan dengan fitur yang ditawarkan oleh koran cetak. Berikut kami rangkum beberapa keuntungan yang dapat Grameds peroleh dengan berlangganan dan beralih ke koran digital.

1. Akses yang Sangat Mudah

Koran digital menawarkan akses membaca yang lebih mudah bagi pembaca. Dengan akses yang serba mudah ini, Grameds tak perlu lagi repot-repot mencari edisi koran yang ingin dituju di kios ataupun toko yang menjual koran. Dengan berlangganan koran digital, Grameds langsung bisa mengakses berbagai informasi faktual dan aktual secara lebih mudah lewat ponsel pintar, tablet, maupun laptop.

Dengan cara penggunaannya yang mudah, cukup masukkan akun pengguna pada aplikasi pembaca koran digital, Grameds dapat mengeksplor berbagai artikel menarik dan bermanfaat yang disediakan oleh edisi koran yang sedang dibaca. Tampilan menarik koran digital tanpa meninggalkan ciri khas koran cetak tentunya akan membuat Grameds semakin nyaman membacanya. Koran yang Grameds baca tak lagi tertuang dalam lembaran kertas, namun sudah berbentuk digital di gawai pintar.

2. Harga yang Lebih Terjangkau

Grameds dapat memperoleh koran digital dengan harga yang lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan versi koran cetak. Hal ini disebabkan oleh penerbitan koran digital yang lebih efisien tidak menggunakan kertas untuk sebagai wadah cetak membuat biaya produksi yang dikeluarkan untuk jauh lebih murah. Tentunya hal ini berimbas pada harga berlangganan koran digital yang jauh lebih murah dibandingkan koran cetak.

Dalam berlangganan koran cetak pun seringkali terdapat kejutan dan penawaran menarik. Apabila Grameds beruntung, beberapa perusahaan koran digital biasanya memberikan berbagai diskon dan penawaran menarik bagi calon pelanggan yang hendak memulai berlangganan.

Grameds tentu bisa menggunakan kesempatan ini untuk memperoleh harga yang lebih murah sehingga tidak perlu merogoh biaya lebih dalam. Grameds juga dapat memanfaatkan fitur voucher apabila sebelumnya Grameds telah mendapatkan kode promo dari perusahaan koran digital maupun situs penyedia layanan koran digital. Penggunaan kode promo ini tentu semakin menghemat pengeluaran Grameds, bukan?

3. Penyimpanan yang Lebih Efisien

Beberapa koran cetak seringkali menumpuk di sudut rumah. Terkadang, tumpukan koran tersebut membuat pemandangan interior rumah menjadi kurang enak dipandang. Penyimpanan koran cetak yang sering menghabiskan ruang ini dapat disiasati dengan beralih berlangganan ke koran digital. Selain itu, Grameds yang ingin bepergian pun akan cukup repot jika harus menenteng koran cetak karena harus pula menyediakan tas tangan untuk membawanya.

Koran digital menawarkan penyimpanan yang lebih efisien, sebab Grameds dapat menyimpannya pada aplikasi pembaca koran digital, seperti Gramedia Digital, tanpa harus melihatnya menghabiskan ruang penyimpanan di rak ataupun berserakan di sudut rumah.

Grameds juga dapat mengakses koran digital di mana pun Grameds berada karena penyimpanan yang lebih mudah lewat aplikasi dalam gadget. Tak hanya satu gadget yang dapat mengakses koran digital milik Grameds karena Grameds dapat mengaksesnya di berbagai gadget lain selama menggunakan aplikasi dan akun yang sama.

4. Pencarian Kata Kunci yang Lebih Cepat dan Efisien

Mungkin Grameds sering ingin mencari beberapa kata kunci yang sesuai dengan keperluan Grameds, entah untuk memperoleh rujukan tertentu maupun untuk mencari bacaan yang sesuai dengan hobi. Melalui fitur pencarian kata kunci yang ditawarkan saat membaca koran digital, Grameds dapat mencari berbagai kata kunci yang sesuai dengan kehendak Grameds secara lebih cepat dan praktis tanpa perlu membuka lembaran demi lembaran koran.

5. Pemesanan dan Pemrolehan Produk yang Lebih Praktis

Dalam pencarian dan pemesanan koran yang diminati, Grameds dapat memperoleh kemudahan dengan memulai berlangganan koran versi digital karena lebih praktis apabila dibandingkan dengan koran versi cetak.

Grameds tak perlu lagi repot-repot mengeluarkan biaya tambahan saat mencari koran ke toko buku, gerai koran ataupun lapak koran. Apabila berlangganan koran digital, tentu saja Grameds tak perlu lagi menunggu terlalu lama atas kiriman koran cetak hingga tiba di rumah.

Cukup dengan membeli koran digital, Grameds dapat melakukan pemesanan yang jauh lebih praktis hanya dengan melakukan transaksi elektronik melalui transfer bank maupun dompek digital. Salah satu cara termudah adalah dengan mengakses koran digital lewat Gramedia Digital. Setelah transaksi berlangganan berhasil, Grameds dapat segera membaca berbagai konten koran digital yang telah dibayar melalui aplikasi pembaca koran digital. Tentu cara memperoleh koran digital ini sangat memudahkan Grameds karena tak perlu lagi harus repot harus keluar rumah sehingga dapat menghemat waktu lebih efisien.

Cara Membaca Koran Digital di Gramedia Digital

Grameds tak perlu merasa khawatir akan kesulitan dalam membaca koran digital yang tersedia di Gramedia Digital. Hanya dengan waktu yang sangat singkat, edisi koran digital pilihan Grameds dapat dibaca dengan segera melalui cara yang sangat mudah. Berikut kami rangkum langkah-langkah membaca koran digital melalui Gramedia Digital:

  1. Buka ebooks.gramedia.com dan masuk menggunakan akun pengguna;
  2. Pilih edisi koran digital yang akan dibeli lalu lanjut ke menu “Check out”;
  3. Pilih metode pembayaran yang akan dilakukan;
  4. Lanjutkan pembayaran;
  5. Koran digital yang telah dibeli akan terunduh secara otomatis atau dapat di cari di kolom “Cloud” di Koleksiku Gramedia Digital;
  6. Koran digital yang telah dibeli sudah siap dibaca.

Cara Baca Koran Digital

Setelah kita melihat berbagai fitur menarik, manfaat, dan keunggulan koran digital, kita juga telah membahas cara mudah membaca koran digital lewat website Gramedia Digital. Dengan ini, Grameds tak perlu lagi khawatir atau ragu untuk segera berlangganan koran digital sehingga akan tetap terus mendapatkan beragam informasi teraktual dan terfaktual.

Penulis: Savero Aristia Wienanto

BACA JUGA:

  1. Rahasia Super Hemat Baca Buku, Majalah, dan Koran Digital Sepuasnya 
  2. Cara Mudah Bayar Berlangganan Gramedia Digital dengan Go-Pay 
  3. Langkah Mudah Berlangganan Gramedia Digital secara Auto Renewal Lewat Aplikasi
  4. Langkah Mudah Berlangganan Paket Bundling Gramedia Digital x Kompas.id 
  5. Cara Mudah Berlangganan Paket Premium Gramedia Digital 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda