in

Baca Buku Online Makin Mudah dengan 12 Situs dan Aplikasi Ini

Baca buku online – Membaca buku tidak melulu harus memiliki buku fisik. Saat ini ada banyak aplikasi maupun situs yang menyediakan buku online. Jadi, artinya, pengguna dapat membaca melalui HP, tablet, komputer atau perangkat lainnya. Membaca buku online akan memudahkan pengguna yang sering membaca di tempat umum dan bepergian ke tempat tertentu untuk membaca buku.

Sebab, ketika membaca buku online, maka Grameds dapat membaca banyak buku sekaligus tanpa harus membawa banyak barang dan dapat mengakses semua buku tersebut dalam satu perangkat dan akun saja.

Selain itu, pada umumnya buku online memiliki harga yang cukup murah dibandingkan buku fisik. Ada pula beberapa buku maupun situs yang menyediakan buku online secara gratis untuk dibaca oleh siapa saja atau meminjamnya secara online. Berikut beberapa rekomendasi situs yang menyediakan buku online untuk Grameds baca kapan saja dan di mana saja.

Kelebihan Baca Buku Online

Sumber: Pexels

Membaca buku secara fisik memang menyenangkan dan memiliki sensasi tersendiri. Namun, dalam beberapa situasi, membaca buku digital secara online lebih mungkin dilakukan. Menurut laman Halifax Public Libraries, ada beberapa keuntungan dari membaca buku secara online, yang disimpulkan dalam beberapa poin berikut:

1. Menghemat waktu

Membaca secara online bisa lebih menghemat waktu. Ketika membaca buku fisik yang belum Grameds miliki, Grameds membutuhkan waktu lebih banyak sebelum membacanya. Hal ini disebabkan oleh kewajiban untuk mendapatkan buku terlebih dahulu, baik dengan membeli, meminjam kepada teman, atau meminjam di perpustakaan.

Dengan membaca buku secara online, Grameds bisa lebih menghemat waktu karena yang perlu Grameds lakukan hanyalah membuka perangkat dan langsung mengakses buku digital yang Grameds inginkan.

2. Tidak dikenai biaya denda

Jika Grameds meminjam buku fisik di perpustakaan, Grameds harus membayar biaya denda jika terlambat mengembalikannya. Namun, jika Grameds meminjam buku digital dari perpustakaan daring, Grameds tidak perlu khawatir tentang denda karena buku tersebut akan otomatis dikembalikan setelah jangka waktu peminjaman telah habis.

3. Membaca buku di mana saja dan kapan saja

Ingin membaca novel favoritmu tapi takut bawaan Grameds menjadi terlalu berat dan kerepotan karena buku fisik? Tenang saja, dengan buku digital yang bisa Grameds baca secara online, Grameds bisa menikmati novel favorit tanpa perlu khawatir tentang hal tersebut.

Cukup pastikan bahwa ponsel atau perangkat yang Grameds gunakan sudah diisi daya dengan penuh dan membawa pengisi daya jika perlu, sehingga Grameds bisa terus membaca tanpa harus khawatir kehabisan daya. Selain itu, dengan buku digital, Grameds juga bisa menikmati petualangan karakter favorit di buku bacaan tanpa perlu khawatir terlihat mencolok ketika sedang membaca di ruang publik.

4. Ada banyak buku hanya dalam satu perangkat saja

Sebagai pembaca, kadang-kadang Grameds mungkin merasa bingung untuk memilih buku yang akan dibaca terlebih dahulu. Grameds juga mungkin merasa bosan dengan buku yang sedang Grameds baca dan ingin beralih ke buku lain. Ini bisa menjadi repot jika Grameds membaca buku fisik, karena harus membawa banyak buku kemana-mana.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Salah satu keunggulan dari buku digital adalah bahwa Grameds bisa membacanya secara online. Grameds hanya perlu perangkat yang memiliki aplikasi bacaan dan Grameds bisa bebas membaca buku apa saja yang Grameds inginkan.

5. Dapat mencari makna kata secara langsung

Pernahkah saat sedang membaca buku, Grameds menemukan kata-kata yang sulit, terutama saat membaca buku yang belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia? Biasanya, aplikasi bacaan atau perpustakaan digital menyediakan fitur terjemahan yang bisa Grameds gunakan dengan cara mengklik atau memblok kata yang tidak Grameds ketahui artinya. Dengan begitu, proses membaca pun tidak akan terganggu karena harus mencari arti kata terlebih dahulu dan Grameds juga akan menambah kosakata baru yang sebelumnya tidak Grameds ketahui.

6. Dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan

Buku fisik membutuhkan penyesuaian dari pembacanya terhadap tampilan buku, sedangkan buku digital yang dibaca secara online bisa disesuaikan sesuai keinginan pembaca. Grameds bisa mengatur ukuran tulisan, tema, pencahayaan, dan bahkan memilih warna highlight tertentu untuk menandai bagian yang Grameds sukai.

Rekomendasi Situs Baca Buku Online

Sumber: Pexels

Baca buku online saat ini menjadi lebih mudah. Tidak hanya karena situs atau aplikasi yang menyediakan fitur untuk membaca buku online saja, akan tetapi ada banyak perangkat yang mendukung untuk membaca buku secara online.

Agar lebih praktis, biasanya baca buku online bisa dilakukan dengan menggunakan HP, Tablet atau kindle yaitu sebuah perangkat khusus untuk baca buku online. Ada beberapa situs dan aplikasi yang bisa Grameds akses untuk baca buku online, berikut rangkumannya:

1. Goodreads

Goodreads adalah situs web yang menyediakan layanan cataloging dan review bacaan bagi penggunanya. Pengguna dapat mengelola dan membagikan daftar buku yang sudah dibaca, menyimpan daftar buku yang akan dibaca, dan memberikan review atau rating terhadap buku-buku yang telah dibaca. Situs ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menemukan rekomendasi buku berdasarkan minat dan preferensi bacaan mereka. Goodreads juga memiliki komunitas yang aktif, di mana pengguna dapat bergabung dengan grup-grup diskusi yang terkait dengan buku-buku tertentu atau topik-topik yang mereka minati.

Selain itu, situs Goodreads juga menyediakan banyak buku klasik yang tidak memiliki hak cipta serta beberapa koleksi buku modern yang dapat diakses secara online. Pengguna dapat memilih untuk membaca buku online melalui situs Goodreads dengan cara memilih kategori free online.

2. Children’s Library

Situs children library adalah situs web yang menyediakan perpustakaan digital khusus untuk anak-anak. Di situs ini, anak-anak dapat membaca atau mendengarkan buku-buku yang diadaptasi untuk usia mereka secara online.

Situs ini biasanya menyediakan berbagai macam judul buku, mulai dari cerita rakyat hingga buku teks, yang dapat diakses oleh anak-anak secara gratis atau dengan biaya berlangganan. Beberapa situs children library juga menyediakan fitur-fitur lain seperti permainan dan kegiatan belajar interaktif yang dapat membantu anak-anak dalam memahami konten yang dibaca.

3. Sacred Texts

Sacred Texts adalah situs web yang menyediakan koleksi teks-teks suci yang berasal dari berbagai agama dan tradisi spiritual. Situs ini menyediakan akses ke teks-teks tersebut secara online, sehingga pengguna dapat membacanya secara gratis melalui internet.

Teks-teks yang tersedia di Sacred Texts meliputi kitab-kitab suci dari agama-agama mayoritas, seperti Alkitab, Qur’an, Bhagavad Gita, dan Kitab Suci Tao. Situs ini juga menyediakan teks-teks suci dari agama-agama dan tradisi spiritual yang lebih kecil, seperti agama Pagan dan kepercayaan animisme.

Sacred Texts memiliki tujuan untuk memberikan akses ke teks-teks suci kepada semua orang, sehingga mereka dapat mempelajarinya dan memahami ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

Selain memiliki kitab suci dari agama mayoritas, situs ini juga memiliki koleksi buku cerita rakyat, mitologi dan lainnya agar dapat meningkatkan toleransi antar umat beragama.

4. ManyBooks

ManyBooks adalah situs web yang menyediakan koleksi buku elektronik yang dapat diunduh secara gratis atau dengan biaya. Situs ini menawarkan berbagai judul buku dalam berbagai format, seperti ePub, Mobi, dan PDF, yang dapat dibaca di berbagai perangkat, seperti komputer, tablet, dan ponsel pintar.

Buku-buku yang tersedia di ManyBooks terdiri dari karya-karya sastra klasik dan modern, serta buku-buku nonfiksi dari berbagai genre. ManyBooks juga menyediakan fitur-fitur lain seperti daftar best seller dan rekomendasi buku untuk membantu pengguna menemukan judul-judul yang sesuai dengan minat penggunanya. Situs ini merupakan pilihan yang baik bagi Grameds yang ingin membaca buku secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau melalui internet.

5. Project Gutenberg

Project Gutenberg adalah situs web yang menyediakan koleksi buku elektronik yang dapat diunduh secara gratis. Situs ini didedikasikan untuk menyediakan akses ke karya-karya sastra klasik yang telah diterbitkan secara publik dan tidak lagi terkena hak cipta.

Project Gutenberg mengumpulkan buku-buku tersebut dari berbagai sumber dan mengindeksnya dalam sebuah database yang dapat diakses oleh pengguna secara gratis melalui internet. Koleksi buku yang tersedia di Project Gutenberg sangat luas, meliputi berbagai genre seperti fiksi, nonfiksi, poesi, dan drama. Situs ini merupakan sumber yang baik bagi Grameds yang ingin membaca karya-karya sastra klasik secara gratis melalui internet.

6. Tor

Situs lainnya adalah Tor yaitu sebuah situs untuk baca buku online dengan tema science fiction dan fantasi. Situs satu ini menyajikan banyak cerita pendek orisinil dengan genre sci fi dan fantasi yang update setiap minggu.

Selain itu, cerita dan buku-buku yang ada dalam situs Tor dapat dibaca dan diakses oleh pengguna secara gratis. Situs Tor juga menyediakan klub eVook of the Month bagi penggunanya yang tertarik untuk bergabung menjadi member dan akan mendapatkan keuntungan berupa akses gratis ke salah satu kategori pilihan setiap bulannya.

7. Wikisource

WikiSource adalah sebuah proyek dari Wikimedia Foundation yang menyediakan sumber buku digital yang bebas hak cipta atau terbuka. Situs ini menyimpan ribuan buku digital yang dapat diunduh dan dibaca secara gratis. Beberapa buku yang tersedia di WikiSource diantaranya adalah buku-buku klasik, teks-teks filsafat, sastra, dan lainnya.

WikiSource juga menyediakan platform yang memungkinkan pengguna untuk menyunting dan memperbaiki teks buku yang tersedia di situs tersebut. Seperti halnya Wikipedia, WikiSource didukung oleh komunitas penyunting yang terdiri dari orang-orang yang berbagi minat dalam pengembangan proyek ini.

Situs ini dapat diakses secara gratis melalui internet dan tersedia dalam banyak bahasa. Jika Grameds ingin membaca buku-buku bebas hak cipta secara online, maka WikiSource adalah salah satu pilihan yang tepat.

8. Kobo Books

Kobo Books adalah sebuah layanan baca buku digital yang dimiliki oleh perusahaan Kanada, Rakuten Kobo Inc. Layanan ini menyediakan ribuan buku digital yang dapat dibaca melalui aplikasi atau perangkat seluler, seperti smartphone, tablet, dan e-reader.

Pengguna Kobo Books dapat membeli atau menyewa buku digital yang tersedia di layanan tersebut dengan menggunakan akun Kobo Books yang telah dibuat. Setelah membeli atau menyewa buku, pengguna dapat langsung membacanya melalui aplikasi atau perangkat seluler yang terhubung dengan internet.

Kobo Books juga menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam membaca buku digital, seperti pengaturan ukuran font, warna latar belakang, dan pembagian halaman. Layanan ini tersedia di berbagai negara dan dapat diakses melalui internet.

9. Scribd

Scribd adalah sebuah layanan baca buku digital yang menyediakan ribuan buku, majalah, dan dokumen lainnya yang dapat dibaca secara online atau diunduh ke perangkat seluler. Layanan ini menawarkan berbagai macam konten, termasuk buku-buku best seller, karya sastra, dan dokumen bisnis.

Pengguna Scribd dapat membeli langganan bulanan atau tahunan yang memberikan akses ke semua konten yang tersedia di layanan tersebut. Selain itu, Scribd juga menawarkan pilihan langganan harian atau mingguan yang memberikan akses ke jumlah tertentu dokumen dalam jangka waktu yang terbatas.

Scribd tersedia di berbagai negara dan dapat diakses melalui internet. Layanan ini menyediakan aplikasi yang dapat diunduh ke perangkat seluler seperti smartphone atau tablet, sehingga pengguna dapat membaca buku atau dokumen yang tersedia di layanan tersebut kapan saja dan di mana saja.

10. Wattpad 

Wattpad adalah sebuah situs web dan aplikasi yang menyediakan platform untuk membaca dan menulis cerita secara online. Situs ini menyediakan ribuan cerita yang ditulis oleh pengguna Wattpad yang tersebar di seluruh dunia. Cerita-cerita tersebut dapat dibaca secara gratis oleh siapapun yang memiliki akun di Wattpad.

Pengguna Wattpad juga dapat menulis dan mempublikasikan ceritanya sendiri di situs tersebut. Selain itu, pengguna dapat berinteraksi dengan penulis lainnya dan memberikan komentar atau memberikan “suka” pada cerita yang ditulis oleh penulis lain.

Wattpad tersedia di berbagai negara dan dapat diakses melalui internet atau dengan mengunduh aplikasinya ke perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. Layanan Wattpad menyediakan berbagai macam cerita, termasuk cerita fiksi, cerita non-fiksi, dan puisi. Jika Grameds suka membaca atau menulis cerita, maka Wattpad mungkin merupakan situs pilihan yang tepat untuk Grameds.

11. Perpusnas

Indonesia Perpustakaan Online Nasional (Perpusnas) adalah sebuah situs web yang dikelola oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Situs ini menyediakan akses ke ribuan buku digital yang dapat dibaca secara online.

Perpusnas menyimpan buku-buku yang merupakan koleksi perpustakaan nasional Indonesia, termasuk buku-buku tentang sejarah, sastra, ilmu pengetahuan, dan lainnya. Selain itu, Perpusnas juga menyediakan akses ke database jurnal ilmiah, tesis, dan disertasi yang diterbitkan di Indonesia.

Situs ini dapat diakses secara gratis oleh siapapun. Pengguna Perpusnas dapat mencari buku digital yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian yang tersedia di situs tersebut.

12. Gramedia Digital

Gramedia Digital adalah layanan baca buku digital yang dimiliki oleh PT Gramedia Digital Nusantara. Layanan ini menyediakan ribuan buku digital yang dapat dibaca melalui aplikasi atau perangkat seluler, seperti smartphone, tablet, dan e-reader.

Pengguna Gramedia Digital dapat membeli buku digital yang tersedia di layanan tersebut dengan menggunakan akun Gramedia Digital yang telah dibuat. Setelah membeli atau menyewa buku, pengguna dapat langsung membacanya melalui aplikasi atau perangkat seluler yang terhubung dengan internet.

Gramedia Digital juga menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna dalam membaca buku digital, seperti pengaturan ukuran font, warna latar belakang, dan pembagian halaman.

Bagi Grameds yang ingin mengakses dan membeli berbagai macam buku digital dengan harga yang lebih murah, Grameds bisa langsung mengunjungi situs Gramedia Digital.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku berkualitas dengan bermacam-macam genre untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.