in ,

Cara Menggunakan QRIS dan Serba-Serbinya

Bank Indonesia

Cara Menggunakan QRIS – Quick Response Code Indonesian Standard atau yang disingkat sebagai QRIS (dibaca KRIS) merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) memakai QR Code.

cara menggunakan qris
Bank Indonesia

QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia bersama dengan industri sistem pembayaran supaya proses transaksi dengan QR Code bisa menjadi cepat, lebih mudah, serta terjag?a keamanannya.Seluruh penyelenggara jasa sistem pembayaran yang hendak memakai QR Code Pembayaran wajib menggunakan QRIS

Pada era ini, dengan QRIS, semua aplikasi pembayaran dari penyelenggara manapun baik bank maupun nonbank yang dipakai oleh masyarakat, bisa dipakai di seluruh pedagangm toko, warung, tiket wisata, tempat parkir, dan donasi (merchant) berlogo QRIS, walaupun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang dipakai oleh masyarakat.

Merchant hanya harus membuka akun atau rekening di salah satu penyelenggara QRIS yang telah memiliki izin dari BI?. Lalu, merchant sudah bisa menerima pembayaran dari masyarakat dengan memakai QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Cara Menggunakan QRIS Untuk Pembayaran

cara menggunakan qris
https://qris.id/
  1. Buka OVO, Gojek, Dana, Link Aja, atau aplikasi mobile-banking yang Grameds miliki
  2. Arahkan kamera ke QR Code atau unduh QR Code dengan cara tahan gambar lalu simpan
  3. Pilih opsi bayar dan unggah QR Code melalui menu pada bagian kanan atas
  4. Input jumlah nominal yang ingin dibayarkan
  5. Masukkan nama lengkap Grameds lalu esekusi pembayaran

Ketentuan Menggunakan QRIS

QRIS mengakomodir 2 model pemakaian QR Code Pembayaran, yakni Customer Presented Mode (CPM) dan Merchant Presented Mode (MPM). Akan tetapi, implementasinya mengacu pada standar QRIS yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai standar nasional.

Para Pihak dalam Pemrosesan Transaksi QRIS

Para pihak yang ada dalam pemrosesan transaksi QRIS terdiri atas Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), Lembaga Switching, Merchant Aggregator; serta pengelola National Merchant Repository. Dari seluruh pihak tersebut yang bisa melakukan pemrosesan transaksi QRIS ialah Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang juga termasuk dalam kelompok Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran front end seperti Acquirer dan/atau Penerbit.

PJSP dan Lembaga Switching yang melakukan kegiatan pemrosesan Transaksi QRIS wajib terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia.

Sumber Dana Transaksi Menggunakan QRIS

Transaksi QRIS memakai sumber dana yag berupa instrumen pembayaran dan/atau simpanan berupa kartu debet, kartu kredit, dan/atau uang elektronik yang memakai media penyimpanan server based. Pemakaian instrumen pembayaran dan/atau sumber dana diterapkan berdasarkan usulan dari Lembaga Standar yang disetujui oleh Bank Indonesia.

Nominal Maksimal Transaksi QRIS

Nominal transaksi dengan menggunakan QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp10.000.000,00 (Sepuluh Juta Rupiah) untuk satu transaksi. Penerbit bisa menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan dari transaksi QRIS yang dilakukan dari tiap pengguna QRIS serta ditetapkan berdasarkan pada manajemen risiko penerbit.

Ketentuan Transaksi Menggunakan QRIS

Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 24/1/PADG/2022 tanggal 25 Februari 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran. ?

Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran.

Manfaat QRIS

cara menggunakan qris
https://www.bi.go.id/

Standarisasi QR Code dengan memakai QRIS dapat memberikan banyak manfaat, antara lain:

1. Bagi pengguna aplikasi pembayaran: just scan and pay!

  1. Cepat dan kekinian.
  2. Tidak perlu repot lagi membawa uang tunai.
  3. Tidak perlu pusing memikirkan QR siapa yang terpasang.
  4. Terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.

2. Bagi Merchant:

  1. Penjualan berpotensi meningkat karena dapat menerima p?embayaran dengan QR apapun.
  2. Meningkatkan branding.
  3. Kekinian
  4. Lebih praktis karena cukup menggunakan satu QRIS.
  5. Mengurangi biaya pengelolaan kas.
  6. Terhindar dari uang palsu.
  7. Tidak perlu menyediakan uang kembalian.
  8. Transaksi tercatat otomatis dan bisa dilihat setiap saat.
  9. Terpisahnya uang untuk usaha dan personal.
  10. Memudahkan rekonsiliasi serta memiliki potensi untuk mencegah tindak kecurangan dari pembukuan transaksi tunai.
  11. Membangun informasi credit profile untuk memudahkan memperoleh kredit kedepan.?

Cara Menggunakan QRIS: Jenis

Terdapat 3 jenis pembayaran dengan menggunakan QRIS, yaitu:

1. Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Paling mudah, merchant hanya perlu memajang satu sticker atau print-out QRIS dengan gratis. Pengguna cukup melakuk?an scan, masukkan nominal, masukkan PIN, lalu bayar. Notifikasi transaksi akan dengan langsung diterima oleh merchant maupun pengguna. QRIS MPM Statis sangat cocok bagi usaha kecil dan mikro.?

2. Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

QR dikeluarkan dengan menggunakan suatu device seperti mesin EDC atau smartphone secara gratis. Merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dulu, lalu pelanggan melakukan scan QRIS yang ada atau tercetak.

QRIS MPM Dinamis sangat sesuai untuk merchant skala usaha menengah dan besar atau dengan volume transaksi yang tinggi.

3. Customer Presented Mode (CPM)

Pelanggan hanya perlu menunjukkan QRIS yang ditampilkan dari aplikasi pembayaran pelanggan untuk discan oleh merchant. QRIS CPM lebih ditujukan untuk merchant yang memerlukan kecepatan transaksi tinggi seperti penyedia transportasi, parkir, serta ritel modern.

Cara Menjadi Pengguna dan Merchant QRIS

https://www.atmbersama.com/

1. Sebagai Merchant

  1. Jika belum mempunyai akun, buka terlebih dahulu dengan datang ke kantor cabang atau mendaftar online pada salah satu PJSP penyelenggara QRIS yang terdaftar?.
  2. Lengkapi data usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP tersebut.
  3. Tunggu proses verifikasi, pembuatan Merchant ID dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP.
  4. PJSP akan mengirimkan sticker QRIS.
  5. Install aplikasi sbg merchant QRIS.
  6. PJSP melakukan edukasi kepada merchant mengenai tata cara menerima pembayaran.

2. Sebagai Pengguna

  1. Jika belum mempunyai akun, maka Grameds harus registrasi terlebih dahulu mengunduh aplikasi salah satu PJSP berijin QRIS yang terdaftar.
  2. Lakukan registrasi sesuai prosedur PJSP tersebut.
  3. Isi saldo pada akun.
  4. Gunakan untuk melakukan pembayaran pada merchant QRIS sesuai petunjuk di aplikasi.
  5. Bukan aplikasi, cari icon scan/gambar QR/pay, scan QRIS merchant, masukan nominal, masukan PIN, klik bayar, liat notifikasi.

Aplikasi Terbaik Untuk Menggunakan QRIS

Hingga saat ini, banyak sekali layanan keuangan di Indonesia sudah mendukung QRIS, antara lain dompet digital, mobile banking, hingga transaksi melalui pedagang atau merchant. Hal ini karena disesuaikan dengan kebijakan dari Bank Indonesia sejak Januari 2020 bahwa semua transaksi harus memakai QR code nasional dari QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Sehingga dalam masa perkembangannya, transaksi dengan memakai QR code nasional pun jadi semakin pesat serta mudah untuk dilakukan.

Sudah banyak aplikasi dan payment gateway yang turut mendukung QRIS dalam melakukan transaksi non tunai, jadi apapun pembayarannya pasti jadi lebih mudah karena hanya dengan memakai satu jenis barcode saja dan berasal dari QRIS.

Kode QR nasional sudah terhubung di berbagai aplikasi seperti mobile banking dan dompet digital, jadi akan menjadi jauh lebih mudah untuk melakukan transaksi apapun secara cashless. Jadi seluruh penyedia jasa layanan aplikasi mobile banking dan dompet digital harus menggunakan satu kode QR nasional saja.

Aplikasi mobile banking dan dompet digital memang telah sangat melekat dalam gaya hidup kebanyakan orang di Indonesia dalam melakukan bermacam-macam transaksi. Maka dari itu, Grameds perlu mengetahui berbagai macam aplikasi yang telah mendukung QRIS. Simak penjelasannya berikut ini.

1. DANA

DANA merupakan e-wallet atau dompet digital yang termasuk dalam salah satu aplikasi yang mendukung QRIS dalam sistem pembayaran non tunainya. Stiker kode QR lama per tanggal 1 Januari 2020 sesuai dengan kebijakan dari bank Indonesia, telah diganti menjadi kode QRIS. Jadi, stiker lama DANA akan secara otomatis sudah tak bisa dipakai lagi untuk melakukan transaksi non tunai.

Adanya QRIS bertujuan untuk mempermudah para merchant supaya tak perlu kerepotan lagi untuk mengatur QR code sendiri. Maka dari itu, adanya kebijakan tersebut membuat segala bentuk transaksi menjadi lebih praktis dan cepat. Secara garis besar, seluruh prosedurnya pun sama saja dan tak ada perubahan sama sekali saat pemindaian kode.

2. OVO

Aplikasi OVO mendukung QRIS untuk sistem pembayaran memakai QR code nasional berdasarkan pada kebijakan resmi dari Bank Indonesia. Metode pembayaran yang digunakan tak jauh berbeda dengan sebelumnya, tetapi diganti dengan pemindaian QRISOVO. Selain itu, Grameds juga tak dikenakan biaya tambahan ketika melakukan pembayaran dengan menggunakan pemindai karena sesuai kebijakannya, MDR (Merchant Discount Rate) adalah 0%.

Sama seperti pada jenis dompet digital lainnya, dalam OVO hanya dapat melakukan transaksi dengan memakai satu jenis kode QR saja. Jadi, Grameds hanya perlu mengirimkan QR Code ke konsumen untuk melanjutkan pembayaran non tunai. Lalu, kode yang lama sudah tak bisa digunakan lagi karena sudah tidak berlaku.

3. ShopeePay

Layanan ShopeePay yang ada pada aplikasi Shopee sudah dapat menggunakan QRIS untuk melakukan segala transaksi dengan lebih mudah. Adanya fitur mengunggah kode QR tersebut dari galeri smartphone memiliki tujuan untuk mempermudah para merchant untuk membagikan kode QRIS kepada para pelanggannya yang akan membayar pesanan melalui jarak jauh atau virtual. Maka dari itu, adanya kemudahan ini tak ada ruginya bila diterapkan.

Shopee terus berinovasi untuk memfasilitasi seluruh penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi yang lebih cepat, tetapi tetap praktis. Lalu dengan adanya QRIS, semua pembayaran pun menjadi makin mudah.

4. Mobile Banking BCA

Selain dompet digital, kini aplikasi mobile banking juga dilengkapi oleh fasilitas QRIS, salah satunya ialah Bank Central Asia (BCA). Adanya QR code nasional tersebut memang sangat memudahkan serta memberikan kenyamanan pada para penggunanya saat melakukan pembayaran non tunai untuk toko, transportasi, dan sebagainya yang sudah memiliki logo QRIS.

Grameds tidak perlu melakukan top up saldo sebelum membayar, karena memindai kode QRIS dapat dilakukan menggunakan mobile banking BCA langsung dan memotong saldo rekening yang ada. Maka dari itu, semua transaksi menjadi lebih nyaman dan tak ribet karena tidak perlu mengisi saldo terlebih dulu.

5. LinkAja

Melakukan pembayaran kapanpun dan di manapun menjadi semakin mudah hanya dengan memindai QR code melalui aplikaso LinkAja, yakni dengan QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. Hal ini karena QRIS telah tersedia di semua aplikasi penyedia jasa pembayaran dengan memakai stiker kode QR nasional.

Cara menggunakannya QRIS untuk pembayaran juga sangat mudah, tinggal membuka aplikasi LinkAja lalu melakukan scan pada kode QRIS di merchant, dan selesai. Oleh karena itu, gunakan LinkAja untuk membantu Grameds dalam membayar secara virtual dan tidak perlu repot menyiapkan uang tunai.

6. Mobile Banking BRI

Mobile banking BRI juga telah mendukung penggunaan QRIS dalam melakukan pembayaran di berbagai merchant dengan praktis tanpa perlu melakukan pengisian saldo terlebih dulu. Sebab, sistemnya adalah cashless atau non tunai, Grameds tak perlu menyiapkan uang pas dan pedagang juga tidak perlu repot untuk menyiapkan uang kembalian. Konsumen cukup memindai kode yang telah disediakan oleh merchant memakai mobile banking BRI untuk membayar produk.

7. GoPay

Seperti yang telah kita ketahui, adanya QRIS sangat membantu para merchant dan konsumen untuk melakukan transaksi secara virtual atau tanpa tunai. Apalagi tidak perlu juga menyediakan aplikasi tambahan lainnya karena pada saat ini hampir semua penyedia jasa pembayaran sudah menyediakan kode QRIS untuk discan ketika konsumen akan membayarkan pesanannya.

GoPay merupakan salah satu metode pembayaran yang menawarkan kemudahan tersebut, tak perlu menambah aplikasi lagi karena hanya dapat discan dengan menggunakan aplikasi GoJek. Selain itu, Grameds dapat memperoleh kesempatan untuk mendapat cashback dan voucher menarik bila membayar dengan memindai kode QRIS menggunakan GoPay.

8. Mobile Banking BNI

Melakukan berbagai macam pembayaran akan semakin mudah bila menggunakan metode scan kode dari QRIS menggunakan mobile banking BNI. Cukup dengan memindai kode, seluruh proses transaksi dapat dilakukan dengan cepat, aman, dan praktis. Jadi, tidak perlu ragu untuk melakukan metode pembayaran melalui fasilitas ini.

Melakukan transaksi menggunakan mobile banking BNI sangat aman dan cepat bila memakai QRIS. Keuntungan lainnya ialah terdapat berbagai program menarik yang diadakan oleh pihak BNI untuk para merchant maupun konsumen.

9. Livin’ By Mandiri

Kemudahan transaksi menggunakan aplikasi Livin’ By Mandiri juga mendukung pembayaran menggunakan QRIS, di mana satu kode dapat dilakukan bagi semua pembayaran. Jadi, merchant juga tidak perlu menyiapkan berbagai macam kode berbeda saat ada pelanggan yang akan membayar pesanannya. Melalui aplikasi Livin’ By Mandiri pun, semua transaksi menggunakan kode QR nasional juga sangat mudah, cukup dengan memindainya dan transaksi berhasil.

Adanya keunggulan dari QRIS yang diterapkan di mobile banking seperti Mandiri ialah tak perlu takut jika tidak membawa uang tunai. Sehingga pelanggan tetap dapat membayar tanpa kerepotan mencari uang pas serta merchant tidak perlu kesusahan untuk menyiapkan kembalian.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rosyda Nur Fauziyah

Saya adalah Rosyda Nur Fauziyah dan biasa dipanggil Rosyda. Menulis adalah bagian dari aktivitas saya, karena menulis menjadi salah satu hal yang menarik. Sesuai dengan latar pendidikan saya, tema yang saya suka seputar ekonomi dan manajemen.

Kontak media sosial Linkedin saya Rosyda Nur Fauziyah