in

Ketahui Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen

Cara menghapus akun Instagram – Instagram merupakan salah satu dari banyak anak perusahaan dari Facebook. Tentunya hampir semua orang akan merasa tidak asing dengan media sosial yang satu ini. Karena, hampir semua orang juga memakai Instagram sebagai salah satu media sosial mereka.

Awalnya, Instagram rilis pada tahun 2010 lalu yang kemudian populer dan berkembang menjadi aplikasi media sosial favorit penduduk dunia. Kemudian, semakin berkembangnya fitur dan teknologi, orang-orang semakin menggunakan media sosial untuk berbagai macam fungsi.

Instagram sendiri digunakan oleh banyak orang sebagai tempat menyimpan foto dan video atau sekedar posting, membuat history, dan tempat mencari berbagai macam informasi. Hingga perlahan-lahan Instagram kemudian digunakan menjadi salah satu tempat membangun personal branding.

Dampaknya, sejarah penggunaan media sosial termasuk dari Instagram banyak meninggalkan jejak digital yang dapat dengan mudah dicari oleh orang lain. Maka dari itu, beberapa dari pengguna merasa perlu untuk menghapus akun lama guna menghapus jejak digital yang tidak ingin mereka tinggalkan.

Selain itu, beberapa dari mereka yang kehilangan seseorang di dunia juga merasa perlu menghapus jejak digital orang tersebut dengan menghapus akunnya. Oleh sebab itu, Gramedia akan merangkumkan cara menghapus akun Instagram untuk kalian yang membutuhkannya!

Sejarah Singkat Instagram

pixabay

Tahukah Teman Grameds, aplikasi media sosial bernama Instagram resmi diluncurkan pada tanggal 6 Oktober 2010. Di hari pertama perilisan dari Instagram, aplikasi ini sukses meraih sebanyak 25 ribu pengguna dari seluruh dunia yang terus meningkat dari hari ke hari.

Kemudian, setelah sukses menjangkau pengguna lebih dari 1 juta. Pada tahun 2011, Instagram mulai menambahkan fitur baru, hashtag yang membuat semakin banyak orang memutuskan menggunakan Instagram.

Kemudian para artis terkenal mulai meranah dan membangun personal branding-nya di Instagram pada tahun itu, salah satu yang memutuskan menggunakan Instagram dan membuat aplikasi itu semakin populer adalah Justin Bieber.

Setelahnya, Instagram kembali menambahkan banyak fitur yang membuat penggunanya semakin jatuh cinta, yaitu filter, live, dan story dengan resolusi tinggi. Jadi, pada September 2011, Instagram mendapatkan total penambahan jumlah penggunanya sebanyak 10 juta. Sayangnya, pada tahun 2012, April lalu, Instagram diakuisisi oleh Facebook dengan harga mencapai 1 Miliar US Dollar. Namun, hingga saat ini jumlah dari pengguna Instagram terus bertambah hingga mencapai 5 juta pengguna setiap minggunya dengan fitur yang terus ditambahkan.

Berkat Instagram juga, banyak sekali influencer yang terlahir dan menghasilkan banyak uang. Jika kalian tertarik untuk mendalami tentang Influencer Instagram, kalian bisa membaca How to Win Instagram Trik Menjadi Instagram Influencer yang bisa kalian dapatkan di gramedia.com atau di sini.

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Perbedaan Menghapus dan Menonaktifkan Akun Instagram

pixabay

Sebelum mengetahui cara menghapus akun Instagram, ada perbedaan dari menghapus dan menonaktifkan akun Instagram yang perlu kamu ketahui. Menonaktifkan akun Instagram hanya bersifat untuk sementara. Jika kamu menonaktifkan akun Instagram, akun beserta profil, followers, like, dan komentar dari akun kau akan disembunyikan dari pengguna lain. Sehingga tidak akan ada yang melihat akun instagram kamu hingga kamu mengaktifkan akun kembali.

Berbeda dari menonaktifkan, menghapus akun instagram bersifat permanen dan tidak akan bisa dibatalkan. Akun yang kamu hapus tidak akan bisa dipulihkan kembali sehingga semua data dari akun kamu seperti, foto, followers, like, dan komentar dari akun akan dihapus selamanya.

Ketika akun instagram dihapus secara permanen, kau tidak akan lagi bisa masuk ke akun tersebut. Nama pengguna dari akun tersebut juga tidak akan bisa ditemukan kembali oleh orang lain.

Cara Menghapus Akun Instagram (Menonaktifkan)

1. Menonaktifkan Akun Instagram lewat Browser

Jika kamu ingin menghapus akun instagram milikmu hanya sementara, kamu dapat menonaktifkan akunmu. Pertama-tama,  cara menghapus akun instagram yang bersifat sementara ini bisa kamu lakukan dari browser bila kamu merupakan pengguna dari Android.

  1. Masuklah ke dalam situs web instagram lewat browser apapun. Login ke akun milikmu kemudian klik ikon berbentuk orang agar kamu bisa masuk ke halaman profil dari akun instagram.
  2. Pilihlah Edit Profil pada halaman profil lalu gulir ke halaman terbawah dan klik bagian nonaktifkan sementara akun saya.
  3. Setelahnya kamu akan ditanyakan mengapa kamu menonaktifkan akun, pilih alasan yang sesuai dari menu yang ditampilkan.
  4. Kamu akan disuruh memasukkan kembali kata sandi, kemudian pilihlah Nonaktifkan sementara akun.

2. Menonaktifkan Akun Instagram lewat IOS

Khusus untuk pengguna dari IOS, kalian dapat menonaktifkan akun instagram kalian langsung dari aplikasinya. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot melalui browser.

  1. Bukalah aplikasi Instagram melalui Ios.
  2. Klik akun profil yang terletak pada bagian kanan bawah.
  3. Pilihlah ikon berbentuk tiga garis yang terletak di bagian atas, lalu klik pengaturan.
  4. Geser layar ke bawah, lalu pilihlah Deactive account.

Setelah menyelesaikan empat step tersebut, akun milikmu akan disembunyikan dari pengguna lain sampai kamu kembali login menggunakan akun tersebut. Sayangnya, kau hanya dapat menonaktifkan akun instagram milikmu seminggu sekali saja sesuai dari kebijakan Instagram.

 

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

pixabay

Berbeda dengan menonaktifkan akun instagram, menghapus akun instagram akan membuat kamu kehilangan akunmu secara permanen. Maka dari itu, sebelum melakukan cara menghapus instagram permanen, kalian harus memikirkan dan meyakinkan dengan baik agar tidak menyesal.

Ada beberapa cara menghapus akun Instagram secara permanen, tergantung dari berbagai macam alasan kamu menghapus akun Instagram. Yuk kita simak caranya satu per satu.

1. Menghapus Akun Instagram Permanen Lewat Browser

Untuk kasus yang mampu mengingat username dan password dari akun Instagramnya, kalian dapat menghapus akun Instagram melalui situs web dari instagram lewat browser.

  1. Masuklah ke akun instagram kamu melalui browser di situs web miliki Instagram.
  2. Bukalah halaman hapus akun anda di instagram. Jika kamu belum melakukan login di web instagram, kamu akan dimintai login dahulu sebelum dapat melakukan langkah berikutnya.
  3. klik pilihan di bawah menu ‘Mengapa Anda ingin menghapus Akun’ kemudian masukkan kembali kata sandi dari akun kamu. Pilihan untuk menghapus akun instagram secara permanen hanya muncul setelah kamu memilih alasan dari menu tersebut.
  4. Terakhir, klik Hapus.

Kemudian, jika kamu ingin menghapus akun yang berbeda kamu perlu klik username di sebelah kanan atas pada halaman hapus akun. Lalu, klik ikon pengaturan di samping menu Edit Profil dan pilihlah logout. Setelahnya lakukan login kembali menggunakan akun yang berbeda dan ulangi cara yang di atas.

Setelah akun Instagram Teman Grameds dihapus, kamu dapat mendaftarkan kembali username yang sama selama akun dengan username tersebut belum digunakan atau didaftarkan oleh pengguna baru. Berbeda dengan akun yang dihapus karena melanggar aturan Instagram, akun tersebut tidak akan bisa didaftarkan kembali dengan nama yang sama.

Perlu kalian ketahui, ketika sudah lewat dari 30 hari sejak pengajuan hapus akun, semua data dan informasi dari akun akan dihapus secara permanen, sehingga kamu tidak akan bisa mendapatkan data tersebut kembali. Biasanya, proses penghapusan akun memerlukan waktu sekitar 90 hari setelah permintaan penghapusan.

Setelah lewat 90 hari, setiap salinan konten yang kalian buat mungkin masih berada di penyimpanan cadangan yang Instagram buat untuk memulihkan akun jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Instagram juga tidak akan menghapus informasi akun yang berisi masalah hukum dan pelanggaran ketentuan.

2. Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Tanpa Kata Sandi

Untuk menghapus akun Instagram, normalnya kalian harus mengetahui username dan kata sandi dari akun tersebut. Namun, bagaimana jika Teman Gramedia lupa dengan kata sandi ataupun username dari akun tersebut. Tentunya kalian harus memulihkan kata sandi dari akun tersebut.

Terdapat beberapa cara untuk menghapus akun instagram tanpa menggunakan kata sandi:

  • Memulihkan Kata Sandi Menggunakan Nomor Telepon yang Tertaut

  • Pertama-tama bukalah aplikasi atau situs web Instagram.
  • Pilihlah Dapatkan bantuan masuk pada halaman login.
  • Kemudian masukkan nomor telepon yang tertaut atau terdaftar, lalu klik berikutnya.
  • Pilih Kirim SMS kemudian klik tautan yang dikirim melalui SMS ke nomor yang tertaut.
  • Kalian akan diperintahkan untuk mengisi ulang kata sandi yang baru. Isi kata sandi yang baru kemudian simpan.

Setelah mempunyai kata sandi yang baru, kamu dapat melakukan langkah cara menghapus akun instagram lewat browser. Jika kalian tidak dapat mengikuti langkah memulihkan menggunakan nomor telepon, kalian dapat menggunakan akun Facebook.

  • Memulihkan Kata Sandi Menggunakan Akun Facebook yang Tertaut

  • Bukalah aplikasi atau situs web Instagram
  • Klik login menggunakan Facebook, kemudian klik ‘Lanjutkan sebagai Nama Anda’.
  • Bukalah menu Pengaturan dan pilih Keamanan.
  • Kemudian klik Kata Sandi dan reset menggunakan Facebook.
  • Terakhir, masukkan kata sandi Facebook kamu dan setel kembali kata sandi akun Instagram.

Sebelum menggunakan langkah ini, kalian harus memastikan akun kalian terhubung dengan akun Facebook. Karena langkah ini hanya berguna jika akun Instagram kali terhubung dengan Akun Facebook. Setelah berhasil membuat kata sandi yang baru kalian dapat menggunakan langkah cara menghapus akun instagram permanen lewat browser.

  • Melaporkan Akun Instagram sendiri

Cara berikutnya ini beresiko kalian tidak dapat lagi mendaftarkan username yang sama. Namun patut untuk dicoba jika kamu tidak masalah dengan resiko tersebut.

  • Ketikkan Username kalian menggunakan akun lain di pencarian kemudian buka profil akun tersebut.
  • Jika kamu menggunakan Android, kamu akan menemukan ikon berbentuk titik tiga ke atas, namun jika kamu menggunakan web atau Ios kamu akan menemukan ikon titik tiga ke samping. Klik ikon tersebut.
  • Klik menu Laporan, lalu klik Laporkan Akun.
  • Pilih alasan akun tersebut berpura-pura menjadi orang lain, kemudian klik ‘saya’ lalu tekan berikutnya.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi nama lengkapmu serta alamat email yang kamu punya.
  • Selanjutnya kamu juga akan diminta untuk mengisi nama dan username akun instagram yang telah dilaporkan.
  • Kemudian, upload foto kamu yang sedang memegang Kartu Identitas berupa KTP dalam format JPEG.
  • Berikanlah info tambahan untuk memperkuat bukti laporan.
  • Setelah selesai, kirim laporanmu.

Biasanya Instagram tidak akan langsung memblokir akun setelah kamu mengirimkan laporan. Agar peluang Instagram menindak laporan kamu, cobalah minta keluarga dan teman untuk ikut melaporkan akun tersebut.

  • Hubungi Pusat Bantuan Instagram

Ini merupakan cara terakhir jika semua cara di atas tidak dapat digunakan. Kamu cukup mengirimkan email ke support@instagram.com  berulang kali hingga kamu mendapatkan tanggapan dari Instagram.

Nantinya kamu akan mendapatkan kode dari tim Instagram, kalian akan disuruh untuk mengirim foto kamu memegang tulisan kode tersebut, seperti foto KTP. Jika Instagram yakin memang kamulah pemilik akunnya, mereka akan membantu Anda memulihkan akun kamu.

Cara Menghapus Akun Instagram Almarhum

Instagram secara khusus memberikan kelonggaran untuk menghapus akun instagram untuk orang yang telah tiada dengan tujuan untuk mengenang dan turut berduka kepada orang tersebut. Sayangnya, banyak orang tidak bertanggung jawab yang melakukan cara ini untuk merugikan atau mengerjai seseorang.

Jika kalian butuh menghapus akun instagram orang yang sudah meninggal atau dengan niat baik lainnya. Coba lah gunakan cara ini.

  1. Bukalah https://help.instagram.com/contact/1474899482730688
  2. Isilah data pada form yang terdapat di link tersebut secara lengkap.
  3. Berikan informasi tanggal pemilik akun instagram tersebut meninggal.
  4. Kemudian Upload scan dari akta kematian, surat kuasa, dan akta kelahiran.
  5. Setelah kamu memastikan semua telah terisi dengan benar, kirim formnya.

Setelah data form telah terkirim, Instagram akan meninjau laporan yang kamu kirim tiga sampai lima hari kerja. Untuk mempercepat prosesnya, kamu juga bisa meminta teman dan keluargamu untuk ikut mengirimkan form laporan tersebut.

Mengamankan Data Instagram

pixabay

Jika kamu menghapus akun Instagram secara permanen, maka semua data yang kamu punya di dalam akun tersebut akan ikut menghilang selamanya. Karena itulah kamu mungkin perlu mengamankan data di akun Instagram milikmu, sehingga semua video, foto, dan lainnya yang telah kamu posting di akun tersebut dapat terselamatkan.

Salah satu cara mengamankan data akun Instagram kalian adalah dengan mengunduh semua data tersebut. Baik itu foto maupun video di dalam akun Instagram dalam kamu unduh dan simpan dengan aman.

  1. Bukalah profil Instagram kau kemudian pilih ikon pengaturan.
  2. Pilih menu Privasi dan Keamanan lalu klik Minta Unduhan.
  3. Masukkanlah alamat email yang ingin kalian tautkan dengan data instagram kalian, masukkan juga kata sandi dari Akun Instagram milikmu.
  4. Nantinya, dalam 48 jam kamu akan menerima email yang berisi tautan ke data akun Instagram kamu dengan subject Data Instagram Anda. Unduhlah data akun Instagram dengan tautan itu.

Selain cara tersebut kamu juga bisa menggunakan cloud Storage untuk mencadangkan data penting atau file penting yang ada di akun instagram milikmu. Dengan menggunakan Cloud Storage, data atau file penting dalam perangkat ataupun Instagram dapat tersimpan secara otomatis. Sayangnya karena Cloud Storage merupakan pihak yang memegang kunci keamanannya, mereka dapat memberikan informasi dan datamu kepada pihak yang mempunyai otoritas tinggi jika mereka meminta informasi tersebut.

Namun, masalah ini dapat Teman Grameds atasi dengan melakukan enkripsi mandiri pada file atau data milikmu. Caranya, kamu tinggal melakukan unggahan secara manual ke dalam Cloud. Sehingga, kamu merupakan satu-satunya yang memegang kunci keamanan data atau file tersebut dan penyedia layanan Cloud tidak akan mempunyai akses terhadap data selama kamu tidak menyerahkan kunci enkripsi kepada Cloud Storage.

Itulah rangkuman cara menghapus Akun Instagram sementara maupun permanen yang telah Gramedia rangkumkan untuk Teman Grameds. Jika kalian juga perlu mengenal Instagram lebih dalam lagi, kalian dapat membaca  Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis Karya Jubilee Enterprise di gramedia.com atau bisa kamu dapatkan di sini.

 

Bila Teman Grameds ingin mencoba salah satu dari cara menghapus akun instagram yang gramedia rangkumkan, ada baiknya kalian memikirkan apakah kalian hanya perlu untuk menghapus sementara atau permanen. Jangan lupa untuk back up terlebih dahulu data yang sekiranya penting di dalam Akun tersebut. Semoga bermanfaat!

Jika ingin mencari buku tentang media sosial, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Anggita

Rujukan:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.