in

10 Cara Organik Meningkatkan Followers di Instagram

10 Cara Organik Meningkatkan Followers di Instagram – Keberadaan Instagram di zaman sekarang merupakan hal yang wajib untuk pengguna media sosial. Sebagai salah satu media sosial yang dikhususkan untuk menunjukkan konten bergambar, Instagram menjadi media sosial yang paling diminati oleh khalayak. 

Tak heran jika masing-masing orang pasti atau salah satu di antaramu tertarik dan memiliki Instagram yang tentunya untuk menunjukkan keberadaan atau tak lain adalah sebuah eksistensi. 

Melalui Instagram khalayak dapat menunjukan apa saja yang ingin disampaikannya mulai dari hal yang penting dan berguna sampai hal-hal yang bersifat receh, tentunya Instagram tidak hanya digunakan oleh mereka yang mempunyai kepentingan saja. Dari anak muda sampai orang tua sekalipun. 

Fitur di Instagram sekarang pun juga tak hanya difungsikan untuk menampilkan gambar saja, akan tetapi dapat difungsikan untuk segala kebutuhan dari bisnis, hiburan, seni, dan fitur sejenis yang ditingkatkan oleh Instagram untuk kebutuhan penggunanya. 

Dengan banyaknya pengguna yang memakainya, tak heran jika setiap waktunya Instagram selalu memperbarui fiturnya seperti yang baru-baru ini kita rasakan yaitu perpindahan ikon love yang digantikan dengan fitur terbarunya untuk kebutuhan bisnis yaitu adanya ikon keranjang.

Mengetahui keberadaan Instagram menjadi kebutuhan semua orang, banyak dari kita berlomba-lomba untuk meningkatkan followers atau pengikut kita demi keberadaan konten yang dimiliki membuahkan hasil melalui Instagram. Terutama bagi mereka yang berperan aktif di Instagram seperti public figure, mereka yang menggunakan Instagramnya untuk berjualan atau menunjukkan hasil karyanya seperti illustrator, dan mereka yang menggunakan Instagramnya sebagai media promosi. 

Bagi mereka yang memiliki kedudukan sebagai public figure tentunya menjadikan Instagram adalah media yang ada digenggamannya. Adanya sistem endorsement yang digaungkan oleh seorang public figure menjadikan orang-orang pengguna Instagram ingin menghasilkan konten yang terbaik dari dirinya. 

Tak kalah dengan pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai wadah promosi. Mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas kontennya dan mempercepat tingkat followersnya supaya produk yang mereka hasilkan laris di pasaran. 

Berbeda dengan mereka seperti orang yang memiliki karya seperti illustrator, seniman, dan sastrawan yang menciptakan karya. Supaya karya mereka dilirik oleh khalayak, mereka juga tak kalah untuk menggunakan Instagram sebagai media promosi. 

Tentunya dari keseluruhan mereka yang menggunakan Instagram dengan tujuan yang serupa, kedudukan Instagram sekarang ini menjadi media yang selalu dimiliki semua orang. Dari seluruh kepentingan pengguna tersebut, tentu dari mereka ingin bagaimana konten yang mereka torehkan banyak disukai pengguna lain. Dari hal itu tentunya mereka ingin pengikut yang dimiliki terus meningkat.

Dari berbagai macam pengguna Instagram tentunya masing-masing dari mereka mendapatkan followers dengan cara yang berbeda-beda. Dari yang memang asli sudah terkenal dan menorehkan karya seperti artis yang memang sudah terkenal terlebih dahulu melalui karya-karya yang diberikannya dalam kesehariannya. Terdapat pula mereka yang mungkin memiliki kemampuan yang layak untuk diapresiasi melalui akun Instagram sehingga mereka mendapatkan banyak pengikut di Instagram. 

Tak heran kita juga dapat menjumpai mereka yang sudah berbisnis di Instagram dan memiliki pengikut yang berjibun karena konsistensinya mereka dalam mempromosikan bisnis dari rintisan hingga berkembang maju dan sudah mendapat nama dari berbagai orang. 

Dari keseluruhan segala jenis kebutuhan tersebut, penting bagi mereka untuk meningkatkan pengikut mereka dengan berbagai cara. Dengan adanya peningkatan pengikut tersebut tentunya mereka juga memperoleh kesempatan untuk mencapai kepentingan mereka.

Cara Meningkatkan Follower Instagram Secara Alami

followers di instagram



Berikut 10 cara meningkatkan pengikut di Instagrammu tentunya dengan cara organik.

1. Promosi Instagram ke Lingkup Teman Dekat

Hampir dari sebagian kita menggunakan media sosial tentunya melibatkan lingkup teman dekat. Lingkup teman dekat kitalah yang pertama kali mengetahui dan berteman dengan di akun media sosial kita begitu pula jika kita menggunakan Instagram. 

Adanya lingkup teman dekat yang sudah kita miliki tentunya sebagai langkah awal supaya pengikut di Instagrammu semakin meningkat. Perbanyak momen ketika kamu sedang bersama teman dekatmu. 

Dengan memperbanyak adanya momen bersama lingkup teman dekatmu, lingkup teman dekatmu tentunya membagikan momen-momen tersebut di Instagramnya sebagai kontennya.

Ingatkan mereka untuk memberikan tag akunmu pada momen yang mereka bagikan melalui Instagram, melalui cara tersebut pengikut Instagram yang dimiliki oleh lingkup teman dekatmu dapat dengan mudah mengenali Instagrammu dan tentunya juga dapat menjadi potensi untuk menjadi pengikut Instagrammu.

Kamu juga dapat mempromosikan Instagrammu melalui kerabat-kerabat dalam anggota keluargamu seperti kakak, adik, saudaramu. 

Tentunya jika kamu dapat mempromosikan Instagrammu ke kerabat terdekatmu kamu juga dapat kesempatan untuk membagikan momen atau konten terbaikmu dengan kerabat dekatmu. Dengan ini akun Instagrammu semakin mudah untuk dikenali.

2. Perluas Jaringan Pertemanan di Lingkup Pertemanan Baru

Tak hanya lingkup pertemanan dekat yang juga dapat meningkatkan pengikut di Instagrammu. Kamu bisa meningkatkan pengikut Instagrammu dengan memperbanyak teman baru di lingkup pertemananmu. 

Melalui aktif dalam beberapa kegiatan sosial atau jika kamu anak nongkrong, kamu akan menemukan sirkel pertemanan baru yang dapat menambah pengikut Instagrammu. Tak perlu malu dan ragu karena merasa baru berkenalan dengan teman baru, lingkup pertemanan barumu tentunya juga tak sungkan jika dimintai untuk bertukar akun Instagram denganmu. 

Dengan adanya pertukaran atau kamu dan teman barumu saling menjadi followers di Instagram, kamu juga dapat menambah banyak relasi pertemanan dan tentunya dapat saling bertukar momen di Instagram. Seru, bukan? Dalam memperluas jaringan pertemanan kamu juga dimungkinkan dapat jaringan pertemanan yang berpengaruh seperti influencer

Dalam memperluas jaringan ini kamu juga dapat membuka kesempatan untuk membuka lingkaran pertemanan dalam kegiatan yang kreatif lainnya seperti kegiatan volunteer atau seminar. Dengan mengikuti tambahan-tambahan kegiatan seperti itu tentunya kamu dapat mempromosikan Instagrammu melalui kegiatan tersebut.

3. Konsistensi dan Mutu Konten

Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan untuk membagikan konten yang kamu miliki. Sudah menjadi keharusan jika ingin meningkatkan pengikut di Instagram kamu juga harus memilah-milah konten yang patut dan layak kamu bagikan. 

Baik kamu yang menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis pun jaminan kualitas konten yang kamu bagikan mempengaruhi khalayak yang akan menjadi pengikutmu. Kualitas konten dapat berupa kualitas gambar terutama dalam pengaturan HD. 

Kamu juga bisa meningkatkan kualitas konten melalui caption yang kamu tulis. Tentunya dengan caption yang menarik dan kesesuaian antara caption dengan konten yang kamu miliki dapat menjadi potensi ketertarikan pengguna lain untuk menjadi pengikut di akun Instagrammu. 

Dari keseluruhan tersebut tak luput untuk selalu konsisten dalam mengunggah momen dan konten di Instagrammu. Konsistensi ini mempengaruhi pengikut yang tentunya sudah mengikuti akun Instagrammu. 

Pengikutmu akan menurun jika kamu tidak memiliki konsistensi dalam  membagikan konten, karena pengikutmu akan mengira jika kamu sudah tidak menjadi pengguna Instagram lagi jika kamu tidak memiliki konsistensi dalam membagikan konten. Kamu juga perlu melakukan riset seperti membaca buku atau memperluas pengetahuanmu terhadap konten yang ingin kamu bagikan.

4. Lakukan Interaksi dengan Pengikutmu

Dengan melakukan interaksi dengan pengikutmu seperti memberikan komentar saat mereka juga membagikan momennya di Instagram atau cara lain jika temanmu menggunakan Instagramnya untuk mempromosikan produk jualannya, kamu membeli jualan pengikutmu selain sebagai bentuk apresiasi karena kamu telah membeli jualannya kamu juga bisa menjalin relasi lewat jualan temanmu. 

Bagaimana tidak? Tentunya dengan cara mempromosikan jualan temanmu lewat Instagrammu. Dengan jika temanmu me-repost hasil promosi di akunmu, akunmu akan berpotensi untuk diikuti oleh pengikut temanmu. 

Sekarang ini banyak dari sebagian pengguna Instagram yang saling me-repost, salah satunya seperti yang kita rasakan sekarang ini yaitu banyak coffeeshop yang menggunakan akun Instagram dengan menyuguhkan konten-konten kreatif untuk dapat berinteraksi dengan pengikutnya. Selain itu Instagram pun juga meningkatkan fitur-fiturnya yang tentunya dibutuhkan oleh pengguna Instagram.

5. Keywords

Cara lain agar pengikutmu semakin meningkat yaitu dengan menggunakan cara terbaru dengan kata kunci. Melalui kata kunci yang kamu tuliskan di kolom pencarian kamu tak perlu repot-repot lagi mencari cara agar Instagrammu dapat dikenali pengguna lain. 



Mengutip dari (Bynikojulius) penggunaan kata kunci ini dapat digunakan dengan cara mengoptimasi akun Instagrammu. Pada salah satu konten dari (Bynikojulius) yang diunggah, dijelaskan bagaimana cara meningkatkan pengikut melalui kata kunci. Terkhusus untuk mereka yang berjualan lewat Instagram, langkah-langkah yang dijelaskan yaitu misalnya terdapat pengguna Instagram ingin membeli roti, dalam hal ini pengguna tentunya dapat mengetikan “roti” pada kolom pencarian. 

Dari hasil pencarian kata “roti” tersebut akan muncul berbagai akun alternatif. Hal tersebut yang dinamai sebagai kata kunci. Cara penggunaan kata kunci ini dapat dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu adanya mutual interest

Mungkin hal ini tak lagi asing bagi pengguna Instagram karena mutual interest dipengaruhi oleh urutan rangking dari akun siapa sajakah yang kamu ikuti. Hal tersebut dinilai karena adanya keberadaan faktor relevansi dan rekomendasi dari pengikut Instagrammu, sehingga kesempatan dalam meningkatkan pengikutmu akan lebih mudah. 

Selain itu tak perlu risau jika tidak memiliki pengikut pada Instagrammu. Cara ini dapat memunculkan hasil 60% dari akun yang kamu cari. Tentunya dengan cara ini kamu juga dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan traffic di Instagram. 

Untuk memudahkan pengguna lain menemukan Instagrammu melalui cara kata kunci ini, kamu bisa mengatur penggunaan nama pada fitur profil Instagrammu supaya pengguna lain dapat dengan mudah menemukan kata kunci pada Instagrammu.

6. Gunakan Kesempatan Untuk Mencari Exposure

Kenali istilah exposure untuk meningkatkan pengikut Instagrammu. Exposure sendiri memiliki arti sorotan atau paparan yang dalam konteks ini kamu dapat memiliki kesempatan untuk tenar tentunya dengan cara-cara yang tidak merugikan pengguna Instagram lain seperti melakukan spamming

Kamu bisa menggunakan cara-cara kreatif seperti melakukan bentuk apresiasi konten pada pengguna Instagram lain atau mengadakan kegiatan-kegiatan kreatif yang dapat menunjang kontenmu untuk di-repost pengguna Instagram lain. 

Tentunya dalam me-repost konten pun juga disertai komentar atau keterangan yang menarik, tak perlu panjang-panjang asal baik dan menyenangkan hal tersebut dapat memunculkan kesan. Dalam menggunakan cara ini tentunya juga membutuhkan proses agar Instagrammu dapat lebih dikenali banyak pengguna lain.

7. Jangan Privasi Akunmu

Dengan mengaktifkan fitur privasi di Instagram, orang-orang akan penasaran dan enggan mengikuti akun Instagrammu. Pengaktifan fitur privasi ini akan menghalangi keinginanmu untuk meningkatkan followers pada Instagram. 

Tentunya orang-orang yang sudah tertarik dengan melihat profilmu akan merasa kecewa dan kurang tertarik karena tidak dapat melihat konten-konten menarikmu yang kamu bagikan di Instagram. 

Menjadikan Instagrammu sebagai akun yang terprivat juga dapat memunculkan anggapan orang-orang yang ingin mengenalmu semakin ciut karena kesempatan yang dimiliki oleh orang-orang yang ingin menjadi pengikutmu semakin sedikit karena susah untuk mengenalimu lewat Instagram. Dengan tidak mengaktifkan fitur privasi tentunya orang-orang pengguna Instagram lain akan lebih mudah mengenali dan menjadi pengikutmu.

8. Tak Perlu Ragu Memakai Tagar

Bagikan konten atau momen di Instagrammu dengan menggunakan tagar. Cara ini terbilang mudah karena kamu hanya menuliskan tagar yang dapat kamu sesuaikan dengan konten atau momen yang kamu bagikan di Instagrammu. 

Meskipun terkadang dianggap sepele bagi kebanyakan pengguna Instagram, pemberian tagar tentunya dapat mempengaruhi likes dan followers Instagrammu. Cara kerja dalam penggunaan tagar ini tergolong dapat memudahkan orang lain untuk menemukan konten atau momen yang kamu bagikan di Instagrammu. 

Cara penggunaan tagar pun juga perlu dipertimbangkan. Kamu hanya perlu mencantumkan beberapa tagar saja dengan batas maksimal tiga puluh tagar yang disediakan oleh Instagram. Tak hanya ukuran tagar yang diberikan, kamu dapat memaksimalkan tagar-tagar yang sekiranya relevan atau dapat dikenali banyak orang pada konten atau momen yang kamu bagikan di Instagrammu.

9. Cantumkan Akun Instagrammu di Bio Media Sosial Lain



Bagi kebanyakan pengguna media sosial, tentunya mereka tidak hanya menggunakan satu media sosial saja. Kamu bisa mencantumkan akun instagram di media sosialmu yang lain seperti di Facebook dan Twitter. Tentunya jika kamu mencantumkan akun Instagrammu pada media sosial lain jelas teman-temanmu yang berada di Facebook dan Twitter yang kamu gunakan akan dapat mengenali dan berpeluang untuk menjadi pengikutmu. 

Tentunya pertemanan yang kamu miliki pada Facebook dan Twitter akan berbeda dengan pertemanan yang kamu miliki di Instagrammu. Dalam hal ini kamu bisa memperluas jaringan pertemananmu melalui Facebook dan Twitter untuk meningkatkan pengikut Instagrammu. Tak hanya Facebook dan Twitter kamu juga dapat meningkatkan pengikut Instagrammu melalui platform lain, dengan cara ini akun Instagrammu akan mudah dikenali pengguna lain.

10. Deskripsikan Profilmu Secara Kreatif

Hal yang mendasar untuk dapat meningkatkan pengikut di Instagrammu yaitu dengan memberikan gambaran secara unik tentang dirimu di profil Instagrammu. Cara-cara tersebut terbilang mudah untuk dilakukan yaitu dengan menyeting fitur-fitur yang dibutuhkan dalam profil Instagram. 

 Penggunaan nama yang mudah dicari oleh pengguna lain, penggunaan username yang mudah diingat, penggunaan bio yang menarik dengan memperjelas bagaimana deskripsi profil dirimu tak perlu panjang-panjang dalam menjelaskan siapa dirimu, cukup jelaskan apa pekerjaanmu atau kegiatanmu sehari-hari.

Kamu juga dapat menjelaskan hobi atau hal-hal yang kamu sukai, selain itu jika kamu memiliki karya atau sesuatu yang menjadi nilai tambah untuk dirimu kamu bisa mencantumkannya pada profil Instagrammu, gunakan foto terbaik sebagai foto profil Instagrammu hal ini dapat menunjang Instagrammu untuk dapat dilirik pengguna lain. 

Dengan hal-hal mendasar seperti ini, tentunya orang-orang akan menaruh kesan pertama ketika mengenali Instagrammu dan dapat menarik perhatian pengguna lain.

Rekomendasi Buku Terkait Instagram dan Sosial Media

1. Instagram Marketing Untuk Pemula

2. #NOFILTER: Cerita Tersembunyi di Balik Instagram

Baca juga artikel lain berikut ini :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad