in

5 Cara Cek Nomor XL dengan Mudah dan Cepat Tahun 2022

Cara Cek Nomor XL Dengan Mudah – Di era kemajuan teknologi dan komunikasi sekarang ini, nomor ponsel sudah pasti hampri dibutuhkan oleh semua orang untuk memperlancar aktivitas berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Setiap operator dari setiap nomor ponsel biasanya memiliki sejumlah seri nomor untuk mengetahui nomor ponselnya, tidak terkecuali operator seluler dengan merek XL.

Namun, karena kemudahan akses untuk memiliki nomor ponsel tersebut, tak jarang banyak orang yang tidak mengingat atau malah tidak mengetahui nomor ponselnya. Hal itu sangat wajar apabila ada banyak orang yang tidak mengingat atau lupa dengan nomor pribadinya sendiri. Pasalnya, nomor ponsel sendiri terdiri dari dua belas angka yang sudah disediakan oleh pihak operator seluler. Alhasil, kombinasi dua belas angka tersebut sangat sulit untuk diingat oleh sebagian orang.

Dikarenakan banyak fenomena orang yang semakin tidak ada waktu untuk mengingat nomor ponsel, hal ini menjadi sesuatu yang krusial dikarenakan penggunaan nomor ponsel sangat penting untuk kebutuhan pekerjaan, mengoperasikan bisnis hingga berbelanja online di marketplace.

Dalam mengatasi masalah tersebut, XL sebagai operator seluler melihat masalah tersebut dan dengan segera membuat berbagai cara untuk bisa memudahkan orang untuk mengingat atau bahkan hanya mengetahui nomor ponsel yang digunakan.

XL sendiri merupakan produk yang dikeluarkan oleh PT Excelcomindo Pratama Tbk, sebelum berganti nama menjadi PT XL Axiata Tbk. XL merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di Industri operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Perusahaan ini mulai memperkenalkan kepada masyarakat sejak tanggal 8 Oktober 1996. Perusahaan ini juga termasuk ke dalam perusahaan swasta ketiga yang memberikan penyediaan layanan telepon seluler GSM di Indonesia.

Selain layanan produk XL prabayar yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, XL juga memiliki empat jenis produk GSM, yaitu seperti AXIS, LIve.On, XL Prioritas atau pascabayar hingga XL Prabayar yang sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, XL juga memberikan layanan korporasi yang dinamakan dengan Internet Service Provider atau ISP dan VoIP.

tombol beli buku

Nah, berikut ini adalah lima cara yang disediakan XL dalam mengatasi masalah lupa atau tidak mengingat nomor ponsel.

A. Cara Cek Nomor XL Melalui DIal Up atau USSD

Hampir sama seperti cara melakukan cek nomor di operator seluler yang lain, nomor XL juga dapat dilakukan cek melalui menu USSD dengan dial up.

Cara cek nomor XL dengan dial up bisa dikatakan adalah cara yang paling mudah dan sederhana, hal ini dikarenakan melalui dial up atau USSD hanya memerlukan beberapa langkah saja.

Berikut ini adalah cara melakukan cek nomor XL yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Membuka aplikasi pada telepon.
2. Masukkan kode USSD *123#
3. Masukkan kode dengan nomor 7.
4. Pilih tombol Call atau memanggil dengan menggunakan nomor XL.
5. Masukkan angka pada beberapa pilihan yang menunjukkan Detail Nomor XL Anda.
6. Masukkan pilihan dari beberapa opsi Cek Profile & Cek Layanan.
7. Masukkan pilihan pada menu yang menunjukkan Info Kartu XL-ku.
8. Nomor XL dapat dilihat pada layar.

B. Cara Cek Nomor XL Melalui Customer Service

Setelah mengetahui cara cek nomor XL dengan dial up atau USSD, Anda juga bisa memilih cara cek nomor XL melalui Customer Service. Jika Anda sering dan menyukai hubungan dengan CS atau singkatan dari Customer Service, Anda bisa menanyakan atau melakukan cek nomor XL dengan meminta bantuan kepada CS.

Untuk mengetahui cara cek nomor XL melalui Customer Service, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa cara ini ada dua jenis cara yakni bantuan melalui telepon dengan bantuan melalui email. Nah, berikut ini akan dibahas kedua cara tersebut:

banner-promo-gramedia

1. Cara Melakukan Cek Nomor XL dengan Customer Service melalui Telepon

XL menyediakan layanan Call Center bagi pelanggan yang memerlukan bantuan, ada dua nomor call center yang dapat Anda ajak berkomunikasi secara langsung untuk meminta bantuan apapun terkait operator seluler XL yaitu 818 dan 817.

tombol beli buku

Untuk call center dengan nomor urut 818 merupakan nomor yang akan secara langsung menyambungkan panggilan Anda dengan Interactive Voice Response atau bisa disingkat IVR. IVR di sini bertugas sebagai mesin penjawab otomatis bagi para pelanggan XL.

Melalui bantuan IVR, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah dan beberapa pertanyaan yang diberikan oleh IVR untuk mengetahui nomor XL yang sedang Anda gunakan. Metode call center dengan IVR ini terhitung bebas biaya sehingga pelanggan tidak perlu khawatir mengalami pengurangan pulsa.

Selanjutnya, apabila Anda menggunakan panggilan call center 817, Anda akan langsung dihubungkan dengan pihak Customer Service dari XL. Berbeda dengan panggilan 818, panggilan dengan 817 membutuhkan biaya sebesar Rp 350 per panggilan sehingga bisa memotong pulsa yang Anda miliki.

Tidak hanya itu, untuk Anda yang ingin melakukan cek nomor XL, tetapi sedang tidak membawa ponsel seluler dengan nomor XL Anda. XL menyediakan layanan panggilan telepon yang membuat Anda cukup dengan menelepon ke nomor +6221-579-59817.

Dengan menggunakan layanan telpon nomor tersebut, Anda bisa menggunakan operator seluler apapun dengan tarif yang sudah ditentukan oleh operator seluler tersebut. Namun, agar lebih hemat dalam melakukan cek nomor XL, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan Paket Nelpon XL sebelum melakukan panggilan kepada pihak Customer Service.

2. Cara Melakukan Cek Nomor XL dengan Customer Service melalui Email atau Website

Setelah mengetahui cara cek nomor XL melalui customer service, ada juga cara cek nomor XL melalui email customer service tanpa melakukan panggilan dan tanpa ada potongan pulsa. Cara ini terhitung lebih hemat bagi Anda yang memiliki akses internet dengan mudah, tetapi sedang tidak memiliki cukup pulsa untuk melakukan panggilan.

Cara cek nomor melalui customer service jenis ini berarti menghubungi pihak customer service dengan email dan website. Anda bisa melakukan cara tersebut dengan melakukan pengiriman email ke alamat customerservice@xl.co.id.

Tidak hanya itu, XL juga menyediakan layanan bagi pelanggan untuk melakukan live chat secara langsung dengan customer service. Layanan ini bisa digunakan pelanggan dengan cara melakukan kunjungan ke website resmi XL dengan alamat xl.co.id

C. Cara Cek Nomor XL Melalui Aplikasi Resmi MyXL

Selanjutnya, cara untuk melakukan cek ke nomor XL adalah dengan menggunakan aplikasi resmi dari XL. Di era ponsel pintar seperti sekarang, XL sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia juga menyediakan aplikasi yang bisa diunduh oleh para penggunanya melalui Google Play Store.

MyXL merupakan salah satu cara termudah bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan ponsel pintar untuk melakukan cek nomor XL dengan sangat mudah. Sebagai produk aplikasi resmi dari perusahaan operator seluler XL Axiata. Aplikasi tersebut memiliki fungsi sebagai sarana untuk melakukan manajemen data sekaligus untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan dalam memproses pembelian pulsa hingga pembayaran kuota internet secara cepat dan ringkas.

Nah, berikut ini adalah cara yang perlu Anda ketahui agar dapat lebih cepat dan lebih mudah untuk melakukan cek nomor XL Anda:

1. Melakukan pengunduhan aplikasi myXL di Google Play Store.
2. Membuka aplikasi myXL di ponsel pintar.
3. Melakukan log in akun myXL.
4. Anda bisa menemukan nomor HP XL di halaman utama aplikasi dari myXL.

D. Cara Cek Nomor XL Melalui Website myXL

Selain melalui aplikasi myXL yang sudah Anda unduh di ponsel pintar, myXL juga tersedia dalam versi website. Hal ini dapat memudahkan bagi para pengguna yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pengunduhan dan registrasi.

Website myXL bisa para pengguna gunakan melalui ponsel pintar atau juga komputer di kantor atau di rumah. MyXL memberikan sajian layanan yang memiliki informasi lengkap mengenai penggunaan kartu XL. Walaupun secara tampilan dan konsep dari Website myXL hampir sama seperti pada aplikasi myXL, namun website myXL akan sangat memudahkan pengguna dalam beberapa kondisi dan situasi tertentu.

Nah, berikut ini beberapa langkah bagi para pengguna untuk melakukan cek nomor XL di website resmi myXL melalui browser:

1. Pengguna dapat mengunjungi situs online dengan alamat https://my.xl.co.id/ore/index1.html#/
2. Selanjutnya, pengguna bisa memilih opsi dari menu Butuh Bantuan?
3. Terakhir, silakan log in dengan akun facebook Anda

Namun, dalam beberapa waktu ke depan, provider XL Axiata tidak akan menyediakan layanan myXL versi website. Sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang, sebagai salah satu langkah penting yang dilakukan XL untuk menjadi lebih dekat dengan para penggunanya, XL mulai fokus mengembangkan aplikasi myXL agar dapat lebih mudah dan lebih efektif dalam melakukan kontrol sekaligus manajemen segala kebutuhan para penggunanya.

banner-promo-gramedia

Oleh karena itu, apabila Anda masih ingin melakukan cek nomor XL melalui myXL versi website. Anda nanti akan direkomendasikan untuk melakukan pengunduhan aplikasi myXL di ponsel pintar masing-masing. Alhasil, proses tersebut justru malah akan memperlama proses dalam melakukan cek nomor pengguna.

Jadi, sebagai cara alternatif, para pengguna bisa melakukan metode yang akan dijelaskan di bawah berikut ini:

E. Cara Cek Nomor XL Melalui SMS atau Telepon

Setelah mengetahui berbagai cara untuk melakukan cek nomor XL, dari mulai menggunakan dial up atau USSD, dilanjut memaksimalkan jasa Customer Service, hingga mencoba inovasi aplikasi yang disediakan XL yaitu myXL. Namun, sebagai salah satu perusahaan operator seluler terkemuka di Indonesia, XL juga menyediakan layanan bagi para pengguna yang ingin melakukan cek nomor XL melalui panggilan telepon atau pesan dari SMS.

Cara cek nomor XL dengan memanfaatkan panggilan telepon atau pesan SMS dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang lebih mudah, lebih murah, dan lebih praktis. Para pengguna dapat mengirimkan pesan SMS atau telepon kepada teman, keluarga, bahkan pacar, untuk selanjutnya meminta mereka memberikan dua belas nomor XL yang baru saja menghubunginya.

Selain itu, para pengguna yang ingin mengetahui nomor XL-nya dapat memanfaatkan kehadiran aplikasi chatting yang sedang populer di masyarakat seperti WhatsApp. Para pengguna hanya perlu mengirimkan pesan ke orang terdekatnya atau orang yang dipercaya, selanjutnya para pengguna hanya perlu meminta bantuan kepada orang yang dikirimi pesan melalui aplikasi WhatsApp untuk memberikan informasi nomor yang si pengirim pesan.

Cara ini sangat murah, mudah, dan praktis karena tidak membutuhkan pulsa, namun hanya perlu membutuh koneksi untuk menyambungkan ke internet.

F. Cara Registrasi Nomor XL

tombol beli buku

1. Buka aplikasi pesan dan selanjutnya ketik nomor penerima yaitu 4444.
2. Buatlah pesan dengan format DAFTAR#NIK#Nomor KK.
3. Pilih tombol “Kirim”.
4. Silakan menunggu pesan konfirmasi yang memberikan pernyataan bahwa Anda sudah berhasil melakukan registrasi kartu XL prabayar.
5. Apabila Anda ternyata malah mendapatkan pesan yang berbunyi, “Maaf saat ini permintaan Anda tidak dapat diproses.” Silakan untuk melakukan registrasi ulang beberapa waktu kemudian.
6. Apabila Anda mendapatkan pesan yang berbunyi, “Maaf data NO.KK yang Anda masukkan salah.” Silakan lakukan cek nomor KK yang sudah Anda masukkan, ada kemungkinan data yang Anda masukkan salah.

Baca Juga: Cara Cek Kuota XL

G. Cara Cek Nomor XL Yang Sudah Registrasi

Setelah berhasil melakukan registrasi pada kartu XL prabayar, para pengguna bisa melakukan cek nomor yang sudah terdaftar menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di KTP. Cara cek nomor XL yang terdaftar cukup ketik *123*4444# melalui menu panggilan lalu ikuti instruksi selanjutnya.

H. Aktivasi Nomor XL Yang Sudah Hangus Atau Hilang

Bagi pengguna nomor XL yang kartunya sudah hangus, XL memberi kemudahan untuk melakukan aktivasi ulang secara daring dengan cara berikut.

1. Buka prioritas.xl.co.id/apply/layanan-xl-center
2. Pilih Layanan Reaktivasi Kartu
3. Masukkan nomor XL pada kolom yang tersedia.
4. Klik Lanjutkan.
5. Isi persyaratan berupa KTP dan Kartu Keluarga.
6. Siapkan kartu SIM lama yang ingin diaktifkan ulang (bila kartu hangus).
7. Buat Surat keterangan hilang dari Polisi (bila kartu hilang).
8. Sediakan Nomor telepon lain yang masih aktif untuk video call.

Demi perlindungan data pelanggan, proses ganti kartu hilang akan melalui proses validasi lengkap yang memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Proses validasi kartu yang hangus atau hilang bisa dilakukan secara online, tetapi pengambilan kartu baru tetap dilakukan di XL Center. Untuk penggantian kartu hilang tidak dapat diwakilkan, pengguna wajib datang langsung ke XL Center.

I. Tarif kartu XL

banner-promo-gramedia

Tarif telepon dan SMS sesama nomor XL tidak dibatasi. Sementara tarif telepon ke nomor lain dipatok harga Rp1/detik untuk 1 menit pertama setiap harinya. Setelah itu berlaku tarif Rp4/detik hingga pukul 23.59. Sedangkan tarif SMS ke nomor lain seharga Rp50/SMS.

J. Pentingnya Nomor Telepon

Nomor telepon pada dasar merupakan sebuah deretan angka yang terhubung dalam jaringan telekomunikasi telepon. Nomor telepon sendiri dapat digunakan untuk kebutuhan melakukan panggilan dari satu telepon ke telepon yang lain. Sekarang, seiring dengan berkembangnya jaringan telepon, nomor telepon tidak hanya memiliki fungsi sebagai penghubung perangkat lain seperti komputer dan mesin faks.

Nomor telepon sekarang telah menjadi identitas yang penting, hal itu dikarenakan nomor tersebut hanya digunakan oleh satu orang saja dan memiliki sifat unik bagi masing-masing pengguna. Bahkan, mayoritas layanan komunikasi yang berbasis internet menggunakan identitas nomor telepon seperti Whatsapp. Selain itu, nomor telepon juga digunakan untuk transaksi keuangan, membuat akun pada media sosial, hingga membuat akun dalam e-commerce.

K. Bagian Nomor Telepon

Negara Indonesia sendiri memiliki nomor telepon yang terdiri dari 13 digit termasuk kode negara. Maka dari itu, nomor standar memiliki format +62-xxx-xxx-xxx-xx atau 12 digit jika +62 diganti menjadi 0. Perbedaan penggunaan 0 dan +62 tidak begitu berpengaruh.

tombol beli buku

Nah, apabila pengguna ingin melakukan panggilan dalam negeri menggunakan nomor Indonesia, menggunakan nomor telepon yang diawali dengan 0 tidak masalah. Namun, jika Anda ingin menghubungi nomor Indonesia di luar negeri, menggunakan nomor yang diawali +62 karena itu merupakan kode negara Indonesia sekaligus standar format nomor telepon sesuai dengan aturan internasional.

L. Simpulan

Demikian informasi tentang 5 cara untuk melakukan cek nomor XL Axiata terbaru tahun 2021. Beberapa cara yang disediakan dapat memberikan kemudahan dan kecepatan, namun, bisa juga malah ada cara yang memakan banyak waktu Anda.

Oleh karena itu, pemahaman tersebut memiliki peran penting agar para pengguna tidak hanya bisa menggunakan satu cara. Hal itu membuat para pengguna menjadi lebih paham berbagai cara alternatif ketika cara yangs sering digunakan sedang mengalami kesalahan sistem dan memaksa untuk berganti cara lainnya.

Sementara, bagi para pengguna yang ingin melakukan cek untuk nomor yang sudah hilang. Para pengguna bisa memanfaatkan layanan XL dengan cara menghubungi customer service untuk mendapatkan penanganan secara langsung dari pihak XL.

Baca Juga:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam