Best Seller Buku Belajar Jaringan Komputer

Jelajahi Best Seller Buku Belajar Jaringan Komputer dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Panduan Praktis Membangun Mail Server Handal Dan Gratis Hingga Online

Panduan Praktis Membangun Mail Server Handal Dan Gratis Hingga Online

Router Mikrotik Implementasi Wireless Lan Indoor

Router Mikrotik : Implementasi Wireless Lan Indoor

Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik +Cd

Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik +Cd

Mikrotik Kung Fu Kitab 02 (Edisi Revisi 2016)

Mikrotik Kung Fu: Kitab 02 (Edisi Revisi 2016)

Mikrotik Kung Fu : Kitab 1 (Edisi 2019)

Mikrotik Kung Fu : Kitab 1 (Edisi 2019)

Mikrotik Kung Fu: Kitab 04 (Edisi Revisi 2016)

Mikrotik Kung Fu: Kitab 04 (Edisi Revisi 2016)

Mikrotik Kung Fu: Kitab 03 (Edisi Revisi 2016)

Mikrotik Kung Fu: Kitab 03 (Edisi Revisi 2016)

Panduan Lengkap Membangun Sistem Jaringan Komputer Dengan Microtik RouterOS

Panduan Lengkap Membangun Sistem Jaringan Komputer Dengan Microtik RouterOS

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tetang Best Seller Buku Belajar Jaringan Komputer

Jelajahi Best Seller Buku Belajar Jaringan Komputer dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Jaringan komputer adalah salah satu bukti kemajuan teknologi yang berkembang pesat. Melalui jaringan komputer, setiap orang di seluruh dunia bisa saling berkirim data di internet. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah WAN dan LAN bukan? Simak yuk pembahasan menarik tentang pengertian jaringan komputer, topologi, manfaat dan macam-macamnya. 

     

    Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum

     

    Pengertian jaringan komputer adalah koneksi yang menghubungkan dua atau lebih komputer untuk saling bertukar data dan informasi. Jaringan komputer dibentuk oleh kombinasi software dan hardware. Selama proses pertukaran data dan informasi berlangsung, ada pihak yang berperan sebagai penerima dan pengirim informasi.

    Pihak yang menerima/meminta layanan disebut sebagai klien (client). Sementara itu, pihak yang mengirim/memberi layanan disebut peladen (server). Desain seperti ini dikenal dengan sistem client-server. Hampir semua aplikasi jaringan komputer menggunakannya. 

    Untuk menciptakan sebuah jaringan komputer, router dan switch menggunakan berbagai model algoritma dan protokol  sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran informasi. Ia juga berfungsi untuk membawa data ke titik tujuan akhir.

    Di dalam jaringan komputer, setiap titik akhir mempunyai pengenal unik. Terkadang disebut Host, namun sering kali disebut alamat Media Access Control atau alamat IP yang digunakan sebagai penunjuk tujuan atau sumber transmisi. 

    Endpoint (titik akhir) yang dimaksud bisa berupa telepon, komputer pribadi, server dan berbagai macam hardware jaringan. Jaringan komputer bisa dibuat menggunakan kombinasi wireless dan teknologi kabel. Nantinya, perangkat jaringan saling berkomunikasi melalui medium transmisi data wireless atau kabel. 

    Untuk jaringan komputer yang memakai kabel, Anda mungkin membutuhkan kabel tembaga, coaxial cable, atau optical fiber. Sementara itu, jaringan wireless memanfaatkan koneksi data wireless sebagai penghubung titik akhir. Endpoint (titik akhir) ini termasuk microwave, radio seluler, radio siaran dan satelit. 

    Sebuah jaringan komputer bisa dibuat menjadi publik atau private. Secara umum, jaringan komputer yang bersifat private mengharuskan user memasukkan kredensial agar bisa mengakses jaringan tersebut. Baik itu melalui kata sandi atau diberikan izin secara manual oleh pihak administrator jaringan. 

    Sedangkan tipe jaringan komputer yang bersifat publik tidak membatasi akses. Contohnya adalah internet yang memungkinkan semua orang di seluruh dunia mengaksesnya. 

    Bagaimana, apakah Anda sekarang sudah sedikit paham tentang pengertian jaringan komputer dan gambaran besarnya?     

    Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

     

    • Menurut Yayasan Sandhykara

    Pengertian jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang saling terpisah, menggunakan sebuah media untuk berkomunikasi satu sama lain guna berbagi resource (sumber daya). 

    • Menurut Umi Proboyekti

    Dari perspektif Umi Proboyekti, pengertian jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terpisah dan berjumlah banyak namun saling terhubung untuk melaksanakan tugasnya. Sebagai contoh, dua buah komputer baru bisa disebut terkoneksi jika saling bertukar informasi. 

    Bentuk sebuah koneksi dapat melalui beberapa media, seperti serat optik, kawat tembaga, satelit komunikasi dan gelombang mikro. 

    • Menurut Jafar Noor Yudianto

    Beliau menjelaskan, bahwasannya pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer dan didesain untuk bisa saling berkomunikasi (pesan instan, email), berbagi sumber daya (CPU, printer) serta mengakses informasi (peramban web). 

     

    • Menurut Abdul Kadil

    Pengertian jaringan komputer adalah hubungan dua buah simpul (biasanya berupa komputer) atau lebih yang memiliki tujuan utama melakukan pertukaran data. 

    • Menurut Hasnul Arifin

    Arifin menjelaskan jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dihubungkan antara satu dan lainnya menggunakan protokol komunikasi. 

    Topologi Jaringan Komputer

     

    Setelah membahas secara lengkap mengenai pengertian jaringan komputer dari berbagai sumber, sekarang mari kita cari tahu apa itu topologi. Topologi adalah tata latak atau struktur virtual antar perangkat yang saling terhubung di dalam jaringan komputer. 

    Ada beberapa macam topologi jaringan yang ada di dunia, yaitu sebagai berikut: 

    • Topologi Ring (Cincin)

    Disebut sebagai topologi ring karena semua perangkat yang terhubung membentuk pola lingkaran. Setiap server atau workstation di topologi cincin bertugas untuk menerima dan melewatkan informasi antar perangkat.

    Ketika alamat yang dimaksud sesuai, informasi bisa diterima dan dilewatkan begitu saja apabila tidak sesuai. Karena hanya ada satu node yang bisa mengirim data di suatu waktu, sehingga topologi cincin terhindar dari tabrakan data atau collusion.

    Sistem terpusat seperti ini juga memiliki kelemahan, yaitu seluruh jaringan mengalami gangguan ketika salah satu node terkena masalah. 

     

    • Topologi Bus

    Topologi ini mempunyai sebuah kabel pusat atau kabel tunggal yang menghubungkan masing-masing server dan workstation. Kelebihan dari topologi bus adalah ketika menambah workstation baru atau mengembangkan jaringan tidak mengganggu workstation lain. 

    Sama seperti sebelumnya, ketika terjadi masalah di kabel pusat membuat seluruh jaringan terganggu. 

     

    • Topologi Mesh

    Biasa dipakai ketika terjadi komunikasi secara intens (tidak terputus) antar node di dalam sebuah jaringan komputer. Sehingga, setiap perangkat yang ada di dalam jaringan saling terhubung secara langsung. 

     

    • Topologi Star

    Topologi Star menghubungkan workstation dengan hub atau server secara langsung. Itu berarti, setiap workstation mempunyai jalur sendiri. 

    • Topologi Tree

     Ini merupakan kombinasi antara topologi star dan topologi bus. Bentuknya mirip seperti anatomi akar pohon, sehingga dinamakan sebagai topologi pohon. Hanya perangkat hub yang terhubung langsung dengan bus pohon. Setiap hub ini berperan sebagai akar pohon perangkat. 

    Manfaat Jaringan Komputer

     

    • Menghubungkan Semua Orang di Dunia

    Dengan jaringan komputer, Anda bisa terhubung ke semua orang di berbagai negara. Dunia seolah-olah sudah tidak memiliki batasan. Semua orang bisa saling berinteraksi satu sama lain. 

    • Transfer Data Lebih Efisien

    Jaringan komputer memang diciptakan untuk tujuan efisiensi. Anda bisa mengirim dan menerima data secara cepat, efisien serta aman. 

    • Memungkinkan Pengguna Mengakses Informasi Dengan Mudah

    Manfaat jaringan komputer berikutnya adalah kemudahan dalam mengakses informasi. Di internet ada ribuan berita terbaru yang siap Anda baca. 

    • Berbagi File Secara Instan 

    Ini diwujudkan dengan adanya penyimpanan awan (cloud storage) dan file transfer protocol.  Anda bisa mengunggah file di internet dan memberikan kesempatan kepada semua orang untuk mengaksesnya. 

    Jenis-Jenis Jaringan Komputer 

     

    • Local Area Network (LAN)

    LAN adalah jaringan yang menghubungkan perangkat di area terbatas. Jangkauannya berada di lingkup yang relatif pendek. Biasa digunakan di sekolah, gedung kantor dan rumah. 

    • Wide Area Network (WAN)

    WAN seringkali disebut sebagai kumpulan LAN yang tersebar di beberapa titik geografis. WAN biasa menggunakan teknologi Frame Relay, X.25 dan ATM untuk kebutuhan konektivitas jarak lebih jauh. 

    • Virtual Privates Network (VPN) 

    VPN adalah solusi yang menyediakan koneksi internet aman. Biasa digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dalam jarak yang jauh. 

    Sebagai contoh, perusahaan ABAC mempunyai dua kantor. Satu di Surabaya dan lainnya di Jogja. Dalam hal ini, VPN berfungsi untuk menciptakan jalur yang aman di internet dan bisa dipakai untuk transmisi data. 

    • Metropolitan Area Network (MAN) 

    MAN adalah tipe jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungan dua atau lebih LAN di satu kota. Ketika jarak yang menghubungkan 2 LAN tidak mungkin menciptakan jaringan, maka digunakan jaringan MAN.  

    • Campus Area Network (CAN)

    Mirip seperti MAN, namun bedanya ini berada di lingkup akademi atau universitas. CAN biasa digunakan untuk beberapa kegiatan pendidikan seperti pemberitahuan, pembaruan kelas, praktik lab, ujian, email dan lain sebagainya. 

    • Person Area Network (PAN)

    PAN mempunyai konsep yang sama seperti LAN, yaitu mencakup wilayah lebih kecil. Seperti digunakan di jaringan kantor atau rumah. Biasa dimanfaatkan untuk beberapa resouces, seperti printer atau Internet. 

    • Internet

    Internet merupakan jaringan komputer paling canggih dan terbesar yang berhasil diciptakan manusia. Jutaan perangkat komputasi dihubungkan oleh internet, seperti CCTV, Webcam, tablet, TV, Smartphone, Server, Laptop, PC, Workstation dan lain-lain. 

    Demikianlah pembahasan menarik kali ini tentang pengertian jaringan komputer dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan baru untuk Anda.