in

Cara Cek RAM Laptop yang Perlu Kamu Ketahui

Cara cek RAM laptop – Ya, di zaman yang serba modern ini memang segala sesuatu bisa dikerjakan dengan mudah. Misalnya saja dalam membuat tulisan yang di mana bisa dilakukan melalui laptop dan kemudian disebarkan atau hanya disimpan saja. Selain itu, laptop juga biasa digunakan untuk mengedit gambar atau foto. Bahkan, saat ini, laptop juga sering digunakan untuk mengedit video.

Jika bicara tentang laptop rasanya tak bisa dilepaskan dari spesifikasi yang dimiliki oleh laptop itu sendiri. Benar sekali, ada banyak spesifikasi laptop yang memang perlu diperhatikan, dari sekian banyak yang perlu diperhatikan ketika membeli laptop, salah satunya adalah cara cek RAM laptop.

Sudah tak bisa dimungkiri kalau selain processor, RAM memang harus diperhatikan. Hal ini bukan tanpa alasan, dengan kehadiran RAM yang cukup tinggi, maka dapat menunjang kinerja dari laptop itu sendiri. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang akan berusaha mencari spesifikasi laptop dengan kapasitas RAM yang cukup tinggi, apakah kamu salah satunya?

Namun, terkadang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui cara cek RAM laptop. Meski begitu, tak perlu khawatir karena di artikel ini, kita akan membahas cara cek RAM laptop. Akan tetapi, sebelum membahas hal itu, kita akan membahas tentang pengertian RAM terlebih dahulu.

Pengertian RAM

pixabay

Random Access Memory atau biasa disebut oleh banyak orang dengan istilah RAM. RAM mempunyai prinsip kegiatan yang serupa dengan ingatan dalam (storage) yang lazim digunakan buat menaruh bermacam gambar, film, aplikasi aplikasi, serta lain serupanya di laptop. Hanya saja, daya membaca (read) serta menulis (write) RAM jauh lebih kilat serta ahli dibandingkan storage.

Jika diartikan secara sederhana, RAM dapat diibaratkan selaku kantung celana, sedangkan ingatan hdd merupakan tas punggung. Bila kita mau menaruh suatu dengan kilat serta dapat dijangkau, pastinya kita hendak memilih kantung celana dibandingkan tas, bukan?

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, RAM pun juga ikut berkembang yang di mana saat ini sudah ada SSD (Solid State Drive). Dengan kehadiran SSD bisa dibilang mulai menggantikan HDD (Hard Disk Drive). Kecepatan membaca program SSD lebih cepat bila dibandingkan dengan HDD, sehingga laptop-laptop yang ada saat ini kebanyakan menggunakan SSD walaupun masih ada yang menggunakan HDD.

Pada dasarnya, SSD bukan hanya digunakan pada laptop saja, tetapi juga digunakan pada laptop. Penggunaan SSD yang berkapasitas cukup besar dan didukung dengan processor yang tepat, maka laptop atau pc kamu menjadi tidak lelet lagi, sehingga ketika mengerjakan sesuatu menjadi lebih cepat.

 

Fungsi RAM 

pixabay

Fungsi RAM pada laptop lumayan berarti buat dikenal, karena RAM bisa dibilang sebagai salah satu perangkat keras yang cukup berarti pada laptop. Fungsi utama dari RAM ini adalah untuk menyimpan suatu program atau bisa juga untuk menyimpan informasi aplikasi yang sedang beroperasi. Selain itu, ada beberapa fungsi RAM yang perlu kamu ketahui.

The Architecture of Love | Di balik Pena

1. Meningkatkan Kemampuan Processor

RAM yang cukup besar akan mendukung processor ketika bekerja. Oleh sebab itu, jika menggunakan processor keluaran terbaru, sebaiknya jangan lupa juga didukung dengan kapasitas RAM yang cukup besar juga. Oleh sebab itu, ketika ingin membeli laptop, sebaiknya mencari info-info di internet terlebih dahulu tentang spesifikasi laptop yang akan dibeli.

2. Sistem Informasi atau Pemrosesan Data Menjadi Lancar

Fungsi kedua dari RAM adalah memperlancar sistem informasi. Namun, ada yang perlu digarisbawahi yaitu semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat juga sistem informasi dibaca dan semakin kecil kapasitas RAM, maka sistem informasi akan semakin lambat untuk dibaca. Namun, semakin besar kapasitas RAM pada laptop, maka harga dari laptop tersebut akan semakin mahal.

3. Dapat Menunjang Software

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau saat ini, laptop sudah digunakan di berbagai macam bidang, seperti mengedit gambar, mengedit video, dan lain sebagainya. Selain dibutuhkan software yang bagus, ternyata dalam melakukan pekerjaan pada laptop juga diperlukan kapasitas RAM yang cukup tinggi juga. Terlebih lagi, bagi seseorang yang mengedit video atau gambar yang harus membutuhkan kapasitas RAM minimal 8 GB.

Dengan semakin besar kapasitas RAM, maka software yang ada pada laptop bisa dijalankan dengan optimal. Jadi, laptop yang kamu gunakan saat ini, kapasitasnya berapa?

4. Meningkatkan Penampilan Grafis

Fungsi terakhir RAM pada laptop adalah meningkatkan penampilan grafis. Pada fungsi ini bisa dibilang kalau sebenarnya, RAM pada laptop ini, bisa membuat tampilan layar pada laptop menjadi lebih bagus. Grafis yang bagus ini bisa menunjang pekerjaan atau tugas yang sedang dikerjakan, sehingga kamu pun bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Nah, itulah beberapa fungsi RAM pada laptop. Dari semua fungsi di atas, dapat dikatakan bahwa dengan kapasitas RAM yang semakin besar, maka kelancaran dalam menggunakan laptop pun akan menjadi lebih lancar.

 

Cara Cek RAM Laptop

pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara cek RAM laptop. Setelah mengetahui pengertian RAM dan juga fungsi RAM, maka sampai sudah di poin cara cek RAM laptop. Jadi, tetap simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Dikala memeriksa RAM laptop, Grameds pasti tidak cuma bisa memperoleh data hal kapasitasnya penyimpanannya saja, tetapi informasi yang diserahkan bisa membuktikan kekuatan serta jenis RAM yang dipakai pada laptop itu. Meski begitu, untuk mengecek RAM laptop tak harus membuka atau membongkar laptop. Dengan kata lain, kamu bisa mengeceknya dengan klik beberapa menu saja.

Lihat RAM Melewati Control Panel

Awal, konsumen dapat ikuti metode lihat RAM laptop melewati menu spesial Control Panel.

  1. Pastikan laptop menyala.
  2. Klik menu (logo windows) atau bisa mencari di logo kaca pembesar.
  3. Ketik Control Panel” dan kemudian kamu klik.
  4. Pilih “System and Security”.
  5. Pilih menu “System”.
  6. Informasi kapasitas RAM terdapat di kotak merah.

Lihat RAM dengan Dxdiag Tools

Metode lihat RAM laptop yang awal merupakan dengan memakai DXDiag Tools pada alat. DXDiag Tools ini ialah fitur bawaan dari Windows yang bermanfaat buat menunjukkan sebagian data bawah. Sebab ialah fitur bawaan, DXDiag Tools ini pula bisa Grameds manfaatkan buat tipe Windows 7, 8, 10, serta 11. Selanjutnya, metode mengenali RAM laptopnya:

  1. Buka program Run di laptop. Triknya tekan tombol campuran pada keyboard Windows+ R.
  2. Selanjutnya, hendak timbul perbincangan kafe Run kemudian ketik dxdiag setelah itu klik OK ataupun Enter.
  3. Akan timbul data bawah hal bagian yang terpasang di laptop. Buat RAM, Pins dapat amati di kolom memory laptop.

Melewati Windows Settings

Data yang diserahkan Windows Settings pasti lebih sedikit dibanding dengan DXDiag Tools. Namun, bila sahabat Grameds cuma hanya mau ketahui kapasitas RAM, metode lihat RAM laptop ini telah lebih dari lumayan. Bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka “Mulai Menu” di laptop.
  2. Klik kolom pencarian.
  3. Kemudian, ketik serta buka “Control Panel”.
  4. Setelah itu, klik “System and Security” pada menu “Control Panel”.
  5. Lalu klik “System”.
  6. Akan timbul sebagian data laptop. Salah satunya merupakan kapasitas RAM.

Melewati Speccy

Cara cek RAM laptop bisa melalui Speccy. Cara cek RAM laptop yang satu ini bisa dibilang lebih komplit bila dibandingkan cara cek RAM pada laptop lainnya. Selain itu, aplikasi mengecek RAm ini bisa digunakan pada Windows 10, 8 serta 7. Nah, berikut ini langkah-langkah cek RAM melalui Speecy.

  1. Pertama, unduh serta install aplikasi Speccy terlebih dahulu.
  2. Jika telah, buka aplikasinya.
  3. Tunggu sebagian dikala sampai cara analyzing berakhir.
  4. Setelah itu, hendak timbul data dari sistem laptop.
  5. Untuk metode lihat ingatan laptop dengan perinci, klik kolom RAM pada sidebar kiri.
  6. Pada kolom itu Pins bisa memandang data dari RAM, semacam kecekatan, kapasitas ingatan yang terpakai, jenis, skala serta yang lain.

Melewati Task Manager

Grameds merasa kemampuan laptop terus menjadi lelet? Kalian dapat mengecek kapasitas RAM yang masih kosong melalui Task Manager. Nah, berikut ini langkah-langkan cara cek kapasitas RAM di laptop.

  1. Klik “Mulai”.
  2. Ketik “Task Manager” kemudian buka.
  3. Akan timbul jendela “Task Manager”.
  4. Klik tab Performance.
  5. Nah, sahabat Grameds dapat memandang RAM yang terpakai serta tertinggal di bagian Memory.
  6. Selain Memory, kalian pula bisa memandang pemakaian CPU serta storage dari laptop.

Melewati Sticker

Jika semua cara RAM pada laptop harus klik beberapa menu, maka untuk lebih mudahnya kamu bisa cek sticek RAM yang ada pada laptop. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua laptop memiliki keterangan atau sticker yang memberitahukan kapasitas RAM.

Dari semua cara cek RAM laptop, sebaiknya disesuaikan dengan keinginan kamu. Dengan begitu, kamu bisa cek RAM laptop yang sesuai.

Tanda-Tanda RAM Laptop Rusak

1. Menyusutnya Kemampuan RAM Saat Digunakan

Salah satu karakteristik karakteristik RAM cacat yang sangat banyak dikenal merupakan kemampuan yang mulai menyusut dari durasi ke durasi. Bila laptop kamu berjalan dengan sempurna saat awal-awal menyalakannya, tetapi terus menjadi lama kamu memakainya, terus menjadi lelet kinerjanya, mungkin besar faktornya berasal dari RAM laptop.

Umumnya, hal ini terjadi ketika membuka aplikasi yang cukup berat, seperti Photoshop, film permainan, serta website browser.

Salah satu untuk menguji apakah kondisi RAM masih bagus atau tidak adalah dengan cara atau uji me-restart laptop kamu dan tidak membuka aplikasi apa juga. Jika hal ini tetap lelet, maka sudah menjadi tanda kalau RAM pada laptop perlu diganti.

2. Kerap Terjalin Crash Acak

Semacam perihalnya penyusutan kemampuan, hanya saja penyebab laptop crash secara random bisa menjadi tanda kalau kondisi RAM sudah mengalami penurunan. Meski begitu, hal ini perlu dicek kembali dengan cara membuka aplikasi yang tiba-tiba mengalami crash tanpa pemberitahuan. Oleh sebab itu, kamu perlu mengecek secara berkala untuk membuka aplikasi agar mengetahui apakah kondisi RAM masih bagus atau tidak.

3. Kandas Muat Film Card

Dikala kamu menghidupkan laptop, jika kamu mendengar suara “bip” yang cukup kencang, maka bisa menjadi tanda kalau beberapa perangkat keras mengalami penurunan. Dengan kata lain, bisa saja kondisi RAM sudah mulai mengalami penurunan. Jadi, sudah seharusnya kamu mendengarkan apakah ada suara “bip” yang terlalu sering ketika menyalakan laptop.

4. File Informasi Rusak

Kamu bisa jadi seketika menciptakan kalau file yang kerap kamu akses serta ingin kamu gunakan seketika cacat serta tidak bisa dibuka. Tidak hanya selaku pelajaran mengenai berartinya membuat backup, itu merupakan ciri nyata yang lain kalau RAM kamu bermasalah.

Bila kamu menciptakan terus menjadi banyak file yang cacat, serta perkaranya terus menjadi akut dari durasi ke durasi, maka bisa jadi kalau kondisi RAM faktornya. Oleh sebab itu, bisa dikatakan kalau RAM yang cacat menimbulkan bentuk hard drive kamu merosot, kesimpulannya kamu tidak hendak dapat boot laptop.

5. Skala RAM Tidak Sesuai

Identitas RAM cacat yang lain dapat kamu tahu dari status skala memory RAM yang terbaca pada laptop. Buat itu coba kamu cek jumlah RAM yang ada di sistem kamu. Bila kamu memakai Windows, klik kanan pada menu Mulai serta arahkan ke System > About.

Kamu hendak diperlihatkan statistik mesin kamu, tercantum jumlah RAM yang dipasang. Bila kamu memakai Mac, berangkat ke Apple > About This Mac serta seleksi tab Overview. Semacam pada Windows, kamu hendak diperlihatkan sebagian statistik laptop kamu, tercantum jumlah RAM.

Jadi, dapat dikatakan bahwa skala RAM yang tidak sesuai dengan kemampuan laptop, maka bisa memperlambat laptop terutama ketika membuka aplikasi berat.

Penutup

Pada dasarnya, RAM yang berkapasitas besar belum tentu mampu bekerja secara maksimal apabila tidak didukung dengan processor yang baik juga. Oleh sebab itu, ketika ingin membeli laptop, sebaiknya pilihlah processor yang bagus dan kapasitas RAM yang cukup besar juga. Namun, semakin bagus spesifikasi laptop, maka harganya akan semakin mahal.

Maka dari itu, sudah seharusnya ketika membeli laptop disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Selain harus menyesuaikan budget, ketika membeli laptop juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, kalau kamu hanya memerlukan laptop untuk mengetik-ngetik saja, maka bisa membeli laptop yang kapasitas RAM-nya tak terlalu besar.

Begitu juga, apabila kamu bekerja sebagai editor foto atau video, maka sebaiknya belilah laptop dengan kapasitas dan processor yang bagus juga. Dengan begitu, hasil kerja kamu pun bisa menjadi lebih bagus.

Demikian pembahasan tentang pengertian RAM hingga cara cek RAM laptop. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, semoga saja kamu jadi lebih mudah dalam mengecek RAM sekaligus dalam mengecek apakah kondisi RAM, masih dalam keadaan baik atau tidak.

Jika kamu ingin mencari buku tentang laptop atau PC atau ingin mencari cara mempercepat laptop maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi, jangan ragu untuk membeli buku di gramedia.com.

Penulis: Mochamad Aris Yusuf

 

Rujukan:

  • https://www.pinhome.id/blog/cara-cek-ram-laptop/
  • https://kiaton.kontan.co.id/news/4-cara-cek-ram-laptop-yang-mudah-dilakukan
  • https://katadata.co.id/agung/berita/62da5669543aa/cara-cek-ram-laptop-beserta-tips-membersihkannya
  • https://www.bhinneka.com/blog/cara-cek-ram-laptop/
  • https://tekno.kompas.com/read/2022/10/23/17150057/cara-cek-ram-laptop-di-windows-10-


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Primandha

Dunia menulis selalu menarik bagi saya apalagi tentang review. Dengan melakukan review pada suatu produk, saya akan tahu banyak informasi terkait produk itu. Sebelum mereview, saya akan melakukan riset terlebih dahulu agar menghasilkan tulisan yang menarik sekaligus mudah dipahami.