Best Seller Buku Microsoft Word

Jelajahi Best Seller Buku Microsoft Word dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Lebih Mahir dengan Microsoft Word 2019

Kupas Tuntas Microsoft Word 2013

From Zero to a Pro: Pengolahan Kata dari Tingkat Dasar hingga Profesional Microsoft Word 2010+CD

100 Tip dan Trik Microsoft Word 2013

Belajar Cepat Microsoft Word 2010

Top Tips dan Trik: Microsoft Word 2010

Microsoft Word 2013 untuk Penulis Tesis & Karya Ilmiah

Microsoft Word 2013 untuk Perkantoran Modern

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori bukuĀ  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori bukuĀ  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Tentang Best Seller Buku Microsoft Word

Jelajahi Best Seller Buku Microsoft Word dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Microsoft Word menjadi salah satu program aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Microsoft word memiliki banyak fungsi dan manfaat yang akan mendukung dan memudahkan seseorang dapat mengerjakan berbagai tugas. Aplikasi pengolah kata ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga pekerja. Microsoft word menjadi salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan. Karena itu, pemahaman mengenai cara penggunaan aplikasi ini menjadi hal yang cukup penting.

     

    Pengertian Microsoft Word

    Microsoft Word merupakan sebuah program aplikasi atau perangkat lunak yang menjadi bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Microsoft Word memiliki fungsi utama sebagai aplikasi pengolah data berupa kata. Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word dapat berguna untuk membuat, mengedit, memformat, dan mencetak dokumen, baik dalam bentuk softcopy atau berupa file maupun hardcopy atau berupa hasil print. Microsoft Word menjadi aplikasi yang banyak digunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, dan pendidikan, seperti untuk membuat surat, buku, makalah, poster, laporan, skripsi, brosur, sertifikat, undangan, kartu ucapan, artikel, dan kartu nama.

    Microsoft Word menyediakan berbagai fitur yang dapat memudahkan dan membantu memenuhi segala kebutuhan yang dimiliki para penggunannya. Selain dapat mendukung pengolahan kata, Microsoft Word juga dapat mendukung berbagai hal lain, seperti penggunaan tabel, diagram, gambar, penomoran, dan word art yang dapat diformat untuk menghasilkan bentuk file atau dokumen yang sangat beragam, mulai dari pdf hingga txt. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Microsoft Word, yaitu autocorrect, mail merge, autopage index, auto formatting, HTML editor, dan booklet layout.

    Program aplikasi Microsoft Word dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis sistem operasi, mulai dari Windows, Mac OS, IOS, hingga Android. Hal tersebut menjadikan popularitas Microsoft Word dapat terus bertahan meskipun banyak aplikasi pengolah kata baru yang muncul. Hingga saat ini, Microsoft Word masih berada pada posisi atas sebagai program pengolahan kata yang sangat banyak digunakan pada perangkat komputer dan laptop. Microsoft Word sendiri banyak dipilih oleh para pengguna aplikasi pengolah kata karena dianggap dapat digunakan dan dipelajari dengan cukup mudah.

     

    Sejarah Singkat Microsoft Word

    Microsoft Word pertama kali dikembangkan pada tahun 1981 oleh Charles Simonyi dan Richard Brodie. Kedua orang yang direkrut oleh Bill Gates dan Paul Allen untuk bergabung dengan Microsoft ini merupakan programmer dari Xerox Bravo yang menciptakan konsep What You See Is What You Get atau disingkat WYSIWYG.

    Versi pertama Microsoft Word dirilis dalam bentuk MS DOS pada bulan Oktober 1983. Setelah versi 1.0 tersebut dirilis, Microsoft Word merilis versi 2.0 pada tahun 1985. Pada versi kedua tersebut, terdapat beberapa fitur tambahan, seperti pemeriksaan ejaan dan jumlah kata. Beberapa tahun setelah perilisan versi kedua, Microsoft Word beberapa kali mengkode ulang programnya sehingga dapat digunakan pada sistem operasi yang berbeda.

    Pada tahun 1989, dirilis versi pertama Microsoft Word untuk Windows. Kemudian, disusul dengan versi 2.0 yang dirilis pada tahun 1991. Dua tahun setelah itu, tepatnya pada tahun 1993, Microsoft Word merilis versi 6.0 yang dapat digunakan pada sistem operasi Mac, DOS, dan Windows. Microsoft Word versi 6.0 menjadi yang terakhir untuk dapat digunakan pada sistem operasi DOS. Selain itu, versi Microsoft Word ini juga menjadi versi terakhir yang menggunakan nama dengan nomor versi karena pada versi berikutnya, Microsoft Word menggunakan tahun rilisnya sebagai nama, seperti Microsoft Word 1995, Microsoft Word 1997, Microsoft Word 1998, dan seterusnya.

    Microsoft Word mengalami perkembangan yang semakin pesat saat dirilis Microsoft Word 2000 dan Microsoft Word for Office XP. Versi Microsoft Word pun silih berganti dengan versi terbarunya. Setidaknya, Microsoft merilis versi baru untuk Microsoft Word dalam dua sampai tiga tahun sekali. Versi terbaru dari Microsoft Word saat ini dirilis pada akhir tahun 2018 dengan nama Microsoft Word 2019.

     

    Fungsi Microsoft Word

    Berikut adalah beberapa fungsi yang dimiliki Microsoft Word.

    1. Mengoreksi Kesalahan Penulisan Kata

    Microsoft Word memiliki fitur yang dapat mengoreksi kata dalam berbagai macam bahasa. Hal tersebut dapat menghindari penggunanya dari kesalahan penulisan atau ejaan. Microsoft Word juga menyediakan fitur yang akan memungkinkan pengguna untuk dapat mencari kata yang terdapat dalam dokumen secara cepat serta mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara otomatis.

    2. Membuat Dokumen dengan Berbagai Variasi

    Microsoft Word dapat menjadikan dokumen yang dikerjakan menjadi lebih bervariasi. Tulisan yang dikerjakan dalam Microsoft Word dapat dibuat sesuai dengan selera dan kebutuhan. Dalam Microsoft Word tersedia berbagai variasi jenis dan format tulisan. Pengguna dapat mengatur jenis tulisan, warna tulisan, ukuran tulisan, dan bentuk tulisan yang ingin digunakan sehingga dokumen yang dikerjakan akan menjadi lebih menarik.

    3. Membuat dan Membuka Dokumen dengan Berbagai Format

    Microsoft Word pada awal perkembangannya hanya dapat membuat dan membuka dokumen atau file dalam format .doc dan .docx. Namun, seiring dengan perkembangannya, Microsoft Word saat ini dapat digunakan untuk membuat dan membuka dokumen atau file dengan berbagai format, seperti .dot, .html, .mhtml, .pdf, .txt, .wps, .xml, dan .xps.

    4. Menambahkan dan Tabel Gambar pada Dokumen

    Microsoft Word mendukung penggunanya untuk dapat menyisipkan gambar dan tabel pada dokumen yang dikerjakan. Gambar atau tabel yang akan digunakan dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Ukuran dan bentuk gambar atau tabel yang dikerjakan dalam Microsoft Word juga dapat disesuaikan. Gambar yang akan disisipkan dalam Microsoft Word dapat dipilih dari gambar yang tersedia pada program aplikasi atau diambil dari luar program aplikasi. Dalam menyisipkan tabel, Microsoft Word menyediakan berbagai format atau bentuk tabel yang dapat diubah dengan warna dan jumlah kolom atau baris yang sesuai.

    5. Melakukan Kolaborasi dengan Program Office Lain

    Sebagai salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft, Microsoft Word dapat terintegrasi dengan layanan Microsoft Office lainnya. Pengguna yang sedang mengerjakan dokumen dalam Microsoft Word dapat mengakses layanan Microsoft Office lainnya. Misalnya, grafik atau tabel yang ingin dibuat dalam dokumen Microsoft Word, dapat dibuat melalui Microsoft Excel.

     

    Manfaat Microsoft Word

    Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aplikasi Microsoft Word.

    1. Mempercepat Pengerjaan Dokumen

    Microsoft Word memungkinkan penggunanya untuk dapat mengoreksi kata dalam dokumen yang dikerjakan secara serentak. Hal tersebut tentu akan menghemat waktu dalam proses pengerjaan dokumen. Selain itu, Microsoft Word juga menyediakan fitur Mail Merge yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengirim dokumen ke beberapa orang secara bersamaan.

    2. Mempermudah Pengerjaan Dokumen

    Berbagai Fitur yang disediakan dalam Microsoft Word akan memudahkan penggunanya dalam mengerjakan sebuah dokumen. Keberadaan Microsoft Word membuat segala pekerjaan dalam pembuatan dokumen menjadi lebih praktis dan lebih rapi.

    3. Menghemat Penggunaan Kertas

    Microsoft Word juga memiliki manfaat untuk dapat menghemat penggunaan kertas karena dokumen atau file yang dikerjakan dapat dibuka dan dikoreksi secara digital. Dokumen yang telah dikerjakan dalam Microsoft Word dapat dibaca atau dikoreksi tanpa perlu dicetak terlebih dahulu sehingga dapat menghemat penggunaan kertas yang sekaligus dapat membantu menjaga lingkungan.

     

    Cara Menggunakan Microsoft Word

    Berikut adalah beberapa cara dalam penggunaan dasar aplikasi Microsoft Word pada komputer atau laptop.

    1. Cara Membuka Microsoft Word pada Komputer

    • Klik tombol Start yang terdapat pada taskbar.
    • Pilih menu program
    • Pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word
    • Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.

    2. Cara Membuat Dokumen Baru pada Microsoft Word

    Umumnya, saat baru membuka aplikasi Microsoft Word dokumen kosong akan langsung ditampilkan dan siap untuk dikerjakan. Namun, dokumen tersebut tidak secara otomatis ditampilkan, pengguna dapat melakukan cara berikut untuk membuat dokumen baru.

    • Pilih menu File pada jendela Microsoft Word. Lalu klik tombol New. Selanjutnya, klik tombol General.
    • Klik dua kali pada ikon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
    • Dokumen baru akan ditampilkan dan siap untuk digunakan.

    Selain cara tersebut, terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat dokumen baru, yaitu dengan memilih tombol New Document (ikon kertas) yang terdapat pada baris menu atau dengan menekan tombol Ctrl + N pada keyboard.

    3. Cara Membuka Dokumen yang Telah Tersimpan dalam Microsoft Word

    • Pilih menu File dan klik tombol Open. Kemudian akan tampil kotak dialog Open.
    • Cari dokumen yang ingin dibuka dengan mencari dan memilih letak foldernya terlebih dahulu.
    • Setelah ditemukan, klik tombol Open atau klik dua kali pada dokumen yang ingin dibuka.
    • Tunggu sampai dokumen ditampilkan.

    Selain cara tersebut, terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk membuka dokumen yang telah disimpan, yaitu dengan memilih tombol Open File (ikon folder terbuka) yang terdapat pada baris menu atau dengan menekan tombol Ctrl + O pada keyboard. Langkah selanjutnya sama seperti cara membuka dokumen sebelumnya.

    4. Cara Menyimpan Dokumen yang Dikerjakan dalam Microsoft Word

    • Pilih menu File pada jendela Microsoft Word, kemudian klik tombol Save.
    • Setelah itu, akan tampil kotak dialog Save pada layar.
    • Pilih lokasi penyimpanan dan ketik nama dokumen yang akan disimpan. Kemudian, klik tombol Save.

    Selain cara tersebut, terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk menyimpan dokumen yang dikerjakan, yaitu dengan memilih tombol Save yang terdapat pada baris menu dengan menekan tombol Ctrl + S pada keyboard.

    5. Cara Menutup Dokumen yang Telah Dikerjakan dalam Microsoft Word

    • Setelah dokumen yang dikerjakan tersimpan, dokumen dapat ditutup dengan memilih menu File pada jendela Microsoft Word. Kemudian klik tombol Close dan Microsoft Word akan menutup dokumen yang sedang sedang dikerjakan.
    • Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menekan tombol close yang terdapat pada baris menu.

    6. Cara Menutup Jendela Microsoft Word yang Telah Selesai Digunakan

    • Sebelum menutup jendela Microsoft Word, pastikan bahwa dokumen yang telah selesai dikerjakan sudah tersimpan dengan benar.
    • Pilih menu File pada jendela Microsoft Word. Kemudian klik Exit dan jendela Microsoft Word akan tertutup.
    • Cara lain yang dapat dilakukan untuk menutup jendela Microsoft Word adalah dengan klik tombol X berwarna merah yang terletak pada bagian pojok kanan atas dari jendela Microsoft Word.