in

Cara Memulai Bisnis Online: Jenis, Keuntungan, Tantangan

Freepik.com

Cara Memulai Bisnis Online – Saat ini dunia sudah beralih ke sistem serba digital, hal ini tentu membuka banyak peluang baru tak terkecuali peluang di bidang usaha. Bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, memulai bisnis online bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Namun, bagaimana cara memulai bisnis online? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online merupakan jenis usaha yang berkembang, semakin banyak diminati oleh setiap individu. Mempunyai bisnis online akan mendatangkan cuan besar, menjalankan pun tidak dan hanya bermodalkan internet.

Anda Ingin memulai bisnis online? Hal ini tidak serumit yang dibayangkan. Bahkan, kita semua dapat menjalankan bisnis dan mulai menghasilkan uang dalam waktu yang relatif singkat.

Bisnis online merupakan bisnis yang menggunakan media internet sebagai media pemasaran suatu barang maupun jasa. Produk yang dijual berupa produk barang, produk digital dan jasa. Contohya bisa pakaian, makanan, software, jasa pemasangan iklan, jasa penerjemah dan lain sebagainya

Cara Memulai Bisnis Online

Sebelum memulai bisnis online adapun yang perlu diperhatikan diantaranya:

1. Tentukan produk atau jasa yang akan anda jual

Dalam bisnis online kita dapat menjual 2 jenis produk, yaitu produk fisik dan digital. Produk fisik biasanya berupa produk kesehatan, kecantikan, suplemen, pakaian, makanan dan minuman.

Semua produk tersebut nantinya perlu dikirimkan kepada pembeli melalui jasa kurir setelah proses pembayaran selesai.

Sedangkan produk digital, kita dapat menjual produk yang disampaikan secara elektronik, seperti ebook, musik MP3, perangkat lunak, jasa digital marketing dan lain-lain.

2. Tentukan strategi penjualan

Ada baiknya untuk mengetahui siapa target market, konsep jualan, biaya pengiriman, cara pembayaran, proses pengiriman, sehingga mudah dalam menentukan tarif atau harga akhirnya. Selain itu, bisa juga memilih strategi promosi dan pemasaran lewat internet.

Informasi yang diberikan berpengaruh dalam menentukan tingkat penjualan, karena informasi dan keberadaan kita akan menambah kepercayaan konsumen. Tak hanya itu, tentukan sarana apa yang akan digunakan untuk berjualan, misalnya blog atau website untuk memberikan penawaran produk atau jasa kepada konsumen.

3. Tentukan sistem pembayaran

Ada banyak alat pembayaran yang bisa anda gunakan untuk bertransaksi secara online. Di Indonesia untuk proses transaksi online umumnya masih dilakukan secara manual, yaitu dengan media transfer melalui bank. Setelah melakukan transfer dan konfirmasi pembayaran, baru kemudian barang akan dikirimkan.

Selain itu, juga bisa menerima pembayaran dengan e-wallet, kartu kredit maupun PayPal. PayPal adalah cara mudah untuk mengambil pembayaran online, proses pembuatan account PayPal pun tak sulit, tidak memerlukan pemeriksaan kredit.

Jika telah mantap untuk menjalankan bisnis online, gunakanlah dengan memilih sarana internet banking atau sms banking untuk mempermudah bertransaksi.

4. Tentukan cara pengiriman

Pastikan anda benar-benar menentukan proses pengiriman barang dengan tepat, jika anda menjual produk fisik yang perlu dikirim, maka anda juga perlu untuk memperhitungkan biaya pengiriman dan mengatur order pelacakan.

Ketika menjual secara online, maka anda dapat menarik pelanggan dari berbagai macam kota di seluruh Indonesia bahkan hingga negara lain. Hal tersebut diperlukan untuk memutuskan bagaimana untuk menghitung biaya pengiriman untuk tujuan yang berbeda.

Pastikan bahwa konsumen mudah untuk melacak order pesanan mereka dan mengamati serta menghitung biaya pengirimannya. Anda perlu mamakai jasa pihak ketika atau kurir pengiriman barang untuk melacak keberadaa barang melalui no resi yang diberikan.

Nanti, penjual akan menawarkan pengiriman dengan operator yang berbeda, seperti melalui pos biasa atau jasa kurir. Anda perlu mempertimbangkan hal-hal seperti ini ketika merencanakan bisnis online.

5. Tentukan visi dan misi

Mempunyai visi dan misi bisnis sangatlah penting berguna untuk mengetahui kelebihan bisnis kamu dengan jenis bisnis yang serupa dengan bisnis orang lain.

Selain itu, memiliki visi dan misi bisnis yang akan melancarkan pebisnis untuk melakukan segala kegiatan promosi dan kegiatan pemasaran lainnya, serta konsumen terkadang perlu mengetahuinya juga.

Cara Memulai Bisnis Online

6. Melakukan survey pasar

Penting banget nih untuk melakukan survey pasar karena bertujuan untuk mengenal tempat atau lokasi, varian harga di pasar terkait produk atau jasa yang serupa dan target konsumen. Survey lokasi diperlukan untuk mengetahui apakah lokasi strategis atau tidak.

Semantara, survey varian harga berguna untuk melihat relative harga besaran dari kompetitor yang ditawarkan kepada konsumen. Setelah mengetahuinya, maka tahap selanjutnya ialah menentukan apakah harga apakah sama, lebih murah ataupun lebih mahal.

Adapun ketika dalam menentukan harga dari faktor biaya produksi, pengiriman, pemasaran, dan lain sebagainya. Survey konsumen dibutuhkan untuk mengenal target pasar produk bisnis Anda dan perilaku dari konsumen.

7. Mengetahui seluk-beluk dan bisa menjalankan SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat tinggi di laman pencarian), terutama Google. Membuat blog salah cara tepat dan efektif untuk memaksimalkan SEO agar website-mu dapat terbaca oleh mesin pencari. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, baik dari sisi on-page dan off-page SEO.

Membuat blog juga harus yang mudah terbaca oleh Google sekaligus bermanfaat bagi siapapun yang mengunjunginya. Kemudian, buat desain yang simple, menarik sehingga Google dapat menaikkan peringkat website-mu agar bisa dikunjungi oleh lebih banyak pengunjung, yang artinya kenaikan traffic!

Saluran Bisnis Online

Setelah mendalami poin-poin diatas, selanjutnya kamu akan memilih berbisnis online melalui website, sosial media atau marketplace.

1. Bisnis Online di Website

Bisnis online pertama menyandarkan website sebagai tempat berjualan seperti toko pada umumnya. Pengunjung dapat membeli, melihat, menghubungi penjual dan mengetahui kelengkapan produk lewat website.

Bisnis online di website menjadi andalan para pebisnis karena mempunyai kelebihan pengenalan brand yang baik, pemasarannya bisa sampai luar negeri, bisa mengetahui detail tentang perusahaan, CV dan dengan baik, kebebasan desain, tidak terbatas oleh ruang dan sebagainya.

2. Bisnis Online di Media Sosial

Awalnya, media sosial digunakan sebagai media komunikasi. Lambat laun media sosial juga digunakan untuk berbisnis online, tidak lagi menyebarkan foto saja.

Bisnis online di media sosial semakin populer karena mudah dan setiap akun sudah memiliki pengikut tetap sehingga ketika akan menjual suatu barang, kamu merupakan perantara untuk mengenalkan produk yang dijual. Bahkan, kamu bisa menggunakan akun pribadi untuk berjualan dan pelanggan pertama yang membeli ialah temanmu sendiri

Sebaiknya jika ingin memakai akun pribadi, ubahlah di pengaturan ke akun bisnis karena terdapat berbagai fitur untuk menunjang bisnis online Anda. Misalnya, fitur melacak performa bisnis, melihat demografi pembeli, promosi dan lainnya.

Sayangnya, di balik semua kemudahannya, bisnis online di media sosial mempunyai kelemahan dengan terbatasnya kontrol, rajin promosi ke orang lain agar dikenal dan harus kreatif membuat akun tampil mencolok dari yang lain sehingga dilirik oleh calon pembeli.

3. Bisnis Online di Marketplace

Marketplace merupakan sarana perantara antara penjual dan pembeli untuk berjualan online. Memulai bisnis online di marketplace juga cukup populer karena mudah dan gratis. Kamu tinggal memilih marketplace mana yang akan digunakan.

Caranya cukup mudah, mendaftarkan diri, memasang produk, dan tunggu pembeli datang bertransaksi. Beberapa marketplace di Indonesia ini cukup banyak digunakan oleh penjual online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Blibli.

Keuntungan Memiliki Bisnis Online

Menjalankan bisnis online semakin terbuka lebar untuk siapa saja dan peluangnya yang besan. Saat ini jumlah pelaku bisnis online semakin banyak karena dari segi pembeli yang kini malas berbelanja langsung di tempat.

1. Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar

Modal utama untuk menjalankan bisnis online ialah memilih sebuah gadget dan jaringan internet yang memadai. Tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan, hanya di rumah kamu sudah bisa berjualan.

Dengan hanya bermodalkan gadget dan internet kamu bisa menjalan bisnis online. Sementara jika kamu mempunyai bisnis offline, biaya yang kamu keluarkan akan lebih besar dibandingkan dengan bisnis online. Misalnya untuk harus membayar sewa tempat, membayar karyawam dan biaya operasional pun tinggi

Selain itu, promosi bisnis online juga cenderung relatif lebih murah. Kamu bisa mempromosikannya dengan menulis artikel seputar ulasan barang yang dijual hingga memanfaatkan Google Ads. Bila sudah sukses kamu juga bisa menjalin kerja dengan pihak ketiga yakni digital marketing agency untuk memasarkan produkmu lebih efektif.

2. Jam kerja fleksibel

Kamu bisa mengatur jam kerja sendiri tanpa mengganggu pekerjaan lainnya. Hal ini karena yang bekerja bukan kamu tetapi ada juga sistem yang berjalan. Tugas kamu hanya memproses dari permintaan-permintaan yang sudah diterima oleh sistem atau permintaan dari konsumen.

Dengan memilih bisnis online maka kamu juga bisa bekerja kapan pun dan dimana saja sehingga bisa bekerja dengan mudah sekalipun memiliki banyak profesi. Bila anda sibuk bekerja dikantor, bisnis online ini tetap bisa anda kerjakan, sistem akan membantu untuk mendapatkan uang.

3. Jangkauan pasar lebih luas

Bila anda menjalankan bisnis online, maka anda bisa mendapatkan konsumen dari dalam maupun luar negeri. Dengan fasilitas jaringan internet yang stabil, kamu bisa memasarkan produk dengan jangkauan yang sangat luar sampai ke luar negeri.

Cara Memulai Bisnis Online

4. Pelayanan mudah dan cepat

Konsumen semakin dipermudah dengan berbagai layanan online yang tersedia. Mereka hanya bertransaksi, menerima barang dan menunggunya tiba di rumah serta layanan yang lainnya. Dengan pelayanan yang cepat tersebut maka siapa saja bisa menjalankan bisnis online, bila ingin transfer dengan mudah dan kapan saja, kamu perlu mengaktifkan mobile banking atau sms banking

5. Tidak terbatas ruang

Bisnis online bisa dilakukan dari meja komputer dirumah, semisal membutuhkan tempat untuk menyimpan barang, kamu hanya memerlukan satu ruang. Tentunya bergantung pada produk yang dijual.

Kemudian, kamu tidak perlu banyak melakukan aktifitas di luar ruangan. Barang yang dikirim pun tidak perlu repot diantar, kamu bisa memilih fitur antar jemput barang yang disediakan oleh jasa kurir pengiriman barang.

Dibalik kemudahannya, kamu perlu juga untuk mengenal tantangan yang akan didapatkan ketika menjalankan bisnis online.

Tantangan Bisnis Online

1. Rentan terhadap penipuan

Penipuan di internet telah ada sejak awal bertumbuhnya bisnis online. Kamu perlu berhati-hati karena korbannya tidak hanya dari penjual, pembeli pun juga. Tindak kejahatan bisa dilakukan oleh siapapun. Sulit sekali ciri-ciri penipu di internet, terkadang mereka berpura-pura untuk membeli namun tak kunjung dibayar. Sebagai penjual, terkadang barang dipajang hanyalah gambar, ketika ada pembeli datang dan sudah selesai bertransaksi, barang pun tak kunjung tiba.

Data kita juga rentan diretas para hacker, jadi sebaiknya hati-hati menyebarkan suatu berkas yang bersifat pribadi dan bisa menghancurkan bisnis online yang dimiliki

2. Kompetitor yang sama dan banyak

Tantangan kedua merupakan tantangan mudah ditemukan bahkan sebelum memulai bisnis online sudah kamu ketahui. Kompetitor kian lama kian banyak seiring berjalannya waktu mereka menjual produk dan jasa yang mirip dengan kamu.

Tentunya kamu harus membuat rencana kreatif agar bisa bersaing dengan competitor, misalnya dengan memberikan giveaway, potongan harga dan lainnya. Keberadaan para kompetitor akan menjadi tantangan bagi Anda menjalankan bisnis karena mereka menjadi saingan dalam berbisnis.

Lebih dari itu, kompetitor juga melakukan hal-hal yang serupa agar laku. Tapi kompetitor bisa menjadi acuan dalam berbisnis apalagi jika lebih lama berkecimpung di dunia bisnis online. Hadirnya kompetitor, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mereka berjualan supaya semua barang terjual laris manis.

3. Masalah Keuangan

Masalah keuangan bisa saja terjadi ketika ditengah jalan, kamu tak menghitung dalam mengelolanya sehingga diperlukan rutin dalam pencatatan yang baik dan benar. Dengan adanya catatan keuangan, kamu bisa mengontrol dan menelusuri jika terjadi sesuatu yang salah dari keuangan.

Anda bisa membuat pembukuan keuangan untuk menganalisa perkembangan bisnis dan mengetahui hasil keluar masuknya uang. Oleh karenanya, kamu perlu membuatnya agar tidak meleset sedikit ketika berbisnis.

4. Pahami karakter pelanggan

Pelanggan bisa diibaratkan raja dalam berbisnis, tanpa kehadirannya bisnis tak akan berjalan. Meskipun kamu tidak pernah bertemu dengan para pelanggan, kamu harus memberi pelayanan yang buat hatinya betah berbelanja di toko online milikmu.

Dalam berbisnis kamu akan bertemu dengan berbagai warna karakter pelanggan. Mulai dari yang sopan hingga pelanggan yang jutek. Sebagai penjual, kamu harus tetap sabar dan ikhlas bila ada pelanggan yang memarahi tentang kinerjamu atau berkomentar buruk tentang barang yang dijual.

Beberapa di antaranya mungkin pengalaman pertama memakai online shop, sehingga pelanggan ini bingung sehingga banyak bertanya. Akan tetapi, kamu harus melayani sama seperti pada pelanggan lainnya. Beri tahu langkah-langkahnya, bila pelanggan belum memahaminya namun tetap jeli dan tetap menjaga reputasi bisnis online yang dimiliki

5. Mengikuti perkembangan teknologi yang terkini

Seperti yang kamu tahu bisnis tidak akan bisa lepas dari teknologi, mereka menyatu tak terpisahkan. Tapi, perkembangan teknologi terus berjalan juga. Kamu harus bisa beradaptasi dengan teknologi terkini agar tidak mudah dibohongi oleh pelanggan.

Dahulu bisnis menggunakan pemasaran melalui mulut ke mulut atau koran. Saat ini, pemasaran bisa dilakukan melalui internet dengan memajangnya di media sosial. Ketika memilih marketplace sebagai ladang berjualan, kamu harus tahu program-program yang ditawarkan dan bisa memanfaatkannya. Jika tidak, toko tak akan ditinggal pergi pelanggan.

Lebih lanjut Anda bisa menggunakan e-commerce satu dan e-commerce lainnya. Anda harus bisa menyesuaikan dan memanfaatkan perkembangan teknologi agar bisnis Anda tetap eksis. Jika tidak, mungkin usaha Anda akan jauh tertinggal dari saingan bisnis yang ada.

Cara Memulai Bisnis Online

Kesimpulan

Intinya, bisnis online merupakan bisnis yang dilakukan melalui internet dengan wadahnya di website, media sosial, atau marketplace. Ada beragam bisnis online yang bisa dijalankan seperti bisnis pakaian, makanan dan minum, jasa dan lainnya.

Pastikan sudah memahami dan mempersiapkan semua kebutuhan berbisnis online, siap segala risiko yang akan terjadi dan menerima apapun ocehan dari pelanggan. Jangan sampai ada yang meleset sedikit pun. Bagaimana sudah siap untuk memulai bisnis online? Bila masih belum yakin dibawah ini, ada beberapa buku yang berisi pedoman untuk memulai bisnis online.

BACA JUGA:

  1. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula 
  2. Belajar Bisnis dari Nol dengan Buku-Buku Bisnis Terbaru di Gramedia Digital 
  3. 19 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal
  4. 14 Ide Bisnis Online 2022 Terbaru 
  5. 10 Peluang Bisnis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda 

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda