in

Cara Berlangganan Majalah Digital dan Deretan Manfaatnya

Unsplash.com/Marek Levak

Berlangganan Majalah Digital – Dalam era globalisasi yang serba digital seperti sekarang, majalah digital yang berbasis elektronik perlahan mengambil peran majalah konvensional yang berbasis cetak. Melalui gadget yang biasa kita genggam sehari-hari, kita dapat mengakses beragam informasi dari berbagai majalah secara lebih efisien dengan berlangganan majalah digital.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas serba-serbi majalah digital, mulai dari pengertian serta manfaat majalah, keuntungan dari membaca majalah digital, tips berlangganan majalah digital, hingga berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari membaca. Mari simak pembahasannya!

Pengertian Majalah Digital

Berlangganan Majalah Digital
Unsplash.com/Marek Levak

Secara sederhana, majalah dapat diartikan sebagai kumpulan beragam kabar, artikel, cerita, serta iklan yang dicetak pada lembaran kertas serta dijilid dan diterbitkan sekaligus dipublikasi secara berkala dan teratur dalam periode waktu tertentu kepada masyarakat luas.

Dalam majalah biasanya terdapat beberapa rubrik yang mengangkat suatu isu secara lebih detail dan mendalam sesuai dengan tema besar edisi majalah yang terbit. Isu yang diangkat dalam suatu edisi majalah juga biasanya bersifat berlanjut berdasarkan edisi majalah sebelumnya.

Selain itu, berdasarkan periode terbitnya, terdapat pula majalah yang diterbitkan seminggu sekali, dua pekan sekali ataupun sebulan sekali, tergantung kebijakan redaksional penerbit majalah yang bersangkutan tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari, majalah memiliki berbagai peran penting dan signifikan bagi masyarakat luas. Di antaranya, majalah memegang peran dalam berkontribusi dalam pengawasan terhadap berbagai isu sosial maupun politik, berkontribusi dalam meningkatkan daya pikir kritis masyarakat, memelihara dan menyebarluaskan warisan kebudayaan, memberikan edukasi secara terstruktur kepada masyarakat, dan menyediakan hiburan untuk masyarakat luas.

Majalah juga memiliki manfaat yang beragam bagi pembacanya. Pertama, majalah memegang peranan besar terhadap tersedianya sumber informasi bagi masyarakat luas di berbagai kalangan.

Di sini, para pembaca tentu akan memanfaatkan majalah sebagai salah satu sumber informasi yang dapat dijadikan rujukan. Kedua, majalah dapat merangkap sebagai media untuk menampung aspirasi pembaca, di samping gagasan penulis.

Majalah dapat melakukan survei hingga membuka rubrik opini pembaca sebagai bentuk penyaluran dan penampungan pendapat dan perspektif masyarakat. Ketiga, majalah dapat menjadi referensi alternalitif bagi para pembaca yang mencari hiburan di tengah-tengah kesibukan.

Berbagai jenis majalah yang terbit pun biasanya memiliki tema-tema tertentu yang khas sehingga akan melahirkan golongan target pembacanya tersendiri. Tema majalah yang diangkat bisa membahas seputar isu politik, hukum, teknologi, gaya hidup, pendidikan, hingga olahraga. Selain itu, ada juga kategorisasi majalah berdasarkan target pembaca, mulai dari kelompok pembaca wanita, kelompok pembaca pria, hingga kelompok pembaca anak-anak.

Apabila kita membahas majalah, Grameds pasti tidak asing lagi dengan istilah e-magazine yang merupakan sebutan baru bagi majalah konvensional yang bertransformasi menjadi majalah elektronik. Pada perkembangannya, majalah yang berbasis cetak perlahan berubah dan beralih menjadi majalah yang berbasis digital.

Berlangganan Majalah Digital

Majalah digital ini dapat diakses oleh pembaca secara elektronik melalui berbagai jenis gadget atau gawai secara online. Melalui majalah digital ini, pembaca dapat memperoleh kumpulan artikel dan beragam informasi menarik lainnya hanya dengan membuka ponsel pintar, tablet, maupun laptop. Tentunya hal ini merupakan kemajuan dalam mengakses informasi di era globalisasi yang semakin menawarkan beragam fitur teknologi yang berkembang melesat.

Keuntungan Berlangganan Majalah Digital

Berlangganan majalah digital dapat membawa berbagai keuntungan bagi para pembaca. Dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh majalah digital, Grameds akan menemui hal-hal baru yang lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan majalah konvensional. Berikut kami rangkum beberapa keuntungan yang dapat Grameds peroleh dengan berlangganan majalah digital.

1. Akses yang Mudah

Majalah digital menawarkan akses membaca yang lebih mudah bagi pembaca. Grameds tak perlu lagi repot-repot mencari edisi majalah cetak yang ingin dituju. Dengan berlangganan majalah digital, Grameds langsung bisa mengakses berbagai informasi lebih mudah lewat ponsel pintar, tablet, maupun laptop.

Cukup masukkan akun pengguna pada aplikasi pembaca majalah digital, Grameds dapat mengeksplor berbagai artikel menarik dan bermanfaat yang disediakan oleh majalah yang sedang dibaca. Tampilan majalah digital yang khas tanpa meninggalkan ciri majalah cetak tentunya akan membuat Grameds semakin nyaman membacanya.

2. Harga yang Terjangkau

Grameds dapat memperoleh majalah digital dengan harga yang lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan versi majalah cetak. Penerbitan yang lebih efisien karena tidak menggunakan kertas untuk dicetak, membuat biaya yang dikeluarkan untuk berlangganan majalah digital jauh lebih murah.

Apabila Grameds beruntung, beberapa majalah digital biasanya memberikan berbagai diskon dan penawaran menarik bagi calon pelanggan yang hendak memulai berlangganan. Grameds tentu bisa menggunakan kesempatan ini untuk memperoleh harga yang lebih murah sehingga tidak perlu merogoh biaya lebih dalam.

Grameds juga dapat memanfaatkan fitur voucher apabila sebelumnya Grameds telah mendapatkan kode promo dari penerbit majalah maupun situs penyedia layanan majalah digital. Penggunaan kode promo ini tentu semakin membuat hemat kantong Grameds, bukan?

3. Penyimpanan yang Efisien

Beberapa majalah cetak seringkali menumpuk di sudut rumah. Terkadang, tumpukan majalah tersebut membuat pemandangan interior rumah menjadi kurang enak dipandang. Penyimpanan majalah cetak yang sering menghabiskan ruang ini dapat disiasati dengan beralih berlangganan ke majalah digital. Selain itu, Grameds yang ingin berpergian pun akan cukup repot jika harus menenteng majalah cetak karena harus pula menyediakan tas tangan untuk membawanya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Majalah digital menawarkan penyimpanan yang lebih efisien, sebab Grameds dapat menyimpannya pada aplikasi pembaca majalah digital tanpa harus melihatnya menghabiskan ruang penyimpanan di rak ataupun berserakan di sudut rumah.

Grameds juga dapat mengakses majalah digital di mana pun Grameds berada karena penyimpanan yang lebih mudah lewat aplikasi dalam gadget. Tak hanya satu gadget yang dapat mengakses majalah digital milik Grameds karena Grameds dapat mengaksesnya di berbagai gadget lain selama menggunakan aplikasi dan akun yang sama.

4. Pencarian Kata Kunci yang Lebih Cepat dan Efisien

Mungkin Grameds sering ingin mencari beberapa kata kunci yang sesuai dengan keperluan Grameds, entah untuk memperoleh rujukan tertentu maupun untuk mencari bacaan yang sesuai dengan hobi. Melalui fitur pencarian kata kunci yang ditawarkan saat membaca majalah digital, Grameds dapat mencari berbagai kata kunci yang sesuai dengan kehendak Grameds secara lebih cepat dan praktis tanpa perlu membuka lembaran demi lembaran majalah.

Pencarian kata kunci ini tentu akan menghemat waktu membaca Grameds sehingga informasi yang dituju dapat diperoleh dengan cara yang lebih efisien. Grameds juga tidak perlu khawatir jika ingin menuju tema atau rubrik tertentu di dalam majalah digital.

Cukup tentukan tema atau rubrik yang akan dibaca, lalu ketik judul tema atau rubrik tersebut dalam kotak pencarian kata kunci. Misalnya, apabila Grameds ingin membaca informasi seputar teknologi, Grameds dapat langsung memasukkan kata kunci “teknologi” di dalam kotak pencarian. Dan, voi la! Artikel yang terkait dengan tema teknologi dapat Grameds temukan dan sortir secara lebih mudah dan praktis.

Berlangganan Majalah Digital

5. Pemesanan Lebih Praktis dan Memperoleh Produk Lebih Cepat

Dalam pencarian dan pemesanan majalah yang diminati, Grameds dapat memperoleh kemudahan dengan memulai berlangganan majalah versi digital karena lebih praktis apabila dibandingkan dengan majalah versi cetak.

Grameds tak perlu lagi repot-repot mencari majalah ke toko buku, gerai majalah ataupun lapak koran. Apabila berlangganan majalah cetak via kurir yang mengantar, tentu saja Grameds tak perlu lagi menunggu terlalu lama atas kiriman majalah cetak hingga tiba di rumah.

Cukup dengan berlangganan majalah digital, Grameds dapat melakukan pemesanan yang jauh lebih praktis hanya dengan melakukan transaksi elektronik melalui transfer bank maupun dompet digital. Setelah transaksi berlangganan berhasil, Grameds dapat segera membaca berbagai konten majalah digital yang telah dibayar melalui aplikasi pembaca majalah digital.

Tentu cara memperoleh majalah digital ini sangat memudahkan Grameds karena tak perlu lagi harus repot harus keluar rumah sehingga dapat menghemat waktu lebih efisien.

Cara Berlangganan Majalah Digital di Gramedia Digital

Terdapat banyak sekali jenis majalah yang bisa Anda baca setiap bulannya di Gramedia Digital. Koleksi yang bisa Anda baca dapat dilihat di halaman ini : https://ebooks.gramedia.com/id/majalah.

Diantaranya adalah :

  • Majalah Bobo
  • Tabloid Kontan
  • Otomotif
  • Majalah Nova
  • Elle Indonesia
  • SWA
  • Gatra
  • Media Perkebunan
  • Fortune Indonesia
  • dll

Untuk berlangganan dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Kunjungi ebooks.gramedia.com
  2. Buat akun
  3. Cari majalah yang ingin dibaca, kemudian klik Tambahkan
  4. Lakukan pembayaran
  5. Anda dapat membaca majalahnya di Aplikasi Gramedia Digital. Aplikasi ini tersedia di Android maupun Iphone.

Cara Berlangganan Majalah Digital Gridstore.id

Dalam berlangganan majalah digital, Grameds dapat memilih berbagai platform penyedia layanan majalah digital lalu dapat melakukan transaksi secara elektronik. Salah satu situs penyedia majalah digital antara lain Gridstore.id.

Melalui situs itu, Grameds dapat memilih berbagai majalah digital sesuai dengan minat dan selera dengan harga yang pastinya terjangkau. Dengan tahapan yang cukup mudah dan praktis, dalam waktu yang singkat Grameds akan segera terdaftar sebagai pelanggan dari majalah digital yang dituju.

Grameds juga akan menemukan bahwa majalah yang disediakan oleh Gridstore.id tidak hanya majalah digital (e-magz) saja, namun terdapat juga majalah cetak (printed) yang dapat dipilih. Berbagai diskon yang menarik juga disediakan oleh Gridstore.id untuk berbagai pilihan berlangganan, mulai dari berlangganan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Agar Grameds dapat memahami bagaimana cara berlangganan majalah digital melalui Gridstore.id, kami telah merangkumnya secara lebih sederhana dan rinci sebagai berikut.

  1. Buka gridstore.id dan masuk menggunakan akun;
  2. Klik kolom “Majalah & Tabloid” pada pilihan paling atas;
  3. Pilih majalah yang dituju;
  4. Setelah tampilan menu berlangganan muncul, pilih bentuk majalah (printed/e-magz) dan periode langganan yang sesuai keinginan, lalu klik “Masukkan Keranjang”;
    Berlangganan Majalah Digital
  5. Masuk ke menu “Keranjang Belanja” yang tersedia di pojok kanan layar;
  6. Setelah telah berada di dalam menu “Keranjang” dan memeriksa “Rincian Pemesanan” dengan seksama, pilih “Lanjutkan Pembayaran”;
    Berlangganan Majalah Digital
  7. Pilih metode pembayaran sesuai keinginan dan masukkan kode promo (jika punya) agar mendapat potongan harga lagi;
  8. Tunggu konfirmasi lewat email apabila pembayaran telah dilakukan;
  9. Produk majalah digital yang telah dipesan dapat diakses secara online melalui ebooks.gramedia.com.

Manfaat Membaca Majalah

Tentu Grameds cukup penasaran soal seberapa bermanfaat kah kegiatan membaca, khususnya membaca majalah. Dengan membaca majalah, kita dapat memperoleh berbagai manfaat yang tentunya akan berdampak positif dalam hidup kita, baik di waktu dekat maupun dalam kurun waktu jangka panjang. Berikut kami ulas beberapa manfaat yang dapat Grameds peroleh apabila dengan rutin membaca majalah.

1. Memperoleh Perkembangan Isu Teraktual

Di setiap edisi majalah yang Grameds akses, pastinya dapat ditemukan berbagai isu aktual yang sedang hangat diperbincangkan pada masa menjelang terbit. Perkembangan beragam peristiwa maupun permasalahan dari tingkat regional, nasional, hingga internasional biasanya tercantum dalam setiap artikel yang termuat dalam majalah.

Grameds juga bisa memantau perkembangan suatu isu, dari awal hingga akhir, dari sederet edisi majalah yang terbit berkala. Sebagai contoh, apabila Grameds mengikuti isu dugaan kasus korupsi yang dilakukan oleh seorang pejabat, Grameds dapat memperoleh perkembangan kasus tersebut secara lengkap dan berlanjut, mulai dari pemeriksaan hinggan vonis pengadilan, melalui serangkaian terbitan majalah yang hadir melalui beberapa edisi. Dengan demikian, tak perlu lagi ada kekhawatiran untuk ketinggalan berita apapun, sebab kelanjutan setiap isu di suatu edisi majalah akan tetap dibahas melalui terbitan edisi berikutnya.

2. Mempertajam Daya Pikir Kritis

Pembahasan yang rinci dan objektif atas beragam peristiwa melalui berbagai artikel dalam majalah tentu akan mempertajam daya kritis pembaca. Berbagai tema isu yang dibahas di setiap artikel dalam majalah tentu akan melahirkan perspektif atau sudut pandang baru di benak para pembaca, sehingga pembaca akan semakin kritis dalam menyikapi isu yang dimuat dalam artikel majalah tersebut.

Berbagai isu yang diangkat dalam majalah pun dapat memberikan peran pemantik bagi pembaca untuk tetap mengawal dan mengawasi isu yang sedang hangat terjadi. Sebagai contoh, artikel yang mengupas isu soal berbagai kebijakan pemerintah dengan analisis pakar tentu akan memberikan sumbangsih tersendiri untuk pembaca dalam menilai peristiwa yang bersangkutan.

Dengan membawa fakta yang valid dan relevan, tentunya dalam kemasan yang baik, suatu artikel dalam majalah tentu akan memberikan pencerahan baru bagi pembaca, entah dalam bentuk persetujuan maupun ketidaksetujuan atas isu yang bersangkutan.

Berlangganan Majalah Digital

3. Memperinci Informasi

Dalam beberapa artikel yang ditawarkan dalam suatu majalah tentu terdapat beberapa informasi yang sempat atau sekilas pernah diketahui pembaca. Melalui pembacaan atas artikel tersebut, pembaca dapat me-refresh ulang pengetahuannya terkait informasi yang bersangkutan sekaligus memperoleh update terbaru terkait isu tersebut.

Sebagai contoh, mungkin seorang pembaca sempat memperoleh informasi terkait sebuah kecelakaan lalu lintas dari berita di televisi secara sekilas. Kemudian, saat membaca artikel di majalah pembaca tersebut menemukan informasi kecelakaan lalu lintas tadi secara lebih lengkap dan rinci. Di sini, pembaca tersebut memperoleh informasi secara lebih lengkap dan utuh dari berita yang sebelumnya pernah diketahui

4. Memperkuat Ingatan

Di rubrik tertentu dalam suatu majalah biasanya terdapat artikel yang memuat soal berbagai peristiwa bersejarah. Di sini, pembaca dapat menyegarkan kembali ingatannya terhadap peristiwa tersebut, yang bisa pula lebih rinci dan dalam perspektif baru.

Selain itu, dapat pula artikel yang dimuat dalam majalah berisi seputar kisah tokoh penting yang berperan besar menjadi sosok teladan bagi banyak orang, sekaligus bagaimana hasil pemikiran dan kontribusinya kepada masyarakat. Dengan demikian, banyak nilai positif yang dapat pembaca peroleh dari pembahasan ulang atas tokoh yang bersangkutan.

Sebagai contoh, dalam sebuah artikel yang mengangkat sejarah pergerakan mahasiswa, pembaca dapat mengenang sosok Soe Hok Gie, aktivis era 1960an, yang menjadi sosok teladan mahasiswa Indonesia sepanjang zaman. Dalam artikel tadi dapat diperoleh berbagai pengetahuan baru untuk memperkuat ingatan kita soal salah satu bagian penting sejarah bangsa.

Setelah kita membahas secara mendetail soal majalah digital beserta manfaat dan keuntungan dari membacanya, kita juga telah sama-sama mengetahui bagaimana tips mudah untuk berlangganan majalah digital.

Sekarang Grameds tak perlu khawatir maupun ragu untuk segera berlangganan majalah digital. Apabila Grameds sudah berlangganan majalah digital pun, tak ada alasan untuk tidak melanjutkan berlangganan, bukan?

Penulis: Savero Aristia Wienanto

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda