in

5 Cara Cek Nomor Telkomsel yang Bisa Kamu Lakukan

Bagaimana cara cek nomor Telkomsel? Sebelum lanjut pada pembahasan tersebut, mari kita bahas secara singkat terlebih dahulu mengenai kartu yang banyak digunakan oleh masyarakat ini.

Telkomsel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengoperasian sistem telekomunikasi Telepon Bergerak Seluler. Telkomsel menggunakan sistem GSM atau Global System for Mobile Communication. Perusahaan ini memiliki sebanyak 4 merk kartu perdana.

Keempatnya sudah berhasil dipasarkan di Indonesia. Serta memiliki banyak pengguna. Mengingat bahwa layanan yang diberikan oleh Telkomsel sangat bagus.

Telkomsel memiliki 1 merk karu pascabayar. Kartu tersebut adalah Halo. Jika ingin menggunakannya maka kamu bisa memakainya terlebih dahulu dengan sebuah ketentuan paket baru akan membayarnya ketika sudah tenggat waktunya.

Selain kartu pascabayar, Telkomsel juga memiliki 3 merk prabayar. Di antaranya adalah SimPATI, Loop dan Kartu As. Sama seperti yang lain, kamu bisa mengatur pemakaian terlebih dahulu kemudian membayarnya. Setelah itu baru bisa menggunakannya.

Sama seperti perusahaan lainnya, Telkomsel juga akan memberikan nomor pada penggunanya. Nomor tersebut nantinya akan digunakan dalam membayar tagihan atau mengisi ulang pulsa dan paket data. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengingat-ingat nomor yang kamu miliki.

Akan tetapi, masih banyak sekali orang yang terkadang lupa nomor termasuk pengguna Telkomsel. Lupa nomor memang hal yang normal dan banyak terjadi. Kamu juga tidak perlu khawatir jika tiba-tiba lupa nomor.

Bagaimana cara cek nomor Telkomsel? Ada beberapa cara cek nomor Telkomsel yang bisa kamu lakukan jika sedang lupa nomor. Telkomsel akan menyediakan layanan-layanan seluler untuk melakukan cek nomor Telkomsel dengan mudah. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Cara cek nomor Telkomsel melalui dial-up

Cara cek nomor Telkomsel melalui dial-upCara cek nomor Telkomsel pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalui dial-up. Cara ini akan mengharuskan kamu untuk membuka bagian menu panggilan atau dial-up. Setelah itu harus menekan kode yang sudah ditentukan. Berikut adalah cara cek nomor Telkomsel melalui dial-up:

  1. Tekan angka *808# pada menu panggilan.
  2. Tekan pilihan “Call/Panggil/OK”.
  3. Informasi mengenai nomor Telkomsel akan ditampilkan melalui pop up notifikasi.
  4. Bila diperlukan, Telkomsel juga akan mengirimkan SMS atau pesan otomatis yang ke nomormu, yang berisi informasi mengenai nomor ponsel tersebut.

Perlu dipahami bahwa cara cek nomor Telkomsel ini akan dikenakan tarif. Bagi pelanggan atau pengguna prabayar, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 100 dalam setiap permintaan. Hal itu sudah termasuk PPN sebesar 10%.

Sedangkan bagi pelanggan atau pengguna pascabayar akan dikenakan biaya sebesar Rp. 100. Sama seperti sebelumnya, tarif tersebut dikenakan pada setiap permintaan. Akan tetapi, belum termasuk PPN sebesar 10%.

Tarif-tarif atau biaya tersebut akan langsung terpotong dari pulsa yang ada pada kartu kamu ketika menghubungi *808#. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan pulsa untuk hal ini.

Cara cek nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel

Cara cek nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomselCara kedua yang bisa dilakukan untuk cek nomor Telkomsel adalah melalui aplikasi. Telkomsel menyediakan aplikasi khusus bagi para penggunanya. Aplikasi tersebut bernama MyTelkomsel yang dapat berguna untuk kepentingan penggunanya.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat menikmati layanan dengan lebih efektif. Akan tetapi kamu haru memiliki sambungan internet. Hal itu dibutuhkan untuk dapat mengakses fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi MyTelkomsel juga bisa diunduh gratis di PlayStore atau AppStore. Berikut adalah cara-caranya:

  1. Jika belum memiliki aplikasinya. Kamu bisa mengunduhnya melalui PlayStore atau AppStore.
  2. Setelah berhasil mengunduh, lakukanlah registrasi untuk membuat akun.
  3. Setelah itu, akan muncul beberapa menu dan pilihan layanan untuk penggunanya.
  4. Klik bagian informasi.
  5. Pada bagian informasi, akan tertera nomor Telkomsel  yang sedang kamu gunakan. Selain itu, akan ditampilkan juga hal-hal mengenai kartu provider kamu.

Cara cek nomor Telkomsel menggunakan aplikasi ini terbilang mudah bagi kamu yang sudah lebih dulu memilikinya. Pasalnya, ketika kamu lupa maka kamu hanya perlu membuka aplikasinya saja. Kemudian kamu dapat melihat nomor tersebut pada tampilan awalnya.

Inside Apple, Bagaimana Perusahaan Amerika Yang Paling Dikagumi Dan Suka Berahasia Sesungguhnya Bekerja
Inside Apple, Bagaimana Perusahaan Amerika Yang Paling Dikagumi Dan Suka Berahasia Sesungguhnya Bekerja

tombol beli buku

Buku yang berwawasan luas dan membuka mata ini menyingkap apa yang para eksekutif Apple sebut “saus rahasia”, yaitu sistem, taktik, dan strategi manajemen yang mengizinkan sang ko-pendiri Steve Jobs dan perusahaannya untuk menghasilkan kesuksesan demi kesuksesan dan untuk menginspirasi para penggemar fanatik Mac, iPod, iPhone, dan iPad-nya. Dalam buku tentang inovasi dan manajemen ini, Adam Lashinsky, salah satu jurnalis terkemuka yang meliput Lembah Silikon, mengenalkan kepada para pembaca praktik-praktik mengejutkan di Apple.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Membaca Novel Gratis!

Cara cek nomor Telkomsel melalui operator

Cara cek nomor Telkomsel melalui operatorCara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor Telkomsel adalah melalui bantuan operator. Operator atau Customer Service akan membantu kamu dalam melakukan cek nomor Telkomsel. Caranya adalah dengan menelponnya. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Bagi pengguna kartu Halo, kamu bisa menghubungi nomor call center 133.
  2. Bagi pengguna kartu SimPATI, Loop dan Kartu As, kamu bisa menghubungi nomor call center 188.
  3. Bagi pengguna Telkomsel yang sedang berada di luar negeri, kamu bisa menghubungi operator melalui nomor +628110000333 melalui panggilan yang ada di hp kamu.

Sebagai catatan, cara cek nomor Telkomsel dengan cara ini memang cukup memakan waktu. Operator akan membutuhkan waktu untuk proses pengecekannya. Selain itu, untuk melakukan panggilan, pengguna juga akan dikenakan biaya. Biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp. 300 sampai Rp. 400 pada setiap panggilan.

Cara cek nomor Telkomsel melalui panggilan

Cara cek nomor Telkomsel melalui panggilanCara keempat yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor Telkomsel adalah dengan menggunakan panggilan. Cara keempat ini terbilang cara yang sangat mudah. Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk melakukannya, kamu perlu menyediakan pulsa.

Caranya sangat mudah, kamu hanya butuh menelpon seseorang. Setelah itu, nomor kamu akan terlihat di hp orang tersebut. Kemudian kamu bisa menyimpannya di kontakmu, agar tidak lupa lagi.

Meskipun hanya melakukan miss call, tetapi kamu tetap harus menyediakan pulsa untuk melakukannya. Tanpa adanya pulsa, kamu tidak bisa melakukan panggilan.

Cara cek nomor Telkomsel melalui asisten virtual

Cara cek nomor Telkomsel melalui asisten virtualCara kelima yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor Telkomsel adalah melalui asisten virtual. Telkomsel menyediakan asisten virtual berbasis chat. Asisten virtual tersebut bernama Veronika.

Veronika akan membantu para pengguna atau pelanggan Telkomsel dalam mengakses berbagai informasi produk. Selain itu, Veronika juga akan membantu melayani pelanggan seperti pengecekan kuota, cek nomor, cek tagihan Telkomsel Halo, penukaran Telkomsel poin, pembelian pulsa, informasi mengenai lokasi GraPARI, pembelian paket data dan lain sebagainya.

Asisten virtual Telkomsel ini dapat diakses melalui kanal di dalam aplikasi-aplikasi berikut ini:

  •   Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
  •   WhatsApp: tsel.me/wa2
  •   Situs Web: www.telkomsel.com
  •   Telegram: tsel.me/telegramVA2
  •   LINE: tsel.me/lineVA2
  •   Facebook Messenger: tsel.me/fbV2

Bagaimana kalau nomor Telkomsel hilang atau rusak?

Bagaimana kalau nomor Telkomsel hilang atau rusakJika nomor Telkomsel kamu hilang atau rusak, segeralah untuk mengunjungi GraPARI terdekat. Selain itu, Telkomsel juga sudah menghadirkan MyGraPARI. MyGraPARI adalah media pelayanan Walk In Telkomsel.

Media ini bersifat digital, selain itu dapat diakses secara mandiri atau self-service oleh para penggunanya di GraPARI atau Pusat Layanan Telkomsel. Selain itu, media ini juga dapat diakses di area public.

Bagaimana cara menggunakan MyGraPARI? Berikut adalah cara-caranya:

  1. Sebelumnya, kamu harus menyiapkan berkas-berkas untuk kepentingan registrasi kamu.
  2. Siapkanlah e-KTP, Kartu keluarga atau KK dan 2 nomor ponsel yang sudah dihubungi selama satu bulan terakhir.
  3. Setelah berhasil masuk, pilihan menu “Pelanggan Telkomsel”.
  4. Setelah itu, pilihlah menu “SIMCARD hilang atau rusak”.
  5. Kemudian, masukkanlah nomor yang akan diganti.
  6. Masukkanlah nomor e-KTP dan nomor KK. Hal ini bertujuan untuk memvalidasi.
  7. Jika sudah selesai, maka pelanggan akan mendapatkan kartu baru.
Optimalisasi Android Untuk Bisnis Online dan Offline
Optimalisasi Android Untuk Bisnis Online dan Offline

tombol beli buku

Buku ini terdiri dari 8 BAB. Bab 1 Mengenal Android dan Aplikasi di Dalamnya, Bab 2 Bisnis Online Android Melalui Aplikasi Situs, Bab 3 Bisnis Android Online dengan Aplikasi Jejaring Sosial, Bab 4 Aplikasi Ekspedisi Pendukung Bisnis Online, Bab 5 Aplikasi Converter Mata Uang Pendukung Bisnis Online, Bab 6 Aplikasi Bisnis Offline dengan Note, Bab 7 Aplikasi Bisnis Offline dengan Office, Bab 8 Aplikasi Pendukung Bisnis Offline.

Cara menggunakan pulsa darurat Telkomsel

Saat membutuhkan pulsa darurat, Telkomsel juga menyediakan layanan paket darurat. Paket tersebut bernama paket combo yang terdiri dari internal, telepon dan SMS. Paket tersebut dapat dibeli jika kamu tidak memiliki pulsa.

Pembayarannya akan dilakukan ketika kamu sudah mengisi ulang pulsa. Paket darurat yang sudah diaktifkan tersebut adalah langsung digunakan. Hal itu membuat kamu tetap dapat berkomunikasi ketika kehabisan pulsa.

Pembayarannya akan dilakukan otomatis ketika nomor tersebut sudah diisi pulsa. Paket darurat dapat diaktifkan melalui beberapa cara. Di antaranya adalah melalui aplikasi MyTelkomsel, UMB *500*5#, atau melalui aplikasi Facebook.

Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan:

1. Paket darurat melalui aplikasi MyTelkomsel

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel, kemudian pilih menu “unggulan”.
  2. Jika nomor sudah masuk ke dalam kriteria, maka penawaran paket darurat tersebut akan muncul secara otomatis.
  3. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan paket darurat tersebut.
  4. Tunggu sampai ada SMS notifikasi dari 5111.
  5. Paket darurat sudah dapat digunakan, sesuai masa berlaku.

2. Paket darurat melalui SMS

  1. Saat kamu sudah kehabisan pulsa, dan nomor sudah memenuhi kriteria maka kamu akan otomatis mendapatkan penawaran paket darurat.
  2. Paket tersebut akan dikirimkan dari SMS melalui 5111.
  3. Balas SMS tersebut dengan membalas “YES”.
  4. Tunggulah SMS notifikasi dari 5111, bahwa Paket Darurat sudah aktif.
  5. Paket darurat sudah dapat digunakan, sesuai masa berlaku.

3. Paket darurat melalui UMB

  1. Bukalah menu panggilan.
  2. Tekan nomor *500*5#.
  3. Tekan menu “Panggil atau Call atau OK”.
  4. Jika nomor kamu sudah masuk ke dalam kriteria penawaran, maka paket darurat akan otomatis muncul.
  5. Aktifkan paket darurat tersebut dengan mengetik angka 1.
  6. Tunggu sampai SMS notifikasi dari 5111 masuk, dan paket darurat sudah berhasil diaktifkan.
  7. Paket darurat sudah dapat digunakan, sesuai masa berlaku.

4. Paket darurat melalui Facebook

Untuk mengaktifkan paket darurat melalui aplikasi Facebook, pastikan bahwa nomor kamu adalah nomor prabayar Telkomsel atau menggunakan kartu SimPATI, Loop, dan Kartu As.

  1. Pastikan bahwa sisa kuota sudah habis. Selain itu, pastikan juga bahwa pulsa kamu kurang dari Rp. 10.000
  2. Buka aplikasi Facebook dari ponsel. Bisa melalui Android atau iPhone.
  3. Aktifkan mode gratis, dengan klik “buka gratis” pada sisi pojok kanan atas ponsel.
  4. Setelah berhasil memasuki mode gratis, maka foto serta tautan akan berubah menjadi tidak tampilkan.
  5. Klik “lihat foto” atau klik “gunakan data untuk melihat foto”.
  6. Jika nomor kamu masuk ke dalam penawaran kriteria penerima paket darurat, maka penawaran paket darurat akan muncul.
  7. Kamu bisa mengaktifkannya.
  8. Paket darurat sudah dapat digunakan, sesuai masa berlaku.

Itulah 5 cara cek nomor Telkomsel yang bisa kamu lakukan. Temukan informasi lainnya di  www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabtTanpaBatas akan menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Telkomsel In First Era
Telkomsel In First Era

tombol beli buku

Buku ini merupakan salah satu sumber autentik tentang jatuh bangunnya industri seluler di Indonesia. Dengan gaya penuturan yang unik bak bio novela, sesungguhnya buku ini bercerita tentang kisah nyata bagaimana seorang Garuda Sugardo memberikan kontribusi untuk memajukan industri seluler. Tak heran jika kompetensi dan kegigihannya membuat nama Garuda Sugardo nyaris identik dengan dunia seluler di Tanah Air. Saya sendiri banyak belajar darinya, dan apa yang saya pelajari tersebut terasa sangat bermanfaat bagi perjalanan karier saya maupun amanat yang sedang saya emban saat ini. Oleh karena itu, saya berharap pembaca sekalian dan para insan seluler khususnya, juga mendapatkan inspirasi yang sama melalui buku ini.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih