in

Ini Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop dengan Mudah

Cara menyambungkan wifi ke laptop – Apakah Grameds memiliki laptop baru? Ketika memiliki unit laptop baru, Grameds mungkin kesulitan untuk menyambungkan wifi ke laptop. Ada beberapa laptop yang menyediakan tombol khusus untuk menyambungkan jaringan wifi, namun ada pula yang tidak dan harus dinyalakan secara manual.

Umumnya, cara menyambungkan sinyal wifi ke laptop tidaklah sulit. Akan tetapi, tidak sedikit pengguna yang mengalami kendala, sehingga kesulitan menyambungkan jaringan wifi pada unit laptopnya. Agar tidak bingung dan pusing, Grameds bisa menyimak cara menyambungkan wifi ke laptop dengan mudah berikut ini.

Kenapa Wifi Tidak Dapat Tersambung ke Laptop? 

Sumber: Pexels

Grameds mungkin kebingungan kenapa unit laptop Grameds tidak bisa tersambung pada jaringan wifi. Sebenarnya ada banyak alasan, sehingga Grameds bisa mengalami kendala ini ketika mencoba menyambungkan jaringan wifi ke laptop. Akan tetapi, ada dua alasan cukup umum ketika pengguna laptop gagal menghubungkan jaringan wifi ke unit laptopnya.

Dua alasan tersebut adalah karena perangkat wifi pada laptop telah rusak dan adanya masalah pada bagian router. Selain karena dua alasan tersebut, ada pula beberapa alasan lain penyebab Grameds gagal menyambungkan wifi ke laptop.

Grameds perlu menyelesaikan masalah ini lebih dulu, barulah wifi bisa tersambung ke laptop Grameds. Apa saja alasan mengapa wifi gagal menyambung ke laptop? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Driver wifi tidak cocok

Ketika Grameds menginstall ulang laptop dengan sistem operasi versi Windows 7 ke atas, tentu Grameds tidak perlu menginstall driver hardware pendukung komputer, contohnya seperti Suond, VGA, Touchpad dan lainnya termasuk driver wifi.

Akan tetapi, ada beberapa kasus bahwa driver bawaan Windows corrupt. Jika hal ini terjadi, maka Grameds perlu menginstall driver wifi bawaan laptop yang biasanya diberikan dalam bentuk CD.

2. Masalah pada router

Apabila Grameds yakin bahwa laptop Grameds tidak bermasalah, maka masalahnya ada router. Oleh karena itu, Grameds bisa menghubungkan laptop ke wifi router lain atau dengan menyambungkannya dengan hotspot pada ponsel Grameds.

Jika jaringan internet dari HP atau router berbeda tersambung dengan baik, maka dipastikan bahwa router sebelumnya bermasalah.

3. IP Address bermasalah

Kadang kali, IP Address yang digunakan untuk menyambungkan dengan jaringan wifi bermaslaah. Jika seperti itu, maka wifi pun tidak dapat terhubung dengan laptop Grameds dengan baik.

Oleh sebab itu, Grameds perlu mengatur ulang IP Address dan DNS Server yang ada pada laptop Grameds. Caranya adalah dengan masuk ke menu Control Panel kemudian pilih menu Network and Internet lalu pilih Network and Sharing Center, pilih Change Adapter, lalu Wireless Network Connection dan pilih Properties.

4. Laptop terserang virus

Jika laptop Grameds terserang virus atau malware, maka hal tersebut dapat menyebabkan laptop Grameds tidak terhubung dengan wifi secara baik. Oleh karena itu, Grameds perlu mengatasinya dengan cara melakukan Winsock Reset.

Caranya adalah dengan membuka Run kemudian klik tombol Windows + R lalu ketika cmd dan klik OK. apabila Command Prompt telah terbuka, Grameds cukup mengetik winsock reset lalu tekan Enter. Terakhir, restart laptop Grameds.

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Terhubung Wifi

Lalu bagaimana jika unit laptop Grameds baru dan masih gagal menghubungkan wifi ke laptop Grameds? Ada beberapa solusi yang bisa Grameds coba, berikut penjelasannya.

1. Melakukan Restart Router atau Wireless Router

Solusi pertama untuk mengatasi gagal menghubungkan wifi pada laptop adalah dengan restart router. Matikan router serta modem Grameds langsung dari sakelar utama. Lalu jangan langsung nyalakan, akan tetapi tunggulah selama beberapa saat baru nyalakan kembali router Grameds dan tunggu hingga lampu router kembali stabil.

Grameds juga bisa melakukan router reboot melalui browser. Caranya adalah dengan mengetikkan 192.168.01/ 192.168.1.1 pada tab browser Grameds lalu cukup tekan enter. Lalu, masukkanlah username password pada halaman login dan pilih System Tools lalu Reboot, tunggu selama beberapa saat.

Cara lainnya, Grameds juga bisa mencabut kabel router dan kemudian memasangkan kabel kembali.

2. Restart Device 

Solusi lainnya untuk mengatasi gagal menghubungkan wifi pada laptop adalah dengan me-restart device jika restart router gagal Grameds lakukan. Dengan restart device, maka akan membuat device Grameds kembali refresh setelah ada beberapa masalah yang ditemui pada unit laptop Grameds.

3. Restart Service

Jika Grameds memiliki laptop dengan Windows dan bukannya Macbook, maka setiap jaringan wifi yang telah terhubung dengan laptop Grameds akan otomatis tersimpan.

Ada satu settings di mana Grameds dapat me-refresh service wifi. Cara satu ini bisa menjadi suatu alternatif untuk mengatasi no acces pada internet Grameds. Caranya pun cukup mudah dengan langkah-langkah berikut ini:

Administrative tools > Services > DHCP Client and DNS Client kemudian klik kanan > Restart dan sambungkan kembali ke jaringan wifi Grameds.

Cara yang satu ini juga bisa Grameds lakukan pada ponsel. Grameds hanya cukup restart device untuk membuat ponsel Grameds kembali refresh.

4. Menyalakan Fitur Airplane Mode

Solusi keempat yang bisa Grameds coba untuk mengaktifkan wifi pada laptop Grameds jika terus menerus gagal adalah dengan menyalakan fitur Airplane Mode.

Fitur Airplane Mode tidak hanya ada pada ponsel saja, tetapi juga tersedia pada laptop. Cara keempat ini adalah cara paling mudah agar jaringan wifi dapat tersambung pada perangkat Grameds.

Jika sudah mencoba keempat solusi tersebut akan tetapi jaringan wifi tidak kunjung tersambung, maka Grameds harus memastikan bahwa perangkat wifi dalam keadaan normal dan tidak rusak.

Caranya adalah dengan menekan tombol Windows lalu pilih menu Network and Sharing Center dan terakhir pilih Diagnosa.

Dengan menggunakan cara ini, maka Grameds dapat mengetahui apakah wifi adapter internal miliki Grameds masih berfungsi atau sudah rusak. Jika dengan cara satu ini wifi Grameds tidak kunjung terhubung, maka hal yang perlu Grameds lakukan adalah dengan membeli adapter wifi external untuk membantu unit laptop milik Grameds terhubung ke jaringan wifi.

Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop

Sumber: Pexels

Hampir semua jenis laptop yang ada di pasaran saat ini telah dibekali dengan adapter wifi. Dengan jaringan wifi, maka Grameds dapat berselancar di internet dengan mudah tanpa perlu bantuan kabel maupun modem. Bahkan Grameds juga bisa membagikan koneksi wifi dengan menggunakan aplikasi wifi hotspot untuk laptop.

Wifi yang ada pada laptop tidak harus selalu aktif setiap saat. Apabila sedang tidak digunakan, maka Grameds bisa mematikan koneksi wifi untuk menghemat penggunaan baterai laptop. Namun ketika Grameds kembali membutuhkan koneksi internet, maka Grameds bisa langsung menyalakan wifi kembali.

Ada beberapa cara yang bisa Grameds coba untuk menyambungkan wifi ke laptop. Menyalakan wifi ke laptop juga tergantung dari perangkat maupun brand laptop yang Grameds gunakan. Berikut cara menyambungkan wifi ke laptop.

1. Menggunakan Tombol Wifi

Cara menyambungkan wifi ke laptop yang pertama adalah cara paling mudah. Ada beberapa tipe laptop yang menyediakan tombol khusus untuk dapat menghidupkan serta mematikan wifi dengan mudah.

Tombol wifi ini biasanya ada pada atas maupun samping keyboard dan bergantung pada tipe laptop yang Grameds gunakan. Untuk mengaktifkannya, Grameds hanya cukup menekan tombol wifi tersebut.

Fitur tombol wifi biasanya sudah dilengkapi dengan lampu indikator yang bisa menjadi penanda, apakah koneksi internet menyala ketika wifi aktif atau mati. Sementara itu, untuk mematikannya pun sangat mudah, Grameds hanya cukup menekan tombol wifi hingga lampu indikatornya mati.

2. Menggunakan Tombol Fn

Apabila unit laptop Grameds tidak dilengkapi dengan tombol khusus untuk wifi, maka ada cara mudah lainnya untuk menyambungkan wifi ke laptop. Hampir semua tipe laptop sudah memiliki tombol function khusus untuk mengaktifkan wifi.

Tombol function tersebut berupa kode F1 hingga F12 yang ada pada bagian atas keyboard. Untuk menyambungkan wifi dengan tombol Fn caranya pun cukup mudah.

Pertama-tama, Grameds bisa mencari tombol Fn mana yang memiliki simbol wifi di atasnya. Contohnya apabila ikon wifi ada pada tombol F10, maka cara mengaktifkan wifi adalah dengan menekan tombol Fn dan F10 bersamaan.

Terkadang di atas tombol function ada lampu indikator yang menjadi penunjuk bahwa wifi telah menyala, ada pula tombol tanpa lampu indikator. Untuk mematikannya, Grameds hanya perlu menekan tombol Fn dan F10 kembali bersamaan.

Selain dengan menekan kedua tombol tersebut, ada pula laptop yang bisa dinyalakan wifinya dengan langsung menekan tombol dengan logo wifi selama beberapa detik tanpa perlu menekan tombol Fn bersamaan. Grameds bisa mencoba kedua cara di atas untuk menyambungkan wifi ke laptop.

3. Melalui Windows Mobility Center

Jika kedua cara di atas tidak berhasil menyambungkan wifi ke laptop, maka Grameds bisa mencoba cara ketiga ini. Cara yang ketiga dapat digunakan apabila Grameds memiliki sebuah komputer atau laptop yang telah dipasangi dengan wireless card. Berikut langkah-langkahnya.

  • Untuk Windows 7, klik tombol Start yang ada pada taskbar sebelah kiri kemudian pilih opsi Control Panel.
  • Untuk Windows 8, Grameds bisa menyapukan kursor ke pojok kanan layar dan pilih opsi Settings dan pilihlah menu Control Panel.
  • Setelah masuk ke menu Control Panel, Grameds bisa memilih opsi  Adjust commonly used mobility settings yang ada di bawah kategori Hardware and Sound.
  • Selanjutnya akan muncul jendela yang berisi berbagai macam ikon, contohnya seperti volume, display dan lain sebagainya. Pada ikon wifi, klik menu Turn wireless on.
  • Lalu lihat pada bagian taskbar sebelah kanan, apabila ada logo wireless, maka artinya koneksi wifi Grameds sudah kembali menyala.

4. Menyambungkan Wifi di Windows 8

Laptop dengan sistem operasi Windows 8, biasanya sudah memiliki pengaturan untuk mematikan maupun menghidupkan wifi, sehingga mungkin Grameds belum mengaktifkan pengaturan ini. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya.

  • Sapukan kursor ke kanan layar hingga muncul menu charms bar, kemudian pilih menu Settings.
  • Lalu pilihlah opsi Change PC Settings dan pilih menu Network.
  • Jika pada bagian Airplane Mode menyala, Grameds perlu mematikan mode ini lebih dulu dikarenakan wifi tidak bisa menyala ketika Airplane Mode sedang aktif.
  • Pada bagian menu Wireless Device, Grameds perlu menyalakan opsi Wifi.

5. Mengaktifkan Wifi pada Windows 10

Sama halnya seperti Windows 8, sistem operasi pada Windows 10 juga memiliki pengaturan wifi tersendiri yang cukup mudah untuk dapat diakses. Bagi Grameds yang memiliki laptop dengan sistem operasi Windows 10, maka Grameds bisa mengaktifkan wifi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik ikon network yang ada di bagian taskbar dan biasanya berbentuk logo sinyal wifi.
  • Apabila Airplane Model menyala, Grameds perlu mematikan Airplane Mode lebih dulu dengan mengklik ikon pesawat.
  • Lalu nyalakanlah wifi dengan mengklik ikon wifi.

6. Mengaktifkan Adapter Wifi

Cara keenam untuk menyambungkan wifi ke laptop bisa Grameds coba, jika laptop Grameds memiliki sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Berikut langkah-langkah mengaktifkannya:

  • Bukan Start Menu, kemudian pilihlah menu Control Panel.
  • Bukalah kategori Network and Internet, kemudian pilih opsi Networking and Sharing Centre.
  • Di bagian menu, akan ada kolom sebelah kiri, lalu pilihlah opsi Change adapter settings.
  • Lalu, carilah ikon wireless yang Grameds gunakan, klik kanan dan pilihlah opsi Enable.
  • Setelah itu, koneksi wifi pun sudah tersambung dan bisa digunakan.

7. Menginstall Wireless Driver

Jika keenam cara di atas masih tidak bisa membuat koneksi wifi tersambung ke laptop Grameds, maka kemungkinannya driver dari wireless adapter belum diinstall.

Untuk menginstall wireless driver, Grameds hanya perlu memasukan DVD Driver yang biasanya diberikan dalam paket penjualan unit laptop atau paket penjualan network adapter.

Apabila tidak ada paket tersebut, Grameds tidak perlu khawatir karena Grameds hanya perlu mendownload driver tersebut dari website vendor laptop ataupun wireless adapter yang lain. Selain itu, Grameds juga bisa mencoba mencarinya secara otomatis dengan menggunakan bantuan Windows. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Start Menu kemudian pilih menu Control Panel.
  • Pilih menu Hardware and Sound.
  • Kemudian pilih opsi Device Manager yang ada di bawah menu Devices and Printers.
  • Carilah adapter wireless yang Grameds gunakan, lalu klik kanan dan pilih menu Update driver software.
  • Pada jendela, kemudian akan muncul menu Search Automatically
  • Tunggu selama beberapa saat hingga Windows dapat menemukannya dan install pada komputer Grameds.

8. Cara Menyambungkan Wifi ke HP

Selain dapat dihubungkan ke laptop maupun komputer, wifi juga dapat dihubungkan pada perangkat ponsel Grameds. Ada pula cara menyambungkan wifi ke ponsel dengan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan yang ada pada ponsel Grameds
  • Lalu pilihlah menu Jaringan dan Internet.
  • Setelah itu pilihlah opsi Internet
  • Terakhir, Grameds bisa klik jaringan yang tercantum pada ponsel. Jika jaringan wifi tersebut terkunci, maka Grameds harus menginput password lebih dahulu dan kemudian klik opsi untuk dapat menghubungkan ponsel pada jaringan wifi Grameds.

Itulah beberapa cara menyambungkan wifi ke laptop, penyebab wifi gagal terkoneksi pada laptop dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah. Grameds yang tertarik dengan gadget, internet dan lainnya bisa mempelajari lebih lanjut dengan membaca buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku bermanfaat dan original untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan dapatkan buku incaran Grameds sekarang juga!

Penulis: Khansa



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy