in

Cara Menghapus Akun Google dari Laptop dan Ponsel Tanpa Ribet

Pixabay.com

Cara Menghapus Akun Google dari Laptop – Setiap kali membeli HP baru, pasti kalian akan diminta untuk memasukkan atau membuat akun Google terlebih dahulu. Hal tersebut tentu karena segala sesuatu yang akan dilakukan melalui android juga akan terlink kepada akun Google tersebut. Jadi wajib bagi kalian untuk membuatnya.

Meski begitu, ternyata akan ada beberapa hal pula yang membuat seseorang ingin menghapus akun Googlenya. Jika kalian ingin menghapus akun Google namun masih belum tau caranya, berikut ini akan dijelaskan lebih banyak tentang cara menghapus akun Google baik melalui laptop maupun Android. Tapi sebelum itu, ada baiknya kalian juga tahu apa saja fungsi dan kegunaan dari akun Google. Jadi, simak sampai selesai artikelnya ya.

Fungsi dan Kegunaan Akun Google

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sebelum menghapus akun Google, ketahui lebih dulu apa saja kegunaannya. Karena setiap smartphone pasti memiliki akun Google yang akan berfungsi untuk banyak sekali aktivitas di smartphone. Berikut adalah fungsi dan kegunaannya:

1. Membuat akun media sosial dan pesan 

Fungsi pertama adalah untuk membuat akun media sosial. Jika kalian mengunduh berbagai aplikasi media sosial, baik Facebook, Twitter, Instagram, atau aplikasi medsos lainnya, pasti harus memakai akun. Nah, dengan memiliki akun Google, maka kalian juga akan lebih mudah untuk segera membuatnya.

Aplikasi perpesanan tersebut dapat lebih mudah digunakan apabila akun yang dipakai sama dengan akun Google di smartphone. Whatsapp sebagai aplikasi chat yang paling banyak dipakai juga memerlukan akun Google. Meski hanya membutuhkan nomor telepon saat mendaftar, namun untuk melakukan backup data di sana, yang akan dipakai adalah akun Google kalian. Jadi, akun Google juga sangat penting untuk mempermudah akses media sosial.

2. Sebagai akun di game online

Kedua, akun Google ini juga akan dibutuhkan oleh para pecinta game online. Contohnya adalah pemakaian akun Google pada game COC yang dulu sangat terkenal. Tentu kalian yang dulu pernah memiliki permainan ini tahu bahwa tanpa akun Google, game tidak bisa dimainkan. Jadi game ini akan terikat dengan akun Google di smartphone.

Nah, payahnya, ketika HP sedang error dan harus disetel ulang. Bagi kalian yang sudah memiliki pertahanan kuat seperti punya TH9, dan telah dengan susah payah merintis permainan dari awal. Tentu akan sangat sedih ketika harus memformat ulang handphone. Sebab semua data yang ada di ponsel akan hilang, terutama data game tersebut.

Tapi tak perlu sedih selama kalian masih ingat dengan akun dan kata sandinya. Karena dengan itu, kalian masih bisa mempertahankan game dan membukanya kembali seperti sedia kala. Selain COC, ternyata masih banyak game lain pula yang membutuhkan akun Google untuk bisa masuk.

3. Bisa dipakai untuk menyimpan kontak

Manfaat atau fungsi ketiga yaitu sebagai media penyimpan kontak. Jika kalian menyimpan nomor kontak di memori ponsel, maka akan ada batasnya. Hanya beberapa kontak saja yang bisa disimpan di sana. Namun dengan akun Google, jumlah kontak yang bisa disimpan jauh lebih banyak.

Bahkan kalian bisa menyimpan kontak hingga ratusan ribu banyaknya. Kelebihannya lagi, ketika HP kalian nantinya rusak atau eror, kontak yang telah disimpan tidak akan hilang. Jadi jika pindah ke perangkat lain menggunakan akun yang sama, kontak yang telah disimpan masih ada di sana. Wah, tentunya lebih menguntungkan bukan?

4. Bisa untuk mengunduh berbagai aplikasi di Play Store

Jika kalian mempunyai akun gooi, maka segala kepentingan download aplikasi melalui Play Store pun akan jauh lebih mudah. Tanpa akun Google, kalian tak akan bisa menikmati berbagai aplikasi yang ada di Play Store.

Tentu saja, smartphone kalian tak akan sempurna jika tak bisa mendownload macam-macam aplikasi. Jadi, dengan mendaftar dan membuat akun, kalian bisa dengan puas mendownload game maupun aplikasi lainnya.

5. Sebagai tempat menyimpan data yang aman

Selanjutnya adalah bisa dipakai untuk menyimpan berbagai macam data. Baik dalam bentuk foto, video, dokumen, maupun bentuk file lainnya, bisa kalian simpan lewat fitur Google Drive. Tak main-main, kapasitas yang ditawarkan juga bisa mencapai 15 GB. Data kalian pun akan lebih aman jika disimpan di sana.

Apabila data disimpan di smartphone, jika smartphone tersebut mati maka datanya juga akan ikut hilang. Namun jika kalian menyimpannya di Google Drive, data akan tetap ada di sana. Asalkan kalian masih hafal nama akun dan password yang digunakan, maka kalian masih bisa membuka berbagai file yang telah disimpan di sana. Bagaimana? Menguntungkan bukan?

6. Untuk masuk ke akun online shop

Kegunaan keenam adalah untuk masuk ke akun online shop. Ada banyak online shop yang saat ini memberikan kemudahan dalam berbelanja. Namun untuk mengakses aplikasi tersebut kalian harus log in menggunakan akun Google.

Seperti Bukalapak, Shopee, Lazada, atau aplikasi jual beli online lainnya. Rata-rata setiap aplikasi akan meminta kalian menggunakan akun Google sebagai syaratnya. Baik posisi kalian hendak menjadi penjual ataupun pembeli.

Cara Menghapus Akun Google dari Laptop

7. Dapat berkirim surat melalui Gmail

Kemudian, dengan membuat akun Google, kalian juga dapat menikmati akses Gmail. Jika dulu orang-orang hanya bisa berkirim surat lewat pos dengan tulisan tangan, maka saat ini berkirim surat menjadi lebih mudah.

Kalian hanya membutuhkan akun Google dan membuka Gmail jika ingin berkirim surat secara formal maupun dengan kalimat panjang. Selain itu, melalui Gmail kalian juga bisa berkirim dokumen, file foto, file video, maupun file jenis lainnya.

8. Melacak ponsel yang hilang

Keuntungan lainnya memiliki akun Google adalah bisa untuk melacak ponsel yang hilang. Jika smartphone kalian hilang, lacaklah menggunakan fitur Find My Device dari Google. Kalian bisa masuk ke browser ataupun Google Chrome.

Kemudian, masuklah ke situs find my device. Kalian juga bisa menghapus semua data yang ada di smartphone, atau bisa pula mengunci smartphone tersebut. Kalian hanya perlu masuk ke device manager, nantinya sistem akan secara otomatis melacak ponsel kalian yang hilang. Sekaligus kalian juga bisa mengunci smartphone dan menghapus semua datanya dari jarak jauh.

Cara Menghapus Akun Google Melalui Ponsel maupun Laptop

Beberapa orang memang mempunyai alasan masing-masing kenapa menghapus akun Googlenya. Tapi yang pasti, saat pertama kali menggunakan smartphone, tentu akan membuat akun Google untuk kepentingan kedepannya. Apalagi akun tersebut memang sangat berguna ketika kalian mengoperasikan smartphone.

Terlepas dari apa yang melatarbelakangi orang-orang untuk menghapus akun, ada dua cara yang akan disampaikan dalam artikel ini. Pertama adalah langkah atau cara menghapus akun Google memakai smartphone, dan kedua cara menghapus menggunakan laptop atau PC. Jika kalian belum tahu bagaimana langkah-langkahnya, simak ulasan berikut ini ya.

Cara Menghapus Akun di Smartphone

Cara pertama yang akan dibahas adalah menghapus akun melalui smartphone. Sebagai catatan, cara ini tidak akan menghapus akun secara permanen. Kalian bisa memakainya ketika sudah terlanjur log in di smartphone atau ponsel orang lain.

Lalu kalian ingin segera keluar dan tidak meninggalkan jejak akun di sana. Kemudian, langkah berikut juga dapat dilakukan apabila kalian ingin memindahkan akun Google tersebut dari ponsel yang lama ke ponsel yang baru. Atau dari ponsel satu ke ponsel lainnya. Nah, jika masih belum paham betul langkah-langkah yang tepat untuk menghapus akun tersebut, berikut caranya:

Cara Menghapus Akun Google dari Laptop

Cara 1 :

  1. Langkah pertama kalian bisa membuka Setelan Aplikasi melalui ponsel.
  2. Lalu ketuk atau klik menu Akun.
  3. Jika tidak ada menu khusus Akun, cobalah untuk mengetuk atau mengklik menu Pengaturan dan Akun.
  4. Di sana akan muncul beberapa akun yang dipakai di ponsel tersebut. Pilihlah akun mana yang hendak dihapus, kemudian ketuk dan pilih.
  5. Jika sudah, akan muncul di layar tombol Hapus Akun. Kalian harus menekannya jika sudah yakin ingin menghapus akun.
  6. Sebagai catatan tambahan, jika akun yang hendak kalian hapus adalah satu-satunya akun di ponsel tersebut, maka biasanya akan diminta untuk memasukkan PIN, kemudian menggambar pola atau memasukkan sidik jari kalian sebagai syarat keamanannya.
  7. Itulah tadi cara menghapus akun Google yang bisa kalian pakai melalui menu Setelan yang ada di ponsel.

Cara 2 :

Jika cara tersebut gagal atau tidak bisa kalian lakukan, tak usah khawatir. Masih ada cara lain yang bisa digunakan. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara untuk menghapus akun masih menggunakan ponsel, namun kalian dapat menghapusnya dengan cara masuk ke akun Google tersebut. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah:

Cara Menghapus Akun Google dari Laptop

  1. Bukalah aplikasi Gmail di ponsel yang akunnya hendak kalian hapus
  2. Lalu lihatlah pada bagian pojok kiri atas. Di sana ada ikon strip tiga, cobalah untuk menekannya.
  3. Selanjutnya pada menu informasi email, kalian bisa memilih akun mana yang hendak dihapus
  4. Jika sudah, ketuk dan pilih menu Manage Account
  5. Setelah itu, masuklah ke menu Pengaturan Akun. Lalu pilih dan klik menu Google.
  6. Akan muncul beberapa akun yang dipakai di ponsel. Kalian bisa memilih akun mana yang hendak dihapus
  7. Jika sudah yakin, klik Hapus Akun
  8. Akun Google di ponsel pun sudah resmi dihapus

Menghapus akun Google melalui ponsel bisa dilakukan dengan mudah bukan? Barangkali beberapa dari kalian memang sering kesulitan. Apalagi saat akun teman kalian sudah terlanjur log in di ponsel dan ingin dikeluarkan. Dengan mengikuti setiap tahapan di atas, kalian tak perlu bingung lagi bagaimana cara untuk menghapus akun Google yang telah digunakan di ponsel.

Jangan lupa pula untuk membackup semua file atau data-data penting yang sekiranya masih dibutuhkan. Karena jika tidak, nantinya kalian akan kesulitan menemukan file itu lagi. Sebab data-data di ponsel akan ikut hilang ketika akun yang kalian miliki telah dihapus.

Perlu kalian ketahui pula bahwa selain melalui ponsel, kalian juga dapat menghapus akun Google melalui PC atau laptop. Kalian juga dapat menghapusnya secara permanen, sehingga tidak akan bisa dibuka lagi melalui ponsel manapun.

Cara Menghapus Akun Google dari Laptop

Cara Menghapus Akun di PC/Laptop

Untuk informasi yang dibutuhkan pun hampir sama seperti tutorial menghapus akun melalui ponsel di atas. Di antaranya adalah alamat email akun Google kalian yang akan dihapus, lalu password yang dipakai, nama lengkap, nomor handphone, tanggal lahir kalian, dan juga alasan kalian menutup atau menghapus akun.

  1. Adapun caranya tidak berbeda jauh. Simak cara menghapus akun Google melalui PC atau laptop berikut ini:
  2. Bukalah situs berikut melalui browser : https://myaccount.Google.com/. Setelah itu log in atau masuklah ke akun Google kalian.
  3. Jika sudah masuk ke halaman awal akun, bukalah menu Data dan Personalisasi.
  4. Lalu pilih dan klik Hapus Akun dan Layanan
  5. Setelah itu pilih Menghapus Akun Google Anda
  6. Jika sudah berhasil, akun Google pun akan terhapus

Sebagai tambahan, ketika sudah masuk pada halaman yang menampilkan Menghapus Akun Google Anda, akan ada informasi dari Google. Informasi tersebut berkaitan dengan penghapusan akun yang akan dilakukan dan menampilkan pula data-data yang masih terintegrasi dengan akun. Jika akun tersebut sudah terhapus, maka data yang masih terintegrasi dengan akun Google akan ikut hilang.

Jadi kalian akan diberikan tautan yang bisa memberikan akses terakhir bagi kalian yang hendak menyelamatkan data-data penting. Tautan tersebut akan membawa kalian ke laman download data yang diinginkan. Jadi, setelah mendownload data-data penting, barulah kalian dapat melanjutkan proses penghapusan.

Nantinya akan muncul dua kotak konfirmasi penghapusan. Centang keduanya apabila sudah benar-benar yakin untuk menghapus akun. Proses terakhir adalah dengan menekan menu Hapus Akun. Dengan begitu, akun Google kalian sudah resmi terhapus secara permanen.

Antisipasi Sebelum Menghapus Akun Google

Akun Google memiliki banyak sekali kegunaan. Tanpanya, kalian mungkin tak akan bisa menikmati berbagai kemudahan dari aplikasi yang ada di Play Store. Namun ada banyak pula alasan orang-orang hendak menghapus akunnya.

Baik itu karena ingin mengganti alamat URL ataupun karena penyebab lainnya. Jika kalian adalah salah satunya, sebelum mengetahui cara menghapus akun Google, alangkah lebih baiknya jika kalian pahami dulu apa saja yang akan terjadi setelah akun tersebut terhapus.

Ketika akun Google kalian nantinya sudah bisa dihapus, maka semua data juga akan terhapus atau hilang. Baik itu foto, video, audio, atau file lainnya yang disimpan di akun akan ikut terhapus tanpa bisa dipulihkan lagi. Selain itu, kalian juga tidak dapat lagi mengakses berbagai macam layanan Google, seperti Gmail, Google Drive, Google Play, atau fitur lainnya. Begitu pula dengan akses konten yang biasanya kalian dapatkan dari hasil langganan Google. Baik itu film, foto, video, musik, game, Youtube ataupun Google Play semuanya akan terputus.

Meski begitu, kalian tak perlu khawatir. Sebelum menghapus akun, sebaiknya kalian siapkan beberapa hal yang dapat mencegah hilangnya data-data penting. Kalian bisa melakukan backup dan mengunduh file-file penting yang tersimpan di akun.

Dengan begitu, file tersebut tidak akan terhapus dan hilang. Selanjutnya jika kalian memakai akun Google untuk perbankan online, aplikasi, atau media sosial lainnya, silakan untuk menambahkan alamat email yang baru supaya mendapat pembaharuan.

Daftar Data Yang Hilang Akibat Menghapus Akun Google

Untuk lebih rincinya, berikut adalah daftar data yang akan ikut hilang apabila kalian menghapus akun Google:

  1. Data email, dokumen, kalender, dan juga foto yang disimpan pada akun Google akan ikut terhapus.
  2. Layanan yang didapatkan dari Google Drive, Google Kalender, Google Email, dan juga Google Play tidak akan bisa kalian pakai atau buka kembali
  3. Layanan dan juga konten yang telah dibeli menggunakan akun yang dihapus baik dari YouTube ataupun dari Google Play juga tidak akan dapat digunakan kembali
  4. Setiap data dan file apapun yang kalian simpan di Google Drive juga akan ikut menghilang apabila tidak kalian unduh lebih dulu
  5. Kontak nomor yang disimpan di akun Google juga akan ikut hilang
  6. Layanan Google Play Store juga tidak akan bisa diakses lagi memakai akun yang telah kalian hapus.

Cara Menghapus Akun Google dari Laptop

Nah, itulah tadi beberapa cara menghapus akun Google baik melalui ponsel maupun PC. Jika ingin tahu lebih jauh tentang internet, kalian bisa mencari dan membaca buku-buku referensi lainnya Gramedia. Selamat belajar.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda