in

Cara Daftar Akun TikTok Dengan Mudah

Cara Daftar Tiktok – Trend media sosial saat ini sudah semakin meningkat, khususnya di beberapa aplikasi seperti Instagram, YouTube, dan TikTok.

Seperti yang sudah kamu ketahui, saat ini TikTok menjadi salah satu media sosial yang trend di seluruh dunia. Hampir seluruh masyarakat dunia menggunakan Instagram dan TikTok, serta memanfaatkan seluruh fiturnya yang menarik untuk membuat konten. Jadi, wajar saja jika saat ini Instagram dan TikTok disenangi oleh seluruh masyarakat.

Zaman sekarang, sudah sangat lazim jika seseorang bertanya, apakah kamu punya akun media sosial Instagram atau Tiktok dan apa username yang kalian gunakan.

Rasanya akan sangat tertinggal jika ada yang bertanya demikian, tapi kamu belum memiliki akunnya. Perasaan tertinggal oleh trend inilah yang membuat kamu terdorong dan memutuskan untuk mendaftarkan diri dan segera memiliki akun dari media sosial tersebut.

Saat ini, lintas generasi mungkin sudah banyak yang mengenal dan memiliki akun di media sosial Instagram. Namun, bagaimana dengan TikTok?

Meskipun media sosial yang satu ini sangat disenangi oleh kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Namun, tak semua orang memiliki akunnya. Oleh karena itu, sama seperti media sosial lainnya, jika ingin bermain-main dengan semua fitur menarik yang ada di TikTok, kamu harus membuat akunnya.

Artikel kali ini akan memberikan informasi bagi kamu yang masih kesulitan dan belum mengetahui cara untuk mendaftarkan akun pribadimu di TikTok. Oleh karena itu, yuk simak dan pahami penjelasan yang akan disampaikan di bawah ini. Selamat membaca ya, Grameds!

Perkembangan media sosial selain TikTok atau lebih tepatnya Instagram sangat cepat. Maka dari itu, Instagram sampai saat ini terus digunakan sebagai bisnis dan juga tempat untuk berekspresi. Tak ada salahnya untuk menggali informasi tentang Instagram jauh lebih dalam melalui buku Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis

 

Cara Daftar Akun TikTok Bagi Pemula Yang Lengkap

Sebelum masuk pada penjelasan cara mendaftar akun pribadi di TikTok, alangkah lebih baik jika kamu sudah menyediakan alamat Email yang sudah terdaftarkan. Sehingga, saat ingin mendaftarkan akun pribadimu di TikTok, kamu akan lebih mudah untuk memahaminya.

Sebenarnya, TikTok sendiri menyediakan berbagai macam cara yang bisa Grameds lakukan dirumah untuk mendaftarkan akun pribadimu. Ada yang dapat menggunakan nomor handphone, alamat Email yang di-login-kan pada akun Google-mu, menggunakan akun media sosial Line, dan masih banyak cara lainnya yang tersedia.

Banyaknya opsi yang disediakan TikTok, Grameds tidak perlu khawatir dan bingung untuk membuat akun pribadimu di TikTok, karena semuanya sangat mudah dan terpercaya. Oleh karena itu, ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat ingin mendaftarkan akun di TikTok.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Cara Mendaftarkan Akun di Aplikasi TikTok

Bagi Grameds yang belum pernah mendaftarkan dirinya pada akun TikTok, mari ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini, untuk membantu kamu dalam membuat akun pribadi di TikTok.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki aplikasi TikTok di handphone, tablet, Ipad, dan apapun jenis perangkat yang kamu miliki. Kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui App Store atau Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi TikTok telah terunduh pada perangkat kamu, bukalah aplikasi TikTok tersebut.
  3. Selanjutnya, pada layar perangkat kamu akan muncul berbagai pilihan, Log In dan Sign In. Pilihlah petunjuk Sign In untuk mendaftarkan akun baru pada TikTok, karena Log In digunakan untuk kamu yang sudah pernah mendaftarkan akun (memiliki akun).
  4. Setelah memilih Sign In, kamu akan melihat berbagai pilihan yang muncul untuk membantu kamu dalam mendaftarkan akun di TikTok, seperti nomor handphone, Email, Facebook, Google, LINE, Twitter, KakaoTalk, dan juga Instagram.
  5. Pilihlah diantara pilihan tersebut yang lebih nyaman untuk kamu.

Berikut ini adalah masing-masing penjelasan tentang langkah-langkah untuk membuat akun pribadimu di TikTok melalui nomor handphone, Email, Facebook, Google, LINE, Twitter, KakaoTalk, dan juga Instagram.

1. Buat Akun TikTok Dengan Pilihan Nomor Telepon

dokumen pribadi

  • Jika kamu memutuskan untuk mendaftarkan akun menggunakan nomor handphone, silahkan klik pilihan “Use Phone or Email” atau dalam bahasa Indonesianya adalah “Gunakan Nomor handphone atau Alamat Email”.
  • Abaikan tulisan kecil tentang “Sign in dengan Email”.
  • Kemudian, masukan nomor handphone yang ingin didaftarkan pada kolom yang tersedia.
  • Setelah memasukan nomor handphone, “Lalu klik “Kirim Kode atau Send Code“.
  • Setelah itu, masukkanlah kode verifikasi yang telah kamu terima di SMS.
  • Akun kamu sudah terdaftar. Jika ingin mengganti data pribadi, silahkan klik pada profile untuk mengedit nama dan foto yang ingin kamu gunakan.

2. Buat Akun TikTok Dengan Pilihan Email

dokumen pribadi

  • Jika kamu memutuskan untuk mendaftarkan akun menggunakan alamat Email, langkah yang digunakan sama dengan kamu yang ingin membuat akun dengan nomor handphone. silahkan klik pilihan “Use Phone or Email” atau dalam bahasa Indonesianya adalah “Gunakan Nomor handphone atau Alamat Email”.
  • Pada langkah selanjutnya akan tersedia kolom tentang tanggal lahir kamu, setiap kolom harus diisi dengan sesuai dan jujur ya.
  • Namun, karena kamu memilih mendaftar akunnya menggunakan alamat email. Maka, silahkan pilih “Sign In with Email“.
  • Langkah selanjutnya adalah masukkan alamat email yang kamu miliki yang sudah terdaftar pada akun Google pada kolom yang tersedia.
  • Kemudian, buatlah kata sandi atau password yang akan digunakan.
  • Setelah klik, “Kirim Kode atau Send Code“.
  • Setelah itu, masukkanlah kode verifikasi yang telah kamu terima di kotak masuk Email yang telah didaftarkan.
  • Kemudian, akun kamu sudah terdaftar. Jika ingin mengganti data pribadi, silahkan klik pada profile untuk mengedit nama dan foto yang ingin kamu gunakan.
  • Hal ini penting untuk kamu ketahui, bahwa nomor handphone dan alamat email yang digunakan haruslah aktif, pasalnya nanti akan digunakan untuk memperoleh kata sandi atau password saat kamu lupa.

3. Buat Akun TikTok Dengan Pilihan Facebook

dokumen pribadi

Saat ingin mendaftarkan akun TikTok menggunakan Facebook, pastikan bahwa kamu telah memiliki akun Facebook yang masih aktif, yang kamu ingat Email serta kata sandinya. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun TikTok menggunakan akun Facebook yang telah terdaftar.

  • Saat kamu ingin mendaftarkan TikTok dengan akun Facebook, maka klik pilihan “Continue with Facebook atau Lanjutkan dengan Facebook“.
  • Langkah selanjutnya, akan muncul laman dari Facebook yang meminta kamu untuk mengisi alamat email dan kata sandi dari akun kamu yang telah terdaftar di Facebook.
  • Masukan alamat dan kata sandinya dengan benar untuk login akun Facebookmu.
  • Setelah itu, TikTok akan meminta persetujuan dari kamu tentang akun Facebook yang akan digunakan juga untuk akun TikTok-mu nanti, jadi pilihlah “Lanjutkan Sebagai atau continue as (your name)”.
  • Selanjutnya, masukan tanggal lahir kamu dengan sesuai dan jujur pada kolom yang telah disediakan.
  • Kemudian, buatlah username akun TikTok kamu dan klik “Mendaftar atau Register“.
  • Jika sudah, maka pembuatan akun TikTok dengan Facebook sudah berhasil.

4. Buat Akun TikTok Dengan Pilihan Google

dokumen pribadi

Cara selanjutnya yang disediakan oleh TikTok untuk mendaftarkan akun baru adalah dengan melalui Google. Jika kamu memilih menggunakan Google untuk pembuatan akun di TikTok, maka silahkan ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini ya.

Selamat mencoba, Grameds!

  • Sesudah halaman Sign In, pilihlah opsi “Continue with Google atau Lanjutkan dengan Google“.
  • Setelah itu, pilihlah akun Google yang sudah terdaftar dan pernah login di perangkatmu. Jika kamu belum pernah login di perangkat yang kamu gunakan, kamu bisa memasukan alamat Email dan kata sandi yang kamu miliki, kemudian login.
  • Setelah memilih akun Email tersebut, akan muncul laman verifikasi (bisa berupa angka, huruf dan angka, bahkan gambar).
  • Ikuti instruksi laman verifikasi tersebut sampai berhasil dan terverifikasi.
  • Setelah berhasil, akan muncul laman pengisian tanggal lahir kamu, isilah dengan sesuai dan jujur, kemudian klik “Next atau Selanjutnya”.
  • Kemudian, buatlah username sesuai dengan keinginan kamu.
  • Jika sudah, maka kamu berhasil mendapatkan akun TikTok.

5. Buat Akun TikTok Dengan Pilihan LINE

dokumen pribadi

Cara kelima yang disediakan oleh TikTok untuk membuat akun baru adalah dengan melalui LINE. Namun, jika kamu ingin menggunakan LINe, pastikan kalau kamu sudah memiliki akun LINE yang masih aktif ya.

Jika kamu tidak memiliki akunnya, maka silahkan buatlah terlebih dahulu akun LINE-nya. Setelah itu, baru kamu coba membuat akun TikTok dengan akun LINE yang sudah kamu miliki.

Jika sudah ada, berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar TikTok.

  • Setelah masuk pada laman Sign In, silahkan pilih opsi “Continue with LINE atau Lanjutkan dengan LINE“.
  • Setelah itu, akan muncul laman yang disediakan LINE untuk konfirmasi penggunaan akunnya. Maka, klik opsi “Allow atau Setuju” untuk lanjut ke tahap yang selanjutnya.
  • Pada proses selanjutnya, kamu akan disediakan kolom yang harus diisi dengan tanggal lahir kamu. Isilah kolom tersebut dengan benar dan jujur. Lalu, tekan tombol “Selanjutnya atau Berikutnya“.
  • Masukan username akun TikTok yang kamu sukai dan buatlah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu klik pilihan “Mendaftar“.
  • Maka, akun TikTok kamu sudah berhasil didaftarkan.

6. Buat Akun TikTok Dengan Pilihan Twitter

dokumen pribadi

Selain LINE, jika kamu ingin masuk menggunakan akun Twitter, kamu juga harus memiliki akunnya terlebih dahulu. Jika sudah ada, maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

  • Pilih “Continue with Twitter atau Lanjutkan dengan Twitter“.
  • Lalu, pilihlah opsi “Authorize App” yang terletak di pojok kanan bawah.
  • Kemudian, masukan tanggal lahir kamu dengan benar dan jujur pada kolom yang disediakan. Jika sudah benar, maka klik “Continue atau Berikutnya“.
  • Masukan username akun TikTok yang kamu sukai dan buatlah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu klik pilihan “Mendaftar“.
  • Maka, akun TikTok kamu sudah berhasil didaftarkan.

Ada banyak sekali ide bisnis yang pastinya menguntungkan. Maka dari itu, jika kamu ingin mencoba model bisnis baru, maka bisa membaca buku Ide Bisnis yang Tidak Banyak Orang Tahu terlebih dahulu. Di dalam buku ini, pembaca akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis yang diinginkan.

 

7. Buat Akun TikTok Dengan Pilihan KakaoTalk

dokumen pribadi

Buat Grameds yang sudah memiliki akun dari KakaoTalk, kamu bisa juga langsung daftar untuk punya akun TikTok loh. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pilih “Continue with Twitter atau Lanjutkan dengan KakaoTalk“.
  • Kemudian akan muncul halaman persetujuan tentang T&C, lalu centang pada opsi “Accept All“. Kemudian, klik pilihan “Accept and Continue“.

dokumen pribadi

  • Kemudian, masukan tanggal lahir kamu dengan benar dan jujur pada kolom yang disediakan. Jika sudah benar, maka klik “Continue atau Berikutnya“.
  • Masukan username akun TikTok yang kamu sukai dan buatlah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu klik pilihan “Mendaftar“.
  • Maka, akun TikTok kamu sudah berhasil didaftarkan menggunakan akun KakaoTalk.

8. Buat Akun TikTok Dengan Pilihan Instagram

Cara terakhir yang disediakan TikTok untuk mudah membuat akun adalah melalui Instagram. Tentunya Grameds sudah memiliki akun Instagram, bukan? Tanpa berlama-lama lagi, ini adalah caranya mendaftar akun TikTok menggunakan Instagram.

  • Setelah masuk pada laman Sign In, silahkan pilih opsi “Continue with LINE atau Lanjutkan dengan Instagram“.
  • Langkah selanjutnya adalah silahkan login ke akun Instagram yang kamu miliki menggunakan username atau email dan password atau dengan nomor handphone yang terdaftar di akun IG kamu.
  • Lalu, pilihlah opsi “Authorize” yang tersedia pada laman tersebut.
  • Kemudian, masukan tanggal lahir kamu dengan benar dan jujur pada kolom yang disediakan. Jika sudah benar, maka klik “Continue atau Berikutnya“.
  • Maka, akun TikTok kamu sudah berhasil didaftarkan menggunakan akun Instagram.

Demikianlah penjelasan tentang cara mendaftarkan akun di media sosial TikTok, menggunakan beberapa pilihan yang tersedia. Jika sudah memiliki akun TikTok, saat ini kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur menarik yang ada di TikTok loh.

Oh ya, selain itu, kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat ini, membuat TikTok mengalami kemajuan yang sangat pesat. Salah satunya adalah tersedianya tempat berbelanja daring.

E-commerce adalah salah satu tempat berjualan daring yang banyak diminati oleh masyarakat. TikTok pun memanfaatkan trend tersebut. Dengan aplikasi berbasis video, TikTok menjadi salah satu aplikasi yang mudah untuk memijakan kaki dan berkembang ke arah E-commerce.

Fitur video yang disediakan oleh TikTok dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk mempromosikan dagangan atau produk mereka menggunakan konsep yang untuk. Ada yang menyajikan promosi dengan membuat story telling kesehariannya, ada juga membuat video before-after dari penggunaan produk tersebut.

Bahkan, TikTok bisa dijadikan sebagai salah satu media sosial untuk mempromosikan produk makanan. Nah, bicara tentang bisnis makanan, maka kamu bisa membaca buku Buku Kumpulan Resep Lezat: Bisnis Ala Rumahan Volume 02 Raih Untung & Sukses. 

 

Oleh karena itu, banyak sekali pedagang konvensional yang mulai merambat ke TikTok untuk mencoba memperluas jangkauan pasarnya. Nama dari fitur yang disediakan oleh TikTok untuk membantu para pedagang ini adalah TikTok Shop.

Fitur ini bisa diakses oleh seluruh pengguna loh. Namun, tentu saja kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara untuk mendaftar TikTok Shop. Selamat memperhatikan, Grameds!

Cara Mendaftar Akun TikTok Shop

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka situs web dari TikTok Shop.
  2. Kemudian, saat ingin mendaftar sebagai penjual, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan. Apakah kamu ingin mendaftarkan dengan akun TikTok yang sudah kamu miliki atau daftar baru dengan nomor handphone atau Email yang lain.
  3. Kemudian, setelah memilih, ikutilah langkah-langkah dan petunjuk yang disediakan oleh laman tersebut.
  4. Setelah selesai membuat akun penjual dan masuk ke dalam aplikasi TikTok-nya, selanjutnya kamu akan mengisi formulir pendaftaran toko atau bisnis dan informasi-informasi terkait lainnya.
  5. Cantumkanlah informasi yang bersifat general.
  6. Kemudian, tuliskan juga informasi terkait bisnis ataupun toko yang akan kamu buat di TikTok, mulai dari nama, alamat, jenis dari bisnis yang kamu jalani, keterangan produknya, dan masih banyak lagi.
  7. Setelah semua informasi yang dibutuhkan telah kamu isi, kamu akan mendapatkan verifikasi.
  8. Belum selesai sampai di situ. Kamu harus menunggu pihak TikTok membaca semua informasinya, menyetujui, dan memberi tanggapan tentang pembukaan bisnis kamu.
  9. Apabila berhasil dan disetujui, maka akun TikTok kamu sudah berhasil dibuat.
  10. Akun TikTok Shop sudah bisa digunakan.

Kira-kira, Grameds tertarik atau tidak untuk mencoba mengaktifkan akun TikTok Shop? Siapa tahu kamu yang memiliki usaha kecil di rumah bisa memperluas pasarnya jika menggunakan TikTok Shop.

Demikianlah penjelasan dari artikel ini. Semoga Grameds yang belum memiliki akun TikTok dan ingin mencoba membuat akunnya, bisa terbantu dengan membaca artikel ini ya. Selamat membaca!

Oh ya, jangan lupa kunjungi website Gramedia.com untuk mendapatkan buku menarik tentang cara membuka usaha. Dapatkan bukunya segera di Gramedia.com!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mega

Rujukan:

  • https://www.iteachandroid.com/cara-daftar-tiktok/
  • https://gadgetren.com/2022/02/08/cara-mendaftar-tiktok-shop-158910/
  • https://support.tiktok.com/id/getting-started/creating-an-account


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nuryanto H

Memiliki latar belakang yang berhubungan dengan dunia teknologi, tentunya menulis mengenai kemajuan teknologi selalu menjadi salah satu hal yang digemarinya. Mulai dari review HP, laptop hingga perangkat teknologi lainnya.