in

Rekomendasi Film Dengan Rating Tertinggi yang Wajib Ditonton

Rekomendasi Film Dengan Rating Tertinggi – Film dengan rating tertinggi bisa dinilai dari berbagai aspek, termasuk juga kualitas visual dan alurnya. Ini adalah salah satu syarat untuk bisa masuk ke dalam list film terbaik yang dinilai oleh para penontonnya. Dimana film-film tersebut akan memperoleh penilaian setelah ditonton dan ada berada di tangga film. Semakin bagus kualitas produksi film, maka ulasan ataupun rating yang akan diterima juga akan semakin baik. Bahkan, bisa saja film tersebut menempati puncak rating di salah satu situs informasi film ataupun situs streaming.

Film dengan rating tertinggi itu dapat kita lihat melalui website yang menyediakan berbagai macam basis data dan juga rating tentang informasi semua film, salah satunya yang cukup terkenal adalah IMDb. Di situs tersebut, tidak hanya informasi mengenai rekomendasi film saja yang disajikan. Tapi, dari situs tersebut, kita juga bisa memperoleh informasi tentang semua hal yang ada di dalam produksi film. Mulai dari aktor atau aktrisnya, produser, sutradara, penulis, para kru yang terlibat, dan juga ringkasan alur cerita yang bisa dinilai oleh para calon penontonnya.

Rating yang ada di dalam sebuah film itu sangat penting. Sebab, hal itu akan menentukan apakah film tersebut laku dipasaran atau malah justru gagal dalam penjualannya. Persentase yang digunakan oleh salah satu situs website informasi film ini dimulai dari nol sampai 10 bintang. Kebanyakan penonton sebelum memilih film yang akan mereka tonton, mereka akan melihat seberapa menariknya film tersebut, baik secara visual ataupun alur cerita dari hasil ratingnya.

Kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa film dengan rating tertinggi. Apakah benar film-film tersebut layak kita tonton? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Rekomendasi Film Dengan Rating Tertinggi

Selama pandemi dari dua tahun lalu, terdapat sederet film yang menjadi salah satu hiburan untuk masyarakat di berbagai negara. Mulai dari film action, animasi, romantis, dan yang lainnya turut menemani para penikmat film yang harus di rumah saja selama pandemi.

Dengan adanya situs streaming ataupun layanan online streaming, para penikmat film dapat menikmati film-film terbaik dengan aman tanpa keluar rumah. Di bawah ini, kita akan membahas mengenai berbagai macam film dengan rating tertinggi yang bisa menjadi salah satu referensi untuk ditonton di rumah.

1. The Shawshank Redemption

The Little-Known Story of How The Shawshank Redemption | Vanity Fair

Film yang satu ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul “Rita Hayworth and Shawshank Redemption” karya Stephen King yang diterbitkan pada tahun 1982. The Shawshank Redemption adalah film yang berdurasi 142 menit. Dimana film ini termasuk ke dalam sebuah film lawas yang sangat memukau, khususnya untuk alur ceritanya. Tidak heran jika film ini selalu menempati peringkat pertama versi IMDb dengan rating 9,2 bintang.

Genre dari film ini yaitu drama, yang mana menceritakan secara singkat mengenai seorang bankir bernama Andy Dufresne yang diperankan oleh Tim Robbins Ia terdakwa atas kasus pembunuhan istri dan juga selingkuhannya. Kemudian, Andy dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara. Walaupun bersikeras untuk membela dirinya bahwa bukan dia yang melakukan tindak pembunuhan tersebut.

Selama proses hukuman tersebut, di Shawshank State Penitentiary, Ia bertemu dengan Ellis “Red” Redding, yaitu salah satu napi yang juga dihukum seumur hidup karena menyelundupkan barang. Andy memperoleh berbagai macam masalah selama di dalam penjara. Mulai dari sasaran amarah dari The Sister yang mana itu adalah suatu geng berkelainan sex dan melakukan percobaan pencurian yang atas perintah dari kepala penjara.

Setelah Ia keluar dari ruangan isolasi tertutup karena ia tidak patuh dengan perintah Norton, Andy bercerita kepada Red bahwa dia ingin tinggal di Zihuatanejo, Mexico. Dari sini, rencananya melarikan diri pun dimulai.

2. The Godfather

The Godfather: how the Mafia blockbuster became a political handbook | Mario Puzo | The Guardian

Film dengan rating tertinggi selanjutnya adalah sebuah film dengan genre kriminal. Dimana film ini terinspirasi dari sebuah novel yang berjudul “The Godfather” karya Mario Puzo. Rilis di tahun 1972, film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola yang berasal dari Amerika, namun berdarah Italia. The Godfather ini sangat berpengaruh dalam kemajuan film dunia, khususnya untuk film bergenre kriminal gangster.

Film yang satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga mafia yang bermarga Corleone. Dimana pemimpin keluarga ini menjadi salah satu tokoh yang sangat penting dalam melakukan kejahatan yang terorganisir di Amerika Serikat. Don Vito Corleone merupakan pemimpin yang berasal dari keluarga mafia tersebut. Pada suatu hari, Don Vito terkena tembak karena menolak untuk kerjasama dengan salah satu klien.

Untuk melakukan bisnisnya tersebut, akhirnya Don Vito mengangkat anak pertamanya Sonny sebagai seorang pemimpin, tapi diambang kehancuran. Hingga pada akhirnya, Michael Corleonelah yang meneruskan bisnis keluarganya tersebut setelah Don Vito meninggal dunia. Film yang satu ini sangat legendaris karena mendapatkan segudang prestasi dan penghargaan seperti menjadi film terbaik Oscar 1972. Di dalam situs IMDb, film yang satu ini menempati posisi kedua dengan rating 9,1.

3. The Godfather Part II

The Godfather: Part II (1974) - IMDb

The Godfather part II ini dirilis setelah dua tahun sekuel pertama dirilis. Seperti sekuel yang pertama, film yang kedua ini juga mendapatkan rating tertinggi dan masih masuk ke dalam lima besar rating tertinggi versi IMDb dengan rating 9,0. Film yang satu ini masih disutradarai oleh Francis Ford Coppola. Penilai dari beberapa kritikus menganggap bahwa The Godfather Part II ini lebih unggul daripada yang pertama. Karena alur ceritanya terkesan lebih menarik.

The Godfather Part II ini berkisah mengenai kejayaan dari keluarga Corleone yang berada di bawah tangan Don Michael Corleone. Bisnis yang sebelumnya dijalankan oleh ayahnya, kini semakin membesar dan meluas sampai ke Las Vegas, Kuba, dan Hollywood. Kejayaan tersebut ternyata membuat banyak orang tidak suka dengan kesuksesan yang diperoleh Michael dan banyak orang yang berusaha menjatuhkannya. Akan tetapi, keberhasilan Michael ini Ia siapkan untuk meninggalkan bisnis yang ilegal.

4. The Dark Knight

The Dark Knight (2008) - IMDb

The Dark Knight merupakan film dengan rating tertinggi selanjutnya, yang mana sebenarnya film ini memperoleh rating yang sama dengan film The Godfather Part II yaitu rating 9,0. Akan tetapi, mungkin ada beberapa penilaian dan juga ulasan dari para penonton yang menempatkan film ini berada di posisi di bawah The Godfather Part II.

The Dark Knight merupakan sekuel dari film Batman Begins yang rilis pada tahun 2008. Dimana film ini juga disutradarai oleh Christopher Nolan. Batman bersama aliansi seperti polisi James Gordon dan Harvey Dent, ingin menyingkirkan kota Gotham dari sekelompok kriminal. Dimana seorang pria yang berdandan seperti badut yaitu Joker menjadi biang keladi dari kehancuran kota Gotham.

Joker disini merencanakan sesuatu bersama dengan para kelompok kriminal agar Batman menyerahkan diri dan mau untuk membuka topengnya. Apabila tidak mau, maka akan terjadi pembunuhan yang dilakukan setiap harinya.

5. 12 Angry Men

12 Angry Men (1957 film) - Wikipedia

Film yang berasal dari Amerika Serikat ini sukses berada di posisi lima teratas dengan rating 8,9. 12 Angry Men merupakan sebuah film yang diadaptasi dari serial televisi “teleplay” dengan judul yang sama yaitu 12 Angry Men. Hingga pada tahun 1957, akhirnya serial yang satu ini diproduksi ulang menjadi sebuah film yang disutradarai langsung oleh Sidney Lumet.

Film 12 Angry Men ini mengisahkan tentang persidangan yang terdiri dari 12 juri yang berperan untuk mempertimbangkan hukuman ataupun pembebasan yang berusia 18 tahun asal Amerika Latin. Semua juri yang terlibat sepakat bahwa anak tersebut bersalah. Akan tetapi, ada satu juri yang mengungkapkan pendapat bahwa anak tersebut tidak bersalah.

Pada akhirnya perdebatan yang terjadi diantara 12 juri tersebut mulai memanas. Kemudian para juri itu mengambil sebuah keputusan yang tidak secara objektif dan berdasarkan bukti serta fakta yang ada, tapi dengan sudut pandang kepribadian yang mendominasi keputusan tersebut.

Rekomendasi Film Indonesia Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

Tak hanya film mancanegara saja yang mendapatkan rating tertinggi. Kali ini, kita juga akan membahas mengenai film Indonesia yang mendapatkan rating tinggi sepanjang masa. Perlu kita pahami bahwa film terbaik Indonesia juga mempunyai kualitas yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan film-film Hollywood. Alur cerita dan juga pengembangan karakter yang dibawakan di dalam film juga terasa lebih natural. Mulai dari film horor, komedi, percintaan, dan lainnya, semua akan ada di rekomendasi kali ini. Kualitas filmnya pun tidak perlu diragukan lagi.

Untuk Grameds yang sedang mencari tontonan yang masih fresh dan memiliki alur cerita menarik, berikut ini adalah beberapa rekomendasi film terbaik yang rilis di tahun-tahun kemarin. Tidak hanya alur ceritanya saja yang membuat penonton penasaran, tapi juga para pemainnya yang berhasil membuat filmnya semakin menarik.

1. Cinta Pertama, Kedua, dan Ketiga

Cinta Pertama, Kedua, & Ketiga (2021) - IMDb

Film yang satu ini adalah sebuah film yang bisa ditonton di bioskop pada tahun 2022 ini. Cinta pertama, kedua, dan ketiga merupakan film pertama dari sutradara Dua Garis Biru, yang bernama Gina S. Noer yang mana memang benar-benar meninggalkan sebuah kesan mendalam. Genre dari film ini adalah drama keluarga. Dimana menceritakan tentang Raja yang diperankan oleh Angga Yunanda dan Asia yang diperankan oleh Putri Marino yang mana mereka sama-sama menjadi sandwich generation.

Mereka berdua memiliki kewajiban yang sama yaitu mengurus orang tua di tengah pandemi. Selanjutnya ayah Raja yang bernama Dewa (diperankan oleh Slamet Raharjo) berkenalan dengan Ibu Asia yang bernama Linda (diperankan oleh Ira Wibowo), lalu mereka mulai jatuh cinta. Tidak disangka, Raja dan Asia juga ikut jatuh cinta.

Elemen percintaan dan drama keluarga ini dikemas dengan sangat epik. Sangat menyentuh ranah keluarga yang cukup sensitif dan dibumbui dengan soundtrack yang bagus. Dimana hal itu membuat film ini sangat sulit untuk dilewatkan.

2. Dear Nathan: Thank You Salma

Dear Nathan: Thank You Salma (2022) - IMDb

Dear Nathan Thank You Salma dinilai menjadi penutup paling baik dari trilogi adaptasi novel Wattpad Dear Nathan. Sebab, tidak hanya mengisahkan cerita cinta Nathan (diperankan oleh Jefri Nichol) dan Salma (diperankan oleh Amanda Rawless), namun juga mengenai isu penting pelecehan seksual di kampus.

Di dalam film ini, diceritakan bahwa Nathan dan Salma sudah mulai kuliah. Hubungan mereka juga perlahan menjauh karena adanya perbedaan sifat dan juga kegiatan mereka di kampus. Nathan menjadi aktivis dan Salma memilih untuk berekspresi melalui digital. Kondisi yang semakin rumit terjadi saat Nathan diminta untuk membantu temannya yang menjadi korban pelecehan seksual. Sedangkan Salma menjadi lebih dekat dengan seorang musisi bernama Afkar (diperankan oleh Ardhito Pramono).

3. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Vengeance Is Mine, All Others Pay Cash (2021) - IMDb

Ini adalah rekomendasi film terbaik yang merupakan karya Edwin, yaitu “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” yang diadaptasi dari novel terkenal karya Eka Kurniawan. Buku tersebut memiliki judul internasional “Vengeance is Mine, All Others Pay Cash” dan sudah mencuri perhatian publik internasional.

Film ini bercerita tentang Ajo Kawir yang diperankan oleh Marthino Lio, yaitu seorang petarung yang tidak takut mati tapi dia impoten. Ajo Kawir selalu bertarung untuk menyalurkan emosinya. Hingga pada akhirnya Ia bertemu dengan Iteung yang diperankan oleh Ladya Cheryl. Iteung merupakan petarung perempuan yang dapat mengimbangi Ajo Kawir. Pada akhirnya, mereka berdua jatuh cinta. Film yang satu ini tidak hanya menampilkan kisah cinta Ajo Kawir dengan Iteung saja. Tapi juga sebagai salah satu kritik terhadap toxic masculinity yang ada di masyarakat Indonesia.

4. June dan Kopi

June and Kopi (2021) - IMDb

Film yang satu ini dirilis pada tahun 2021 Bulan Januari. Juna & kopi adalah sebuah film Indonesia kedua yang bercerita mengenai kisah persahabatan manusia dan anjing. Film ini terinspirasi dari pengalaman pribadi sutradaranya yang bernama Noviandra Santosa. Ia mempunyai seekor anjing adopsi yang diberi nama Cody dan satu lagi adalah anjing yang mempunyai 3 kaki.

June & Kopi mengisahkan pasangan muda bernama Ayu yang diperankan oleh Acha Septriasa dan suaminya yang bernama Ale diperankan oleh Ryan Delon. Dimana keduanya menyelamatkan dua ekor anjing jalanan. Kemudian, kedua anjing tersebut diberi nama June dan Kopi.

Selain cocok untuk ditonton khususnya untuk pecinta hewan, film yang satu ini juga banyak mengajarkan para penonton bahwa anjing bukanlah hewan yang dapat kita suruh semaunya. Tapi, mereka juga bagian dari keluarga.

5. Ali dan Ratu-ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens - Official Playlist - playlist by Netflix | Spotify

Ali & Ratu-ratu Queens adalah sebuah film original Netflix yang sangat cocok untuk ditonton oleh pecinta film bergenre keluarga. Secara khusus, film yang satu ini sangat cocok untuk Grameds yang mengaku sebagai penggemar Iqbaal Ramadhan.

Film ini mengisahkan tentang Ali yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan yang berencana pergi ke New York untuk mencari ibunya. Namun, ternyata Ia harus memperoleh kenyataan pahit bahwa pencarian ibunya tidak semudah yang dibayangkan. Beruntungnya, Ia bertemu dengan banyak penolong disana. Kira-kira, apakah Ali akan bertemu dengan ibunya di New York? Yuk tonton filmnya sekarang juga.

6. Losmen Bu Broto

Losmen Bu Broto (2021) - IMDb

Ini adalah film bergenre keluarga terbaru yang berhasil membuat para penonton berlinang air mata ketika menontonnya. Film Indonesia ini adalah sebuah film yang diadaptasi dari serial TVRI yang berjudul Losmen. Dimana serial tersebut pernah tayang pada tahun 1980-an silam.

Mengisahkan tentang keluarga Pak Broto dan Bu Broto yang mempunyai usaha losmen. Pasangan suami istri tersebut mempunyai tiga orang anak, yaitu Mbak Pur, Jeng Sri, dan Tarjo yang membantu usaha dari keluarganya tersebut. Film yang satu ini akan menceritakan berbagai konflik di dalam keluarga mereka. Semuanya dimulai saat Mbak Pur didekati oleh Jarot, yaitu seorang seniman lepas yang akan tinggal di losmen untuk beberapa waktu.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Film dengan Rating Tertinggi



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah