in

20 Rekomendasi Drama Korea Terpopuler 

Rekomendasi Drama Korea Terpopuler – Saat ini, serial drama dari Negeri Gingseng ini telah banyak digandrungi oleh masyarakat, baik remaja maupun dewasa. Berbeda dengan dahulu bahwa adanya anggapan serial drama Korea hanya dinikmati oleh kaum perempuan saja. ternyata sekarang tidak lho… Justru sudah banyak kaum adam yang menonton serial drama Korea di kala waktu senggang mereka.

Banyak hal yang menyebabkan serial drama Korea disenangi oleh masyarakat, misalnya karena aktor dan aktrisnya yang jago akting, alur cerita dan genre yang menarik, hingga nilai moral yang dapat diambil dari keseluruhan episodenya.

Lalu, apa saja ya rekomendasi drama korea paling populer ini? Yuk simak ulasan berikut!

1. Hospital Playlist

https://asianwiki.com/

Serial drama memiliki dua season ini menceritakan mengenai kehidupan lima dokter yang bekerja di sebuah sakit. Mulai dari bagaimana menghadapi keluarga pasien, mengoperasi pasien, hingga bercengkerama dengan staf dan dokter lain.

Keseluruhan dari dua season dari serial drama ini tidak memiliki konflik berat. Cerita yang disampaikan juga relate dengan kehidupan sehari-hari dan tergolong ringan, sehingga cocok untuk dinikmati di waktu senggang.

2. Reply 1988

https://asianwiki.com/

Jika membahas serial drama yang mengangkat cerita tentang keluarga, maka Reply 1988 adalah jawaban yang pas untuk hal tersebut. Mengisahkan tentang kehidupan dari para penghuni kompleks perumahan di Ssamundong. Mulai dari kisah persahabatan antara lima remaja, yakni Deoksun, Jungpal, Choi Taek, Sun Woo, dan Dong Ryong.

Tidak hanya itu saja, ada juga kisah kehidupan yang rukun antar tetangga, baik itu antar orang tua dan keluarga satu sama lain. Serial drama ini tidak memiliki konflik yang berat dan memiliki komedi yang khas.

3. Voice

https://asianwiki.com/

Serial drama ini tayang perdana pada tahun 2017 dan memiliki empat season. Keseluruhan ceritanya adalah mengenai Tim Golden Time yang bekerja di pusat panggilan darurat dan berjuang untuk menyelamatkan korban kejahatan dari seorang psikopat. Salah satu anggota dari tim kepolisian tersebut memiliki suatu kelebihan istimewa, yakni mampu mendengarkan suara sepelan apapun.

Setiap season memiliki detektif berbeda, kecuali pada season kedua dan ketiga dengan mengejar orang-orang jahat dari organisasi dark web. Kejahatan yang dilakukan juga beragam dengan penyelesaian beragam pula.

4. Wise Prison Life

https://asianwiki.com/

Sesuai dengan judulnya, serial drama yang tayang pada tahun 2017 ini mengangkat cerita mengenai kehidupan para napi dan sipir yang ada di penjara. Alur ceritanya berawal dari seorang pemain baseball terkenal yang harus menerima hukuman penjara karena tidak sengaja membunuh pelaku pemerkosaan adiknya. Di penjara, pemain baseball tersebut bertemu dengan berbagai narapidana sekaligus cerita bagaimana mereka dapat masuk ke penjara tersebut.

Jika Grameds berpikir bahwa serial drama ini akan memiliki konflik yang berat karena latar tempatnya adalah penjara, jawabannya adalah tidak. Justru ada banyak adegan-adegan lucu antar pemainnya. Konflik yang disuguhkan pun tidak seberat serial drama berlatar penjara lainnya.

Recommend deh buat Grameds yang bingung cari serial drama untuk ditonton di akhir pekan!

tombol beli buku

5. Angry Mom

https://asianwiki.com/

Serial drama ini mengangkat isu sosial yang terjadi di masyarakat, terutama bullying di sekolah. Menceritakan seorang ibu yang harus menyamar menjadi seorang siswa di sekolah demi mengungkap misteri bullying yang terjadi pada anak perempuannya.

Naskah serial drama Angry Mom ini telah memenangkan lomba menulis naskah drama MBC pada tahun 2014 lho… Maka dari itu, dari segi cerita dan dialognya tentu saja berkualitas.

6. Please Come Back, Mister

https://asianwiki.com/

Serial drama yang tayang pada tahun 2016 ini dibintangi oleh banyak aktor dan aktris papan atas, sebut saja Rain, Honey Lee, Lee Min Jung, dan masih banyak yang lainnya. Dengan enam belas episode tidak serta-merta membuat serial drama ini membosankan karena genrenya adalah comedy, family, dan drama.

Menceritakan mengenai dua orang pria yang meninggal dunia dan diberikan kesempatan oleh Dewa untuk hidup kembali. Namun, ketika mereka hidup di dunia lagi, mereka tidak berada di fisik yang sama. Mereka berdua berjuang untuk memenuhi mimpi yang sebelumnya belum terwujud.

7. Welcome to Waikiki

https://asianwiki.com/

Serial drama bergenre komedi yang tayang pada tahun 2018 ini wajib Grameds tonton di waktu senggang. Pasalnya, ada banyak adegan lucu yang mampu membuat kita tertawa terbahak-bahak dan menghibur. Serial drama ini memiliki dua season dengan pemain yang berbeda.

Menceritakan tentang tiga pria yang bersahabat sejak sekolah dan mengelola sebuah rumah sewaan untuk turis. Namun, permasalahan bermula karena mereka sama-sama tidak punya uang untuk membayar biaya rumah tersebut. Terlebih lagi tiba-tiba di rumah tersebut muncul seorang bayi yang tidak tahu siapa asal-usulnya.

Serial drama ini cukup banyak digandrungi oleh masyarakat karena mengangkat alur cerita yang unik dan menghibur sepanjang episodenya.

8. Strong Woman Do Bong Soon

https://asianwiki.com/

Serial drama yang diproduksi oleh stasiun channel JTBC ini tayang pada tahun 2017. Alur ceritanya yang unik dan menghibur menjadi alasan serial drama ini begitu populer pada masa itu.

Keseluruhan ceritanya adalah mengenai seorang perempuan muda bernama Do Bong Soon yang memiliki kekuatan super, yakni berupa tangan yang kuat untuk mengangkat dan menghancurkan apapun. Konflik dalam serial drama ini dimulai ketika sahabatnya diculik oleh seorang psikopat yang terobsesi ingin memiliki tujuh pengantin wanita.

9. Hi Bye Mama

https://asianwiki.com/

Serial drama yang tayang pada tahun 2020 ini dapat membuat penonton meneteskan air mata karena ceritanya yang sangat mengharukan. Tidak hanya itu, serial drama Hi Bye Mama ini diperankan oleh aktris populer Kim Tae Hee.

Menceritakan seorang perempuan muda bernama Yu Ri yang terlibat dalam sebuah kecelakaan tragis ketika dirinya sedang mengandung anaknya. Yu Ri meninggal ketika sedang dioperasi dan anaknya dapat diselamatkan oleh dokter. Yu Ri menjadi arwah gentayangan yang sama sekali tidak mengganggu keluarganya. Tiba-tiba terdapat keajaiban dari Dewa yang membuat Yu Ri hidup kembali. Namun, anak Yu Ri tidak dapat mengenalinya sebagai ibu karena dirinya telah memiliki ibu tiri.

Meskipun dalam penokohannya terdapat seorang ibu tiri, tidak lantas menjadikannya pemeran antagonis. Bahkan para penikmat serial drama menilai bahwa dalam serial drama ini tidak memiliki pemeran antagonis karena terdapat alasan dari setiap sudut pandang tokohnya.

tombol beli buku

10. Vincenzo

https://asianwiki.com/

Serial drama ini begitu populer ketika tayang perdana pada tahun 2021 lalu. Tidak hanya dikarenakan oleh pemainnya yang berupa aktor dan aktris papan atas saja, tetapi juga dari segi sinematografi dan alur ceritanya.

Menceritakan mengenai seorang pengacara sekaligus mafia Italia yang berasal dari Korea bernama Vincenzo Cassano. Vincenzo melakukan perjalanan kembali ke Korea untuk mencari brankas emas raksasa dan menyelesaikan konflik dalam organisasi mafianya,  tetapi dirinya malah ikut terlibat dalam penggusuran paksa di Geumga Plaza oleh Babel Construction.

11. Hotel Del Luna

https://asianwiki.com/

Serial drama besutan tvN yang tayang pada tahun 2019 ini sukses besar pada sepanjang episodenya. Pasalnya serial drama Hotel Del Luna ini mengangkat cerita yang unik yakni sebuah hotel tempat beristirahat sementara bagi para roh gentayangan di dunia sebelum mereka diantarkan di gerbang akhirat.

Pemain dalam serial drama ini juga tidak kaleng-kaleng lho… Ada IU, Yeo Jin Goo, Pyo Ji Hoon, dan masih banyak lagi. Grameds tidak perlu takut meskipun ceritanya mengenai roh gentayangan, tetapi hantu yang diperlihatkan tidak begitu menakutkan kok. Selain itu, juga akan diungkap mengenai identitas dan masa lalu dari pemilik hotel ‘sakti’ tersebut.

12. Avengers Social Club

https://asianwiki.com/

Rekomendasi serial drama selanjutnya adalah Avengers Social Club yang tayang pada tahun 2017. Serial drama ini mengangkat cerita mengenai tiga wanita yang membentuk klub untuk membalaskan dendam kepada orang-orang yang telah jahat kepada mereka. Klub tersebut juga dibantu oleh seorang remaja laki-laki.

Serial drama ini memiliki alur cerita yang lucu dan hangat karena membahas mengenai kedekatan keluarga, baik ketika di masa kecil maupun telah dewasa.

13. Mouse

https://asianwiki.com/

Serial drama ini mendapatkan banyak pujian pada episode perdananya yang tayang pada tahun 2021 lalu. Hal tersebut karena alur ceritanya yang unik dan pemeran utamanya, Lee Seung Gi, mampu membawakan dualitas dari peran tokoh Jung Ba Reum.

Menceritakan mengenai seorang psikopat yang telah membunuh banyak orang dan ternyata memiliki seorang anak laki-laki.Pada tahun yang sama, terdapat dua janin bayi laki-laki yang tengah diperiksa oleh seorang ilmuwan dan menyebutkan bahwa ada dua kemungkinan gen yang terdapat di dalam tubuh bayi, yakni gen jenius atau gen psikopat.

Penonton akan digiring untuk bersalah paham kepada seorang dokter muda yang dicurigai sebagai pembunuh dari kasus-kasus yang terjadi selama ini. Serial drama ini begitu plot twist dan mendapatkan rating tinggi.

14. Modern Farmer

https://asianwiki.com/

Serial drama ini cukup lawas karena tayang pada tahun 2014 lalu. Namun, cerita yang terdapat di dalamnya sangatlah apik dan menghibur penonton. Bermula dari empat sahabat yang berasal dari kota datang ke sebuah desa terpencil untuk menjadi seorang petani kubis. Banyak rintangan yang harus ditemui oleh mereka, mulai dari penduduk desa yang bersikap sinis hingga harga kubis yang tiba-tiba jatuh.

Keseluruhan cerita dalam serial drama ini adalah komedi dan kehangatan keluarga serta pertemanan. Maka dari itu, serial drama Modern Farmer ini cocok dinikmati di kala waktu senggangmu!

tombol beli buku

15. Kill Me Heal Me

https://asianwiki.com/

Serial drama ini tayang pada tahun 2015 dengan total 20 episode. Meskipun episode dalam serial drama ini tergolong banyak, karena biasanya hanya berjumlah 16 episode saja, tetapi tidak menyurutkan penonton untuk tetap menyelesaikan serial Kill Me Heal Me ini.

Menceritakan mengenai seorang pewaris bisnis elit bernama Do Hyun yang mengalami gangguan identitas disosiatif atau gangguan kepribadian ganda sehingga memiliki tujuh kepribadian. Kepribadian-kepribadian tersebut disebabkan karena masa lalunya yang menyakitkan.

16. Black Dog

https://asianwiki.com/

Bagi Grameds yang bercita-cita atau sedang bekerja menjadi guru, serial drama ini mungkin cocok untuk ditonton karena keseluruhan ceritanya adalah mengenai guru honorer di sebuah sekolah.

Meskipun alurnya lambat, tetapi inti dan nilai moral yang dapat dipetik dari serial drama ini sangat mengesankan. Menceritakan seorang wanita bernama Ha Neul yang bercita-cita menjadi seorang guru dan berjuang untuk mendapatkan posisi mengajar sebagai guru kontrak di sebuah sekolah swasta. Di sekolah swasta tersebut, Ha Neul akan bertemu dengan ketiga rekannya yang sama-sama ingin memperjuangkan impian para siswanya.

17. Start-Up

https://mydramalist.com/

Pasti Grameds sudah tidak asing dengan judul dari serial drama ini. Yap, pada tahun 2020 lalu, serial drama ini begitu booming dan trending di beberapa media sosial. Bahkan, sempat viral juga akan adanya restoran terkenal yang terbagi antara tim Nam Do San dan tim Han Ji Pyeong.

Serial drama ini begitu populer karena mengangkat cerita mengenai perjuangan para pemuda yang berusaha memulai bisnis usaha rintisan atau kerap disebut start up. Dalam serial drama ini kita secara tidak langsung akan mempelajari mengenai bagaimana pemasaran dari sebuah produk, ide kreatif untuk sebuah produk, hingga persaingan dengan start up yang lainnya.

Mengesampingkan cerita cinta segitiga yang terjadi di antara tokohnya, serial drama ini berhasil membuat penonton terharu akan perjuangan mereka.

tombol beli buku

18. Fight For My Way

https://www.sbs.com.au/

Serial drama komedi romantis ini sangat digandrungi oleh muda-mudi karena pemerannya adalah para aktor dan aktris papan atas yang tengah booming. Sebut saja ada Park Seo Joon, Kim Ji Won, dan masih banyak lagi.

Menceritakan mengenai empat anak muda yang berusaha mencapai impian mereka meskipun terkadang keadaan tidak mendukung perjuangan mereka tersebut. Misalnya, tokoh Ae Ra yang berkeinginan untuk menjadi seorang pembawa berita.

Sepanjang episode, penonton akan diajak menikmati alur bagaimana mereka dapat menemukan cinta hingga cerita persahabatan yang mengharukan.

19. Dream High

https://asianwiki.com/

Serial drama bergenre musik dan sekolah ini dapat disebut sebagai serial lawas karena tayang pada tahun 2011. Meskipun begitu, soundtrack dalam serial drama ini masih menjadi favorit hingga sekarang lho…

Apalagi, pemain dalam serial drama ini adalah para aktor dan aktris muda berbakat yang saat ini tengah melejit namanya. Sebut saja Suzy, Kim Soo Hyun, Taecyeon, IU, dan masih banyak lagi.

Menceritakan mengenai kehidupan para siswa yang bersekolah di Kirin Art High School dan bercita-cita untuk menjadi seorang superstar. Serial drama ini akan terdapat banyak adegan menyanyi karena latar belakang dari sekolah tersebut adalah sekolah musik.

20. Go Back Couple

https://asianwiki.com/

Rekomendasi serial drama yang terakhir adalah Go Back Couple. Serial drama ini tayang pada tahun 2017 dengan mengangkat cerita mengenai perjalanan waktu.

Mengisahkan tentang sepasang pasangan yang baru saja melangsungkan perceraian setelah menikah selama lebih dari 10 tahun. Ketika mereka pulang ke rumah masing-masing, tiba-tiba saja mereka dibawa kembali ke tahun di mana mereka masih berkuliah di Universitas Hankook.

Ada banyak kisah mengharukan yang terjadi di dalam serial drama ini, misalnya ketika Jin Jo yang dapat bertemu kembali dengan ibunya yang telah meninggal dan kerinduannya kepada anak laki-lakinya.

Namun, serial drama ini tidak melulu mengisahkan cerita yang haru-biru, tetapi juga banyak adegan lucu dan menghibur.

tombol beli buku

Nah, itulah 20 rekomendasi serial drama korea yang dapat Grameds tonton ketika weekend atau di waktu senggang sebagai hiburan. Jangan bingung mengenai bagaimana cara menonton serial-serial drama tersebut, karena Grameds dapat menontonnya di platform Netflix dan WeTV ya….

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Rekomendasi Drama Korea Terpopuler

Written by Rifda Arum