in

10 Rekomendasi Film Marvel Cinematic Universe yang Wajib Ditonton

Rekomendasi Film Marvel – Dari banyaknya film superhero yang pernah dirilis, mungkin banyak diantara Anda yang sangat familiar dengan film produksi Marvel.

Kumpulan film Marvel saat ini masih bisa Anda tonton kapan saja melalui berbagai layanan media streaming digital seperti Netflix dan juga Disney+ Hotstar. Adapun salah satu rekomendasi film Marvel yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

Akan tetapi, film Marvel bukan hanya Avengers saja. Masih ada banyak film Marvel lain yang tidak kalah bagus, seperti halnya Spider-Man, Loki, dan lain sebagainya. Melalui artikel ini, kita akan membahas beberapa daftar rekomendasi film Marvel dan berbagai tips memilih film Marvel untuk ditonton.

Apa yang Menarik Dari Film Marvel?

Seluruh film Marvel berada di dalam naungan Marvel Studios yang berasal dari Amerika Serikat. Berbagai macam film yang sudah dirilis oleh Marvel Studios disukai oleh banyak orang, karena mempunyai alur cerita yang sangat menarik. Tak hanya itu saja, karakter yang ada di dalam film Marvel juga mempunyai hubungan cerita dengan karakter dalam film lain.

Hal ini dimungkinkan karena hampir semua karakter yang ada di dalam dunia yang sama yakni MCU (Marvel Cinematic Universe). Misalnya saja, di dalam film Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame, ada banyak sekali karakter yang pada akhirnya dimunculkan. Sebelum muncul secara bersamaan, setiap karakter juga telah mempunyai filmnya masing-masing.

Tak hanya itu saja, di dalam setiap film Marvel seringkali meninggalkan teka-teki yang membuat banyak penonton menjadi penasaran. Hal itulah yang membuat film Marvel selalu dinantikan oleh para penggemarnya.

Selain itu, Marvel juga dinilai sukses karena mempunyai berbagai macam aktor yang cocok dalam memerankan karakter-karakternya. Misalnya saja, di film Thor yang diperankan oleh Chris Hemsworth dan di film Doctor Strange yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Kemudian, Marvel juga bisa mengembangkan karakter-karakter baru menjadi lebih cepat terkenal dan populer. Misalnya saja Tom Holland yang ada di dalam film Spider-Man.

Cara Memilih Film Marvel

Sebenarnya, ada berapa banyak film Marvel Cinematic Universe yang bagus untuk ditonton? Jadi, hampir semua film Marvel yang sudah dirilis menarik untuk kita tonton. Tapi, mengingat cukup banyak judul film Marvel yang telah dirilis, maka disini kita akan membaginya ke dalam beberapa pembahasan. Untuk itu, simak informasi selengkapnya di bawah ini ya.

1. Pilih Berdasarkan Karakter yang Ditampilkan

Sejak pertama kali perilisan film Marvel, yakni pada tahun 2008, Marvel telah membuat puluhan judul film yang dibintangi oleh banyak karakter. Simak ulasannya berikut ini untuk memperoleh gambaran tentang karakter yang ada di film Marvel.

Single: Latar dan Waktunya Bervariasi

Terdapat banyak film Marvel yang memang fokus menceritakan perjalanan karakter tertentu. Marvel Cinematic Universe sendiri dimulai lewat film pertamanya yang dirilis pada tahun 2008. Karakter yang ada di dalam film tersebut yakni Iron Man. Setiap cerita yang ada di dalam film Marvel pasti menyajikan latar dan juga waktu yang sangat bervariasi.

Misalnya saja, film Captain America: The First Avenger yang dirilis pada tahun 2011. Film tersebut mengambil waktu di tahun 1942 ketika Perang Dunia II sedang berlangsung. Ada juga film Thor: Ragnarok yang menampilkan latar lokasi di Asgard dan Sakaar.

Tim: Mengangkat Cerita dan Konflik yang Lebih Kompleks

Selain film yang memiliki karakter tertentu, Marvel Cinematic Universe juga mempunyai beberapa film yang menggabungkan beberapa karakternya. Sekaran ini, ada beberapa film yang diperankan oleh tim, misalnya saja Guardians of The Galaxy dan Avengers.

Untuk jalan cerita yang dikisahkan di dalam film tersebut biasanya cenderung lebih kompleks. Setiap tokoh yang disajikan di dalam film tersebut mempunyai karakter yang berbeda-beda. Guardians of The Galaxy misalnya mempunyai cerita tentang pertempuran yang terjadi di luar angkasa. Sedangkan film Avenger mengisahkan tentang misi besar para tokoh superhero dalam menyelamatkan bumi.

2. Kenali Jenis Filmnya

Jika memilih film Marvel berdasarkan jenisnya, maka ada dua tipe film Marvel yang harus dipahami, yakni movie dan seri. Untuk memahami perbedaan keduanya, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Movie: cerita lebih padat

Keuntungan jika memilih film jenis ini yaitu Anda dapat menontonnya secara acak. Sebab, umumnya jalan cerita yang disajikan lebih bervariasi. Jenis film ini juga mempunyai cerita yang lebih padat. Sehingga tidak akan terlalu membosankan untuk ditonton. Untuk penempatan konflik dan juga penyelesaian masalahnya juga diceritakan di dalam satu film.

Film Marvel jenis movie ini juga terdiri dari beberapa judul. Misalnya saja, ketika Anda mencari film Guardian of The Galaxy, maka Anda akan menemukan dua film serupa, yakni Guardian of The Galaxy 1 dan 2. Hal yang serupa juga akan Anda temukan saat mencari film Spider-Man. Dimana Anda akan menemukan dua judul film yang berbeda, yakni Spider-Man: Homecoming dan Spider-Man: Far From Home.

Film Marvel jenis movie juga ada yang terdiri dari beberapa judul. Sebagai contoh, saat Anda mencari film Guardians of the Galaxy, Anda akan menemukan dua film, yaitu Guardians of the Galaxy 1 dan 2. Hal yang sama juga berlaku saat Anda mencari film Spider-Man. Anda akan menemukan dua judul film berbeda, yaitu Spider-Man: Homecoming dan Spider-Man: Far From Home.

Seri: cerita lebih detail, durasi lebih panjang

Jenis film yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai waktu luang banyak. Untuk film Marvel ini, ada beberapa jenis film seri yang bisa Anda tonton. Mulai dari Loki, The Winter Soldier, The Falcon, dan Wanda Vision. Untuk menonton jenis film tersebut, Anda tidak dapat melakukannya secara acak, karena jalan cerita di setiap episodenya saling berkaitan.

3. Perhatikan Durasi Film

Tips yang terakhir dalam memilih rekomendasi film Marvel yaitu dengan memperhatikan panjang durasi film. Setiap film Marvel, baik itu movie ataupun seri mempunyai durasi yang cukup beragam. Dengan memperhatikan durasi film, maka Anda bisa memperkirakan waktu yang harus Anda siapkan, khususnya untuk Anda yang memiliki jadwal cukup padat. Film Marvel jenis movie umumnya dikemas dalam durasi 1 hingga 2 jam. Sedangkan untuk yang jenis seri, setiap episodenya akan mempunyai durasi kurang dari satu jam.

10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film Marvel terbaik yang wajib Anda tonton saat akhir pekan, antara lain:

1. Avengers: Endgame

Di dalam film ini, para superhero Marvel Cinematic Universe atau MCU berkumpul untuk mengakhiri perang dengan Thanos, yang mana proses tersebut sangat menguras tenaga dan emosi. Ada harga yang sangat mahal yang harus dibayarkan, mulai dari pertumpahan darah sampai nyawa melayang. Semua itu dilakukan demi bisa mengalahkan Thanos dan juga pasukannya. Di film ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam adegan yang luar biasa dari para anggota Avengers. Selain itu, jalan cerita yang ada di dalam film ini juga sulit ditebak, jadi akan membuat siapa saja yang menontonnya tidak mau mengalihkan pandangan dari layar kaca.

2. Doctor Strange

Film Doctor Strange dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mencoba menjelajahi dunia supranatural MCU yang misterius. Melalui film Marvel yang satu ini, Anda akan menyaksikan perjuangan Doctor Strange dalam mengatasi berbagai macam kesulitan dengan menggunakan kekuatan magisnya. Makhluk mistis, ritual terlarang, kekuatan gelap, dan hal-hal lainnya yang berlawanan dengan logika akan dihadapi oleh Doctor Strange. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan kisah menarik dan berbagai perjuangan Doctor Strange di filmnya ini.

3. Thor

Siapa sih yang tidak tahu dengan karakter superhero Marvel yang bernama Thor ini? Dia merupakan salah satu superhero Marvel yang cukup populer. Thor merupakan dewa yang sangat kuat dan seorang prajurit yang angkuh. Film yang dirilis pada tahun 2011 ini mengisahkan tentang seorang anak Dewa Odin. Ia menyalakan kembali perang kuno yang ada di tempat tinggalnya, Asgard, karena perbuatannya yang sangat sembrono. Oleh karena itu, Thor harus menanggung semua akibatnya dan Odin mengusirnya masuk ke Bumi.

4. Captain America: Civil War

Coba Anda bayangkan jika dua hero saling bertarung, manakah yang akan Anda dukung? Di film Marvel yang satu ini, mengisahkan tentang sebuah kejadian yang melibatkan Avengers dan akhirnya mengakibatkan tekanan politik untuk bisa membuat sistem akuntabilitas yang mengawasi Avengers. Akan tetapi tidak disangka-sangka, adanya perbedaan pendapat antara Captain America yaitu Steve Rogers dan Tony Stark tentang sistem tersebut membuat mereka menjadi terpecah dan mengalami perang sekutu. Kubu Steve sendiri memilih untuk mendukung kebebasan sistem, sementara kubu Tony lebih memilih untuk mendukung keputusan pemerintah.

5. Captain Marvel

Film yang diproduksi oleh Marvel pertama kali ini menjadikan seorang perempuan sebagai tokoh protagonis utama dengan alur cerita yang mengisahkan tentang perjalanan hidup Carol Danvers sebelum akhirnya Avengers terbentuk. Dari sinilah Captain Marvel bertemu dengan Nick Fury Muda. Anda akan disuguhkan dengan berbagai kombinasi petualangan melintasi jagat raya antariksa yang dilakukan oleh Captain Marvel. Selain memiliki setting era kuno yang unik, Anda juga bisa menikmati keseruan seorang jagoan perempuan yang menghajar musuh di luar angkasa.

6. Wanda Vision

film marvel wanda vision

Perlu diketahui bahwa ternyata film Marvel juga memiliki alur cerita tentang romansa sepasang kekasih. Salah satunya yaitu kisah hidup rumah tangga Vision dan juga Wanda yang seperti orang biasa. Dimana Vision bekerja di suatu perusahaan dan Wanda menjadi seorang ibu rumah tangga. Adapun salah satu aspek yang membedakan film yang satu ini dengan film MCU lainnya yaitu di setiap episodenya terkesan seperti film lawas. Hal itulah yang ingin ditonjolkan oleh Marvel. Anda juga akan disuguhkan dengan humor khas Marvel di setiap episodenya.

7. Loki

film marvel loki

Di dalam film ini, Anda akan menemukan jawaban dari berbagai macam pertanyaan seperti misalnya, bagaimana Loki yang penuhi dengan trik dapat tertangkap oleh sekelompok tentara? Kemudian, bagaimana kelanjutan petualangan Loki setelah kejadian di dalam film Avengers: Endgame? Film yang satu ini menjadi sebuah pintu pembahasan multiverse dan bisa menimbulkan pertanyaan lain. Setiap teori time travel di dalam film Loki ini juga dinarasikan dengan sangat menarik dan cukup baik. Sehingga, untuk Anda yang penasaran, jangan sampai melewatkan keseruan mereka ya.

8. Black Widow

film marvel black widow

Film Marvel yang satu ini merupakan film pertama yang mengisahkan tentang Black Widow secara keseluruhan. Black Widow bercerita mengenai masa lalu Natasha Romanoff dan juga hubungannya dengan Red Guardian, yakni superhero asal Soviet yang mempunyai kekuatan serupa dengan Captain America. Film yang satu ini sebenarnya dijadwalkan akan dirilis di bioskop pada tahun 2020. Akan tetapi, karena adanya pandemi covid-19, film ini baru bisa dijadwalkan pada tahun 2021 kemarin. Apakah Anda sudah menonton film Marvel yang satu ini?

9. Spider-Man: Homecoming

film marvel spider man

Kehadiran Spider-Man pertama kali dikenalkan di dalam film Civil War dan pastinya menjadi film yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Film tersebut menceritakan tentang Peter Parker yang kembali pulang ke rumah bersama dengan bibinya setelah mempunyai pengalaman menyenangkan bersama dengan para Avengers. Setelah kembali ke rutinitasnya, Ia mulai diawasi oleh mentornya, yakni Tony Stark, yang mana berusaha untuk membuktikan kemampuannya. Musuh baru yang bernama Vulture juga muncul dan mengancam berbagai macam hal penting untuk Peter.

10. Black Panther

film marvel black panther

Apakah Anda pernah mendengar tagline ataupun dialog “Wakanda Forever”? Ternyata, kalimat itu adalah salah satu salam yang biasa dipakai oleh masyarakat negara fiktif Wakanda di dalam film dengan judul Black Panther.

Wakanda sendiri adalah sebuah negara yang kaya raya dan dikenal sebagai penghasil vibranium ataupun logam yang paling kuat di bumi. Tapi sayangnya, negara ini terisolasi. Adapun salah satu adegan yang akan membuat para penonton takjub adalah proses pengangkatan ‘Challa menjadi seorang raja Wakanda.

Itulah 10 rekomendasi film Marvel yang wajib Anda tonton di waktu senggang dan beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memilih film Marvel.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Rekomendasi Film Marvel

Written by Lely Azizah