in

25 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Ditonton

25 Film Perang Terbaik – Apakah teman-teman Grameds suka menonton film perang? Tepat sekali, film bertema perang memang memiliki nilai-nilai cerita dan keasyikan tersendiri saat melihatnya. Bahkan semua keseruan muali dari action, thriler, drama, sampai komedi bisa muncul dengan latar medan perang.

Jadi tak heran jika banyak film-film terbaik dan legenda dari tema ini. Ada 25 film perang terbaik yang terangkum dalam artikel ini yang bisa Grameds jadikan referensi tontonan di rumah. Saat mengkonsumsi atau menonton film sudah seperti kebutuhan, yakni kebutuhan hiburan untuk mengahbiskan waktu luang atau istirahat dari aktivitas setiap hari.

Film perang bisa jadi rekomendasi film yang menarik untuk ditonton karena seru dan kualitas film yang tidak perlu diragukan lagi, bahkan film perang lawas pun masih rekomended untuk ditonton hingga sekarang.

Lalu apa saja rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa hingga yang paling terbaru sekarang? Berikut ini daftar 25 film perang terbaik yang perlu Grameds ketahui sebagai referensi tonton yang seru, menarik, dan memiliki alur dan nilai cerita yang bangus:

1. Braveheart (1995)

braveheart

Film berjudul Braveheart adalah film perang kerajaan terbaik sepanjang masa yang wajib Grameds tonton. Disutradarai oleh Mel Gibson, film ini tayang pada 25 mei 1995 dengan genre biografi, drama, dan sejarah.

Film yang diaktori Sophie Marceau, Mel Gibson, Patrick McGoohan, dan kawan-kawan ini bercerita tentang perjuangan prajurit Skotlandia melawan kerajaan Inggris yang kejam di abad ke-13. Film perang ini seru untuk ditonton karena fokus pada kisah pahlawan Skotlandia bernama William Wallace yang diperankan oleh Mel Gibson.

2. Saving Private Ryan (1998)

saving private ryan

Film berikutnya yang layak masuk daftar 25 film perang terbaik sepanjang masa adalah Saving private Ryan yang tayang pada 24 Juli 1998.

Film yang disutradarai Steven Spielberg ini jadi nominasi terbaik Oscar dengan genre drama dan perang. Dibintangi Tom Hanks, Matt Damon, Tom Sizemore, dan kawan-kawan ini menceritakan tentang regu militer khusus yang menyelamatkan Ryan (diperankan oleh Matt Damon) dari serangan Jerman yang merupakan musuh bebuyutan Amerika Serikat.

3. Without Remorse (2021)

without remorse

Without Remorse adalah rekomendasi film perang terbaru yang bisa Grameds tonton di tahun 2021 ini. Tayang pada 30 April 2021, film garapan Stefano Solima ini menampilkan kisah seru aktor Michael B. Jordan sebagai pemeran utamanya.

Berkisah tentang balas dendam sang aktor utama pada dalang kejadian tragis yang menimpa istri dan dirinya. Aksi balas dendamnya tersebut justru membawa ke dalam masalah konspirasi internasional yang kompleks.

4. Da 5 Bloods (2020)

film-da-5-bloods

gramedia back to kampus

Film perang terbaik berikutnya adalah Da 5 Blood yang juga meruapakan film terbaru Netflix garapan Spike Lee yang tayang pada 12 Juni 2020.

Film yang diperankan oleh Delroy Lindo, Jonathan Majors, Clarke Peters, dan kawan-kawan ini menceritakan tentang 4 orang kakek-kakek veteran perang Vietnam yang kembali ke negara asalnya.

Disanalah mereka mencari jasad komandan pasukannya dan harta karun yang pernah mereka sembunyikan di hutan.

5. GreyHound (2020)

tom hanks greyhound

Greyhound adalah film perang bergenre aksi, drama, dan sejarah terbaik yang dibintangi aktor kawakan Tom Hanks.

Diadaptasi dari novel best seller karya C.S Forester ini menveritakan komandan angkatan laut Amerika yang bertugas untukmengawal kapal perang kecil dengan kapal perangnya yang bernama Greyhound.

Sang komandan yang bernama Ernest Krause kemudian diserang oleh kapam selam milik Jerman berma U-Boat yang sangat kuat.

6. Jojo Rabbit (2019)

jojo-rabbit

Jika Grameds suka film bergenre komedi maka wajib nonton film perang garapan Taika Waititi ini. Film Jojo Rabit bercerita tentang Jojo yang diperankan oleh Roman Griffin Davis yang sangat mengagumi Nazi, bahkan sampai memiliki teman khalayan sesosok Adlof Hitler yang diperankan Taika Waititi dengan tingkah konyol.

Konflik masalah mulai terjadi ketika sang ibu kedapatan menyembunyikan gadis yahudi yang diperankan Thomasin McKenzie di loteng rumah.

novel romantis

7. Hacksaw Ridge (2016)

hacksaw-ridge

Hacksaw Ridge adalah film yang diangakat dari kisah nyata seorang prajurit pernag Amerika Serikat bernama Desmond Doss yang diperankan oleh Andrew Gefield.

Tayang pada 4 November 2016, film yang disutradarai Mel Gibsen ini bercerita tentang sang prajurit Doss tersebut adalah penganut agama Kristen yang saat taat dan terjun ke medan pertempuran Perang Dunia II yang sangat kejam.

Doss sangat enggan untuk membunuh, memegang senjata, atau melukai seseorang meskipun lawannya sekalipun, sampai akhirnya pasukan mereka terdesak dan harus melawannya.

8. Midway (2019)

midway

Diadaptasi dari kisah nyata berikutnya, film Midway yang disutradarai Ronald Emmerich ini tayang pada 8 November 2019.

Film ini bercerita tentang pertempuran laut besar dalam medan Perang Pasifik pada Perang Dunia Ke II yang dibintangi Luke Evans, Patrick Wilson, Alexander Ludwig, dan kawan-kawan. Film ini termasuk dalam genre aksi, drama, sejarah yang bisa jadi rekomendasi tontonan Grameds di rumah.

9. Letters From Iwo Jima (2006)

lettres diwo jima

Selanjutnya ada film perang bertema Perang Dunia II fiktif berjudul Letters From Iwo Jima yang berbahasa Jepang meskipun disutradarai Clint Eastwood asala Amerika Serikat. Film ini menyuguhkan kisah yang berbeda dari film Perang Dunia II yang sering dibuat Amerika Serikat.

Dibintangi Ken Watanabe, Kazunari Ninomiya, Tsuoshi Ihara, dan kawan-kawan, film Letters From Iwo Jima bercerita tentang pertahanan mati-matian tentara Jepang untuk mempertahankan pulau Iwo Jima dari tentara Amerika serikat.



10. Tolkien (2019)

Tolkien (2019)

Tayang pada 10 Mei 2019, film Tolken yang disutradarai Dome Karukoski ini bercerita tentang biografi J.R.R Tolkien yang diperankan oleh Nicholas Hoult.

Film ini bercerita tentang anak yatim bernama Tolkien tersebut dalam perjalanannya menemukan teman, sahabat, cinta, dan inspirasi menulis. Ia pun akhirnya harus ikut wajib militer yang kemudian membawanya ke dalam Perang Dunia I.

11. 1917 (2019)

1917

1917 adalah film perang terbaik garapan Sam Mendes yang tayang pada 4 Desember 2019. Film ini bercerita tentang pasukan Inggris yakni dua tentara bernama Blake yang diperankan Dean Charles Chapman dan Schofield yang diperankan George Mackey untuk menyelesaikan misi spesial. Mereka berdua harus memperingati pasukan Inggris dari rencana serangan Jerman.

12. The Hurt Locker (2009)

the hurt locker

Film yang dinobatkan sebagai film perang Timur Tengah terbaik adalah The Hurt Locker yang disutradarai oleh Kathryn Biglow.

Film yang tayang 2 Juni 2019 ini bercerita tentang William James yang diperankan oleh Jeremy Renner yang bertugas untuk memimpin kelompok tentara Amerika Serikat di Irak.

Cara memimpin James ini lah yang menjadi kisah seru dalam perjalanan perangnya sampai ia pensiun sebagai seorang tentara.

13. The Kill Team (2019)

the kill team

Film The Kill Team garapan Dan Krasuss ini menampilkan kegilaan seseorang  yang sangat seru untuk ditonton.

Tayang pada 25 Oktober 2019, film ini bercerita tentang tentara muda bernama Andrew Briggman yang diperankan Nat Wolff telah mengalami krisis moral dema konflik di Afganistan. The Kill Team adalah fil adaptasi dari film dokumenter dengan judul yang sama.

14. Pearl Harbor (2001)

pearl harbor

Pearl Harbor adalah salah satu film perang hollywood terbaik sepanjang masa yang tayang pertama kali pada 25 Mei 2021. Berlatar belakang perang dari peristiwa penyerangan Pearl Harbour oleh tentara Tentara Jepang.



Film yang disutradarai Michael Bay ini bercerita tentang pertemanan Rafe yang diperankan Ben Affleck dan Danny yang diperankan Josh Hartnett harus berseteru karena masalah asmara. Film ini juga menjadi salah satu film romantis terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

15. Dunkirk (2017)

dunkirk

Film Dunkirk adalah salah satu film perang terbaik yang diangkat dari kisah nyata pada tahun 1904. Film ini tayang pada 21 Juli 2017 yang disutradarai oleh Christopher Nolan yang bergenre aksi,drama, dan sejarah.

Drunkirk bercerita tentang penyelamatan tentara Inggris yang sudah terdesak oleh sekutu pada Perang Dunia Ke II. Film ini menawarkan sinematogrfi yang akan memanjakan para penontonnya, terutama yang gemar fil perang pasti akan menyukainya.

16. The Battle of Jangsari (2019)

The Battle of Jangsari (2019)

Film perang terbaik berikutnya berasal dari Korea Selatan yang berjudul The Battle of Jangsari garapan sutradara bernama Kwak Kyung Taek dan Kim Tae Hoon.

Tyang pada 25 desember 2019, film ini bercerita tentang sekelompok mahasiswa yang terseret dalam perang korea yang mengerikan.

Kisah dalam film ini rupanya diadaptasi dari kisah nyata 772 tentara mahasiswa yang berpartisipasi dalam perang Incheon. Film ini juga melbatkan aktris Holywood Megan Fox yang berperan sebagai reporter yang meliput perang tersebut.

17. American Sniper (2015)

american sniper

Jika teman-teman Grameds menyukai film tembak-tembakan maka bisa menonton film Ameican Sniper garapan Clint Eastwood. Tayang pada 6 Maret 2015, film ini bercerita tentang seorang snipper atau penembak jitu terbaik yang pernah dimiliki Amerika Serikat yakni Chris Kyle yang diperankan oleh Bradley Cooper.

Keseruan film ini ada pada pertentangan batin Chris saat berperang di Irak karena harus membunuh dan menyelamatkan banyak oarang. Hal itulah yang membuat film ini juga cukup mengharukan karena perjuangan Chris.

18. A Hidden Life (2019)

hidden life

Visual dan sinematografi yang apik membuat film A Hideen Life layak masuk dalam daftar 25 film perang terbaik yang wajib ditonton.

Disutradarai oleh Terrence Malick, film ini bercerita tentang kisah petani dari Austria bernama Franz J Gerst Tter yang dieprankan oleh August Diehl menolak tunduk pada Nazi di Perang Dunia II.

Film ini rupanya diangkat dari kisah nyata Franz yang dilempar ke penjara karena penolakannya tersebut. Tayang pada 13 Desember 2019, film ini termasuk film perang yang ringan namun sayang untuk dilewatkan.

19. Lawrence of Arabia (1962)

lawrance of arabia

Film perang yang legendaris dan terbaik sepanjang masa ini berjudul Lawrence of Arabia yang disutradarai oleh David Lean. Tayang pertama kali pada 11 Desember 1962, film ini masih seru dan layak ditonon hingga sekarang.

Film Lawrence of Arabia bercerita tentang T.E Lawrence yang diperankan oleh Pater O’Toole sebagai perwira intelijen Inggris yang harus menghancurkan kekuasaan Ottoman. Dalm fil ini ada beberapa adegan yang menjadi kontroversial karena dianggap rasis dan islamophobia.

20. Inglourious Basterds (2009)

inglurious-basterds

Film Inglourius Basterds tayang pertama kali pada 16 Oktober 2009 yang disutradarai oleh Quentin Tarantino.

Film ini berkisah tentang sekelompok yang ingin membalas dendam pada tentara Yahudi dengan membuatnya ketar-ketir.

Misi ini dipimpin oleh Lt. Aldo Raine yang diperankan oleh Brad Pitt yang harus membunuh tentara Jerman sebanyak-banyaknya dan tentunya menghabisi Adolf Hitler.

21. Black Hawk Down (2002)

black-hawk-down

Rilis pada tahun 202, film Black Hawk Down bercerita tentang pasukan Amerika yang bertugas di Somalia tahun 1993.

Film ini menampilka perjuangan tentara bertahan hidup dan melawan mush mati-matian. Black Hawk Down garapan Ridley Scott ini dibintangi oleh Josh Hartnett, Ewan McGregor, Tom Sizemore, dan kawan-kawan. Bergenre drama, sejarah, dan perang film ini berhasil menarik perhatian penikmat film terutama penggemar peperangan.

22. Platoon (1987)

platoon

Platoon adalah film yang berlatar belakang perang Vietnam terbaik sepanjang masa yang tayang pertama kali pada 6 Februari 1987.

Film berdurasi 2 jam ini masih sangat layak untuk ditonton sampai sekarang karena sang sutradara, Oliver Stone menampilkan kisah menarik dalam film ini. Platoon bekisah tentang  pemuda 19 tahun yang berperang dan memutuskan untuk meninggalkan kuliahnya. Film ini bahkan sampai meraih 4 piala Oscar pada masanya.

23. Apocalypse Now (1979)

film perang

Film perang lawas yang layak masuk daftar 25 film perang terbaik berikutnya adalah Apocalypse. Tayang pertama kali pada 15 Agustus 1979, film garapan Francis Ford Coppola ini bercerita tentang Willard yang diperakan Marin Sheen bertugas untuk membunuh kolonel Amerika yang berhianat di tengah kegilaan Perang Vietnam saat itu.

Bahkan banyak adegan dan dialog dalam film ini yang menjadi ikonik dalam dunia perfilman. Salah satunya lagu yang berjudul Ride of The Valkyries yang ada di opera karya Richard Wagner yang sangat populer saat itu. Keseruan dalam film Apocalypse Now sayang untuk dilewatkan karena meskipun film lawas, karya ini masih layak untuk dinikmati hingga sekarang.

24. Schindler’s List (1994)

chinderlist

Rilis tahun 1994, film Schindler’s List yang disutradarai Steven Spielberg ini menceritakan tentang konflik Nazi-Yahudi pada Perang Dunia II.

Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Thomas Keneally, film Schindler’s List dibintangi oleh 2 aktor utama terkenal yakni Liam Neeson dan Ben Kingsley. Film ini bahkan banyak disebut menjadi film perang terbaik sepanjang masa yang masih seru ditonton sampai sekarang.

25. The Pianist (2002)

the pianist

The Pianist adalah film berlatar belakang Perang Dunia II yakni invasi Jerman ke Polandia yang rilis tahun 2002. Film ini disutradarai oleh Roman Polanski dan dibintangi Andrian Brody, Thomas Kretschmann, Frank Finalay, dan Emilia Fox.

Diadaptasi dari novel karya Wladyslaw Szpilman, The Pianist sukses jadi film drama-biografi yang menarik perhatian penikmat film untuk menyaksiakan sisi lain dari invasi Jerman ke Polandia saat Perang Dunia II yang lalu.

Nah, itulah daftar 25 film perang terbaik yang bisa menjadi rekomendasi tontonan teman-teman Grameds di rumah. Apakah ada film yang ingin Grameds tonton? atau bahkan ada film favorit Grameds di atas?

Setiap film perang di atas memiliki cerita, gaya, dan nilai-nilainya sendiri, bahkan ada yang diadaptasi dari kisah nyata. Hal itu mungkin dapat menambah keseruan dalam menontn film perang.

Baca juga artikel terkait “Rekomendasi Film Perang” :

Nah jadi sekarang sudah tidak ada alasan lagi kehabisan stock film perang karena ternyata banyak list film perang yang bagus dan rekomended untuk ditonton. Jika Grameds tertarik dengan dunia film pasti tidak asing dengan hiruk pikuk dunia produksi film.

Berbicara soal film pasti tidak akan lepas dari bagaimana cara membuatnya sehingga bisa menghasilkan karya-karya film yang luar biasa bahkan menjadi legenda sepanjang masa.Barangkali ada film yang membuat Grameds menjadi terinsipirasi dan ingin membuat film yang sama berkualitasnya, Grameds bisa menciptakan karya dan tidak hanya menjadi penikmatnya saja.

Nah, jika Grameds tertarik untuk belajar membuat film bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di untukmencari referensi buku tentang membuat film. Bagi sebagain orang mungkin menganggap membuat film itu sulit dan rumit, tatapi hal tersebut bisa dipelajari dengan mudah. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia tentang cara membuat film yang rekomended untuk dibaca. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas tombol beli buku tombol beli buku tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti