in

15 Film Kartun Anak Terbaik Yang Wajib Ditonton

15 Film Kartun Terbaik untuk Anak – Menonton film bisa menjadi salah satu cara untuk mendidik karakter anak. Apalagi jika yang ditonton oleh si anak adalah film kartun kesayangannya. Film kartun bisa menjadi favorit anak-anak karena tampilan tokoh, suasana yang asyik, dan para pemain yang unik. Tidak heran jika anak-anak hafal dengan judul, jalan cerita film kartun tersebut, hingga menirukan perannya.

Film kartun yang ditonton anak-anak menjadi media yang efektif untuk tumbuh kembang anak lho, Bun. Melalui film kartun yang memiliki visual yang menarik, anak-anak bisa mendapatkan berbagai hal seperti mengenal warna, meniru kata-kata, mengetahui benda, gerakan, music, dan lain sebagainya.

Peran tokoh yang jenaka dan visual pada film kartun memang membuat anak-anak betah menonton. Makanya, tidak heran jika setiap tahun banyak rumah produksi yang mengeluarkan film-film kartun terbaik untuk anak dengan alur cerita yang unik.

Selain disukai oleh anak-anak, ada yang perlu diperhatikan para orang tua ketika si buah hatinya sedang asyik menonton. Pastikan film kartun yang ditonton adalah film yang mengandung nilai edukasi, sesuai umurnya, dan tidak mengandung unsur-unsur pornografi serta kekerasan yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

15 Film Kartun Anak Terbaik

Berikut Gramedia rekomendasikan 15 film kartun terbaik untuk buah hati kesayangan bunda. Disimak, ya !

1. The Good Dinosaur

gambar film kartun anak-anak
Wah siapa nih yang belum nonton film kartun satu ini? Film kartun The Good Dinosaur besutan Pixar ini menceritakan tentang bagaimana ratusan juta tahun lalu spesies dinosaurus masih hidup bahkan jutaan tahun berikutnya. Ada hal yang unik di film ini, dinosaurus digambarkan layaknya manusia yang memiliki keluarga serta memiliki pekerjaan seperti petani.

Henry dan Ida, pasangan dinosaurus jenis Apatosaurus ini memiliki tiga anak dinosaurus yang bernama Libby, Buck, dan Arlo. Berbeda dengan dua kakaknya, Arlo memiliki sifat penakut. Untuk mengatasi rasa takut tersebut, ayahnya menugasi dia untuk menjaga lumbung jagung yang kerap dicuri oleh maling. Ketika sedang bertugas menjaga, Arlo berhasil menangkap malingnya, akan tetapi dia tidak tega dan melepaskannya. Dan akhirnya Ayahnya menyuruh Arlo untuk memburu bersama.

Dari film kartun tersebut, anak-anak bisa mengambil pesan moral diantaranya untuk menanamkan rasa tanggung jawab, belajar mengelola rasa takut, serta membantu anak-anak menanamkan kebaikan atas setiap perbuatannya ke orang lain. Film ini layak ditonton anak-anak dan saat ini trailernya sudah ditonton lebih dari sembilan juta viewers dan 21 ribu likes.

2. How To Train Your Dragon

film kartun anak dragon
Sumber foto: imdb.com

Film kartun How To Train Your Dragon yang dikeluarkan pada tahun 2010 ini berhasil meraih penghargaan Annie Awards untuk kategori film animasi terbaik di tahun 2011. Film ini diproduksi oleh Dreamwork Animation dan juga ada Cressida Cowell yang menulis buku dengan judul yang sama.

Film kartun yang bercerita tentang persahabatan seorang pemuda Hiccup dan naga yang memiliki nama Toothless ini, mengisahkan tentang Hiccup sebagai penerus takhta kepemimpinan. Dalam perjalanannya memimpin, Hiccup mengalami kegalauan karena bersahabat dengan si naga tersebut di mana warganya sangat membenci si naga. Bahkan ingin memerangi naga tersebut.

Anak-anak yang menonton film kartun satu ini dapat mengambil pesan moral bahwasanya menjadi makhluk hidup itu membutuhkan kehadiran orang lain yang bisa dipercaya untuk bertukar pikiran seperti anak-anak yang cerita kepada orang tuanya, anak-anak juga menjadi belajar berjuang, dan berani untuk mengejar mimpinya. Trailer Film How To Train Your Dragon ini telah menembus lebih dari 30 juta viewers dan 500 juta likes.

 

3. Kung Fu Panda

film kartun kungfu panda

Anak-anak tidak akan lupa pasti kalau menonton film satu ini. Film pertama yang tayang pada tahun 2008 ini merupakan film non-sekuel Dreamworks dan memiliki keuntungan terbesar pada minggu pertama penayangannya.



Film yang menggemaskan dan lucu ini, menggambarkan sosok Po yang tidak hanya memiliki kekuatan fisik, namun juga memiliki impian serta kemauan yang keras untuk menjadi sosok yang luar biasa lho.

Bunda dan si buah hati dapat mengambil pembelajaran berharga yang bisa ditanamkan. Bunda dapat memberikan pembelajaran pentingnya menggapai mimpi dan cita-cita, tidak pantang menyerah. Ketika anak-anak memiliki cita-cita atau impian yang dituju, maka perlu dukungan orang tua agar anak-anak terus semangat mengejar apa yang dicita-citakan. Tidak perlu menghiraukan orang lain yang tidak penting, karena anak-anak yang menentukan cita-citanya tersebut ingin terwujud atau tidak. Yuk, bunda, terus dampingi buah hatinya supaya tetap semangat !

 

4. Cars

film kartun cars
Source : Youtube.com

Film kartun berdurasi 1 jam 57 menit ini pasti diingat oleh anak-anak bunda, terutama anak laki-laki. Film bergenre adventure-sport ini mengisahkan tentang sekumpulan mobil dan kendaraan lain yang bisa berbicara. Wah, anak-anak jadi membayangkan kalau mobil-mobilannya bisa berbicara juga.

Mobil balap yang bernama Lightning McQueen pergi ke California untuk mengikuti balap final di Piston Cup melawan The King dan Chick Hicks. Namun, tidak sengaja McQueen merusak jalan Radiator Springs. Dan sebagai hukumannya dia harus memperbaikinya. Ketika sedang memperbaiki, Mcqueen bertemu dengan truk derek tua bernama Mater, sebuah Porsche bernama Sally dan sebuah Hudson Hornet bernama Doc Hudson.

Setelah akrab berteman dengan mereka, akhirnya McQueen menyadari bahwa ada hal yang lebih penting dari sebuah ketenaran. Dari film ini, anak-anak bunda bisa belajar bahwa kemenangan, ketenaran bukanlah segalanya. Yakinlah pada kemampuan diri sendiri.

5. Finding Nemo

film finding nemo
Souce : kompas.com

Finding nemo juga termasuk kategori film terbaik untuk anak-anak lho, bun. Film dengan durasi 104 menit ini diproduksi oleh Pixar Animation Studios pada tahun 2003.

Film yang mengisahkan tentang ikan clownfish overprotective bernama Marlin Bersama Dory, melakukan pencarian untuk anaknya yang hilang di laut lepas bernama Nemo. Hilangnya Nemo ini ternyata dipicu oleh dirinya sendiri yang tidak mendengarkan nasihat ayahnya. Sepanjang jalan, Marlin belajar untuk mengambil risiko dan membiarkan Nemo mengurus dirinya sendiri.

Dari film ini anak-anak bisa mengambil pelajaran bahwasanya penting untuk mendengar nasihat yang baik dari orang tua dan kasih sayang orang tua kepada anak itu tak terhingga sepanjang masa.

 

6. Toy Story

film toy story

Sumber foto: yootube.com

Film kartun produksi Pixar Studios ini pernah meraih piala Oscar dengan kategori animasi terbaik. Bunda tidak perlu khawatir lagi ketika menonton film satu ini bersama anak-anak. Serial Toy Story juga pernah mendapatkan nominasi untuk sepuluh Academy Awards dengan pulang membawa empat Golden Globe Awards, lho.

Film bergenre comedy-adventure ini menceritakan petualangan Woodie dan kawan-kawannya yang merupakan sekumpulan mainan milik seorang anak bernama Andy. Woody dan kawan-kawannya sangat disayangi dan selalu dimainkan oleh pemilik mainan. Hal itu membuat mereka bahagia, namun mereka sangat sedih ketika Andi mengabaikan mainannya tersebut.

Dari film ini, anak-anak bisa mengambil pelajaran berharga, yang biasanya suka main mainan kemudian berantakan karena tidak dirapikan kembali, menjadi belajar pentingnya merawat apa yang dimiliki. Film ini juga mengajarkan mengenai untuk saling tolong menolong ketika sahabatnya mengalami kesulitan.

 

7. Frozen

film kartun anak frozen

Sumber foto: youtube.com

Film yang banyak digemari anak-anak perempuan ini berdurasi 102 menit dan pertama rilis pada tahun 2013. Film ini mengisahkan tentang Elsa dan Anna, putri-putri dari kerajaan bernama Arandelle. Elsa kecil ternyata memiliki kekuatan sihir yang bisa mengubah apapun yang disentuhnya menjadi es. Setelah mencelakai Anna, adiknya sendiri, karena kekuatan sihirnya itu ia kemudian tidak mau bertemu dengan siapapun selain orang tuanya.

Dari film ini, bisa diambil pembelajaran untuk anak-anak. Tetaplah memberi dukungan dan saling mengasihi kepada saudara, saling terbuka atas permasalahan, dan jangan malu untuk meminta bantuan orang lain ketika membutuhkan bantuan.



Yuk, bunda, ajarkan anak-anak untuk saling tolong menolong dalam kebaikan.

 

8. Tayo the Little Bus

film kartun anak the litle bus
Sumber foto: youtube.com

Film Tayo the Little Bus merupakan film asal Korea Selatan yang pertama kali disiarkan pada tahun 2010. Kemudian disiarkan di Disney Junior (Asia) pada 2012 dan kini sudah disiarkan di Indonesia bahkan menarik hati jutaan anak hingga orang dewasa.

Tayo sebagai bus kecil yang ramah berwarna biru bukan satu-satunya yang menarik perhatian, ia juga memiliki saudara yang tidak kalah menggemaskan. Gani sebagai kakak tertua, Rogi sebagai kakak kedua, dan Lani sebagai adik.

Film yang berlatar belakang kota besar ini, terdapat berbagai kendaraan yang hidup berdampingan. Tayo sebagai bus kecil baru saja mempelajari rute di kota tersebut, akhirnya tayo dan saudara-saudaranya saling bergotong royong untuk menjadi bus yang hebat. Tentu ini memberi pesan tersendiri bagi siapa saja yang menontonnya, terkhusus anak-anak. Melalui film kartun ini, anak anak dikenalkan aturan berlalu lintas, macam-macam kendaraan, dan juga saling tolong menolong antar sesama.

Sumber foto: youtube.com

9. Despicable Me

despicable me
Source : YouTube.com

Film Despicable Me merupakan film kategori adventure-comedy yang berdurasi 1 jam 35 menit. Film yang berasal dari Amerika pada tahun 2010 ini dibintangi steve Carell sebagai suara Gru. Gru mengadopsi tiga gadis dari panti asuhan. Gru memiliki saingan, yaitu Vector. Ketika Gru mengetahui tentang pencurian Vector, ia merencanakan pencurian yang lebih besar. Terlepas dari niat jahat Gru, ia tumbuh semakin tersentuh oleh cinta gadis-gadis yang tumbuh bersamanya dan menemukan dirinya untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Film ini tentu memberi pelajaran berharga untuk siapa saja yang menontonnya. Film yang sungguh membawa kekeluargaan yang seru dan menggemaskan.

Sumber foto: kompas.com

10. The Lego Movie

the lego movie

Sumber foto: imdb.com

The Lego Movie dengan durasi 101 menit ini rilis pada tahun 2014 lalu. Film bergenre fantasy-action ini menjadi salah satu film kartun yang wajib anak-anak tonton. Film ini sebenarnya implementasi dari film keluarga yang menggambarkan hubungan ayah dan anak.

Pada film ini penggambaran dilakukan menggunakan lego. Para lego pun digambarkan hidup dengan tenang di kota Lego. Lego sendiri merupakan salah satu mainan favorit anak-anak. Tentu hal ini sangat menarik anak-anak untuk menontonnya. Oh iya, jangan lupa ya damping anak-anak bunda ketika menonton film.

 

11. Zootopia



film kartun anak zotopia

Sumber foto: youtube.com

Film yang rilis pada tahun 2016 yang digarap oleh Byron Howard dan Rich Moore ini menceritakan seekor seekor kelinci betina bernama Judy Hopps yang memiliki keinginan menjadi seorang polisi di kota Zootopia. Keinginan ini harus diperjuangkan dengan kerja keras oleh Judy agar dia tidak melulu diremehkan. Bahkan dia hanya diberikan tugas yang mudah yaitu sebagai petugas parkir.

Untuk itu, Judy akhirnya ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu. Kemudian ia mencoba mengambil kasus hilangnya seekor berang-berang. Jika ia tidak mampu memecahkan kasus tersebut dalam jangka waktu kurang dari 48 jam maka ia harus mundur dari kepolisian. Alhasil, dia pun terpaksa bekerjasama dengan musang penipu yang bernama Nick Wilde.

Dari film ini, bunda bisa mengajarkan anak-anak untuk terus yakin, optimis dengan cita-citanya, berusaha keras dan pantang menyerah.

 

12. The Lion King

the lion king film kartun

Sumber foto: kompas.com

Film kartun terbaik untuk anak selanjutnya adalah The Lion King. Film produksi Walt Disney Picture ini menceritakan tentang seekor anak singa bernama Simba yang terusir dari tanah kelahirannya setelah ayahnya dibunuh oleh pamannya demi takhta.

Dalam perjalanannya menjadi raja, Simba mengalami tantangan yang datang dari pamannya sendiri. Dari kejadian perebutan tahta, akhirnya Simba terasingkan. Setelah Simba tumbuh dewasa ia bertekad untuk merebut Kembali kehidupannya. Dari film ini memberi pesan moral kepada anak-anak bahwasanya sangat penting untuk memiliki sifat berani dan jangan rakus atas kekuasaan yang bukan menjadi hak kita.

 

13. Inside Out

inside out - film kartun anak

Sumber foto: kompas.com

Anak-anak pasti suka juga nih dengan film kartun ini. Karakter dari para pemainnya yang unik dan warna yang menarik dari filmnya, membuat anak-anak betah menonton film satu ini. Film yang dirilis oleh Walt Disney Pictures pada tahun 2015 ini berdurasi 94 menit dan mengisahkan tentang apa yang terjadi dalam pikiran seorang anak bernama Riley.

Anak kecil itu mengalami kegelisahan karena harus berpindah kota dari Minnesota ke San Francisco mengikuti kepindahan ayahnya. Ketika mengikuti kepindahan ayahnya, Riley harus menyesuaikan dengan suasana dan lingkungan yang baru, sekolah baru serta teman-teman yang baru. Kondisi tersebut membuat Riley gelisah, takut, namun juga Bahagia.

Film ini mengajarkan anak-anak untuk bisa mengelola perasaan dengan baik, meredam emosi, serta bersosialisasi dengan lingkungan yang baru.

 

14. Up

film kartun anak up

Sumber foto: imdb.com

Film Up diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada tahun 2009. Film bergenre comedy-drama ini berdurasi 96 menit mengisahkan seorang kakek tua bernama Carl seorang anak laki-laki bernama Russel.dengan mengikat ribuan balon ke rumahnya, ia berangkat untuk memenuhi mimpi istrinya yang sudah meninggal bernama Ellie untuk melihat belantara Amerika Selatan. Bersama Russel akhirnya ia bertualang mencari air terjun Paradise Falls di tengah hutan Amerika.

Dari film ini, anak-anak bisa mengambil pelajaran untuk tidak mudah menyerah dan berusaha keras untuk mencapai apa yang diinginkan. Jerih payah yang sudah dilakukan tidak akan mengkhianati hasil.

 

15. Sesame Street

sesame street

Anak-anak pasti familiar dengan tokoh Elmo, Ernie, Bert, Big Bird, Cookie, dan Monster. Tokoh-tokoh tersebut bisa ditemui di film kartun Sesame street. Film yang cocok ditonton untuk anak usia prasekolah ini berasal dari Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, film kartun ini lebih dikenal dengan sebutan Jalan Sesama. Film hiburan sekaligus edukasi ini diciptakan seorang psikolog, lho. Tidak heran jika film kartun satu ini sangat recommended untuk ditonton oleh anak-anak bunda.

Bahkan, ada yang melakukan penelitian mengenai film ini yang membuktikan bahwasanya anak-anak usia tiga sampai lima tahun yang menonton film ini memiliki kosakata yang lebih banyak dibandingkan dengan anak yang tidak menonton. Wah, pasti bunda juga mengajak anak-anaknya untuk menonton film kartun satu ini, kan ? selain menghibur buah hati kesayangan bunda, anak-anak menjadi lebih pandai.

Itulah beberapa film kartun terbaik yang bisa ditonton anak-anak bunda. Berikan dampingan pada anak-anak bunda ketika menonton, ya. Pastikan film-film kartun yang ditonton ialah film yang aman dan memiliki nilai edukasi. Yuk, tunggu apalagi? Nikmati waktu luang bunda dan anak-anak untuk menonton film kartun terbaik dan semoga bisa membawa pengaruh yang positif untuk anak.

Baca juga artikel anak yang lain :

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad