in ,

Rekomendasi Merk Gitar Terbaik dan Tips Memilihnya

Merek Gitar Terbaik – Tak bisa dipungkiri banyak orang memiliki hobi bermusik seperti bermain gitar. Bahkan kita sangat mudah menemukan orang bermain gitar di sekitar kita. Hal ini menunjukkan bahwa gitar merupakan salah satu alat musik yang begitu populer di kalangan masyarakat.

Kepopuleran gitar beriringan dengan manfaatnya. Gitar dipilih banyak orang, mulai dari yang hanya sekadar hobi hingga mereka yang memutuskan mendapatkan penghasilan dari memainkan alat musik ini.

Beberapa orang memutuskan menggunakan gitar akustik terlebih dahulu sebagai media belajar. Namun, untuk mereka yang sudah andal biasanya akan beralih ke gitar elektrik. Baik dari segi harga yang terjangkau hingga suara yang begitu merdu saat dimainkan adalah beberapa alasan kenapa banyak orang menjadikan gitar sebagai alat musik favorit mereka.

Nah, bagi Grameds yang hendak memiliki dan memainkan gitar, sebaiknya baca dulu nih penjelasan dalam artikel ini. Sebab mulai dari tips memilih gitar hingga rekomendasi merk gitar terbaik, khususnya untuk jenis akustik, bisa kalian dapatkan selengkapnya di sini.

Cukup komplit lho informasi tentang gitar dalam artikel ini. Agar kalian tak semakin penasaran, yuk, simak penjelasan selengkapnya.

https://www.pexels.com/

Tips Memilih Gitar

Mendapatkan gitar dengan kualitas terbaik adalah keinginan semua orang. Namun, tak semua gitar bisa membuat Grameds merasa nyaman lho saat dimainkan. Maka dari itu, penting sekali sebelum memutuskan membeli alat musik gitar untuk tahu tips-tips yang diperlukan ketika ingin memilih gitar.

Sebab hal ini akan mempermudah Grameds mendapatkan gitar kualitas terbaik sekaligus adanya faktor kenyamanan yang akan bisa kalian rasakan ketika memainkannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian gunakan dalam memilih gitar dengan kualitas terbaik, khususnya jenis akustik.

1. Pilih Gitar dengan Ukuran yang Sesuai

Hal pertama yang bisa kalian lakukan dalam memilih gitar adalah menyesuaikan ukuran. Sebenarnya untuk ukuran gitar terbilang cukup fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pribadi.

Namun, perlu diketahui bahwa ukuran gitar yang pas dan cocok dengan kalian akan berpengaruh terhadap rasa nyaman ketika memainkannya juga. Tentunya latihan bermain gitar juga akan bisa semakin mudah.

Setidaknya saat ini ada empat tipe ukuran gitar akustik yang bisa kalian sesuaikan dengan preferensi pribadi. Nah, di bawah ini adalah empat tipe ukuran gitar yang bisa kalian ketahui.

  • Tipe Dreadnought

Tipe dreadnought menjadi tipe gitar akustik yang pertama. Bisa dibilang jika tipe dreadnought merupakan tipe gitar akustik paling standar. Kalian bisa memainkan berbagai jenis musik dengan gitar tipe dreadnought.

Menariknya gitar tipe dreadnought adalah salah satu jenis gitar yang bisa begitu seimbang untuk nada tinggi maupun rendah. Gitar ini sangat cocok bagi kalian yang memang belum begitu tahu jenis musik apa yang ingin dimainkan dengan alat musik gitar.

Meski begitu, pada gitar ini bagian leher hingga bodi terbilang besar, sehingga bagi mereka yang berbadan kecil akan sedikit kesulitan untuk menggunakan gitar tipe dreadnought ini.

  • Tipe Folk

Selanjutnya ada gitar dengan tipe folk. Dibandingkan dengan tipe dreadnought, gitar tipe folk memiliki ukuran lebih kecil. Hal ini bisa memberikan keuntungan bagi para perempuan dan juga mereka yang bertubuh kecil ketika menggunakan gitar tipe folk.

Menariknya, gitar tipe folk mampu menghasilkan suara high pitched yang begitu bagus. Selain itu, gitar tipe folk juga bisa membantumu untuk memainkan melodi gitar.

  • Tipe Jumbo

Seperti namanya, gitar tipe jumbo memiliki karakteristik ukuran besar. Selain itu bentuk dari badan gitar tipe jumbo terlihat lebih membulat dibandingkan tipe lainnya. Meski begitu, gitar tipe jumbo juga akan memberikan suara yang keras atau bisa dibilang juga suara yang sebanding dengan ukurannya.

Meski sangat cocok bagi Grameds yang ingin mendapatkan suara petikan gitar dengan ukuran besar. Namun, gitar tipe jumbo akan menyulitkan perempuan maupun orang dengan ukuran tubuh kecil ketika memainkannya.

  • Tipe Mini

Terakhir ada gitar tipe mini. Seperti seperti namanya, gitar tipe mini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan gitar tipe folk. Gitar tipe mini ini sangat cocok bagi perempuan maupun mereka yang memiliki tubuh kecil.

Menariknya lagi, senar dari gitar tipe mini tidak begitu tertarik kencang. Hal ini akan mempermudah kalian ketika memainkannya. Namun, yang perlu kalian ingat dari penggunaan gitar tipe mini adalah tuningnya mudah sekali berubah. Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk menyetemnya.

 

2. Karakteristik Material Bagian Top atau Neck

Setelah mengetahui ukuran yang paling sesuai dengan tubuh dan kenyamanan kalian dalam menggunakan gitar, maka tips berikutnya adalah mengetahui jenis material yang digunakan untuk membuat bagian top atau neck.

Perlu diketahui juga jika perbedaan material yang digunakan dalam pembuatan top atau neck akan memengaruhi karakter suara yang dihasilkan. Nah, agar Grameds lebih tahu apa saja material yang kerap digunakan untuk membuat bagian top atau neck adalah sebagai berikut ini.

  • Kayu Mahoni

Kayu mahoni menjadi salah satu material yang sampai saat ini masih kerap digunakan untuk membuat top maupun neck gitar. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh kayu mahoni ketika digunakan untuk membuat bagian-bagian gitar adalah harga yang terbilang begitu terjangkau, tahan lama, sekaligus mudah dibentuk. Bahkan dari segi suara sekalipun akan sangat lembut, stabil, juga begitu dalam.

  • Kayu Spruce

Berikutnya ada kayu spruce yang juga kerap digunakan untuk membuat bagian-bagian pada gitar. Kebanyakan warna gitar yang dibuat dari kayu spruce terlihat lebih pucat. Meski begitu suara yang dihasilkan terbilang cukup halus walaupun tidak begitu bright.

  • Kayu Nato

Selanjutnya ada kayu nato yang kerap digunakan untuk membuat bagian top pada gitar. Kayu nato mampu menghasilkan treble yang begitu khas.

  • Kayu Maple

Terakhir, ada kayu maple yang juga menjadi salah satu kayu yang kerap digunakan dalam pembuatan bagian-bagian gitar. Karakteristik yang dihasilkan oleh gitar dengan bahan baku kayu maple terletak pada resonansi nada.

3. Ketahui Jenis Senar yang Digunakan

Selanjutnya dari segi senar juga harus diperhatikan. Secara umum jenis senar gitar dibagi menjadi dua yaitu senar baja dengan senar nilon. Agar kalian juga semakin paham, maka penjelasan di bawah ini bisa membantu.

  • Senar Baja

Seperti namanya, senar baja terbuat dari baja yang memiliki karakteristik anti karat. Senar baja memiliki range frekuensi yang terbilang cukup panjang. Hal inilah yang membuat senar baja bisa menghasilkan suara yang lebih tajam. Bahkan beberapa genre musik juga begitu cocok untuk gitar yang menggunakan senar baja.

  • Senar Nilon

Senar nilon biasanya mampu menghasilkan suara yang begitu khas, yaitu lebih lembut dan hangat. Sehingga banyak orang menggunakan senar nilon ketika memainkan musik genre klasik atau folk.

 

4. Harga yang Ditawarkan

Sebenarnya untuk harga gitar bersifat fleksibel. Tentunya Grameds juga menyadari jika setiap kualitas selalu memiliki harga yang sebanding. Untuk mendapatkan gitar dengan kualitas terbaik, sangat mungkin dana yang dibutuhkan juga lebih tinggi.

Meski begitu, jika kalian lebih jeli dalam memilih gitar, bsa jadi dengan karakteristik gitar yang cukup mumpuni untuk menghasilkan suara berkualitas dapat kalian beli dengan harga terjangkau. Jadi, jangan takut untuk mengulik gitar yang akan dijadikan pilihan sebelum membelinya.

5. Coba Mainkan

Sebelum memutuskan untuk membelinya, kalian bisa juga lho untuk mencobanya. Rasakan bagaimana suara yang dihasilkan oleh gitar tersebut ketika kalian mencobanya. Jika memang sudah pas dan cocok, tentunya kalian tidak perlu lagi untuk ragu-ragu dalam membelinya.

Dengan beberapa tips di atas, kalian bisa dengan mudah mendapatkan gitar dengan kualitas terbaik.

tombol beli buku

Rekomendasi Merek Gitar Terbaik

Legacy Acoustic Guitar Af227 Graphic

Beli Gitar di Gramedia.com

Setelah mengetahui beberapa tips dalam memilih gitar, maka penjelasan berikutnya adalah rekomendasi merek gitar terbaik, khususnya untuk gitar akustik. Dengan mengetahui apa saja merek gitar yang bisa kalian jadikan pilihan. Setidaknya hal tersebut bisa membantu kalian memberikan gambaran umum dan bisa juga dijadikan bahan perbandingan.

1. Gitar Akustik Yamaha

https://id.pinterest.com/

Sampai saat ini banyak orang memberikan penilaian jika gitar merk Yamaha mampu memberikan kemudahan dalam proses penggunaanya. Bahkan hal seperti kemudahan dalam proses penggantian senar dan juga kostumisasi merupakan beberapa kelebihan yang membuat gitar merek Yamaha selalu populer.

Tak hanya mudah dalam proses penggunaanya saja, menariknya lagi, gitar merek Yamaha juga memberikan banyak pilihan. Hal ini tentunya akan mempermudah kalian untuk memilih gitar merk Yamaha sesuai dengan kebutuhan dan selera.

2. Gitar Akustik Gibson

https://id.pinterest.com/

Bisa dibilang gitar dengan merek Gibson memang sudah begitu melegenda. Bahkan kualitas tinggi bisa dijamin oleh gitar merk Gibson. Gitar merk Gibson sendiri berasal dari Amerika yang sudah hampir seabad melakukan produksi berbagai macam instrumen musik. Hal ini juga membuat banyak orang mempercayakan gitar merek Gibson untuk menjadi pilihan terbaiknya.

3. Gitar Akustik Fender

https://id.pinterest.com/

Jika Grameds mencari alat musik premium, maka gitar dengan merek Fender bisa dijadikan salah satu pilihan. Tentunya harga yang dibayarkan untuk gitar merek Fender akan selalu sepadan. Jaminan kualitas terbaik bisa diberikan oleh gitar merek Fender.

4. Gitar Akustik Ibanez

https://id.pinterest.com/

Jika bicara tentang merek gitar, rasanya tidak lengkap jika belum menyebut merek Ibanez. Pasalnya merek Ibanez yang berasal dari Negara Jepang ini sudah dikenal hampir di seluruh penjuru dunia.

Setiap nada yang dihasilkan oleh gitar akustik merek Ibanez selalu tidak mengecewakan. Hal ini tak mengherankan karena mulai dari bahan hingga proses pengerjaan memang benar-benar dijaga kualitasnya.

5. Gitar Akustik Jackson

https://id.pinterest.com/

Meski sedikit berada di bawah posisi gitar akustik merek Fender, tapi tetap saja gitar akustik merek Jackson tak boleh diremehkan. Pasalnya, gitar akustik merek Jackson selalu memberikan sisi uniknya tersendiri.

Bahkan karena keunikan yang diberikan oleh gitar merek Jackson bisa mendapatkan posisi tersendiri bagi para penggunanya. Beberapa musisi besar seperti John Mayer juga menggunakan gitar akustik merek Jackson.

 

tombol beli buku

6. Gitar Akustik Kramer

https://id.pinterest.com/

Selanjutnya ada merek Kramer yang bisa kalian gunakan sebagai salah satu pilihan merek gitar terbaik. Banyak orang menyebutkan jika gitar merek Kramer merupakan jenis gitar klasik terbaik. Gitar akustik merek Kramer sendiri sebenarnya dibuat di Amerika.

Namun, karena kelangkaan terkait dengan produk gitar edisi lamanya, maka gitar akustik Kramer kerap diburu oleh kolektor dengan harga yang cukup fantastis. Meski begitu untuk gitar merek Kramer edisi terbaru saat ini juga terbilang cukup terjangkau harganya.

7. Gitar Akustik Schecter

https://id.pinterest.com/

Gitar merek Schecter sampai saat ini masih kerap jadi andalan para gitaris profesional. Gitar akustik merek Schecter ini dibuat di Amerika Serikat. Harga yang diberikan oleh gitar akustik merek Schecter di pasaran juga terbilang cukup terjangkau.

8. Gitar Akustik Taylor

https://id.pinterest.com/

Dibandingkan dengan merek gitar akustik lainnya, bisa dibilang merek Taylor adalah salah satu merek gitar akustik yang tergolong masih baru di Indonesia. Meski begitu, secara keseluruhan merek Taylor untuk gitar akustik masih tetap banyak diminati.

Gitar akustik merek Taylor mampu memberikan suara yang begitu khas dan merdu. Sehingga baik pemain maupun orang yang mendengarkan akan terasa begitu nyaman ketika menikmati suara yang dikeluarkan.

9. Gitar Akustik Cowboy

https://id.pinterest.com/

Baik di Indonesia maupun di negara luar, gitar akustik merek Cowboy memang begitu banyak diminati. Gitar akustik merek Cowboy dibuat di Negara Amerika. Menariknya lagi, gitar merek Cowboy memiliki senar anti karat, sehingga para pemilik gitar akustik ini akan mendapatkan alat musik yang tahan lama.

10. Gitar Akustik Ovation

https://id.pinterest.com/

Terakhir, ada merek Ovation yang juga masih menjadi salah satu merk gitar akustik yang sampai saat ini banyak digunakan. Gitar akustik merek Ovation dibuat dengan bahan baku carbon fiber. Hal inilah yang menjadikan gitar akustik merk Ovation selalu lebih awet dibandingkan gitar akustik merek lainnya.

Beberapa rekomendasi merek gitar terbaik di atas bisa Grameds jadikan pilihan. Sebenarnya, apapun merek gitarnya jika Grameds merasa nyaman dan enak memainkannya, maka gitar tersebut bisa dibilang layaknya jodoh kalian dalam bermusik.

tombol beli buku

Tips Merawat Gitar Akustik

Memiliki gitar akustik merek terbaik mungkin impian semua orang. Namun, bukan berarti setelah memiliki sudah selesai begitu saja. Pasalnya, ada tahap perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik gitar.

Salah satu alasan pentingnya perawatan ini adalah agar gitar tetap terjaga kualitasnya sekaligus tahan lama. Lalu apa saja tips perawatan gitar akustik yang bisa lakukan? Ini dia penjelasan selengkapnya tentang tips perawatan gitar yang bisa Grameds praktikkan.

  • Simpan Gitar Akustik di Tempat Aman

Pastikan gitar yang kalian miliki berada di tempat aman dan juga terhindar dari kelalaian. Contoh mudahnya adalah hindari meletakkan gitar bersandar pada tembok karena mungkin saja gitar bisa jatuh.

Selain itu, hindari juga meletakkan gitar di area lantai. Hal ini agar menghindari jika saja gitar tersebut terinjak dan patah.

  • Perhatikan Kelembapan dan Suhu Udara

Salah satu faktor yang menyebabkan suara gitar hilang sekaligus badan gitar mejadi lapuk adalah kelembapan dan suhu. Pastikan menyimpan gitar pada area dengan suhu dan kelembapan yang stabil. Hindari menyimpan gitar pada area berdebu seperti gudang.

  • Bersihkan Gitar Secara Teratur

Membersihkan gitar secara teratur merupakan suatu kewajiban bagi pemilik gitar. Meski gitar tersebut dalam kondisi tak terpakai, tetapi tetap saja, Grameds masih harus membersihkannya secara teratur.

  • Kendurkan Senar Gitar

Mengendurkan senar gitar ketika tidak digunakan adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan oleh pemilik gitar. Senar yang terlalu kencang bisa mengakibatkan kondisi leher gitar mudah bengkok.

  • Gunakan Senar Terbaik

Tips terakhir adalah menggunakan senar dengan kualitas terbaik. Dengan menggunakan senar berkualitas terbaik, kondisi leher gitar akan tetap bisa bertahan lebih lama sekaligus lebih nyaman digunakan. Jika senar gitar dengan kondisi kurang baik, kemungkinan besar akan merusak bagian leher gitar sekaligus tangan kalian pribadi.

tombol beli buku

Dengan beberapa tips perawatan gitar di atas. Tentunya gitar pilihan kalian akan terjaga sepanjang waktu. Baik dari segi ketahanan maupun kualitas tetap bisa terjaga dengan baik.

Jika Grameds masih penasaran dengan beragam informasi terkait merek gitar terbaik dan informasi lainnya, kalian bisa mendapatkan buku-bukunya di gramedia.com. Sebab, sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Merek Gitar Terbaik

 

Written by Rifda Arum