in

10+ Rekomendasi Kado Pernikahan Istimewa dan Bermanfaat

Seperti yang kita semua tahu bahwa pernikahan adalah salah satu momen paling spesial dan juga membahagiakan untuk kedua mempelai pengantin dan keluarganya. Umumnya, momen penting itu akan dirayakan dalam sebuah acara resepsi atau pesta pernikahan yang sakral.

Ketika kita diundang ke acara tersebut, biasanya kita akan membawa kado sebagai buah tangan dan juga sekaligus hadiah untuk pengantin. Nah, supaya kado yang kita berikan tidak sia-sia, maka alangkah lebih baik jika kita mempertimbangkan barang yang akan diberikan. Lalu, kira-kira kado apa saja yang bermanfaat untuk mempelai pengantin? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Memilih Kado Pernikahan

Agar lebih mudah dalam memilih kado pernikahan yang tepat, disini kita akan memberikan beberapa tips dalam memilih kado pernikahan.

1. Pilih Berdasarkan Jenisnya

Sekarang, tak hanya bed cover saja ataupun teko set yang bisa Anda jadikan sebagai kado pernikahan. Selain itu, Anda dapat memberikan berbagai jenis kado lainnya, mulai dari barang yang bisa dipakai dalam waktu yang lama sampai makanan favorit mempelai pengantin. Untuk lebih lengkapnya, baca penjelasannya di bawah ini ya.

a. Barang yang Tidak Habis Dipakai

Jenis kado yang pertama yang bisa diberikan kepada mempelai pengantin adalah barang tidak akan habis jika sudah dipakai. Beberapa barang yang bisa Anda jadikan sebagai hadiah dan bisa dikenal dalam waktu yang lama, diantaranya:

[algolia_carousel]

Album Foto: Hadiah yang satu ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai kado pernikahan sahabat terdekat dan sudah melewati banyak momen dengan Anda. Anda dapat memberikan kumpulan foto yang sudah disusun di dalam sebuah album. Adapun alternatif lainnya yaitu Anda bisa membentuk foto tersebut menjadi sebuah pajangan yang bisa menghiasi dinding rumah mereka.

Jam Dinding Estetik: Selain berguna untuk menunjukkan waktu, jam dinding ini juga dapat digunakan sebagai hiasan yang bisa mempercantik rumah.

– Buku Tentang Pernikahan: Pernikahan adalah sebuah perjalanan baru yang akan dialami oleh pengantin. Tak ada salahnya jika Anda memberikan kado sebuah buku yang berisi tentang pernikahan sebagai dasar pengetahuan dalam mempersiapkan kehidupan berdua.

Pajangan Dinding: Ada banyak sekali jenis pajangan dinding yang bisa dipesan custom untuk nantinya dijadikan sebagai kado pernikahan. Anda bisa menambahkan foto pengantin dan juga ukiran namanya pada pajangan dinding pesanan.

b. Barang Habis Pakai

Apabila Anda ingin memberikan sebuah kado tanpa membuat penerimanya segan untuk menerima kado tersebut, maka pilihlah kado yang berupa barang habis pakai. Produk mewah habis pakai sangat cocok untuk dijadikan kado pernikahan tanpa perlu meninggalkan rasa segan. Berikut ini adalah beberapa jenis hampers yang sudah dibungkus dalam kotak yang bisa Anda jadikan sebagai kado pernikahan, antara lain:

Makanan: Anda dapat memberikan kado pernikahan berupa makanan yang sudah familiar untuk pengantinnya. Walaupun begitu, pilihlah kemasan yang terlihat mewah. Sehingga sangat cocok untuk dibawa saat acara resepsi.

Toiletries: Barang-barang berupa detergen ataupun sabun mandi dengan wangi yang menyegarkan juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat memberikan sebuah parfum ataupun produk skincare lain. Toiletries ini adalah salah satu barang yang pasti akan digunakan.

2. Pertimbangkan Barang yang Bisa Mendukung Kehidupan Pengantin Baru

Jika Anda ingin mendukung kehidupan pengantin baru, maka Anda bisa memberikan kado berupa perabotan rumah tangga. Beberapa barang yang mungkin sangat cocok untuk pengantin baru yaitu:

– Peralatan Masak: Peralatan masak memang sering dijadikan sebagai kado pernikahan, mulai dari panci set, kompor, set teflon, alat makan, sampai spatula, dan pisau set. Barang-barang tersebut sangat krusial dan pasti akan dibutuhkan untuk sehari-hari.

– Peralatan Elektronik: Selain peralatan masak, Anda juga bisa memberikan kado seperti blender, rice cooker, mixer, microwave, dan lainnya. Walaupun demikian, Anda perlu memperhatikan pilihan daya listrik yang dibutuhkan. Akan lebih aman lagi jika Anda memilih barang elektronik yang memerlukan daya listrik kecil.

– Perabotan Rumah: Sama halnya seperti memberikan kado peralatan elektronik, lebih baik Anda juga memberikan perabotan rumah yang memerlukan daya listrik yang kecil. dapun contoh perabotan rumah yang dapat dijadikan sebagai kado pernikahan antara lain, mesin cuci, vacuum cleaner, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Kado Pernikahan

Apabila Anda masih merasa kebingungan untuk memilih kado pernikahan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa ide kado pernikahan yang bisa Anda pilih.

1. Sprei atau Bed Cover

Kenyamanan kamar tidur merupakan salah satu hal yang akan sangat diperhatikan oleh pasangan pengantin baru. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita memberikan kado berupa sprei dan juga bed cover. Mengenai kenyamanan, Anda dapat memilih sprei atau bed cover yang memiliki bahan lembut dan tetap hangat saat digunakan. Untuk warnanya sendiri, Anda bisa memilih warna yang netral saja, misalnya saja warna krem, putih, biru muda, dan warna pastel lainnya.

2. Lampu Lilin Elektrik

Apabila Anda hanya mempunyai budget yang pas-pasan untuk memberikan kado pernikahan, maka Anda bisa memberikan lampu lilin elektrik ini. Kado yang satu ini terkesan unik dan masuk ke dalam kategori kado pernikahan yang terjangkau yakni dibawah 50ribu. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi dompet Anda. Adapun yang membuat lampu lilin ini terlihat unik yaitu model apinya yang menyerupai nyala lilin aslinya.

Untuk dapat menyalakan dan juga mematikan lampu lilin ini, Anda hanya perlu meniup lampu lilin elektrik ini saja. Lampu tersebut juga dijamin bebas dari asap dan juga jelaga, karena menggunakan baterai jam sebagai sumber tenaganya. Walaupun harganya tergolong terjangkau, kado yang satu ini cukup unik dan menarik. Sehingga sahabat ataupun saudara Anda pasti akan merasa sangat senang ketika menerimanya.

3. Tas dan Dompet

Tas menjadi salah satu pilihan kado pernikahan yang menarik untuk sahabat ataupun saudara perempuan. Sebab, tas sendiri termasuk barang yang mudah dicari dan mempunyai banyak sekali pilihan dari warna, merek, dan juga modelnya. Mungkin memang terkesan membingungkan karena Anda harus memilih model tas yang cocok untuk mempelai perempuan, tapi jangan lupa untuk memilih tas berdasarkan fungsi dan juga kebutuhan sahabat Anda juga ya. Selain itu, Anda juga perlu memilih tas yang memiliki kualitas baik.

Tidak harus membelikan tas branded yang original dan mewah. Anda juga bisa membelikan tas dari brand lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan tas brand luar seperti Gucci, Dior, dan lainnya. Hadiah tas ini juga Anda berikan kepada sahabat laki-laki yang akan menikah sebagai bentuk hadiah untuk istrinya.

Sedangkan untuk kado pernikahan berupa dompet mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun bila desain dompet yang Anda pilih termasuk unik, maka pasti akan sangat cocok untuk diberikan sebagai kado pernikahan. Jangan lupa juga untuk memilih motif dan juga desain yang unik sesuai dengan selera calon pengantin. Apabila ingin terlihat lebih berkesan, Anda juga bisa membuat dompet sendiri dengan rajutan ataupun memesan dompet custom.

4. Voucher

Kadang kala kita menerka-nerka, kira-kira apa yang disukai oleh teman kita dan bagaimana selera yang sesuai dengan mereka. Karena bingung, akhirnya kita hanya memberikan kado pernikahan berupa uang tunai. Namun, perlu Anda ketahui ternyata ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk memberikan fungsi yang sama tapi dengan cara yang berbeda. Yakni Anda bisa memberikan kado pernikahan berupa voucher yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Misalnya saja, Anda memberikan voucher belanja di supermarket, voucher belanja elektronik, voucher hotel, ataupun voucher makan malam romantis di restoran. Pastinya hal tersebut akan menjadi salah satu kado pernikahan terbaik untuk sahabat yang tidak pernah mereka duga sebelumnya. Selain itu, voucher juga pasti akan digunakan.

[algolia_carousel page=2]

5. Parfum

Satu botol minyak wangi atau parfum bisa menjadi salah satu rekomendasi kado pernikahan yang mengesankan, baik itu untuk pengantin perempuan ataupun laki-laki. Ditambah lagi jika Anda bisa mencocokkan aroma parfum dengan selera mereka. Selain minyak wangi untuk tubuh, Anda juga bisa memberikan satu set alat aromaterapi atau diffuser.

Tak hanya berguna untuk mengharumkan ruangan, aromaterapi juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Dimana aromaterapi ini akan bekerja melalui indra penciuman dengan merangsang hipotalamus yang ada di dalam otak untuk memproduksi hormon serotonin, yaitu hormon yang bisa memperbaiki suasana hati.

Menurut The International Journal of Childbirth Education, aromaterapi ini dapat mengatasi berbagai macam kondisi seperti stretch mark, morning sickness, wasir, varises, kelelahan, gelisah, depresi, dan juga nyeri. Tak hanya itu saja, beberapa penelitian juga mengungkapkan berbagai manfaat positif dari aromaterapi. Mulai dari bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan imun tubuh, dan membantu mengurangi stres.

6. Barang-barang Couple atau Berpasangan

Seperti yang kita pahami bahwa di masa awal pernikahan pasti menjadi waktu yang paling romantis untuk pasangan pengantin. Tidak jarang, pasangan tersebut ingin menggunakan benda yang serasi sebagai salah satu ungkapan rasa cinta dan kasih sayang.

Anda dapat memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan kado pernikahan berupa barang-barang yang berpasangan. Pilihlah benda yang bisa digunakan sehari-hari, misalnya saja mug, sikat gigi, jam tangan, sandal rumahan, dan juga baju tidur. Tidak harus identik, Anda dapat memainkan kombinasi warna ataupun corak dari barang yang akan Anda berikan.

7. Custom Gift

Kado pernikahan yang tergolong murah dan dapat Anda pilih adalah custom gift. Hal tersebut pastinya akan menjadi salah satu kado pernikahan untuk sahabat yang mengesankan. Mereka pasti akan melihat usaha dan juga ketulusan Anda dalam memberikan hadiah, karena barang tersebut dibuat khusus untuk mereka.

Tidak perlu barang yang mewah dan mahal, Anda bisa menyesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan. Misalnya, Anda bisa memesan handuk dengan nama pasangan pengantin, notebook dengan foto mereka, bantal ataupun selimut dengan ukiran nama mereka, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyisipkan pesan di dalam kartu ucapan supaya semakin istimewa.

8. Dekorasi Rumah

Selain mengisi perabotan untuk rumah baru, menghias rumah adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan bagi pasangan pengantin baru. Sehingga dekorasi rumah ataupun hiasan rumah dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan kado pernikahan untuk teman yang sangat bermanfaat. Anda dapat menyesuaikan dengan selera mereka ataupun menyesuaikan dengan interior rumahnya.

Apabila Anda kurang tahu mengenai selera mereka dengan setail, maka Anda bisa menyiapkan dekorasi yang bersifat umum. MIsalnya saja, pigura yang unik, jam dinding estetik, lampu tidur, dan lain sebagainya.

9. Perlengkapan Rumah Tangga

Apabila teman Anda ternyata belum menyiapkan isian untuk rumah setelah menikah, maka perlengkapan rumah tangga akan cocok untuk dijadikan sebagai kado pernikahannya. Misalnya saja peralatan memasak, peralatan makan, barang elektronik, peralatan bersih-bersih, kompor, dan lainnya. Kado pernikahan yang satu ini sangat berguna apabila Anda berencana memberikan hadiah secara kolektif. Misalnya saja atas nama instansi ataupun iuran bersama dengan teman-teman Anda. Sebab, selain bisa dilakukan secara patungan, barang yang diperoleh juga cenderung lebih banyak dan lebih bermanfaat.

10. Vas Bunga Homemade

Apabila Anda masih bingung memberikan kado pernikahan untuk teman yang murah namun tetap bermanfaat, maka Anda memilih vas bunga ataupun pajangan dari tanah liat yang lucu dan juga unik. Anda dapat menjadikan pajangan tersebut sebagai kado pernikahan yang murah meriah. Terlebih lagi, sekarang ini koleksi tanaman memang sedang tinggi peminatnya. Anda dapat membuat pajangan ataupun vas bunga menggunakan tanah liat buatan sendiri.

Pastinya, vas bunga buatan sendiri ini akan menjadi salah satu kado pernikahan sahabat yang sangat berkesan dan nantinya akan dipajang di rumah pengantin. Namun jika Anda tidak ingin repot membuatnya sendiri, Anda bisa membelinya di toko pengrajin yang membuat peralatan rumah tangga menggunakan tanah liat. Anda hanya perlu memilih konsep dan juga bentuk yang Anda inginkan.

11. Tiket Bulan Madu

Pernahkah Anda berpikir untuk memberikan kado pernikahan berupa tiket bulan madu? Jadi, tiket bulan madu ini bisa menjadi salah satu kado pernikahan untuk sahabat yang paling mengesankan. Anda bisa memberikan kado ini untuk sahabat yang tidak bisa dilupakan untuk mereka. Tiket bulan madu ini menjadi salah satu ide yang sangat menarik yang bisa Anda coba.

Jika calon pengantin menyukai suasana pantai, maka Anda bisa memilih tempat wisata seperti Bali, Lombok, ataupun Labuan Bajo. Apabila mereka lebih menyukai pemandangan kota, maka Anda bisa memilih destinasi wisata seperti Yogyakarta ataupun kota lainnya yang identik dengan kuliner dan pemandangan kotanya.

Demikian penjelasan mengenai rekomendasi berbagai macam kado pernikahan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah