in

Rekomendasi Film Zombie Korea ini Seru dan Menegangkan!

Film zombie Korea – Kepopuleran drama korea belakangan ini sepertinya membuat banyak pihak produksi membuat sejumlah drama maupun film Korea yang kualitasnya sangat bagus.

Bahkan, ada beberapa judul drama maupun film Korea yang berhasil menuai kesuksesan di dunia internasional, seperti Squid Game, Hospital Playlist, dan Parasite. Selain drama atau film dengan genre romansa dan komedi, salah satu genre yang kini tengah menjadi sorotan adalah film zombie Korea.

Film zombie korea

Zombie dalam drama atau film hanyalah sebuah kisah fiksi yang mengusung genre thriller. Drama atau film zombie korea hanyalah kisah fiksi yang diibaratkan seperti mayat hidup. Berbeda dengan monster, zombie adalah mayat hidup yang mengejar dan memangsa siapapun yang ditemuinya.

Ingat dengan kisah Victor Frankenstein? Seorang ilmuwan yang terobsesi pada asal muasal kehidupan, sehingga ia mencari cara untuk memberi nyawa pada sebuah benda mati. Pemuda cerdas ini menciptakan manusia dari hasil potongan-potongan mayat yang Ia curi.

Namun, ternyata di luar dugaan, makhluk yang Ia beri nyawa itu amatlah buruk rupa. Makhluk itu bukan manusia, melainkan monster! Grameds bisa membaca kisahnya di buku ini.

https://www.gramedia.com/products/english-classics-frankenstein?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/english-classics-frankenstein?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kesuksesan film zombie Korea Train to Busan, membuat banyak sineas yang memproduksi drama dan film dengan tema yang sama. Drama atau film zombie korea tidak hanya menyajikan ketegangan bagi penontonnya. Cerita yang unik dan bikin penasaran pun membuat drama atau film zombie Korea ini memiliki tempat di hati penggemarnya.

Film zombie korea

Tidak heran, saat ini banyak yang menikmati hari libur bersama keluarga atau pasangan di rumah dengan menonton drama atau film zombie Korea pun menjadi pilihan untuk ditonton bersama. Drama dan film zombie Korea bisa membuat kita penontonnya deg-degan habis!

Pasalnya, kehadiran sebuah makhluk yang kembali hidup dari kematiannya memiliki sensasi berbeda dengan film horor. Adanya nuansa seram karena rupa zombienya yang menyeramkan, hingga mendebarkan karena selalu ada aksi kejar-kejaran yang membuat penontonnya semakin penasaran.

Nah, kira-kira apa saja nih drama atau film zombie Korea yang nggak boleh Grameds lewatkan? Berikut beberapa drama dan film zombie Korea yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Yuk, langsung saja dicek!

Rekomendasi Film Zombie Korea

1. Train to Busan

Film zombie korea
Sumber: IMDb.com

Film zombie Korea yang satu ini menjadi sangat ikonik, sampai dibuat ulang oleh studio di Amerika. Gong Yo yang berperan sebagai seorang ayah, naik kereta api Bersama dengan putrinya yang masih kecil dari Seoul menuju ke Busan.

Siapa sangka, dalam perjalanan kereta yang mereka tumpangi itu diserang oleh kawanan zombie. Bersama dengan para penumpang lainnya mereka harus berjuang untuk bisa bertahan hidup.

Di 15 menit pertama, film ini menggoda para penonton dengan ancaman zombie yang seperti bayangan. Para zombie menerjang dengan cepat ke seluruh platform dan laporan berita yang tidak menyenangkan mengenai kerusuhan yang ada di ibu kota.

Film zombie biasanya memiliki peringkat yang tidak terlalu menakutkan dalam skala yang mengerikan, karena cara jalan zombie yang lambat. Tapi, di film zombie Korea Train to Busan ini justru yang lebih diperlihatkan adalah sisi keegoisan manusia.

Kekacauan tidak hanya terjadi di dalam kereta saja, tetapi juga di berbagai kota besar di Korea Selatan yang menjadi berantakan. Dan salah satu kota yang masih aman untuk dituju adalah Busan.

Alur film zombie Korea ini bergerak sangat cepat pada setiap detiknya. Ketika menonton, pasti akan merasa tercengang dan tegang karena kondisi yang ditampilkan tidak hanya menunjukkan sesuatu yang menakutkan, tetapi juga romantisme yang membuat sedih di beberapa bagian film zombie Korea ini.

2. All of Us Are Dead

Film zombie korea
Sumber: Kompas.com

All of Us Are Dead bercerita tentang sekelompok siswa SMA Hyosan atas yang harus mencoba bertahan hidup saat virus zombie mulai menyebar di sekolah mereka. Sekelompok siswa – On Jo (Park Ji Hu), Cheong San (Yoon Chan Young), Nam Ra (Cho Yi Hyun) dan Su Hyeok (Lomon) berada di situasi yang menegangkan. Kejadian tersebut membuat para siswa dan guru yang ada di sekolah berlomba untuk menyelamatkan diri dari serangan zombie.

Sejumlah siswa yang sudah terinfeksi berubah menjadi zombie ganas dan menyerang para siswa lainnya. Para siswa harus mencoba untuk bertahan hidup dalam ruang yang terbatas. Sialnya, penyebaran virus zombie sangatlah cepat dan membuat banyak korban yang berjatuhan dan mereka tidak berhasil bertahan hidup.

Di lain sisi, warga kota juga turut mencoba untuk menyelamatkan mereka yang terjebak di sana. Semakin banyaknya orang yang terinfeksi, pihak berwenang menyatakan kota kini dalam keadaan gawat darurat. Kota seketika terisolasi di tengah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah.

Berlatar lokasi sekolah yang menjadikan serial drama Korea ini unik dan berbeda dengan serial atau film zombie Korea pada umumnya. Karena berlatar belakang utama di sekolah, para siswa harus bertahan hidup melawan pasukan zombie tanpa memiliki senjata seperti pistol atau senapan.

Tanpa ponsel, makanan, juga pengawasan orang dewasa, mereka melawan zombie satu per satu. Dengan begitu, siswa beserta orang-orang yang berada di dalamnya dipaksa untuk menyelamatkan diri dengan cara yang berbeda. Para siswa berupaya melawan zombie menggunakan barang-barang yang ada di sekolah, seperti kursi dan meja.

Drama ini diadaptasi dari webtoon ini popular dengan judul Now At Our School. Kalau Grameds ingin menemukan cerita tentang zombie yang berlatar di sekolah, kamu juga bisa lho membaca Sekolah Zombie: Komik Fantasteen The Series.

Buku ini bercerita tentang adanya sebuah benda angkasa yang mendarat dan meledak di sebuah desa. Setelahnya, banyak orang yang mulai bertingkah sangat aneh, mereka saling menyerang, juga saling bertarung. Seolah jiwanya sudah tidak ada lagi di dalam tubuhnya. Tempat mereka bisa bertahan hanya satu, yaitu sekolah yang letaknya sangat jauh dari pedesaan.

https://www.gramedia.com/products/sekolah-zombie-komik-fantasteen-the-series?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sekolah-zombie-komik-fantasteen-the-series?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Alive

Film zombie korea
Sumber: IMDb.com

Perhatian kepada semua warga negara harus tinggal di rumah saja dan tidak boleh ke luar.” Kalimat ini tidak asing lagi bukan? Meskipun terdengarnya seperti itu, tapi ini bukan imbauan untuk “tinggal di rumah saja” terkait dengan situasi Covid-19 saat ini. Sebaliknya, itu merupakan kalimat yang utama dari film zombie korea yang berjudul Alive.

Film ini dibintangi oleh Yoo Ah-in sebagai Joon-woo dan Park Shin-hye sebagai Yoo-bin, di mana film zombie Korea ini menggambarkan dua orang milenial Seoul yang terisolasi, harus berjuang untuk bertahan hidup dari wabah zombie.

Film ini berlatar di sebuah apartemen, di mana dalam waktu beberapa menit zombie mulai menginfeksi banyak penghuni Gedung yang ditempati oleh Joon-woo. Joon-woo merupakan anak muda yang lebih senang bermain game dan media sosial dari pada berkelana keluar bertemu dengan banyak orang.

Saat sedang bermain game, ponsel Jun-woo berdering, berisi peringatan darurat dari ponsel cerdasnya itu, yang memintanya untuk mengintip ke luar melalui jendela. Jun-woo kaget karena zombie telah menguasai lingkungan padat penduduk di sekitarnya.

Setelah mengetahui bahwa gedungnya tidak aman, Ia cepat-cepat membarikade dirinya sendiri di apartemennya, serta mematuhi siaran pemerintah untuk tinggal di rumah saja.

Film zombie Korea Alive sebagian besar bercerita tentang Joon-woo dan Yoo-bin yang berusaha tetap aman dan waras di tengah isolasi diri. Joon-woo dan Yoo-bin adalah generasi milenial yang paham teknologi, dan itu membantu mengilhami film zombie Korea Alive dengan alunan awet muda.

Film zombie Korea Alive, pada durasi 30 menit berikutnya sebagian besar berisi tentang Joon-woo yang mencoba untuk tetap waras dan aman di tengah isolasi diri. Selama isolasi diri, Ia menghabiskan waktu dengan tetap bermain game, menonton siaran langsung, Ia juga menerbangkan drone untuk melihat pemandangan kehancuran yang disebabkan oleh para zombie di jalan.

Lama kelamaan internet terputus, persediaan makanan hampir habis, Ia pun kehilangan harapan. Di titik inilah ia bertemu dengan Yoo-bin, wanita penghuni apartemen seberang. Keduanya mulai berkomunikasi dengan cara memproyeksikan kata-kata di layar ponsel pintar mereka. Mereka pun menjadi sekutu untuk bertahan hidup.

Serial ini menggambarkan perjuangan melawan wabah zombie dengan versi anak muda yang paham akan teknologi terkini.

4. Kingdom

Film zombie korea
Sumber: IMDb.com

Film zombie Korea selanjutnya yang wajib kamu tonton adalah Kingdom musim 1 dan 2. Mirip seperti serial drama, film zombie korea ini hadir dalam 6 episode pada musim pertama dan keduanya. Film zombie Korea Kingdom dianggap sebagai salah satu drama korea terbaik yang bercerita tentang zombie.

Mengambil latar waktu pada periode pemerintahan Joseon, film zombie korea ini menceritakan tentang Putra Mahkota Lee Chang saat ia mencoba menemukan cara untuk menghentikan penyebaran wabah yang misterius, yang mengubah rakyatnya menjadi zombie, sekaligus mengungkap konspirasi politik.

Sebuah konspirasi yang menyebabkan penyakit pada ayahnya dan pemberontakan dari dalam dinasti. Film zombie korea Kingdom juga menjalin sedikit hal supernatural saat wabah dapat menghidupkan kembali orang meninggal sebagai monster yang haus darah.

Pada Kingdom musim 1, dimulai dengan adanya rumor tentang kematian raja Joeseon yang tidak lagi terlihat di luar tembok istana selama lebih dari satu minggu lamanya. Selebaran muncul ditempel di Hanyang, mengumumkan tentang kematian raja dan menyerukan penobatan langsung putra mahkota, Lee Chang.

Tapi, orang-orang di dalam istana mengklaim bahwa raja hanya sakit, tidak mati. Akan tetapi, penderitaannya telah mengubahnya menjadi sesuatu yang sangat mengerikan. Sementara itu, warga di sebuah kota kecil, bagian provinsi selatan tanpa sadar tertular penyakit yang mirip dengan penyakit yang melanda sang raja dan mengalami mati mendadak.

Plot dalam film zombie Korea Kingdom bergerak sangat cepat dan sangat menarik. Para zombie secara bergerumul, sekana haus akan daging manusia, menyerang berbagai wilayah, seperti hutan, sungai, lalu berakhir di wilayah kerajaan. Serangan zombie seperti film zombie korea Kingdom juga ada di dalam buku Jelajah Pengetahuan: Serangan Zombie.

Buku Jelajah Pengetahuan: Serangan Zombie bercerita tentang seseorang Doktor yang dikirimi sebuah video permintaan tolong oleh teman lamanya, yaitu Yabin. Doktor Da Vinci memutuskan untuk masuk ke dalam situasi yang berbahaya itu. Oleh karena itu, Dokter Da Vinci dan tim X-Venture langsung segera berangkat menuju hutan rimba Ramdi.

Tapi, mereka belum tahu bahwa teman lamanya yang mengirimi mereka video ternyata telah lama meninggal. Sementara di tengah rimba yang gelap itu, mereka mengalami serangan zombie yang sudah kehilangan akal sehat dan tidak lagi memiliki rasa sakit.

https://www.gramedia.com/products/jelajah-pengetahuan-serangan-zombie?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jelajah-pengetahuan-serangan-zombie?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5. Peninsula

Film zombie korea
Sumber: Google.com

Peninsula adalah film zombie Korea yang merupakan sekuel dari Train to Busan. Film ini berhasil menyabet label bergengsi di Cannes 2020. Film ini dibintangi oleh sederet bintang Korea seperti Gang Dong Won, Lee Jung Hyun, Kwon Hae Hyo, Kim Min Hae, dan Lee Ye Won.

Film zombie Korea Peninsula merupakan lanjutan dari kisah Train to Busan, di mana teror zombie bagi warga Korea masih terus berlanjut. Film ini mengisahkan sekelompok warga yang selamat dari serangan zombie di Korea Selatan pada tahun 2016. Salah satunya Jung Seok, mantan angkatan bersenjata yang telah berhasil menyelamatkan diri dari kawasan yang terinfeksi zombie.

Kemudian Jung Seok harus kembali ke kawasan terinfeksi zombie untuk menyelesaikan sebuah misi dengan sebuah imbalan yang sangat besar. Misi tersebut merupakan sebuah perintah untuk mendapatkan truk penuh uang yang dikuasai oleh segerombolan zombie.

Dalam perjalanan, ia bertemu sebuah keluarga dengan seorang anak kecil yang membutuhkan tumpangan, namun menolaknya. Di tempat lain, di kabin kapal seseorang terinfeksi berubah menjadi zombie yang kemudian menginfeksi banyak orang.

Saat sedang menjalankan misinya, Jung Seok juga menyelamatkan beberapa orang yang masih hidup dan terbebas dari zombie, tapi sayangnya ia malah terjebak di Peninsula, semenanjung Korea. Itu yang membuatnya harus bertempur dengan para zombie yang semakin ganas dan juga sekelompok militer yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Film zombie Korea Peninsula ini menampilkan banyak adegan baku tembak dan kejar-kejaran mobil yang seru banget, lho!

6. Rampant

Film zombie korea
Sumber: IMDb.com

Film zombie Korea ini mengambil latar selama era Joseon. Film zombie Korea ini hadir satu tahun sebelum film zombie Korea Kingdom. Film ini mengisahkan antara pangeran yang diasingkan dengan latar belakang seseorang yang menyebarkan wabah zombie, di mana seorang perompak tiba-tiba pulang dalam keadaan yang tidak terkendali. Dia makan secara rakus dan mudah haus. Pada malam harinya, menjadi lebih mengerikan karena ia memakan anak sekaligus istrinya sendiri.

Di lain tempat, putra mahkota yang diperankan oleh Tae-woo Kim, melihat ada banyaknya korupsi di pengadilan ayahnya dan memimpin pemberontakan rahasia. Di situlah, para pemberontak pangeran mengadakan pertemuan dengan seorang pedagang senjata Belanda untuk mengamankan senjata agar proses pemberontakannya berjalan dengan lancar.

Seseorang yang terkunci di dalam kapal pedagang senjata terinfeksi virus dan menjadi zombie. Menteri kekaisaran istana kemudian menggunakan infeksi virus zombie untuk membuat kerajaan menjadi kacau supaya Ia bisa naik tahta.

Kekacauan pun dengan cepat menyebar ke seluruh negeri. Nah, situasi ini dimanfaatkan oleh seorang menteri untuk melakukan pengkhianatan. Menonton karakter, plot, dan skema film zombie Korea ini akan membuat kita berpikir bahwa pergolakan politik tidak akan pernah semenarik ketika melihat invasi zombie.

Itulah beberapa rekomendasi film zombie Korea yang sayang sekali kalau #SahabatTanpaBatas lewati. Jangan lupa siapkan cemilan supaya menonton drama dan film zombie Koreanya menjadi lebih seru. Kamu juga bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca buku atau novel serupa tentang zombie atau monster yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi