in

25 Macam Alat Transportasi Darat, Laut, dan Udara

Macam-macam Alat Transportasi – Transportasi merupakan sebuah sarana yang diciptakan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan aktivitas, baik itu di darat, laut, dan juga udara. Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini sudah ada macam-macam alat transportasi yang dapat memudahkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Alat transportasi di dunia ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing dan semuanya menghubungkan satu sama lain. Namun, semua transportasi berguna untuk meringankan beban manusia dalam melakukan kegiatannya.

Tapi, apakah kamu mengetahui pengertian alat transportasi? Jadi, alat transportasi adalah suatu benda yang dapat bergerak dan mampu mengangkut benda dan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Terdapat banyak sekali alat transportasi yang ada di seluruh dunia, mulai dari transportasi darat, laut, dan juga udara.

Agar kita mengenal macam-macam transportasi secara lebih detail. Yuk simak penjelasannya di bawah ini. Penulis akan menjelaskan berbagai macam alat transportasi yang ada di dunia ini.

Macam-macam Alat Transportasi Darat

Transportasi darat merupakan semua bentuk transportasi atau kendaraan yang digunakan di jalan untuk mengangkut barang dan juga penumpang. Jenis transportasi yang satu ini tergolong yang paling dominan dibandingkan dengan transportasi laut serta udara, khususnya di Indonesia.

Jika menelusuri sejarah singkat tentang transportasi darat di Indonesia, kita akan menemukan bahwa transportasi kita banyak dipengaruhi oleh Belanda ketika menjajah Indonesia. Dahulu, masyarakat Indonesia hanya mengandalkan kuda, pedati, gerobak, serta becak sebagai angkutan barang hingga pribadi.

Perkembangan transportasi darat yang dapat kita rasakan hingga saat ini adalah adanya kereta api serta infrastruktur jalan yang ada di sepanjang Pulau Jawa. Seiring berkembangnya zaman, semua moda transportasi jadul telah tergantikan dengan transportasi modern. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan zaman, kebijakan politik dan juga kemajuan teknologi.

Selain itu, penemuan roda juga menjadi cikal bakal perkembangan transportasi darat dan memberikan pengaruh cukup besar pada semua moda transportasi, baik itu darat maupun udara. Bahkan sampai saat ini, beberapa transportasi darat dibedakan bergantung dengan jumlah roda dan jenis roda yang digunakan.

Terdapat beberapa jenis transportasi darat yang dapat kamu temui di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa jenis transportasi darat yang ada di Indonesia. Simak informasinya di bawah ini:

1. Sepeda

sepeda - alat transportasi darat

Siapa si yang tidak tahu sepeda? Moda trasnportasi ini merupakan alat transportasi yang paling sederhana tanpa menggunakan mesin. Hadirnya sepeda telah dikenal sejak zaman dulu kala sampai sekarang. Fungsi sepeda tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi pribadi dan pengangkut barang yang berskala ringan. Namun, sekarang ini sepeda sudah menjadi salah satu gaya hidup yang bisa menentukan strata sosial seseorang.

2. Delman

delman - alat transportasi darat

banner-promo-gramedia

Transportasi yang satu ini merupakan salah satu transportasi tradisional yang sudah ada sejak dulu. Biasanya, delman digunakan untuk mengangkut penumpang. Namun sekarang ini, delman hanya ada di beberaa daerah tertentu saja, misalnya Semarang, Yogyakarta, Solo, Magelang, dan lainnya. Sedangkan di kota lainnya, delman hanya digunakan untuk trasnportasi hanya dijadikan kendaraan wisata.

Transportasi ini tergolong ke dalam trasnportasi darat yang menggunakan tenaga kuda untuk menarik kereta. Kapasitas penumpang delman maksimal hanya sampai 4 -6 orang saja.

3. Sepeda Motor

Sepeda Motor - Alat transportasi darat

Sekarang ini, sepeda motor telah menjadi moda transportasi yang paling populer di Indonesia. Jika kamu perhatikan, hampir semua orang kini memiliki sepeda motor untuk membantu semua kegiatan mereka. Mayoritas orang kini memanfaatkan sepeda motor untuk mengakomodir mobilitas mereka. Sebab ukuran trasnportasi ini tergolong sederhana, harganya terjangkau, dan perawatannya mudah.

Sepeda motor menggunakan bahan bakar BBM sebagai penggerak mesin. Namun perlu kamu pahami, bahwa dalam menggunakan transportasi ini ada beberapa hal yang perlu kamu penuhi, yaitu mempunyai SIM C, dokumen yang lengkap, dan juga keahlian berkendara guna mencegah kecelakaan.

4. Becak

Becak alat transportasi darat

Transportasi yang satu ini masih eksis hingga sekarang di beberapa daerah di Indonesia. Becak merupakan transportasi tradisional roda tiga. Cara kerja trasnportasi ini adalah dengan menggunakan tenaga manusia, yaitu dikayuh oleh supirnya, kemudian penumpang berada di bagian depan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, becak juga semakin inovatif. Dimana sekarang ini, becak sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia. Melainkan digerakkan menggunakan sepeda motor. Tak hanya di Indonesia, becak juga mudah ditemui di negara lain seperti India, Vietnam, dan juga Malaysia.

5. Bajaj

Bajaj alat transportasi darat

Bajaj adalah transportasi umum yang menggunakan mesin sebagai penggeraknya. Moda trasnportasi ini memiliki ciri khas yaitu beroda tiga dan memiliki bunyi yang cukup berisik. Di Kota Jakarta, bajaj masih diizinkan beroprasi, namun hanya di beberapa daerah saja.

6. Mobil

Mobil - Alat transportasi darat

Mobil adalah transportasi roda 4 yang mengandalkan mesin sebagai penggeraknya. Kapasitas penumpang di dalam mobil mencapai 4-8 orang, bergantung dengan jenis serta mereknya. Selain dijadikan sebagai moda transportasi pribadi, mobil juga banyak digunakan sebagai angkutan umum. Syarat untuk mengemudi mobil adalah memiliki SIM A.

7. Bus

bus - alat transportasi darat

Bus merupakan alat transportasi massa yang memiliki roda berjumlah 8. Transportasi ini bergerak dengan mengandalkan mesin dan berukuran cukup besar. Kapasitas maksimal dalam bus bisa mencapai lebih dari 60 orang, bergantung jenis dan tipe busnya.

Di Indonesia sendiri ada beragam jenis bus yang bisa kamu temukan. Mulai dari bus pariwisata yang mengangkut wisatawan, bus antar kota, bus trans, dan lainnya. Kalau kamu, sudah pernah naik jenis bus yang mana?

8. Truk

Truk - alat transportasi darat

Sama seperti bus, truk juga dilengkapi dengan roda yang berjumlah delapan. Hanya saja, transportasi ini digunakan untuk mengangkut barang berat, seperti bahan bangunan, kayu, dan barang berat lain. Untuk dapat mengendarainya, kamu perlu memiliki beberapa syarat seperti SIM B, kartu KIR, hingga izin operasi.

9. Kereta Api

kereta api - alat transportasi darat

Berbeda dengan alat transportasi darat lainnya, kereta api adalah alat transportasi massa yang menggunakan mesin diesel untuk penggeraknya. Roda kereta api terbuat dari besi baja dan menempel di rel.

Untuk kapasitasnya sendiri, kereta api merupakan moda trasnportasi darat yang mampu menampung ratusan penumpang dalam sekali jalan. Jenis kereta api dibagi menjadi dua yaitu kereta api untuk mengangkut penumpang dan kereta api untuk mengangkut barang.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Macam-macam Alat Transportasi Laut

Alat transportasi laut merupakan segala jenis moda tranportasi yang beroprasi di lautan. Moda transportasi ini dibagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika menilik transportasi laut di Indonesia, maka kamu akan menemukan beberapa jenis transportasi laut yang biasanya digunakan untuk kepentingan umum. Namun, ada juga yang digunakan untuk kepentingan khusus saja. Berikut in adalah macam-macam alat trasnportasi laut yang ada di Indonesia:

1. Kapal Barang

Kapal barang - alat transportasi laut

Sesuai dengan namanya, kapal ini berfungsi sebagai moda transportasi laut pengangkut barang. Namun, barang-barang idangkut di kapal ini umumnya adalah barang impor atau ekspor. Barang tersebut nantinya akan dibawa dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya di seluruh dunia.

2. Kapal Penumpang

kapal penumpang - alat transportasi laut

Berbeda dengan kapal barang, kapal yang satu ini merupakan moda transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Jika menilisik sejarah kapal pada zaman dahulu, alat transportasi ini digunakan sebagai pilihan utama bagi mereka yang hendak berangkat haji dan umroh.

Alat transportasi ini masih digunakan hingga sekarang. Biasanya, kapal jenis ini dijadikan sebagai transportasi alternatif mereka yang ingin mudik dan harus menyeberang pulau. Untuk kapasitasnya sendiri, kapa penumpang umumnya bisa menampung hingga ratusan penumpang.

3. Kapal Feri

kapal feri - alat transportasi laut

Alat transportasi laut yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan kapal penumpang. Namun yang membedakan, kapal feri memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada kapal penumpang. Selain bisa mengangkut penumpang, kapal feri juga bisa digunakan untuk mengangkut alat-alat transportasi darat. Misalanya mobil, truk, motor, dan lainnya.

4. Kapal Penangkap Ikan

kapal penangkap ikan

Moda transportasi ini umumnya digunakan oleh para nelayan penangkap ikan. Terutama jika para nelayan ingin menangkap ikan dalam jumlah yang besar. Kapal ini dilengkapi dengan bilik khusus yang digunakan untuk menyimpan ikan-ikan hasil tangkapan. Dimana bilik tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan mesin pendingin. Fungsi mesin pendingin itu adalah untuk membuat ikan bisa tetap segar dan fresh hingga kapa sampai di pelabuhan.

5. Kapal Tunda

Kapal tunda

Biasanya, jenis kapal ini bisa kamu temukan di pelabuhan yang tergolong sempit. Fungsi dari kapal ini adalah untuk menarik kapal besar ketika ingin berlebuh maupun ingin meninggalkan pelabuhan. Meski tergolong kecil, kapal ini justru memiliki kekuatan yang cukup besar. Dimana satu kapal tunda bisa menarik kapal besar.

6. Kapal Penyelamat



Kapal penyelamat

Alat transportasi yang satu ini bisanya digunakan untuk membantu orang-orang yang mengalami musibah di tengah lautan. Misalnya kapal yang mengangkut banyak penumpan dan mengalami tenggelam. Kapal yang satu ini selalu siap membantu meski cuaca di laut masih buruk.

7. Kapal Tanker

Kapal Tanker

Kapal Tanker merupakan alat transportasi laut yang memiliki ukuran yang besar. Fungsi dari kapal ini adalah untuk mengangkut minyak. Dalam proses pengoperasiannya, kapal ini dikendalikan oleh sistem yang berasal dari komputer, serta sistem navigasi yang berbasis satelit.

Kapal yang satu ini dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukuran dan kapasitasnya. Terdapat kapal tanker yang berukuran sangat besar dan mampu membawa muatan minyak sebanyak satu juta barel.

8. Kapal Perang

Kapal Perang

Kapal perang merupakan salah satu jenis kapal yang digunakan untuk kepentingan khusus, yaitu untuk berperang. Terdapat beberapa jenis kapal perang. Salah satunya yaitu kapal induk. Kapal tersebut berguna untuk membawa berbagai alat tempur udara. Kapal induk memerlukan banyak kapal tunda. Khusunya ketika ingin berlabuh dan juga meninggalkan pelabuhan. Hal tersebut tidak terlepas dari ukurannya yang cukup besar dibandingkan kapal pada umumnya.

Macam Alat Transportasi Udara

Jenis transportasi yang satu ini adalah alat transportasi yang beroperasi di udara. Sama halnya seperti transportasi darat dan laut, transportasi udara juga memiliki berbagai fungsi, bergantung dengan jenis transportasi itu sendiri.

Transportasi udara dibagi menjadi beberapa jenis bergantung dengan fungsinya masing-masing. Di pembahasan kali ini, penulis akan membagikan informasi mengenai macam-macam alat transportasi udara yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Pesawat Penumpang Sipil

Alat transportasi udara pertama yang akan kita bahas adalah pesawat penumpang sipil. Sesuai dengan namanya, pesawat tersebut berguna untuk mengangkut penumpang dari golongan sipil atau non militer. Kapasitas penumpang di pesawat ini mencapai  500 orang.

2. Pesawat Eksperimental

Seperti namanya, pesawat yang satu ini merupakan pesawat yang sedang melakukan uji coba penerbangan. Jenis transportasi udara tersebut memiliki bentuk serta mesin yang berbeda dengan pesawat biasanya. Sebab, pesawat ini hanya digunakan untuk uji coba saja.

3. Pesawat Militer

Sesuai dengan namanya, pesawat militer umumnya digunakan untuk kepentingan dan kebutuhan militer. Alat transportasi yang satu ini dibagi menjadi tiga jenis. Mulai dari pesawat tempur, pesawat tempur latih, dan juga pesawat intai. Ketiga pesawat tersebut hanya digunakan saat dibutuhkan disituasi genting, yaitu saat perang atau bertempur.

4. Pesawat Angkut

Fungsi dari pesawat jenis ini adalah untuk mengangkut barang melalui udara. Pesawat ini biasanya disebut juga sebagai pesawat kargo, dimana dapat digunakan oleh golongan militer ataupun warga sipil. Khusus untuk golongan militer, pesawat ini umumnya akan digunakan untuk mengangkut kendaraan, senjata, dan juga tentara.

5. Pesawat Piston

Jenis transportasi udara yang satu ini mempunyai kapasitas penumpang hanya 3 sampai 8 orang saja. Sebab, pesawat ini umumnya hanya digunakan untuk penerbangan jarak dekat. Selain itu, pesawat ini juga digunakan untuk kepentingan khusus saja. Misalnya untuk foto udara, latihan penerbangan, atau penyemprotan udara.

6. Pesawat Turbofan

Jenis pesawat yang satu ini merupakan pasawat jet yang menggunakan turbofan sebagai mesin penggeraknya. Pesawat turbofan bekerja dengan cara menghirup udara. Kemudian udara yang sudah dihirup dipadatkan oleh kompresor dan kemudian dibakar.

Dari hasil pembakaran tersebut nantinya akan digunakan untuk memutar turbin bertekanan tinggi. Setelah itu dikembangkan lagi dengan turbin yang memiliki tekanan rendah. Kemudian dari situ akan terbentuk gas pembakaran yang keluar melalui noise.

Terdapat dua bentuk pesawat yang menggunakan mesin turbofan, antara lain:

  • Airline

Ini merupakan pesawat jet yang menggunakan mesin turbofan dan digunakan untuk kepentingan komersial. Pesawat ini mempunyai kapasitas 50 hingga 500 penumpang. Selain itu, pesawat ini juga dapat membawa penumpang untuk melakukan perbangan jarak jauh.

  • Jet Exclusive

Jet ini merupakan pesawat yang menggunakan mesin turbofan dan dipakai untuk golongan tertentu. Misalnya para pelaku bisnis kelas atas. Umumnya mereka akan menggunakan pesawat ini untuk kebutuhan bisnis. Jet ini dapat terbang dalam jarak mengenah hingga jauh. Kemudian, pesawat tersebut juga mampu menampung penumpang dengan jumlah 4 hingga 16 orang saja.

7. Pesawat Turboprop

Jenis pesawat yang satu ini memiliki kapasitas penumpang yaitu 4 hingga 70 orang. Selain itu, pesawat ini hanya digunakan untuk penerbangan selama 2 hingga 4 jam saja. Pengoperasian pesawat ini hampir mirip dengan pesawat turbofan.

Kemudian, perbedaan antara pesawat turboprop dan pesawat turbfan terletak di bahan bakarnya. Dimana bahan bakar pesawat turboprop adalah alloy nikel. Selain itu, pesawat ini juga bisa menggunakan bahan bakar lain yang bisa tahan terhadap suhu yang tinggi.

8. Roket

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa roket merupakan pesawat luar angkasa. Dimana pesawat jenis ini biasanya digunakan untuk perjalanan ke luar angkasa. Untuk bahan bakarnya, roket umumnya menggunakan bahan bakar yang berbentuk padat atau cair. Jika menilik sejarahnya, roket dulu hanya dijadikan sebagai senjata, hingga kemudian berkembang dan bisa digunakan untuk transportasi udara.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai macam-macam alat transportasi yang ada di dunia. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuanmu ya.

Baca juga artikel terkait “Macam Alat Transportasi” berikut ini :

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah