in

10 Rekomendasi Merek Piano Terbaik dan Tips Merawatnya

Merek Piano Terbaik – Minat atas penggunaan piano dalam bermusik hingga saat ini masih terus meningkat. Di Indonesia banyak musisi yang bermunculan bersama piano andalan mereka. Tentunya untuk mendukung keterampilan dalam permainan piano juga harus ada dukungan dari alat yang cukup berkualitas. Saat ini memang sudah banyak merek piano yang beredar di pasaran. Namun, apakah semua merk piano bisa memberikan jaminan kualitas terbaiknya?

Bagi Grameds yang ingin membeli alat musik piano mungkin masih ada yang bingung memilih merek terbaik. Atau mungkin di benak Grameds sudah ada beberapa daftar merk piano yang ingin digunakan?

Nah, agar Grameds bisa mendapatkan merek piano terbaik, maka artikel ini akan membantumu memberikan ulasan seputar rekomendasi merek piano terbaik sekaligus hal lain yang berhubungan dengan piano.

https://www.pexels.com/

 

10 Rekomendasi Merek Piano Terbaik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini sudah banyak merek piano yang dijual di pasaran. Mungkin kamu masih bingung harus memilih yang mana. Namun, dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu akan sedikit lebih paham dalam memilih merek piano terbaik.

[algolia_carousel]

Grameds juga tak perlu bingung jika belum begitu tahu merek piano apa saja sih yang bisa jadi pertimbangan sebelum membeli piano. Sebab, berikut ini merupakan rekomendasi merek piano terbaik yang bisa dipilih.

1. Yamaha

https://id.pinterest.com/

Bicara alat musik rasanya tak lengkap jika tak memasukkan Yamaha sebagai salah satu produsen alat musik. Bukan cuma alat musik gitarnya saja, namun merk Yamaha juga membuat alat musik lain seperti piano.

Bisa dibilang produk alat musik yang dikeluarkan oleh Yamaha memang mampu memberikan suara dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah piano Yamaha P45. Di mana piano merek Yamaha tipe ini sudah mewakili beberapa kriteria yang dijelaskan dalam tips memilih merk piano sebelumnya.

Menariknya lagi, merek Yamaha memberikan banyak pilihan piano. Dari sekian banyaknya pilihan piano, Yamaha akan mempermudah kamu untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Dari segi kualitas memang sudah tidak diragukan lagi, sebab beberapa pemain piano ternama juga kerap menggunakan merek piano Yamaha dalam acara-acara pentingnya. Lalu dari segi harga juga cukup ramah di kantong. Menariknya lagi, desain yang diusung merek Yamaha untuk alat musik piano digital selalu elegan dan terkesan minimalis.

Wah ternyata mulai dari harga, kualitas hingga desain sudah mampu diberikan oleh merek Yamaha dengan begitu apik. Tak percaya? Coba sendiri deh merek piano digital Yamaha.

2. Roland

https://id.pinterest.com/

Berikutnya ada merek Roland yang bisa kamu jadikan salah satu pilihan merk piano digital. Roland merupakan merk alat musik piano dari negara Jepang. Sampai saat ini Roland menjadi salah satu merek piano digital terbesar yang dapat membuatmu semakin yakin untuk memilihnya.

Menariknya lagi, Roland selalu mampu memberikan suara khas seperti piano akustik. Hal ini karena Roland memiliki sebuah fitur yang bernama touch.

Dibandingkan dengan jenis-jenis merek piano lainnya. Roland tetap mampu memberikan hasil suara piano terbaiknya. Bahkan suara yang dikeluarkan oleh piano digital Roland terdengar natural sekali.

Jika kamu memang membutuhkan merek piano digital dengan teknologi terbaik, maka Roland adalah pilihannya. Salah satu teknologi yang ada di dalam piano digital Roland ialah adanya sound engine yang bisa menghasilkan perubahan halus yang terdengar begitu natural.

3. Korg

https://id.pinterest.com/

Selain Roland, merek piano digital asal Jepang adalah Korg. Mungkin kamu juga sudah tak asing dengan merek Korg ini, sebab banyak orang memang menggunakan merek Korg sebagai alat musik piano digital pilihannya.

Tak hanya mampu menghasilkan suara yang cukup bagus. Korg juga menghadirkan piano digital dengan tampilan begitu menarik. Dari beberapa tips memilih piano di atas, kamu sudah bisa menemukan semua poin yang harus ada di dalam piano kualitas terbaik pada merk Korg.

Salah satu fitur unggulan dari piano digital merek Korg adalah hammer action. Di mana dengan bantuan fitur tersebut, suara yang dihasilkan oleh piano digital akustik merek Korg selalu terdengar seperti piano akustik.

Berikutnya dari segi desain, merek Korg juga selalu tampak berbeda dari lainnya. Pasalnya piano digital merek Korg mampu memberikan bentuk minimalis, sehingga mereka yang menggunakan piano digital merk Korg selalu bisa menghemat tempat.

Selain itu, piano digital merek Korg juga menawarkan warna yang begitu beragam, seperti Jet Black. Dari beberapa hal menarik tersebut banyak orang memutuskan menggunakan piano digital Korg sebagai pilihannya.

4. Kawai

https://id.pinterest.com/

Jika kamu ingin memiliki piano digital dengan suara khas piano klasik, maka piano digital merek Kawai adalah pilihan terbaik yang bisa digunakan. Pasalnya, piano digital merek Kawai memang benar-benar bisa memberikan hasil suara bak piano klasik.

Bahkan material yang digunakan untuk membuat piano digital merek Kawai terbuat dari kayu asli. Hal ini bisa menjadi salah satu pendukung agar piano digital merek Kawai terlihat seperti piano klasik.

Bukan hanya untuk latihan di rumah saja, namun banyak orang menggunakan piano digital merek Kawai dalam pertunjukan besar. Selain itu, piano digital merk Kawai juga kaya akan sentuhan nada sekaligus tampak otentik sekali.

Piano digital merek Kawai diproduksi menjadi beberapa kelompok series. Setiap series selalu memberikan kesan uniknya tersendiri. Salah satunya adalah piano digital merek Kawai series KDP.

Series KDP ini terkenal dengan kabinet kayunya yang lengkap dengan sistem pedal tiga, penutup kunci, hingga meja musik.

5. Casio

https://id.pinterest.com/

Mungkin di dalam benakmu, merek Casio adalah sebuah kalkulator atau jam. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, tetapi merek Casio juga memproduksi alat musik seperti piano digital, lho. Menariknya lagi, ternyata merek Casio sudah terbilang cukup lama memproduksi jenis alat musik piano digital.

Diperkirakan sudah sejak tahun 1980-an Casio mulai memproduksi piano digital. Tentunya dalam perjalanan waktu, piano digital merek Casio mendapatkan perkembangan yang cukup signifikan terkait dengan kualitas.

Tak heran jika saat ini piano digital merek Casio sudah mulai jadi pertimbangan banyak orang ketika ingin membeli sebuah piano.

Casio telah mengeluarkan berbagai macam jenis piano digital. Bagi kamu yang masih dalam kelas pemula, maka piano digital jenis Casio CDP-S350 bisa jadi pilihan.

[algolia_carousel page=2]

Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh piano digital merek Casio. Dengan berbagai macam fitur yang diberikan, pemula sekalipun mampu menggunakan piano digital merk Casio, karena mudah sekali dimainkan.

tombol beli buku

6. Alesis

https://id.pinterest.com/

Jika kamu menginginkan jenis piano digital dengan suara terbaik, tapi dengan harga yang cukup terjangkau, maka piano digital merk Alesis bisa kamu pilih. Salah satu jenis piano keluaran Alesis yang bisa digunakan untuk pemula maupun pro player adalah Alesis Resistal.

7. Nord

https://id.pinterest.com/

Berikutnya ada piano digital merek Nord. Piano digital merk Nord memang selalu memberikan kesan yang cukup menarik. Cocok sekali untuk kamu yang suka menjadi pusat perhatian saat menggunakan piano digital.

Bukan cuma dari segi tampilan saja, tetapi dari kualitas suara yang diberikan oleh piano digital merek Nord memang tak mengecewakan. Bisa dibilang, piano digital merek Nord memiliki Keybed Hammer Action.

Hal tersebut mampu memberikan sebuah sensasi sekaligus aktualisasi yang hampir sama dengan piano akustik. Beberapa waktu lalu Nord mampu memproduksi jenis piano digital terbaru dengan nama Nord Piano 5.

8. Nux

https://id.pinterest.com/

Nux menjadi salah satu rekomendasi merek piano terbaik yang bisa kamu gunakan berikutnya. Dengan menggunakan piano digital merk Nux, kamu akan mendapatkan pengalaman seakan-akan sedang memainkan piano klasik. Piano digital merk Nux mampu memberikan banyak sekali fitur sekaligus vibrasi suara yang membuatmu akan terus ingin memainkannya.

Meski tak setenar merek piano digital lainnya, namun sampai saat ini Nux patut dipertimbangkan untuk menjadi pilihan piano digital berkualitas yang akan digunakan. Bahkan dengan harga yang cukup terjangkau, piano digital merk Nux mampu memberikan tampilan yang tak kalah dengan piano digital lainnya.

9. Artesia

https://id.pinterest.com/

Piano digital merek Atresia adalah pilihan terbaik yang bisa dipilih jika kamu adalah tipe orang yang suka memindahkan alat musik piano ke berbagai tempat berbeda. Pasalnya berat dari piano digital merek Artesia hanya sekitar 9 kg.

Menariknya lagi, piano digital merek Artesia juga menawarkan desain yang cukup sederhana. Selain itu, piano digital merek Artesia juga memiliki beragam fitur. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu untuk mendapatkan pengalaman berbeda ketika memainkan alat musik piano digital merek Artesia.

Piano digital merek Artesia juga sudah dilengkapi dengan tiga lapis sampel grand piano. Selain itu, piano digital merek ini juga sudah memberikan port USB/MIDI sehingga kamu bisa mengoneksikan smartphone maupun laptop dengan piano digital merek Artesia.

10. Fort

https://id.pinterest.com/

Fort menjadi salah satu merek piano digital yang ternyata dibuat di dalam negeri. Sampai saat ini setidaknya ada 4 tipe desain piano digital merek Fort yang bisa kamu temukan di pasaran. Salah satu tipe piano digital Fort adalah Fort Kalamata.

tombol beli buku

Nah, itulah beberapa rekomendasi merek piano terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Pastikan memilih piano dengan beberapa cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, rekomendasi-rekomendasi merek piano di atas juga bisa dijadikan perbandingan antara satu merek dengan merek lainnya. Dengan begitu Grameds akan semakin mudah mendapatkan merek piano terbaik.

Tips Memilih Alat Musik Piano

Meski saat ini sudah banyak merek piano yang mudah ditemukan di pasaran. Namun, Gramedsjuga wajib tahu beberapa tips dalam memilih piano. Sebab, selain mempermudah Grameds dalam memilih piano, tips ini juga akan membantu kamu mendapatkan piano dengan kualitas terbaik.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya terkait tips memilih alat musik piano berkualitas.

1. Perhatikan Jumlah Key atau Tuts Pada Piano

Setiap merek piano yang dijual di pasaran selalu memiliki jumlah key atau tuts yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya memiliki jumlah key sebanyak 88 maupun kurang atau lebih. Sebenarnya pilihan mudah yang bisa kamu gunakan dalam memilih piano memang jumlah key sebanyak 88 atau lebih.

Pasalnya, jika kamu memutuskan menggunakan piano di bawah 88 key, kemungkinan akan ada nada yang hilang. Hal ini akan memengaruhi kondisi permainan piano-mu.

2. Sensitivitas Sekaligus Weighted Keys

Berikutnya adalah segi sensitivitas dan weighted keys. Jika dilihat dari artinya, sensitivitas sendiri merupakan suara tekanan yang dihasilkan ketika tekanan dilakukan. Sedangkan weighted keys adalah berat yang ada di dalam tekanan tuts ketika kamu bermain piano.

Meski terbilang susah, tetapi saat ini beberapa merek piano terkenal sudah memberikan sensitivitas dan weighted keys dengan kondisi terbaiknya.

3. Ukuran Tuts Piano

Ukuran tuts juga harus diperhatikan ketika memilih piano. Usahakan untuk memilih ukuran tuts sesuai dengan standar piano klasik. Mulai dari lebar, tinggi,  hingga kedalamannya sebaiknya disesuaikan dengan ukuran tuts piano klasik.

Meski sudah banyak piano digital yang mengikuti ukuran tuts piano klasik, namun ada beberapa piano digital yang tak memperhatikan ukuran tuts. Hal ini akan memberikan sebuah perbedaan ketika dimainkan.

Oleh karena itu, di sinilah kejelian dalam memilih piano harus tetap dilakukan. Tak ada salahnya jika kamu juga bertanya kepada pemilik toko atau orang yang andal dalam dunia seni musik, khususnya piano, terkait dengan ukuran tuts jika memang kamu belum begitu mengetahuinya.

4. Suara dari Piano

Terakhir, kamu harus bisa memperhatikan suara yang dikeluarkan oleh piano ketika dimainkan. Semua yang ada pada tahap terakhir ini, bisa disesuaikan dengan keinginan pribadi. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, cobalah cara ini agar dapat mempermudah dalam memilih piano, jika memang bingung harus memilih salah satu merek piano yang dijual di pasaran. Yaitu, lakukan tes secara langsung agar kamu bisa merasakan dan mendengar suara yang dikeluarkan oleh piano ketika dimainkan.

Itulah beberapa tips dalam memilih merek piano terbaik. Meski sudah banyak merek piano yang mengklaim mampu memberikan hasil dengan kualitas terbaik, setidaknya dengan beberapa cara di atas, kamu akan benar-benar mendapatkan merk piano terbaik.

tombol beli buku

Tips Merawat Piano

Harga yang ditawarkan untuk produk piano terbilang cukup bervariasi. Piano dengan harga rendah hingga tinggi bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran. Meski begitu, jika sudah memiliki alat musik piano, maka kamu tetap harus menjaganya dengan melakukan perawatan secara teratur.

Selain menghemat biaya untuk perbaikan maupun membeli baru lagi, dengan melakukan perawatan lebih teratur juga akan membuat piano yang kamu miliki tahan lama sekaligus menjaga kualitas piano tersebut.

1. Letakkan di Tempat Aman

Menempatkan piano di tempat yang terbilang aman adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Pastikan tempat piano tersebut tidak begitu lembap dan tidak terlalu kering. Selain itu pastikan juga jika piano tidak terpapar pancaran sinar matahari secara langsung.

2. Jaga Kebersihan Piano

Bersihkan piano ketika selesai memainkannya atau pada waktu-waktu tertentu. Kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air. Bersihkan setiap tuts dan badan piano. Jika sudah, keringkan kembali piano tersebut dengan kain lembut.

3. Tidak Menekan Tuts Secara Berlebihan

Sebaiknya hindari menekan tuts piano secara berlebihan. Artinya, kamu tidak perlu memiliki kebiasaan menekan tuts piano sekuat tenaga. Gunakanlah piano secara bijak agar kualitas yang dimilikinya tetap terjaga.

4. Gunakan Stabilizer

Agar arus listrik yang dialirkan ke piano tetap sesuai, maka kamu bisa menggunakan bantuan alat stabilizer.

tombol beli buku

Dengan beberapa tips perawatan alat musik piano di atas, kamu sebagai pemilik piano dengan merk terbaik tetap bisa menjaga kualitas serta keawetan dari alat musik piano tersebut.

Silakan kunjungi gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait piano dan topik lainnya yang Grameds butuhkan. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap.

Penulis: Hendrik Nuryanto 

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Merek Piano Terbaik

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum