in

Deretan Rekomendasi Film China Romantis, Dijamin Bikin Baper!

Amazon.com

Film China Romantis – Tidak kalah dengan drama Korea, drama romantis dari Negeri Tirai Bambu ini juga banyak yang menyajikan kisah menarik sekaligus membuat jantung penonton berdebar.

Bukan hanya itu, serial romantis dari China juga menceritakan tentang beragam kisah cinta yang dapat dinikmati sehingga penontonnya tidak bosan

Menonton film memang menjadi pilihan yang tepat untuk menghibur diri. Apalagi, jika menonton film romantis yang akan terbawa dengan suasananya, pasti Grameds akan senyum-senyum sendiri meskipun alurnya sudah bisa ditebak ketika awal menonton

Film romantis juga tidak selalu datang dari negara barat maupun korea, melainkan film china yang bergenre romantis juga tidak kalah bagus karena mempunyai karakter dan daya tarik tersendiri

Oleh sebab itu, dari pada Grameds menonton dengan alur cerita yang biasa-biasa saja. Lebih baik simak deretan film china berikut ini.

Berikut rekomendasi film China Romantis untuk ditonton bersama pasangan.

Rekomendasi Film China Romantis Terbaik

1. Meteor Garden

Film China Romantis
Walmart.com

Grameds pasti sudah sangat familiar dengan film China romantis satu ini ya? Meteor Garden ini diperankan oleh sejumlah bintang ternama yaitu Dylan Wang, Shen Yue, Caesar Wu, Darren Chen dan lain sebagainya.

Meteor garden ini berkisah mengenai kisah cinta romantis antara Dao Ming Si dan Dong Shan Cai. Keduanya mempunyai status yang berbeda jauh. Meskipun awalnya mereka saling membenci, bumbu-bumbu cinta di antara mereka kemudian tumbuh.

Perjalanan cinta mereka antara Dao Ming Si dan Dong Shan Cai tidak mudah. Ada banyak hambatan yang harus dihadapi terutama pada restu orang tau Dao Ming Si.

2. Us and Them

Film ini dirilis pada tahun 2018 yang mengambil genre romance dan drama. Selain itu beberapa pemain film Us and Them yaitu Jing Boran dan Zhou Dongyu.

Film ini bercerita tentang kisah cinta Jiang Qing dan Xiao Xiao. Keduanya bertemu saat perjalanan ke kampung halaman dengan menaiki kereta. Kemudian keduanya saling jatuh cinta meskipun tetap harus berjuang meraih impian mereka.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Beragam persoalan dan hambatan dalam hubungan Jiang Qiang dan Xiao Xiao bakal membawa perasaan Grameds naik turun, jangan lupa ditonton, ya!

3. Better Days

Film Better Days dirilis pada tahun 2019 yang mengambil genre romance, kriminal, dan drama. Better Days berkisah tentang Chen Nian dan Liu Bei Shan di mana Chen Nian mengalami bully dari teman-teman sekolahnya yaitu Wei Lai.

Akan tetapi, dirinya bertemu dengan Li Bei Shan yang datang untuk membelanya. Namun, babak baru kembali OLEH Chen Nian Dan Liu Bei Shan dituduh terlibat dalam kematian Wei Lai, pembully Chen Nian.

Banyak konflik yang dihadapi keduanya sehingga terdapat bumbu-bumbu cinta membuat haru di film tersebut

4. Fall in Love at First Kiss

Film ini mempunyai kisah mirip dengan drama korea Naughty Kiss, namun dalam film Fall in Love at First Kiss kisahnya ditayangkan dengan alur yang baru.

Fall in Love at First Kiss bercerita tentang seorang siswa peringkat terbawah di sekolah jatuh hati dengan teman sekolahnya yang sangat populer serta mempunyai kepintaran.

Suatu hari Yuan Xiangqin mengutarakan perasaannya kepada Jiang Zhishu. Namun, Yuan Xiangqin justru menerima perilaku berbanding terbalik, Jiang Zhishu menolaknya. Ternyata kisah mereka tidak berhenti di situ saja.

Hubungan Yuan Xiangqin dan Jiang Zhishu semakin dekat karena kedua orang tua mereka ternyata rekan dekat. Kemudian mereka berdua tinggal bersama dengan orang tuanya dirumah, karena rumah Yuan Xiangqing tiba-tiba mengalami roboh.

5. Upcoming Summer

Film China Romantis
Thefangirlverdict.com

Film upcoming summer dirilis tahun 2021 yang diperankan sejumlah nama pemain popular yaitu Leo Wu, Wendy Zhang, Hao Lei, Zu Feng, Liu Dan dan lain sebagainya

Berkisah tentang cinta dan persahabatan, di mana ada kisah romantis antara Chen Chen dan Zheng Yu Xing. Akan tetapi keduanya menjalani kisah cinta yang cukup rumit di tengah pendidikan dan karir.

6. Shinning For One Thing

Drama cinta romantis ini diperankan oleh beberapa sejumlah bintang ternama seperti Zhang Jianing dan Qu Chuaxiao. Drama ini mempunyai genre fantasi yang membuat para penonton tidak bosan menyaksikan tiap scene Shinning for One Thing.

Drama ini berkisah tentang hubungan asmara Lin Bei Xing dan Zhan Yu. Mereka mempunyai kiah cinta yang rumit, saat lin Bei Xing putus dengan Zhan Yu. Ada kejadian tidak terduga, Lin Bei Xing alami ketika ia tiba-tiba kembali ke masa lalu saat masih berusia 18 tahun. Berbagai peristiwa kembali ia alami dengan mengulang lagi kisah di masa lalunya.

7. Brilliant Class 8

Brilliant class 8 berkisah tentang kisah seorang penyanyi popular. Xiang Dongman menghadapi sejumlah permasalahan dalam karirnya. Ia harus menghadapi citra buruk lantaran permasalahan sebelumnya. Kini Xiang Dongman menjadi seorang guru, dari sini ia bertemu dengan Su Qi dan Chen Liusan.

Berbagai kisah menarik terjadi selama mereka menjadi guru dan menyelesaikan sejumlah persoalan yang dihadapi oleh para muridnya.

Film China Romantis

8. A Season of Good Rain

Film ini merupakan hasil produksi bersama antara Tiongkok dengan Korea. Film yang disutradarai oleh Hur Jin-Ho ini pertama kali dirilis pada Oktober 2009.

A Season of Good Rain menjadi salah satu film favorit. Karena film ini menceritakan tentang kisah cinta lama yang belum terungkap.

Film ini diperankan oleh Dong – Ha (Woo-sung) dan Mei (Gao Yuanyuan) yang merupakan teman sekelasnya selama bertahun-tahun kemudian pindah ke daerah Chengdu akibat adanya gempa Sichuan yang tragis pada tahun 2008.

9. So Young

Film China Romantis
Screenanarchy.com

Film ini dirilis pada April 2013 hasil garapan dari Zhao Wei. So young mengisahkan tentang seorang mahasiswi bernama Zheng Wei (Yang Zishan) yang melabuhkan kasih sayangnya kepada Lin Jing (Hang Geng).

Akan tetapi, Lin Jing tidak pernah memberikan jawaban karena harus ke luar negeri untuk melanjutkan studinya. Pada akhirnya, Zheng Wei hanya dapat memendam dan menikmati kehidupan kampusnya yang bahagia.

Suatu saat, Zheng Wei menyadari bahwa ia jatuh hati dengan Chen Xiao Zheng (Mark Chao) seorang pria yang berwatak serius dan sensitif. Namun, Zhen harus menelan kesedihan karena Chen pergi ke luar negeri setelah lulus. Dan setelah bertahun-tahun Chen dan Lin datang kembali dan menemui Zheng Wei.

10. The Ex-Files

Film ini disutradarai oleh Tian Yusheng pertama kali dirilis pada 31 Januari 2014. Berkisah tentang Meng Yun (Han Geng), seorang pria yang mempunyai banyak mantan kekasih.

Suatu hari, ia mendapatkan undangan pernikahan dari salah satu mantannya dan tidak pikir panjang ia langsung bergegas untuk menghadirinya. Sesampainya di acara pernikahan, tidak disangka mantannya sudah menyiapkan meja khusus untuk Meng Yun.

Dia duduk di meja berlabel “Ex-Boyfriend” bersama dengan beberapa pria lain. Di saat bersamaan, terdapat wanita cantik yang membuat Meng Yun jatuh hati. Ia adalah Xia Lu mkimyang tidak lain adalah “Ex-Girlfriend” dari sang pengantin pria.

Tidak hanya menyajikan film bergenre romantis, film ini juga memberikan komedi-komedi yang mengundang tawa.

Film China Romantis

11. The Day of Becoming You

Merupakan serial China terbaru yang diperankan oleh Steven Zhang dan Lieng Jie. Berkisah tentang seorang selebriti terkenal yang merupakan bagian dari kelompok boygroup popular bernama Jiang Yi.

Di sisi lain, dalam cerita juga dikisahkan ada perempuan bernama Yu Sheng Sheng yang bekerja sebagai wartawan hiburan. Karena suatu hal, jiwa mereka tertukar. Mau tidak mau, keduanya jadi harus hidup bergantung pada satu sama lain dan percikan asmara mulai muncul perlahan.

12. Beyond the Light Years

Menceritakan tentang kehidupan percintaan anak sekolah. Berkisah tentang seorang murid lelaki yang bernama Li Yu Chen. Ia terkenal dengan kepintarannya dan kecerdasannya namun antisosial. Suatu saat, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Xia Xiao Ci yang mempunyai kepribadian berbalik dengannya.

13. Sweet Dreams

Serial ini cocok untuk Grameds yang menyukai genre romantis sekaligus fantasi. Berkisah tentang seorang perempuan yang bernama Ling Ling Qi.

Suatu hari, ia tidak sengaja bertemu dengan lelaki penjual bunga bernama Bo Hai dan ingin mendekatinya. Namun, tiba-tiba ada kekuatan misterius yang membuat mereka bertemu di alam mimpi.

14. Operation Love

Film China Romantis
Dramapanda.com

Bagi Grameds penggemar EXO, maka drama China yang satu ini patut untuk disaksikan. Karena, Operation Love dibintangi oleh salah satu personel EXO yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini.

Diadaptasi dari serial Jepang, drama ini berkisah tentang seorang lelaki yang kembali ke masa lalu untuk memperbaiki hubungan cintanya.

15. A Love So Beautiful

Merupakan drama China yang mempunyai latar anak sekolahan. Berkisah tentang seorang gadis yang berusaha mengejar murid laki – laki popular di sekolahnya.

Mereka sebenarnya teman masa kecil. Akan tetapi, sang laki – laki tidak tahu bahwa teman perempuannya menyimpan hati kepadanya.

16. Pretty Li Hui Zhen

Film ini menceritakan tentang kisah cinta pertama yang dipertemukan kembali. Li Hui Zhen dan Bai Hao Yu mempunyai kisah cinta semasa kecilnya yang sangat mengesankan. Karena, ketika mereka dewasa sama-sama dipertemukan di sebuah perusahaan yang sama.

17. With You

Merupakan serial yang diadaptasi dari novel berjudul “The Best of Us” karya Ba Yue Chang An. Film ini bercerita tentang seorang murid perempuan bernama Geng Geng. Semasa hidupnya ia berubah ketika bertemu dengan Yu Huai.

Mereka menjalin pertemanan dan menghabiskannya tiga tahun d sekolah menengah sebagai teman sebangku. Namun begitu hari kelulusan tiba, Yu Huai dengan tiba – tiba ia menghilang.

18. My Amazing Boyfriend

Serial ini merupakan serial yang romantis fantasi. Mengisahkan tentang kisah seorang mutan yang berusia 500 tahun terbangun dari tempat tidurnya. Ia terbangun karena seorang aktris bernama Tian Jing Zhi yang terjadi kecelakaan.

19. Love O2O

Film China Romantis
en.wikipedia,org

Serial ini rilis di tahun 2016. “Love O2O” bercerita tentang perempuan dan laki – laki yang bertemu di sebuah game online. Kemudian, keduanya saling jatuh cinta dan memutuskan untuk bertemu di dunia nyata.

20. My Sunshine

Serial ini bercerita tentang kisah cinta pertama. Tentang seorang mahasiswa yang pintar, Zhao Mo Sheng jatuh cinta kepada He Yi Chen. Keduanya belajar di kampus yang sama dan saling jatuh cinta.

Akan tetapi karena berbeda kelas sosial, cinta mereka tidak mendapatkan restu dari orang tua masing-masing. Begitu beranjak dewasa dan bekerja, keduanya dipertemukan kembali.

21. Boss and Me

Merupakan drama China lawas yang patut disaksikan. Berkisah tentang kisah cinta antara Feng Teng dan Shan Shan.

Feng Teng merupakan pewaris kaya, adiknya mempunyai golongan darah langka. Karena hal itu, ia juga mempekerjakan Shan Shan untuk menjadi pendonor sang adik. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Feng Teng jatuh hati pada Shan Shan.

Perbedaan Drama China dan Drama Korea

Drama China maupun drama Korea saat ini merupakan tontonan yang diminati oleh berbagai kalangan. Namun, disadari atau tidak drama Korea dan drama China ternyata mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

Bagi para penggemar tentu saja perbedaan tersebut tidak menjadi masalah bagi mereka, karena yang terpenting adalah menikmati setiap alur cerita yang disuguhkan para aktor maupun aktris dalam drama tersebut.

Ada beberapa perbedaan antara drama China dengan drama Korea, simak yuk Grameds!

1. Para aktor dan aktris

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar para penggemar drama banyak melihat dari segi para aktor atau aktris yang membintangi drama tersebut. Bahkan tidak jarang juga orang mudah tertipu dengan wajah dan usia para pemeran yang ada di dalamnya.

Pemeran drama china terpopuler sering terlihat dewasa dan mempunyai tubuh yang kurus dengan pakaian, make up, rambut serta aksesoris. Sedangkan untuk drama Korea, pemilihan aktor dan aktris lebih banyak variasinya.

2. Jumlah episode

Berbeda dengan sebuah film yang diselesaikan dalam sekali tayang, baik drama China maupun drama Korea yang sama-sama selesai dalam beberapa episode.

Untuk drama China, jumlah episode yang ditayangkan berkisar antara 25 sampai 50 episode. Akan tetapi, ada juga drama China yang ditayangkan dengan jumlah episode di bawah 25 episode.

Hal ini berbeda dengan drama Korea yang biasanya ditayangkan dalam jumlah 16 episode dan maksimal 20 episode.

3. Durasi yang ditayangkan per episode

Ketika menonton sebuah drama, tidak sedikit yang mengaku kesal dengan durasi yang ditayangkan. Apalagi saat cerita dalam drama tersebut memasuki puncak permasalahan yang sudah ditunggu oleh para penonton.

Nah, untuk drama China mempunyai durasi yang ditayangkan per episode rata-rata selama 45 menit. Sedangkan untuk drama Korea, setiap episode mempunyai durasi selama 60 menit hingga 90 menit.

4. Soundtrack yang diputar dalam drama

Di dalam drama China hanya mempunyai soundtrack di awal dan penutup saja, sementara drama Korea lebih banyak menghadirkan soundtrack dalam setiap episodenya. Meskipun demikian, kedua drama tersebut faktanya mempunyai banyak penggemar di berbagai negara.

5. Penggunaan istilah yang digunakan

Secara umum, penggunaan istilah pada masing-masing drama mempunyai perbdaan yang signifikan. Untuk drama China terpopuler, para penggemar biasanya akan menyebut dengan istilah C-drama atau Chinese drama.

Sedangkan untuk drama Korea, para penggemar lebih menyukai istilah K-drama (Korean drama) atau drakor (drama Korea).

Seiring berjalannya waktu, penggunaan istilah ini semakin popular dan lebih familier di telinga para penggemar maupun orang-orang di sekitarnya.

6. Penggunaan aplikasi chat atau pesan dalam setiap drama

Kira-kira Grameds sudah tahu antara perbedaan aplikasi chat atau pesan di setiap drama belum?

Nah perbedaannya, kebanyakan aplikasi chat atau pesan yang digunakan dalam drama China menggunakan aplikasi WeChat. Sedangkan untuk drama Korea, biasanya akan lebih umum menggunakan aplikasi chat atau pesan dengan Kakao Talk.

Film China Romantis

Nah, itulah beberapa film China romantis yang dapat ditonton bersama pasangan atau teman ya, Grameds! Jika Grameds masih membutuhkan referensi terkait kehidupan dan budaya China, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma