in

Rekomendasi Film Horor Terbaik dari Masa ke Masa, Berani Nonton Sendiri?

Grid.ID

Film Horor Terbaik – Menonton film horor dapat menjadi salah satu kegiatan alternatif yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu senggang di akhir pekan ataupun pada saat hari libur. Terlebih lagi, sebagian besar masyarakat Indonesia terkenal suka dengan hal-hal yang berbau mistis. Tak heran hal tersebut justru menginspirasi banyak produser film untuk membuat film horor terbaik versinya.

Ada berbagai situs layanan streaming yang turut menyediakan banyak sekali film horor dan tayangan seram lainnya. Bahkan, beberapa di antaranya berasal dari kisah nyata dengan mengangkat mitos yang ada di daerah setempat. Pastinya, hal itu menjadikan film horor lebih terkesan mencekam dan menegangkan untuk siapa saja yang menyaksikannya.

Sejak munculnya film The House of The Devil yang dirilis pada tahun 1896, film horor menjadi salah satu genre film yang diperhitungkan di dalam deretan film terlaris. Formulasi film horor yang selalu mengajak para penontonnya untuk memacu detak jantungnya lebih cepat dan juga seringkali membuat bulu kuduk merinding justru menjadikan film tersebut candu bagi sebagian orang yang menyukai genre ini.

Uniknya lagi, film horor bisa sama-sama menarik, entah itu dari alur ceritanya atau ceritanya yang diangkat dari kisah nyata ataupun tidak. Keduanya tetap mempunyai magnet tersendiri untuk menarik orang-orang agar menontonnya.

Deretan Film Horor Terbaik dari Masa ke Masa

Kali ini, kita akan membahas beberapa rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa yang dapat membuat siapa saja yang menontonnya mimpi buruk. Untuk Grameds yang suka tantangan, Anda harus coba menonton setidaknya salah satu film horor yang ada di bawah ini.

1. The Shining (1980)

Film horor terbaik yang pertama adalah The Shining. Dimana film horor ini merupakan salah satu film horor terbaik sepanjang masa dan hampir semua orang setuju dengan pernyataan tersebut.

Sutradara dari film ini yaitu Stanley Kubrick dan beberapa aktor yang membintangi film ini di antaranya Jack Nicholson. Cerita yang ada di dalam film ini diangkat dari novel karya Stephen King. Kisahnya sendiri berpusat pada seorang laki-laki yang menjadi gila dan mencoba membunuh keluarganya di sebuah hotel yang Ia jaga.

Film yang satu ini sangat menakutkan dan dibuat dengan sebuah skrip yang cukup rapi dan pastinya akan meninggalkan trauma tersendiri kepada para penonton setelah menyaksikannya.

2. The Exorcist (1973)

Film Horor Terbaik

Apabila Anda mencari film horor yang membahas tentang kerasukan, maka The Exorcist merupakan salah satu film horor terbaik yang pernah dibuat dan wajib Anda tonton. Film ini berpusat pada sebuah cerita dari seorang perempuan muda yang dirasuki oleh setan. Setelah itu, ada dua pendeta yang berupaya untuk menyelamatkannya.

Film yang satu ini dibuat dengan alur yang sangat baik, akting yang bagus, arahan, serta efek khusus yang bisa membuat siapa saja bergidik. Sampai saat ini, The Exorcist masih menjadi salah satu cult movie untuk para pecinta genre horor.

3. A Nightmare on Elm Street (1984)

A Nightmare on Elm Street merupakan salah satu film horor terbaik yang masuk ke dalam kategori slasher. Diceritakan seorang perempuan bernama Nancy Thompson dan juga teman-temannya yakni Tina Gray, Glen Lantz, dan Rod Lanem disiksa oleh seorang pembunuh berdarah dingin yang memiliki kuku sangat panjang.

Mereka disiksa dalam sebuah mimpi oleh seorang pembunuh yang bernama Fred Krueger. Dari situ, Nancy harus berpikir dengan cepat ketika satu per satu temannya mati disiksa. Sama seperti judul filmnya, para penonton akan dihantui oleh mimpi buruk setelah menonton film ini.

4. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Film horor ini masih menjadi cult untuk para pecinta genre horor terbaik yang masih layak untuk ditonton. Dimana film yang satu ini menceritakan tentang sekelompok sahabat yang menjadi korban keluarga kanibal yang mana keluarga tersebut dipimpin oleh Leatherface yang selalu menggunakan gergaji untuk menghabisi nyawa korbannya.

The Texas Chainsaw Massacre ini termasuk film horor yang sangat kontroversial ketika dirilis dan Anda bisa langsung mengerti alasannya. Salah satunya yaitu dengan adanya kekerasan dan juga kebrutalan yang tiada henti serta karakternya yang sangat berdarah dingin.

Di sepanjang film tersebut, Anda akan dihantui dengan rasa takut yang dirasakan para korban yang akan menjadi korban kanibal. Walaupun dirilis beberapa tahun silam, masih ada sedikit atau bahkan tidak ada film yang dapat menandingi kengerian film ini.

5. The Omen (1976)

Pada tahun 1970-an, tampaknya memang menjadi puncak tertinggi dari produksi film Hollywood. Salah satunya The Omen yang juga menjadi salah satu karya klasik yang tidak lekang oleh waktu. Film yang satu ini mempunyai premis mengenai seorang anak muda yang bernama Damien, yang mana merupakan anak dari iblis.

Dengan menonton film ini, maka Anda tidak akan dibiarkan bernafas dengan lega. Sebab, di setiap adegannya penuh dengan ketegangan dan juga teror. Jangan sampai Anda tidur sendirian setelah menonton film ini.

6. Creep (2014)

Film Horor Terbaik

Apabila film-film yang sudah disebutkan diatas dibuat dengan menggunakan sinematografi terbaik, maka berbeda dengan film horor yang satu ini. Di mana film ini ditampilkan dengan sudut pandang ala video amatir. Ceritanya berpusat pada seorang videografer yang kerja lepas untuk merekam seorang laki-laki yang sedang mengalami sekarat akibat kanker di masa terakhir dalam hidupnya.

Pada awalnya, pekerjaan itu terasa sangat mudah dan tidak terlalu mengerikan. Akan tetapi, situasi yang dibangun semakin kelam dan membuatnya ketakutan. Film yang satu ini diakui oleh beberapa kritikus film dunia sebagai film horor dengan plot yang cukup disturbing. Ada yang berani nonton?

7. Crimson Peak (2015)

Film horor terbaik berikutnya yaitu datang dari sutradara Guillermo del Toro. Diceritakan ibu Edith Cushing yang diperankan oleh Mia Wasikowska meninggal ketika dia masih kecil. Akan tetapi masih tetap menjaga Edith dalam bentuk yang tidak kasat mata.

Walaupun lahir pada era Victoria, namun Edith tidak seperti perempuan pada umumnya yang langsung menikah dan mengabdikan hidupnya untuk keluarganya. Akan tetapi, pada akhirnya Ia bertemu dengan Thomas Sharpe yang diperankan oleh Tom Hiddleston, yakni seorang pria misterius yang akan merubah hidupnya.

Edith sendiri tinggal di dalam rumah berhantu yang dapat berdarah, bergerak, dan juga mengingat semua hal yang pernah terjadi di dalamnya. Sehingga rumah ini akan membuat para penonton penasaran sampi khir. Film yang satu ini lebih kental dengan nuansa suspense daripada gore. Tapi, masih sangat cocok untuk Anda yang ingin film seram dan mengguncang nalar.

8. The Medium (2021)

The Medium merupakan film horor terbaik Thailand yang memiliki gaya penyajian seperti film Paranormal Activity. Hal inilah yang nantinya akan membuat Anda merasakan sensasi berbeda dalam menonton film horor.

Secara garis besar, film yang satu ini mengisahkan tentang kegiatan perdukunan yang ada di Isan, Thailand. Dikemas dengan ala film dokumenter, membuat film ini mempunyai alur yang sangat unik.

Ceritanya sendiri berkutat pada kehidupan Mink, yang mana adalah keponakan dari Nim, seorang dukun yang telah dirasuki oleh sosok roh Bayan yang sangat diagungkan dan menjadi salah satu dewa pelindung di sana.

Sepanjang film ini, keponakan Nim telah mengalami berbagai macam gejala dan juga bertingkah aneh. Hal ini disebabkan karena Ibu Mink menolak memindahkan roh Bayan ke tubuh anaknya. Jadi intinya, film yang satu ini memiliki banyak sekali rentetan kejadian mistis yang sangat menegangkan untuk diikuti.

Rekomendasi Film Horor Terbaik dari Indonesia

Jika di atas kita sudah membahas beberapa rekomendasi film horor terbaik dari luar negeri. Kini saatnya kita membahas mengenai berbagai rekomendasi film horor terbaik Indonesia.

1. Pengabdi Setan

Film Horor Terbaik

Pengabdi setan merupakan salah satu film horor terlaris di Indonesia besutan sutradara terkenal yakni Joko Anwar. Sejak perilisannya, film ini sudah ditayangkan di berbagai negara, mulai dari Singapura, Malaysia, dan juga Amerika Serikat. Bahkan, film Pengabdi Setan ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan bergengsi.

Sebenarnya, film horor yang satu ini mengisahkan tentang seorang ayah, ibu, dan keempat anaknya yang hidup di sebuah desa yang cukup terpencil. Sang ibu sudah lama menderita penyakit dan tidak bisa bangun dari tempat tidurnya sampai akhirnya Ia meninggal.

Akan tetapi, setelah kematian ibunya, Rini yang diperankan oleh Tara Basro yakni sebagai anak tertua beserta dengan adik-adiknya mulai mengalami berbagai teror dari sosok yang menyerupai sang ibu. Lalu, apa sebenarnya rahasia di balik kejadian mistis tersebut? Yuk, tonton sekarang juga!

2. Makmum

Makmum adalah salah satu film horor terbaik yang berasal dari film pendek karya Riza Pahlevi. Kisahnya dimulai saat ibu pemilik asrama yakni Ibu Kinanti yang diperankan oleh Jajang C. Noer meminta Rini yang diperankan oleh Titi Kamal untuk membantunya mengurus asrama.

Akan tetapi, ternyata kehidupan Rini yang awalnya biasa saja mulai berubah saat ada hantu yang mengikutinya sholat pada saat malam hari. Hal tersebut terus berlanjut sampai mengancam nyawa para penghuni asrama.

Kira-kira, apa yang sebenarnya terjadi? Apakah Rini dapat menyelesaikan masalah tersebut? Grameds harus tonton sekarang juga.

3. Suzana: Bernapas dalam Kubur

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Suzana. Rekomendasi film horor terbaik Indonesia berikutnya berangkat dari sebuah film yang cukup terkenal milik ratu horor Indonesia yaitu Suzana.

Mengisahkan tentang sepasang suami istri yang mendambakan kehadiran buah hati. Sang suami yang bernama Satria (diperankan oleh Herjunot Ali, dan sang istri yang bernama Suzana (diperankan oleh Luna Maya). Pada suatu hari, sang istri akhirnya bisa hamil. Tapi sayangnya, Satria tidak bisa menjaganya karena harus pergi ke luar untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Kepergian Satria ternyata mengundang niat jahat dari sekelompok penjahat yang ingin merampok rumahnya. Hal itu pun diketahui oleh Suzana, yang pada akhirnya dibunuh dalam keadaan sedang hamil. Dari sini, teror hantu Suzana sebagai sundel bolong dimulai.

4. Dreadout

Film Horor Terbaik

Film horor terbaik Indonesia berikutnya berjudul Dreadout besutan Kimo Stamboel yang mana film ini diangkat dari sebuah game ciptaan anak bangsa dengan judul yang sama. Menceritakan tentang enam anak SMA biasa yang berkeinginan melakukan siaran langsung di sebuah apartemen yang sudah terbengkalai.

Sesampainya mereka di apartemen itu, mereka melihat sebuah ruangan yang ditutupi garis polisi. Di dalam ruangan tersebut, mereka menemukan perkamen kuno yang ada tulisan di dalamnya. Salah satu dari mereka yakni Linda membaca tulisan tersebut.

Ternyata tulisan tersebut adalah sebuah mantra untuk membuka gerbang dunia lain menuju ke neraka. Pastinya para penonton kan ikut merasakan ketegangan saat melihat sekelompok pelajar diburu oleh berbagai macam makhluk dari dunia lain.

5. Perempuan Tanah Jahanam

Masih membahas tentang karya sutradara ternama Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam ini merupakan film horor terbaik yang menceritakan tentang Maya yang diperankan oleh Tara Basro yang memutuskan untuk pulang ke kampung halaman guna mencari ketenangan dan juga memperoleh warisan.

Pada saat pulang ke kampung halaman, Maya ditemani oleh sahabatnya yang bernama Dini (diperankan oleh Marissa Anita). Hanya saja, Maya mulai merasa aneh saat melihat banyak kuburan anak-anak dan juga warga kampung yang terkesan memendam dendam terhadapnya. Hingga pada suatu hari, Maya sedikit demi sedikit mulai mengetahui rahasia yang ada di dalam kampungnya itu. Kira-kira apa ya rahasia itu? Yuk tonton filmnya.

6. Lampor: Keranda Terbang

Film horor yang satu ini menceritakan tentang kehidupan seorang ayah, ibu, dan juga kedua anaknya. Setelah hampir 25 tahun meninggalkan kampung asalnya di Temanggung, sang ibu Netta yang diperankan oleh Adinia Wirasti mengajak keluarganya untuk pulang ke kampung halamannya.

Akan tetapi, mereka tidak disambut baik oleh masyarakat karena dianggap sebagai pembawa sial dan menjadi salah satu penyebab kampung tersebut diteror oleh lampor. Sang Suami Edwin (diperankan oleh Dion Wiyoko) yang pada awalnya membela Istrinya, justru pada akhirnya mulai bertemu dengan kejadian aneh, mencekam, dan akhirnya mengetahui rahasia yang ada di dalam keluarga istrinya itu.

7. Alas Pati

Alas Pati adalah salah satu film horor terbaik yang mengangkat kisah dengan latar di sebuah hutan mati. Film ini menceritakan lima orang mahasiswa yang berteman dan bekerja sebagai vlogger. Pada suatu hari, salah satu di antara mereka, sebut saja Raya (diperankan oleh Nikita Willy) mengajak teman-temannya untuk membuat video di Alas Pati atau di hutan mati.

Di hutan tersebut, mereka menemukan banyak sekali mayat yang belum dikubur. Bhkan, Raya mengambil sebuah kalung yang ada di tubuh mayat tersebut. Nahasnya, salah satu teman mereka yang bernama Jessy (diperankan oleh Naomi Paulinda) tewas tertusuk bambu. Setelah kejadian tersebut, mereka akhirnya memutuskan untuk pulang seperti tidak terjadi apa-apa. Mulai dari situlah arwah Jessy mulai gentayangan dan menghantui mereka.

8. KKN Desa Penari

Film Horor Terbaik

Walaupun saat ini belum tayang di situs streaming, rasanya agak disayangkan jika melewatkan film horor yang satu ini. Film KKN Desa Penari merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata yang sempat viral di Twitter di tahun 2019 silam. Di mana ada sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN di desa yang sangat terpencil.

Mengisahkan tentang kisah tragis enam orang mahasiswa yang bernama Ayu, Nur, Bima, Widya, Anton, dan juga Wahyu yang melaksanakan KKN di sebuah desa terpencil. Pada awalnya, semua hal berjalan dengan normal dan lancar sampai suatu hari mulai terjadi kejadian mistis menimpa mereka.

Dari mulai Widya yang terus menari sampai Nur yang kesurupan. Jadi katanya, hal-hal mistis itu terjadi karena terdapat beberapa dari mereka yang sudah melanggar aturan yang ada di desa tersebut. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Demikian adalah daftar film horor terbaik yang pasti akan sukses bikin bulu kuduk sahabat Grameds berdiri. Belakangan ini film horor Tanah Air memang berhasil bersaing di pasaran internasional. Bagi sahabat Grameds yang tidak hanya ingin menonton filmnya, tetapi juga membaca bukunya, berikut beberapa rekomendasi buku terkait film horor yang bisa kamu baca.

Rekomendasi Buku Terkait Film Horor Terbaik

1. KKN di Desa Penari

Film Horor Terbaik

2. Lampor: Cerpen Pilihan Kompas 1994

Film Horor Terbaik

3. The Exorcist

Film Horor Terbaik

Itulah deretan film horor terbaik dari dunia internasional maupun Indonesia. Grameds juga bisa membaca dan mendapatkan buku-buku terkait film horor terbaik di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam

Written by Ananda