in

Rekomendasi Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Seru!

Pixabay.com

Film Kungfu Terbaik – Menonton film bisa dijadikan sarana untuk menghibur diri. Banyak sekali film dengan genre-genre menarik yang bisa kalian tonton. Salah satunya adalah film dengan genre action dengan menggunakan tema kungfu.

Bukan hanya di saluran tv lokal saja, namun banyak film kungfu yang ditayangkan di layar lebar. Bahkan beberapa film kungfu pernah memborong beberapa penghargaan di ajang perfilman.

Mungkin kalian juga pernah menyaksikan beberapa film dengan tema kungfu baik melalui tayangan di saluran tv lokal maupun melalui layar lebar. Agar kalian juga semakin tahu deretan film kungfu terbaik. Maka artikel ini akan memberikan rekomendasi film kungfu terbaik yang bisa kalian tonton.

Rekomendasi Film Kungfu Terbaik

1. Ip Man (2008)

Film Kungfu Terbaik

Bicara tentang film kungfu terbaik, maka film dengan judul Ip Man adalah salah satunya. Film Ip Man memiliki judul asli Yip Man ini sukses memberikan alur cerita dan aksi setiap pemainnya yang begitu memukau.

Film Ip Man sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2008 mengambil latar belakang di Foshan China tahun 1930-an. Tak bisa dipungkiri jika kota tersebut juga menjadi salah satu kota yang mengembangkan seni bela diri seperti kungfu.

Diceritakan pada sebuah kota Foshan China terdapat seorang ahli bela diri bernama Ip Man. Sebagian besar waktu Ip Man digunakan untuk mempelajari dan memperdalam ilmu seni bela diri Wing Chun. Selin memiliki teman yang begitu banyak, Ip Man juga memiliki lawan bertarung untuk mengasah kemampuannya.

Awalnya Ip Man hidup dengan aman dan penuh ketenangan. Namun semua perlahan berubah ketika Jepang melakukan invasi terhadap China. Bahkan agar bisa menghidupi istri dan anaknya, Ip Man juga bekerja dalam tambang batu bara.

Saat itu lawan Ip Man yang bernama Ling terbunuh di tangan tentara Jepang, hal ini menjadikan Ip Man ingin melakukan perlawanan terhadap tindakan tersebut.

Film Ip Man mampu mendapatkan beberapa penghargaan dalam ajang perfilman bergengsi seperti Film Terbaik Hong Kong ke-28, Iron Elephant Awards ke-2, hingga Film Terbaik Asia pada 2009. Perlu diketahui jika film Ip Man juga diangkat dari kisah nyata.

Donnie Yen merupakan pemeran utama dalam film Ip Man. Memiliki tingkat kesuksesan yang cukup bagus menjadikan film Ip Man mendapatkan versi lanjutan hingga Ip Man 4: The Finale.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan tontonan kungfu begitu berkelas bisa banget menonton film Ip Man di setiap serinya.

2. Legend of The Fist: The Return Of Chen Zhen (2010)

Film Kungfu Terbaik

Berikutnya ada film dengan judul Legend Of The Fist: The Return Of Chen Zhen. Pada film ini Donnie Yen merupakan aktor yang memerankan karakter utama bernama Chen Zen. Film Legend Of The Fist: The Return Of Chen Zhen di rilis pada tahun 2010 lalu.

Legend Of The Fist: The Return Of Chen Zhen merupakan sebuah film yang menceritakan ahli bela diri bernama Chen Zhen. Bukan hanya terkenal karena kemampuan bela dirinya saja. Namun Chen Zhen juga terkenal karena kebaikan hatinya.

Kehidupan tenang yang dimiliki oleh Chen Zhen berubah ketika dirinya mendapatkan kabar jika gurunya tewas dibunuh seseorang. Dari kejadian tersebut menjadikan Chen Zhen memiliki keinginan untuk melakukan pembalasan dendam terhadap pembunuh tersebut yang tak lain adalah kelompok tentara.

Namun dalam aksi pembalasan dendam tersebut, Chen Zhen mengalami kegagalan dan tewas ditangan kelompok tentara. Dari kejadian tersebut membuat banyak orang mulai takut terhadap para kawanan tentara tersebut.

Lambat laun keadaan makin tak terkontrol dikarenakan para tentara tersebut mulai haus akan nyawa. Namun secara tiba-tiba datang seorang pemuda misterius yang siap untuk melakukan aksi perlawanan terhadap kawanan kelompok tentara tersebut.

3. Once Upon A Time in China (1991)

Film Kungfu Terbaik

Bicara tentang film kungfu terbaik rasanya begitu kurang jika tidak membahas film dengan judul Once Upon A Time in China. Film ini dibintangi oleh aktor laga terkenal yaitu Jet Li yang memerankan Wong Fei Hung.

Perlu diketahui jika film Once Upon A Time in China yang dirilis tahun 1991 ini memiliki kesuksesan yang begitu bagus di dunia perfilman Hong Kong dan juga Hollywood.

Film Once Upon A Time in China menceritakan tentang kisah romantis antara Wong Fei Hung dan Bibi ke-13. Wong Fei Hung menaruh hati kepada Bibi ke-13 karena kecerdasannya. Akan tetapi keduanya tidak bisa hidup bersama karena adanya tradisi yang menghalangi kisah cinta mereka.

Selain itu dalam film Once Upon A Time in China juga disebutkan jika Wong Fei Hung juga turut andil membantu bangsa China melakukan perlawanan terhadap bangsa asing di akhir abad ke-19. Meski memiliki kemampuan bela diri yang cukup mumpuni.

Namun untuk melakukan perlawanan tersebut juga bukanlah hal mudah untuk dilakukan oleh Wong Fei Hung. Salah satu penyebabnya adalah ketika bangsa Eropa menggunakan senjata api dan Wong Fei Hung hanya menggunakan kemampuan bela diri serta senjata yang terbuat dari kayu.

Meski terbilang sebagai film lawas, namun film Once Upon A Time in China tetap bisa kalian masukkan ke dalam list tontonan film kungfu terbaik sepanjang masa.

4. Enter The Dragon (1973)

Film Kungfu Terbaik

Berikutnya ada film dengan judul Enter The Dragon yang dirilis pada tahun 1973. Film ini diperankan oleh aktor sekaligus ahli bela diri, Bruce Lee. Dalam film ini Bruce Lee memerankan seorang ahli bela diri yang bernama Lee. Selain itu Enter The Dragon juga merupakan film terakhir dari Bruce Lee.

Ketika Bruce Lee sedang berguru di perguruan shaolin yang berada di China. Ia mendapatkan sebuah tugas dari Amerika untuk melakukan penangkapan para penjahat kelas kakap. Kali ini musuh dari Lee adalah mantan rekan satu sekolah bela dirinya dan juga seseorang yang bernama Han.

Lee memutuskan untuk melakukan penyamaran dengan menyusup dan mengikuti sebuah turnamen bela diri di sebuah pulau kekuasaan Han. Selain itu Lee juga tahu jika turnamen bela diri tersebut juga diselenggarakan oleh Han.Menariknya pulau tersebut sangat sulit ditemukan karena berada di area kekuasaan para penjahat besar.

Jika kalian memang ngefans banget sama Bruce Lee. Tentunya film Enter The Dragon yang di rilis tahun 1973 bisa menjadi salah satu tontonan wajib. Grameds juga bisa membaca komik Kungfu Boy Legends, yang tentu saja sangat asyik ceritanya, dengan klik link bukunya di bawah ini.

5. Shaolin Soccer (2001)

Film Kungfu Terbaik

Shaolin Soccer menjadi salah satu film yang wajib kalian tonton jika ingin melihat keseruan Stephen Chow menunjukkan aksinya. Meski film Shaolin Soccer mengusung cerita olahraga sepak bola. Namun dalam pertandingan tersebut terdapat unsur kungfu. Karena keunikan tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri dari film Shaolin Soccer.

Selain itu film Shaolin Soccer juga memberikan bumbu-bumbu asmara di dalamnya. Mungkin kalian juga pernah menyaksikan film tersebut di saluran tv lokal. Sebab beberapa kali film Shaolin Soccer sudah pernah ditayangkan di saluran tv lokal.

6. The Karate Kid (2010)

Mungkin film The Karate Kid yang rilis tahun 2010 memang tidak asing bagi kalian. Hal ini karena film tersebut sudah kerap di tayangkan di saluran TV lokal. Tak hanya menyuguhkan alur cerita dan aksi kungfu yang begitu menarik.

Namun film The Karate Kid juga memberikan nasihat ilmu yang bisa dipetik untuk kehidupan sehari-hari. Film The Karate Kid yang dirilis tahun 2010 ini merupakan hasil remake dari film barat dengan cerita kungfu dan judul yang sama.

The Karate Kid sendiri menceritakan seorang anak kecil yang bernama Dre Parker bersama dengan ibunya yang harus pindah dari Amerika ke Beijing karena permasalahan ekonomi. Menjadi seorang pendatang baru, Dre menjadi salah satu sasaran yang begitu mudah bagi teman sebayanya.

Awalnya Dre putus asa dengan keadaan yang menimpanya. Namun semua perlahan berubah ketika dirinya bertemu dengan Han. Yang mana Han adalah pria tua dengan kekurangan pada fisiknya. Meski begitu Han begitu pandai untuk melakukan aksi bela diri.

Han mengajari Dre berbagai macam ilmu bela diri sekaligus memberikan nasihat jika melarikan diri bukanlah suatu hal yang baik dalam menghadapi masalah.

7. Shaolin (2011)

Film Kungfu Terbaik

Shaolin yang rilis pada tahun 2011 ini menjadikan Andy Lau sebagai pemeran utamanya. Di sini Andy Lau memerankan sosok pemimpin perang bernama Hao Jie.

Shaolin menceritakan seorang pemimpin perang bernama Hao Jie. Meski menjadi pemimpin perang, siapa sangka jika Hao Jie memiliki watak yang begitu sombong. Hal ini karena Hao Jie selalu menang dalam peperangan yang ia lakukan selama ini.

Seiring berjalannya waktu banyak rakyat yang menjadi korban dan harus mengungsi untuk menyelamatkan diri mereka. Akhirnya rakyat yang menjadi korban tersebut berada di kuil shaolin. Hao Jie yang tahu akan kaberadaan mereka begitu marah dan menantang untuk melakukan peperangan melawan dirinya.

8. Kung Fu Yoga (2017)

Film Kungfu Terbaik

Setiap film yang dibintangi oleh Jackie Chan kebanyakan memang memiliki alur cerita kungfu atau action yang dibalut dengan sisi komedi. Hal tersebut juga ditunjukkan pada film Kung Fu Yoga yang dirilis pada tahun 20017. Film ini juga menjadi salah satu film terbaik garapan sutradara Stanley Tong.

Film Kung Fu Yoga sendiri menceritakan tentang pencarian harta peninggalan terdahulu bernama Magadha. Diketahui jika harta tersebut berada di sebuah gua es. Jeck bersama dengan Ashmita beserta beberapa asisten seperti Kyra, Xiaoguang dan Noumin memutuskan untuk melakukan pencarian harta peninggalan tersebut.

Ketika sudah sampai di dalam gua es tersebut ternyata sudah terdapat sekelompok pemberontak yang mengklaim terhadap harta peninggalan tersebut. Permasalahan semakin rumit ketika ia harus melarikan diri dan juga menyelamatkan dua rekan yang diculik dan dibawa ke Gunung Suci.

9. Enter The Fat Dragon (2020)

Film Kungfu Terbaik

Berikutnya ada film Enter The Fat Dragon yang bisa kalian jadikan tontonan wajib jika ingin melihat aksi keren dari Donnie Yen. Film ini pertama kali rilis pada tahun 2020 lalu.

Seorang polisi yang baru saja diputuskan oleh pacarnya melakukan tindakan makan secara berlebihan. Kegiatan makan yang dilakukannya secara terus-menerus membuat perubahan pada fisiknya yang menjadi lebih gemuk.

10. Kung Fu Jungle (2014)

Film Kungfu Terbaik

Masih ingin menyaksikan aksi seru dari aktor Donnie Yen. Maka kalian bisa menjadikan film Kung Fu Jungle yang rilis di tahun 2014 lalu menjadi salah satu tontonan wajib.

Dalam film ini, Donnie Yen mampu memerankan karakter yang begitu memukau untuk aksi bela dirinya. Bahkan film Kung Fu Jungle juga berhasil masuk ke dalam nominasi Best Action Choreography dan diputar di pagelaran BFI London Festival.

11. Snake in The Eagle’s Shadow (1978)

Film Kungfu Terbaik

Film Snake In The Eagle’s Shadow pertama kali dirilis pada tahun 1978. Bahkan saat itu film Snake In The Eagle’s Shadow juga menjadi salah satu film kungfu terbaik.

Snake In The Eagle’s Shadow sendiri menceritakan tentang sebuah perguruan kungfu yang berada di China. Semakin hari jurus yang dimiliki oleh perguruan tersebut juga menjadi menghilang hingga menyisakan satu jurus saja yaitu kungfu ular.

Perguruan lain yang menjadi rival dari perguruan tersebut berhasil mengetahui hal tersebut dan mencari celah dari kondisi tersebut. Terjadilah peperangan dan menewaskan banyak murid dari perguruan tersebut hingga menyisakan satu murid saja.

12. Kung Fu Hustle (2004)

Film Kungfu Terbaik

Berikutnya ada film dengan gere action comedy yang berjudul Kung Fu Hustle. Film Kung Fu Hustle dirilis pada tahun 2004 dan menjadikan Stephen Chow karakter utamanya. Jika kalian pernah menyaksikan film ini tentunya aksi memukau dari Stephen Chow dan juga efek visual yang begitu menonjol tidak diragukan lagi.

Diceritakan tentang seorang pria gelandangan yang ternyata adalah ahli bela diri. Ia mencoba masuk ke dalam geng Kapak namun gagal. Namun seiring berjalannya waktu gelandangan tersebut berhasil mengetahui identitas aslinya jika dirinya adalah seorang ahli bela diri dengan jurus yang begitu dahsyat.

13. The Way of The Dragon (1972)

Film Kungfu Terbaik

The Way Of The Dragon yang rilis pada tahun 1972 merupakan salah satu film kungfu terbaik pada masanya. Film ini disutradarai oleh Bruce Lee dan dibintangi oleh dirinya sendiri.

Film The Way Of The Dragon menceritakan tentang Tang Lung yang melakukan perjalanan ke Roma. Tujuan Tang Lung ke Roma sebenarnya untuk membantu sepupunya menjalankan bisnis restoran.

Namun konflik mulai terjadi ketika sepupu Tang Lung mendapatkan desakan untuk menjual rumah dengan harga murah. Ketika Tang Lung sampai di rumah sepupunya, ia langsung berhadapan dengan bos sindikat dan dua ahli bela diri dari Jepang dan Eropa.

Dalam pertarungan tersebut Tang Lung berhasil mengalahkan kedua ahli bela diri tersebut. Akan tetapi kabar kemenangan tersebut sudah sampai di telinga ahli bela diri Amerika bernama Colt. Colt merupakan ahli bela diri yang terkenal karena belum pernah menerima kekalahan. Akhirnya kedua ahli bela diri tersebut melakukan pertarungan.

14. Kung Fu Panda (2008)

Film Kungfu Terbaik

Berikutnya ada film animasi yang berjudul Kungfu Panda. Film Kungfu Panda sendiri awal rilis pada tahun 2008 dan sukses menjadi salah satu film kungfu terbaik. Bahkan film Kungfu Panda sendiri juga mendapatkan seri lanjutannya.

Film Kungfu Panda sendiri menceritakan tentang seekor panda yang bernama Po. Meski selalu bertingkah konyol. Namun berkat latihan keras yang dilakukannya bersama dengan rekan-rekan seperguruannya ia berhasil menjadi ahli bela diri yang begitu kuat.

15. Mulan (1998)

Film Kungfu Terbaik

Masih dalam film animasi ada film Mulan yang dirilis tahun 1998 yang bisa kalian jadikan tontonan wajib. Film ini memberikan banyak pelajaran menarik tentang kehidupan khususnya kesetaraan gender.

Diceritakan tentang seorang anak perempuan yang mengetahui kondisi sang ayah yang tak mampu untuk berperang kembali. Ia memutuskan untuk menggantikan ayahnya untuk mengikuti medan pertempuran. Meski Mulan adalah anak perempuan, namun untuk keterampilan bela diri tak kalah dari seorang pria.

Itulah rekomendasi film kungfu terbaik sepanjang masa yang tentu saja wajib kamu tonton. Grameds juga bisa membaca buku-buku mengenai kungfu yang bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Film dengan Rating Tertinggi yang Wajib Ditonton
  2. 15 Rekomendasi Film Thriller Terbaik, Dijamin Bisa Memacu Adrenalin
  3. 5 Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Cocok Jadi Teman Liburan
  4. Rekomendasi Film Horor Indonesia
  5. Rekomendasi Film Korea Sedih yang Bikin Kamu Banjir Air Mata
  6. 10 Rekomendasi Film Thailand: Mulai dari Horor Hingga Romantis

Written by Ananda