in

10 Rekomendasi Film Thailand: Mulai dari Horor Hingga Romantis

Rekomendasi film Thailand seringkali memiliki ide cerita yang menarik dan unik di setiap genrenya. Beberapa genre film Thailand yang cukup bagus antara lain horo dan juga komedi romantis. Saking menariknya, film Thailand ini dapat membuat siapa saja yang menontonnya tidak sadar bahwa mereka ternyata sudah berada di depan layar selama dua jam lebih. Untuk Anda yang tertarik menonton film Thailand untuk mengisi waktu senggang ataupun untuk melepas penat, Anda dapat menyimak tips memilih film Thailand dan beberapa rekomendasi film Thailand yang wajib Anda tonton.

Cara Memilih Rekomendasi Film Thailand yang Tepat

Anda pastinya menginginkan pengalaman menonton film Thailand yang istimewa dan tidak mudah terlupakan, bukan? Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam memahami bagaimana cara memilih rekomendasi film Thailand terbaik untuk Anda tonton di akhir pekan.

1. Pilih Genre yang Anda Sukai

Genre film adalah salah satu kategori ataupun klasifikasi film menurut kriteria tertentu seperti halnya latar, kesamaan bentuk, tema, dan juga suasana. Ada beberapa genre film yang biasanya disukai banyak penonton, antara lain komedi, thriller, romantis, slice of life, fiksi ilmiah, action, dan horor. Sebenarnya, masih ada genre film lain yang juga cukup populer. Tapi di Thailand sendiri, tujuh genre di atas sudah mendominasi dan menjadi genre favorit para penontonnya.

2. Cek Durasi Film yang Sesuai Dengan Waktu Luang Anda

Durasi film adalah salah satu poin yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menonton film Thailand. Film Thailand sendiri umumnya memiliki dua jenis berdasarkan durasinya, yaitu film dan juga serial. Entah itu film ataupun serial, cobalah untuk pilih yang sesuai dengan waktu luang Anda. Berikut ini adalah penjelasan tentang perbedaan film dengan serial Thailand.

a. Film

Apabila Anda mempunyai waktu luang yang cenderung panjang seperti halnya akhir pekan, film dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu. Akan tetapi, apabila waktu Anda tidak banyak, maka sebaiknya tunda dulu untuk menonton film, karena kegiatan menonton Anda bisa terpotong dan akhirnya bisa mengurangi kenikmatan menonton film. Film Thailand sendiri bisanya berdurasi antara satu setengah jam sampai dua setengah jam. Dimana film yang berdurasi panjang ini dapat Anda tonton dengan camilan kesukaan. Adapun tips untuk Anda yang baru pertama kali menonton film Thailand yang berdurasi cukup panjang, Anda dapat memilih film yang reviewnya bagus supaya tidak cepat bosan.

b. Serial

Durasi untuk serial Thailand sendiri tidak sepanjang durasi filmnya. Serial umumnya memiliki durasi sekitar 30 menit hingga satu jam saja. Durasi yang singkat ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mempunyai banyak waktu luang. Hampir sama dengan film yang berdurasi panjang, serial juga mempunyai beberapa genre yang dapat Anda pilih. Selain itu, Anda juga bisa lebih leluasa untuk menonton serial ini, karena di dalam satu judul serial umumnya ada lebih dari tiga episode. Anda dapat menonton tiap episodenya ketika senggang dan melanjutkan episode lainnya di waktu yang berbeda.

3. Pertimbangkan Rating Agar Bisa Dinikmati Bersama Keluarga

Setiap film yang ditayangkan, tentu sudah dilengkapi dengan keterangan rating. Salah satu jenis rating film yang dipakai yaitu General Audience (G), Parental Guidance (PG), PG-13. Restricted Ā®, dan juga NC-17 Rating. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

a. G adalah film yang bisa ditonton oleh semua umur
b. PG adalah film yang dapat ditonton oleh anak-anak, namun masih perlu pendampingan orang tua
c. PG-13 adalah film untuk anak berusia 13 tahun ke atas dan diperbolehkan menonton dengan pendampingan orang tua
d. R adalah film untuk usia di bawah 17 tahun dan tidak boleh menonton tanpa adanya dampingan orang tua
e. NC-17 adalah film yang tidak boleh ditonton oleh anak yang masih berusia di bawah 17 tahun

Bagi Anda yang ingin menonton film Thailand, Anda dapat mempertimbangkan rating G ataupun 13+ supaya bisa dinikmati bersama keluarga dan juga anak-anak.

Rekomendasi Film Thailand Terbaik

Industri film yang ada di Thailand adalah salah satu yang terbaik di wilayah Asia Tenggara. Film-film yang mereka produksi selalu menyajikan cerita-cerita yang baru dan menarik. Oleh karena itu, berikut ini kita akan membahas tentang rekomendasi film Thailand terbaik sepanjang masa yang wajib Anda tonton. Berikut adalah daftarnya:

1. Crazy Little Thing Called Love

Film dengan judul Crazy Little Thing Called Love pastinya sudah tidak asing lagi kan di telinga Anda. Ini adalah salah satu film romantis Thailand yang dibintangi oleh dua artis terkenal yaitu Mario Maurer dan Pimchanok Luevisadpaibul.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Film yang juga terkenal dengan judul First Love ini mengisahkan tentang seorang gadis sederhana bernama Shone yang suka atau naksir dengan kakak kelasnya yang bernama Nam. Nam tersebut adalah seorang pemuda tampan yang banyak diidolakan oleh para perempuan yang ada di sekolahnya.

Awalnya, keinginan Shone untuk bisa menjadi pacar Nam hanyalah sebagai salah satu impiannya saja. Sebab, Ia harus menghadapi banyak sekali saingan yang jauh lebih cantik dan juga jauh lebih modis dibandingkan dengan dirinya. Akan tetapi, Shone tidak mau menyerah begitu saja. Ia selalu berusaha sekuat tenaga untuk bisa merombak penampilannya sampai menjadi sangat cantik. Lalu, apakah usahanya itu akan membuahkan hasil? Yuk tonton sekarang juga.

2. Ong-Bak: Muay Thai Warrior

Para pecinta film Thailand pasti sudah tidak asing lagi dengan rekomendasi film Thailand yang satu ini dengan judul Ong-Bak: Muay Thai Warrior. Film dengan genre action ini dirilis di tahun 2003 dan telah sukses memukau para penonton dari dalam ataupun luar Thailand. Film tersebut mengusung tema bela diri asli dari Thailand yaitu Muay Thai.

Selain itu, film Ong-Bak ini menceritakan tentang pencurian patung Buddha dari sebuah kuil desa kecil. Kemudian seorang petarung Muay Thai yang bernama Ting kemudian pergi ke Bangkok untuk merebut kembali patung tersebut. Disana, Ia harus berperang dengan para petarung handal lain supaya dapat kembali memperoleh patung Buddha tersebut.

3. The Medium

The Medium adalah salah satu film yang paling populer dan viral serta banyak diperbincangkan saat perilisannya. Film yang satu ini wajib ada di daftar film yang wajib ditonton. Dimana film yang digarap oleh seorang sutradara horor terbaik dari Korea Selatan dan juga Thailand ini memang bisa membuat penontonnya merinding dan ikut merasakan suasana horor yang ada di film.

Terlebih lagi, film yang satu ini mengambil gaya dokumenter yang membuat aura horor dan mistisnya semakin terasa nyata untuk para penontonnya. The Medium sendiri menceritakan tentang sebuah kebudayaan shamanisme yang ada di dalam sebuah desa di Thailand.

Nim merupakan wadah dari Dewa Bayan yang bertugas menjaga desa, perempuan tersebut saat itu dihadapkan dengan keponakannya yang mempunyai gejala kerasukan. Awalnya, Nim berpikir bahwa Min akan menjadi sebuah wadah Dewa Bayan berikutnya, namun hal yang lebih buruk justru menimpa mereka yang melibatkan ribuan iblis.

4. Bad Genius

Jika berbicara tentang rekomendasi film Thailand terbaik, selama ini industri film yang ada di Thailand memang sudah didominasi oleh film bergenre horor ataupun drama percintaan. Akan tetapi di tahun 2017, Bad Genius hadir dengan membawa genre lain.

Dimana film ini mengusung genre komedi, kriminal, dan drama. Bad Genius sendiri menceritakan tentang sekelompok orang pintar yang mencari uang secara ilegal dengan menjual kunci jawaban untuk ujian. Tidak disangka-sangka, bisnis ilegal tersebut ternyata menghasilkan banyak uang.

Namun, di tengah pendapatan dari bisnis ilegal tersebut, Lin yang menjadi dalang utama dari film ini harus bertaruh dengan risiko kehilangan kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

5. Shutter

film thailand shutter

Thailand memang tak pernah lepas dengan film dengan genre horor. Salah satu film horor terbaik yang ada di Thailand adalah film yang berjudul Shutter. Film Shutter ini menceritakan tentang Tun dan Jane yang menabrak seorang perempuan sampai meninggal dunia. Tapi sialnya, perempuan tersebut ternyata merupakan Natre yang notabene adalah mantan kekasih Tun.

Setelah kejadian tersebut, Tun mulai dihantui oleh arwah dari Natre yang ingin membalaskan dendamnya. Tak hanya Tun saja, tapi teman-temannya juga ikut dihantui. Bahkan satu per satu dari mereka mulai bunuh diri secara mengenaskan karena tidak tahan dengan gangguan yang dilakukan oleh arwah Natre.

6. Tootsies & The Fake

Film yang satu ini dibintangi oleh sejumlah artis Thailand yang sangat populer. Tootsies & The Fake tak pernah gagal untuk membuat para penontonnya terhibur. Sekuel dari drama Diary of Tootsies The Series, film tersebut dapat dinikmati walaupun Ana tidak menonton dramanya dari awal. Bahkan premis yang simpel dan klasik yang diangkat di dalam film ini juga terasa fresh karena kemampuan akting para pemainnya.

Di film ini, para Tootsies tak hanya dibebani dengan berbagai macam masalah pribadi masing-masing saja. Tapi mereka juga hampir dikenai denda sebesar 50 juta bhat telah melukai artis cantik yang bernama Cathry. Tapi untungnya, mereka menemukan Nam seorang penjual makanan yang melakukan operasi plastik mirip Cathry. Akan tetapi, kepribadian keduanya yang sangat berbeda membuat para Tootsies harus berusaha dengan keras untuk menutupi perbedaan tersebut.

7. Hello Stranger

film thailand hello stranger

Pertemuan dua orang yang sama-sama berasal dari Thailand yaitu Dang dan May, di negara Korea pada awalnya terkesan biasa saja. Dang sedang mengikuti tur bersama dengan teman-temannya dan May sendirian, karena Ia sangat ingin mengunjungi tempat-tempat yang ada di dalam drama Korea favoritnya.

May kemudian bertemu dengan Dang dalam keadaan Dang sangat mabuk. Karena sangat ingin menolong, May lalu mengantarkan Dang hingga ke hotelnya. Akan tetapi, rombongan tur sudah pergi meninggalkan Dang. Hingga pada akhirnya Dang tidak tahu harus kemana lagi, lalu Ia memutuskan untuk mengikuti kemana May pergi.

Dari perjalanan keduanya, Dang dan May mulai jatuh cinta. Walaupun cerita Hello Stranger ini terkesan sangat klise, tapi alur dari ceritanya sendiri sangat menghibur dan ringan. Penonton bisa menikmati film romantis yang mengusung lokasi syuting di negara Korea Selatan.

8. Bangkok Traffic (Love) Story

Thailand sendiri memang sangat terkenal dengan film drama komedi romantisnya. Bangkok Traffic Love Story merupakan salah satu film yang paling direkomendasikan dan wajib ditonton. Sinopsis awal dari film yang satu ini dimulai dengan pertemuan tidak sengaja antara Mei Li dengan seorang laki-laki bernama Lung. Pada saat itu, Mei Li mengendarai mobil sambil mabuk hingga akhirnya menabrak pembatas jalan. Disitu, Lung membantu untuk menolong mobil Mei Li.

Setelah adanya kejadian tersebut, Mei Li dilarang untuk mengendarai mobil pribadinya. Ia harus naik transportasi umum untuk bisa pergi bekerja. Tak disangka, Mei Li kembali bertemu dengan Lung dan berusaha untuk lebih dekat lagi dengan laki-laki tersebut.

9. Pee Mak

film thailand pee mak

Film dengan genre horor selanjutnya hadir dengan judul Pee Mak. Hantu Mae Nak adalah salah satu urban legend yang cukup terkenal di Thailand. Mae Nak adalah seorang istri yang masih hamil yang harus ditinggalkan oleh suaminya pergi ke medan perang. Tapi sayangnya, Ia mengalami pendarahan sampai meninggal dunia. Sang suami yang tidak mengetahui bahwa istrinya sudah meninggal dan menjadi hantu.

Di dalam film Pee Mak, Anda tidak perlu membayangkan bahwa filmnya akan penuh dengan adegan horor atau mistis. Sebab, film Pee Mak sendiri merupakan versi komedi dari urban legend ini. Film horor komedi ini mengisahkan tentang perjuangan teman-teman sang suami yang bernama Mak supaya bisa sadar bahwa istrinya itu sudah meninggal dunia dan menjadi hantu.

10. Happy Old Year

film thailand happy old year

Apakah Anda pernah berpikir apa arti dari sebuah kantong sampah? Mengapa barang-barang yang sudah usang disebut sebagai sampah? Ketika menonton Happy Old Year Anda mungkin saja akan menyesali sudah membuat berbagai barang masuk ke tempat sampah begitu saja.

Hal itulah yang dirasakan oleh Jean, seorang perempuan yang berniat merombak rumahnya sebagai hunian dan juga kantor untuk perusahaannya. Terinspirasi dengan gaya minimalis ketika Ia bersekolah di Swedia. Tanpa berpikir panjang, Jean membuat semua perabotan di rumahnya.

Sampai suatu hari, Pink menyadarkannya bahwa semua benda yang dikiranya sebagai sampah ternyata mempunyai kisah masing-masing. Bahkan, sampah ini dapat melepaskan Jean dari luka dan juga kegelisahan yang Ia kubur di hatinya selama bertahun-tahun.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Rekomendasi Film Thailand

Written by Lely Azizah