in

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Yang Wajib Ditonton

 Film Anime Sedih – Anime dikenal karena penampilan dan ekspresinya yang realistis, karakter yang intens, dan latar belakang cerita. Anime adalah salah satu unsur yang menjaga budaya dan sejarah Jepang tetap hidup sampai saat ini di dunia yang berubah dengan cepat.

Dengan persaingan yang sangat tinggi, anime masih menjadi hal yang digemari mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Anime telah memikat jutaan pasang mata, membuat mereka terpesona melalui cerita dan seluk-beluk anime.

Anime hadir dalam berbagai genre, mulai dari drama, komedi, fantasi, romansa, sampai slice of life. Jika kamu penonton anime pemula, genre pertama yang kamu temui biasanya aksi dan romansa. Tapi anime tragis dan sedih adalah bagian yang rumit dari anime.

Anime sedih ini bisa memberikan wawasan yang lebih dalam tentang budaya mereka dan secara umum perilaku manusia atau masyarakat Jepang itu sendiri. Berikut ini adalah daftar anime paling sedih yang pernah dibuat yang sangat menguras air mata. Kamu bisa menonton beberapa anime ini di Netflix, Hulu atau Amazon Prime.

List Anime sedih Layak Tonton

1. Colorful

colorfulColorful adalah film anime yang berdurasi 2 jam dan 7 menit. Film ini adalah film jenis supernatural yang akan membuat kamu emosional dan menggerakkan hati. Ini adalah film tentang realisasi diri dan kesempatan kedua.

Film Colorful menceritakan kisah tentang anak laki-laki yang putus asa dan mencoba mengakhiri hidupnya dengan meminum banyak pil. Namun, ketika dia sampai di dunia akhirat, laki-laki yang bernama Makoto ini diberi tantangan oleh anak-anak bernama PuraPura.

Makoto ditantang untung memperbaiki kesalahan selama dia hidup, dan PuraPura akan menjadi pemandunya selama di dunia. Makoto awalnya menjalani kehidupannya dengan biasa-biasa saja, tidak merasakan senang ataupun sedih. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mulai menikmati hal-hal kecil yang bisa membuat hidupnya jadi lebih berwarna.

Film ini seperti bertujuan untuk memberitahu penontonnya bahwa mengakhiri hidup bukanlah jalan keluar. Namun, kita harus mencoba untuk menikmati hidup dan menghargai hal-hal kecil sehingga kita lebih memaknai hidup.

 

2. Kimi No Nawa

kimi no nawaKimi No Nawa atau yang lebih dikenal dengan judul Your Name adalah salah satu film anime yang paling populer. Film ini menyajikan kenikmatan visual yang memiliki seni dan desain karakter yang luar biasa kepada penonton.

Total durasi film ini sekitar 1 jam 46 menit. Film ini menggabungkan unsur asmara, fantasi dan latar belakang dunia modern.  Protagonisnya cukup menarik dan cukup relatable yang membuat penonton terus dibuat penasaran dengan jalan cerita film ini.

Mitsuha Miyamizu adalah tokoh protagonis perempuan dari anime ini, dia tinggal di pedesaan Jepang dan belajar di sekolah menengah di sana. Mitsuha selalu ingin merasakan sesuatu yang tidak dia miliki yaitu kehidupan di kota besar seperti Tokyo.

Dia bermimpi hidup sebagai anak laki-laki di kota yang sibuk yang merupakan kebalikan dari hidupnya di desa ini. Taki Tachibana adalah protagonis pria dari film anime ini, Taki adalah sosok yang memiliki kehidupan berbalik dengan Mitsuha. Ia adalah seorang anak Sekolah Menengah yang sibuk dengan kerja paruh waktunya.

Suatu hari Mitsuha bangun dan menemukan bahwa dia berada di tubuh seorang anak laki-laki di kota Tokyo. Tampaknya mimpi Mitsuha menjadi kenyataan saat itu. Sementara itu, Taki bangun dan menyadari bahwa dia hidup di dalam tubuh seorang perempuan pedesaan.

Keduanya bingung dan mereka ingin mencari tahu lebih banyak tentang fenomena misterius ini.

Bicara tentang mimpi, buku yang berjudul Anime Club ini bisa jadi salah satu bacaan yang menarik. Pasalnya, buku ini tidak hanya menceritakan kisah anggota klub anime yang hanya berkutat dengan dunia anime dan bermain-main. Anime Club menceritakan tentang bagaimana mereka mewujudkan impian mereka.

 

My Anime Club
My Anime Club

tombol beli buku

3. Mirai no Mirai

kimi no nawa

Mirai no Mirai adalah film anime yang indah yang berhubungan dengan fantasi, petualangan, dan drama. Mungkin di awal film, banyak orang yang beranggapan bahwa ini adalah film anime biasa yang menceritakan tentang kisah keluarga.

Seperti anime fantasi lainnya, Mirai no Mirai adalah suguhan visual untuk semua umur. Desain karakternya juga cukup apik ditambah visual protagonis utama yang sangat imut. Jika kamu memiliki adik laki-laki atau perempuan maka kamu bisa mengajak mereka untuk menonton film ini bersama.

Meskipun filmnya cukup menyenangkan untuk ditonton dan menampilkan unsur yang ceria, tanpa disangka film ini bisa membuatmu sedih. Kun Oota adalah tokoh protagonis berusia 4 tahun, hal ini yang membuat Mirai no Mirai menjadi unik karena film ini menceritakan kisah keluarga dari perspektif anak-anak. Semua orang sangat menyukainya dan dia menerima banyak cinta dari keluarganya.

Tapi semua ini berubah ketika adik perempuannya lahir. Keluarga itu menamai bayi itu Mirai yang artinya masa depan. Pada awalnya, Kun menyukai kenyataan bahwa dia sekarang memiliki seorang adik perempuan.

Namun belakangan Kun merasa dunianya telah hancur dengan kelahiran adiknya karena sekarang adiknya lah yang menjadi pusat perhatian dan bukan dirinya. Semua orang sekarang tampaknya menghujani cinta mereka pada Mirai dan Kun seperti merasa dilupakan.

Kun perlahan menjadi cemburu pada adiknya Mirai saat ibunya kembali bekerja dan ayahnya mulai bekerja dari rumah untuk mengurus rumah tangga. Suatu hari Kun pergi ke taman, ketika itu dia bertemu dengan seorang gadis remaja yang mengaku bahwa ia adalah Mirai di masa depan.

Awalnya Kun tidak percaya, namun mereka berdua bersama-sama mereka melakukan perjalanan melintasi ruang dan waktu untuk belajar lebih banyak tentang keluarga mereka. Tapi pertanyaan yang masih tersisa adalah mengapa Mirai datang dari masa depan?.

4. Omoide No Marnie

Omoide No MarnieOmoide no Marnie adalah film yang menceritakan kisah indah tentang persahabatan dan penemuan diri. Seni dan musiknya cukup bagus di anime ini. Plotnya tidak terlalu original atau baru tetapi tetap menghibur untuk para penikmat anime.

Sangat menyenangkan untuk menyaksikan karakter utama berinteraksi dan mencoba menjalani hidup mereka sepenuhnya. Film ini dibuat oleh raksasa film anime Studio Ghibli yang telah lama memproduksi film-film dengan visualisasi dan plot yang menyenangkan mata dan jiwa.

Omoide no Marnie menceritakan tentang Anna Sasaki, seorang gadis muda yang memiliki serangan asma. Dia tinggal bersama orang tua angkatnya dan tidak bersosialisasi dan mencoba menutup diri.

Khawatir dengan kesehatannya, orang tuanya berkonsultasi dengan dokter yang menyarankan mereka untuk mengirim Anna ke pedesaan karena gaya hidup sederhana yang dapat mengubah suasana hatinya.

Selain itu udara bersih di sana akan lebih baik untuk kesehatan paru-parunya. Di sana Anna menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menggambar. Di desa, dia menemukan sebuah rumah kosong bernama Marsh House.

Ternyata dia baru tahu bahwa ada seorang gadis bernama Marnie yang tinggal di sana. Dia dan Marnie akhirnya menjadi teman dan sikap ceria Marnie membantu menghilangkan kepribadian Anna yang pendiam.

Tapi siapa Marnie? Akankah Anna menyukai kebenaran yang bersembunyi di balik gadis misterius dan Rumah Marsh ini?  Satu hal yang pasti, dia tidak akan pernah melupakan musim panas yang ia habiskan bersama Marnie.

5. Perfect Blue

perfect blue‘Perfect Blue’ adalah film yang diakui secara kritis. Film ini telah memenangkan banyak penghargaan, nominasi, dan pujian. Perfect Blue menampilkan teror di industri showbiz. Film yang berdurasi sekitar 1 jam 20 menit ini merupakan adaptasi anime dari novel ‘Perfect Blue: Kanzen Hentai’ yang ditulis oleh penulis Jepang Yoshikazu Takeuchi.

Sebelum mulai menonton film ini, harap diingat bahwa film anime yang satu ini bukan untuk anak-anak karena memiliki banyak konten dan tema dewasa. Perfect Blue menayangkan adegan seperti pemerkosaan, ketelanjangan, dan kekerasan.

Film ini menceritakan tentang Mira Kirigoe adalah penyanyi pop terkenal dan merupakan anggota dari grup idola J-pop yang sukses CHAM!. Namun ia memutuskan ingin menjadi seorang aktris dan meninggalkan bandnya.

Tetapi sulit baginya untuk menghilangkan citra idola J-pop dan aktingnya belum bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Dia mulai mengambil peran yang lebih menuntut tetapi masih belum cukup sukses. Setelah keluar dari band, Mira dihantui oleh penggemar obsesif yang tidak menganggap enteng perubahan karir Mira dan mulai mengintainya.

Kemudian situs web anonim muncul yang mulai merinci setiap momen dalam hidupnya. Hal Ini mulai berdampak pada Mira saat dia perlahan menyadari bahwa ia kehilangan kewarasannya. Di akhir film, tanpa sadar kamu akan meneteskan air mata.

Jepang memang terkenal dengan cerita misterinya, Film Perfect Blue misalnya. Selain itu, banyak juga cerita misteri lainnya yang bisa ditelusuri di buku World Ghost Stories Jepang.

World Ghost Stories Jepang (Edisi Revisi)
World Ghost Stories Jepang (Edisi Revisi)

tombol beli buku

6. Grave of The Fireflies

Kisah ini membawa kita kembali ke tahun 1945, setelah Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II. Film ini terurai dengan kilas balik, mengarah langsung ke awal cerita di mana Seita meninggal sendirian di stasiun kereta.

Film ini bercerita tentang Seita dan Setsuko, dua saudara kandung, yang ibunya terbunuh oleh luka bakar yang diderita selama pemboman Amerika, dan ayah yang bekerja di angkatan laut, berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Grave of the fireflies adalah kisah tragis saat kasih sayang dan kebutuhan dasar dari anak-anak tidak terpenuhi. Film yang diproduksi oleh Studio Ghibli ini menunjukkan kengerian perang dan bagaimana hal itu mempengaruhi warga suatu negara. Ini adalah film yang disutradarai dengan sangat baik, di akhir cerita, film ini akan membuat kamu menangis karena melihat kekejaman perang.

Studio Ghibli terkenal dengan film animasinya yang luar biasa. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat film, tidak ada salahnya untuk memulai dengan cara yang lebih mudah, menggunakan smartphone saja sudah bisa membuat film yang apik.

Buku di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat film, apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dan lain-lain. Buku ini akan menjelaskan secara step by step dan disertai ilustrasi yang menarik sehingga belajar membuat film bukanlah hal yang membosankan.

Bikin Film Itu Gampang
Bikin Film Itu Gampang

tombol beli buku

7. A Silent Voice

silent voiceA Silent Voice adalah film drama animasi Jepang yang diproduksi oleh Kyoto Animation, disutradarai oleh Naoko Yamada. Film ini berdasarkan pada manga dengan judul yang sama, yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshitoki Ima.

A Silent Voice menceritakan kisah dari siswa sekolah menengah Shoya Ishida berniat untuk bunuh diri, tetapi dia berubah pikiran pada menit terakhir dan memutuskan untuk mengakhirinya. Sebuah kilas balik menceritakan Shoya sebagai siswa kelas enam di sekolah dasar, di mana seorang siswa baru bernama Shoko Nishimiya bergabung dengan kelas Shoya dan ternyata dia tuli.

Shoko mencoba untuk beradaptasi dengan kelas tetapi akhirnya menjadi sasaran empuk bagi Shoya dan teman-temannya untuk diganggu. Guru-guru tidak hanya diam, mereka menghukum Shoya perihal bully tersebut. Karena hal tersebut, Shoya menyalahkan Shoko, dan keduanya terlibat pertengkaran fisik.

Shoko kemudian dipindahkan ke sekolah lain dan Shoya kemudian menemukan buku catatan yang ditinggalkan Shoko dan menyimpannya. Karena dulunya Shoya pernah membully seorang gadis tuli di masa mudanya, Shoya yang sekarang menjadi korban harus menemukan cara untuk menebus kesalahannya.

Saat dia mencoba mencarinya, menjadi penggambaran penebusan dan pengampunan yang paling mengiris hati yang pernah kita lihat di anime. Karakter Shoyo sangat realistis dan memang banyak di kehidupan nyata sehingga bisa terasa seperti orang sungguhan.

8. Clannad

clannadClannad adalah novel visual Jepang yang dikembangkan oleh Key dan dirilis pada 28 April 2004. Clannad dirilis dengan peringkat untuk segala usia. Ceritanya mengikuti kehidupan Tomoya Okazaki, dari remaja hingga dewasa.

Seorang siswa sekolah menengah tahun ketiga yang tidak menyukai hidupnya. Ibu Tomoya (Atsuko) meninggal ketika Tomoya masih muda, meninggalkan ayahnya (Naoyuki) untuk membesarkannya.

Setelah kecelakaan itu, ayah Tomoya mengalihkan hidupnya pada alkohol dan judi, dan sering berkelahi dengan putranya. Suatu hari, Naoyuki, saat berdebat dengan putranya, membanting Tomoya ke jendela, membuat bahu Tomoya terkilir. Cedera ini membuat Tomoya tidak bisa bermain di tim bola basket, dan menyebabkan dia menjauhkan diri dari orang lain.

Sejak saat itu, ayahnya memperlakukan Tomoya dengan baik, tetapi jarak mereka tetap jauh, seolah-olah Tomoya dan dia adalah orang asing dan bukan keluarga. Hal Ini menyakiti Tomoya lebih dari hubungan sebelumnya dengan ayahnya, dan kecanggungan pulang ke rumah membuat Tomoya terus-menerus keluar rumah sepanjang malam.

Dengan demikian kehidupan nakalnya dimulai. Teman baik Tomoya Youhei Sunohara, yang dikeluarkan dari klub sepak bola karena perselisihan dengan seniornya, juga nakal dan sering nongkrong di kamar asramanya dengan Tomoya, mereka berdua saling menemani satu sama lain meskipun tidak melakukan banyak hal.

Semua karakter dalam film memiliki cerita sedih, realistis dan simpatik yang membuat film ini lebih relatable. Clannad juga hadir dalam sekuel yang berjudul “Clannad: After Story” setahun kemudian yang juga sangat menyayat hati untuk ditonton.

9. The Wind Rises

the wind risesThe Wind Rises adalah film drama sejarah animasi Jepang tahun 2013 yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki, dianimasikan oleh Studio Ghibli. Film ini menceritakan a kisah seseorang yang menciptakan pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero, pesawat paling terkenal dalam sejarah Jepang.

Sejak kecil di Fujioka, Jirou bermimpi merancang mesin terbang seperti pahlawannya, pelopor penerbangan Italia Giovanni Battista Caproni. Melalui bencana, romansa, perang, dan kehilangan, Jirou terus mengejar mimpinya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Film Anime Sedih



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy