in

15 Rekomendasi Film Thriller Terbaik, Dijamin Bisa Memacu Adrenalin

Bagi Grameds yang suka menonton film untuk memacu adrenalin, maka film dengan genre thriller bisa menjadi jawaban untuk masuk ke dalam daftar tontonan. Film thriller dikenal dengan sajian cerita yang sangat menarik dan menegangkan. Hal ini dikarenakan genre film ini berangkat dari cerita kehidupan nyata, baik itu pembunuhan, misteri, bahkan sampai gangguan jiwa.

Belakangan ini banyak film thriller yang muncul dan sukses mendapatkan banyak pujian dari para pecinta film di seluruh dunia. Film-film thriller telah berhasil membawa inovasi cerita yang bisa mengajak para penonton untuk berpikir sekaligus menikmati plot twist di akhirnya.

Nah, daripada kamu semakin penasaran dengan film thriller terbaik versi Gramedia.com. Berikut ini adalah daftar film thriller terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton sebelum meninggal. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Rekomendasi Film Thriller Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film thriller terbaik, antara lain:

1. Shutter Island (2010)

shutter island film thriller terbaik

[algolia_carousel]

Shutter Island patut dimasukkan ke sebagai salah satu film thriller terbaik sepanjang masa. Film ini merupakan salah satu film yang berangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Dennis Lehane. Shutter Island dapat dikatakan sebagai karya terbaik oleh sutradara ternama Martin Scorsese. Selain itu, film ini semakin wajib untuk ditonton karena menampilkan dua kator terkenal yaitu Leonardo Dicaprio dan Mark Ruffalo.

Shutter Island sendiri bercerita tentang dua anggota kepolisian Amerika Serikat yang bernama Teddy Daniels dan Chuck Aule. Mereka mendapatkan tugas untuk melakukan penyelidikan terhadap misteri hilangnya seorang pasien rumah sakit jiwa di sebuah pulau terpencil yang bernama Shutter. Hanya saja, seiring berjalannya waktu, Teddy dan rekannya merasa banyak menemukan ke keanehan di luar nalar dari pulau Shutter ini.

2. Zodiac (2007)

zodiac film thriller terbaik

Film thriller terbaik berikut ini diangkat dari sebuah peristiwa yang pernah terjadi di dunia nyata, yakni kasus pembunuhan berantai di San Fransisco dalam kurun waktu 1960 hingga 1970-an. Kasus pembunuhan berantai tersebut sangat terkenal, hal ini dikarenakan pelaku pembunuhan masih belum ditemukan hingga film yang berjudul Zodiac ini dibuat.

Dalam film Zodiac, pelaku diceritakan selalu mengirimkan surat yang berisi sandi rahasia kepada para korbannya. Selain itu, pelaku juga suka menceritakan kekejaman pembunuhannya kepada media massa.

Film yang dianggap sebagai salah satu karya terbaik yang pernah digarap oleh David Fincher. Sebelumnya, David Fincher memang sudah terkenal dengan berbagai film thrillernya yang sangat mengagumkan. Selain Fincher, aktor seperti Jake Gyllenhaal, Robert Downey, Jr, dan Mark Ruffalo telah sukses menjadikan cerita ini semakin menarik untuk ditonton.

3. Gone Girl (2014)

gone girl film thriller terbaik

Setelah berhasil menggarap Zodiac dengan sangat apik, David Fincher kembali hadir dengan karya terbarunya yang berjudul Gone Girl. Gone Girl pada awalnya merupakan sebuah novel dengan judul sama karya Gillian Flynn. Berkat kerja sama antara Fincher dan Flynn, Gone Girl berhasil menyajikan cerita yang penuh dengan teka-teki hingga plot twist yang tidak pernah diduga.

Film Gone Girl sendiri dibintangi oleh Ben Affleck dan Rosamund Pika. Mereka berdua berhasil menyuguhkan akting yang sangat luar biasa dalam film ini. Film ini bercerita tentang seorang istri yang mendadak menghilang tanpa jejak. Kehilangan tersebut tentu saja bikin kerabat, masyarakat, bahkan juga media bertanya-tanya.

Setelah Polisi mulai melakukan penelusuran untuk menemukan beberapa barang bukti. Mereka menemukan banyak bukti yang mengarah kepada sang suaminya sendiri. Nah, Gone Girl sangat menarik untuk ditonton, selain ada adegan berdarah di dalamnya, film ini akan membuat kamu penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi?

4. The Girl On The Train (2016)

the girl on the train film thriller terbaik

Berkat tampil memukau dalam The Girl On The Train, Emily Blunt mendapat banyak pujian sekaligus penghargaan. Emily Blunt sendiri memerankan karakter yang bernama Rachel Watson, seorang perempuan alkoholik yang mempunyai banyak memori delusif tentang berbagai peristiwa dalam hidupnya akhir-akhir ini. Salah satu hal yang menjadikan film ini seru tidak lain adalah karena rasa penasaran terhadap tindakan dari Watson itu sendiri.

Meskipun dikemas dengan alur maju mundur yang cukup banyak, film yang disutradarai oleh sutradara handal Tate Taylor ini berhasil menyajikan cerita yang rapi. Hal ini tentu saja bikin menonton tetap nyaman menyaksikan banyak lompatan cerita dalam film ini.

5. Get Out (2017)

get out film thriller terbaik

Jordan Peele merupakan seorang sutradara yang sebagian besar karakter filmnya diperankan oleh aktor kulit hitam. Dalam Get Out, Jordan Peele telah berhasil menyajikan film yang apik sekaligus memuat isu tentang rasisme. Film ini sungguh memiliki ide cerita yang sangat misterius sehingga dapat membuat para penontonnya terdiam hingga akhir.

Film Get Out sendiri menceritakan tentang kisah seorang pria berkulit hitam bernama Chris (Daniel Kaluuya). Chris punya keinginan untuk berkunjung ke rumah orang tua kekasihnya, Rose Armitage. Namun, setelah Chris datang ke rumah keluarga Rose, ia malah menemukan banyak keanehan yang juga mengancam nyawanya.

Jordan Peele mengemas film Get Out dengan alur yang cepat namun dengan sangat terperinci, mulai dari alur yang dramatis, plot twist, dan banyak adegan yang tak terduga dari awal hingga akhir film. Film ini telah meraih banyak pujian pada saat dirilis tahun 2017. Tak heran, apabila film ini bisa dikatakan salah satu film thriller terbaik sepanjang masa.

6. A Quiet Place (2018)

a quiet place film thriller terbaik

Tidak ada yang lebih menegangkan daripada diserang oleh seekor makhluk buas yang telah menghabisi banyak manusia. Film ini sangat menegangkan. Hampir semua orang yang sudah menonton film ini akan ikut terdiam dan tegang dari awal hingga akhir. Para penonton mengaku ikut terbawa suasana para karakternya yang harus diam untuk menghindari serangan dari makhluk buas.

A Quiet Place ini menceritakan tentang satu keluarga yang berupaya untuk bertahan hidup setelah kiamat terjadi. Namun, mereka justru mendapatkan serangan dari seekor monster dengan pendengaran yang sangat sensitif. Cara satu-satunya yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri dari monster ini adalah dengan melakukan segala aktivitas dalam diam.

A Quiet Place yang menjadi film pertama seorang John Krasinski sebagai sutradara. Ia telah berhasil mendapatkan banyak pujian dari para kritikus film dan juga para penonton. Selain itu, Krasinski juga bermain dalam film ini sebagai istrinya Emily Blunt. Pada tahun 2020 kemarin, sekuel kedua dari film ini, A Quiet Place: Part II telah dirilis.

7. Black Swan (2010)

black swan film thriller terbaik

Black Swan menawarkan sajian film thriller yang sangat menarik untuk ditonton. Pada saat kamu menonton film ini, kamu akan terdiam dengan alur ceritanya yang sangat tidak terduga dan plot twist. Film yang disutradarai oleh Darren Aronofsky ini berhasil membawa pulang Piala Oscar pada tahun 2011 silam.

Film ini pada awalnya bercerita tentang seorang balerina yang bernama Nina Sayers (Natalie Portman). Nina sangat berharap bisa memerankan karakter Swan Lake pada acara kontes balet. Hal itu menjadikan Nina bekerja keras dalam berlatih agar dapat terpilih sebagai karakter utama.

[algolia_carousel page=2]

Hanya saja, segala usaha Nina pun gagal ketika peran sebagai karakter utama diberikan kepada seorang ballerina baru yang Lily. Kegagalan tersebut mengakibatkan Nina selalu merasa tertekan dan sering berhalusinasi sehingga muncul niat jahat untuk melukai Lily. Perasaan tertekan dan halusinasi Nina ini akan bikin para penonton geleng-geleng.

8. Fractured (2019)

fractured film thriller terbaik

Fractured merupakan sebuah film yang menceritakan tentang seorang pria bernama Ray Monroe. Ia sedang melakukan perjalanan bersama istri dan anaknya. Namun, anak dari Ray Monroe mendadak jatuh sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Hanya saja, pada saat Ray Monroe ingin menemui anaknya, ternyata tidak ada nama anaknya dari daftar pasien.

Dengan awal film yang cukup tenang dan pelan, Fractured seketika membuat para penontonnya tegang dan terheran-heran. Kamu dipastikan tidak akan memiliki ruang untuk menghela nafas pada saat menyaksikan salah satu film thriller terbaik ini.

9. The Tall Man (2012)

The Tall Man menjadi salah satu film thriller terbaik yang sangat cocok bagi kalian para penyuka cerita ekstra seram. Film yang digarap oleh sutradara terkemuka, Pascal Laugier ini sukses memadukan alur yang sangat seram dengan berbagai misteri yang mengagumkan.

Pada menit pertama film ini saja, kamu akan langsung disuguhkan sebuah tragedi menyedihkan tentang kabar hilangnya 100 hingga 1000 anak per tahunnya. Tidak hanya itu, para penonton juga akan diperlihatkan cerita seorang ibu yang berupaya menyelamatkan anaknya dari penculik psikopat. Penculik psikopat tersebut biasa disebut orang-orang dengan The Tall Man.

10. Final Girl (2015)

Final Girl menjadi salah satu film thriller terbaik selanjutnya yang wajib kamu tonton semasa hidup. Dengan plot twist yang sangat menegangkan, Final Girl menceritakan tentang seorang perempuan yang bernama Veronica (Abigail Breslin). Veronica mendapatkan takdir sebagai seorang gadis yang dilatih secara khusus untuk melawan sekelompok pria yang suka menculik dan membunuh wanita.

Dengan wajah yang rupawan bak boneka, tidak ada yang menyangka bahwa Veronica mempunyai keahlian dalam bela diri terkhusus melawan para pria jahat. Film yang disutradarai oleh Tyler Shield ini menjadi film dengan genre thriller yang sangat populer pada tahun perilisannya.

11. The Silence of the Lambs (1991)

The Silence of The Lambs sangat cocok bagi mereka yang menyukai film bergenre thriller psikologi. Film ini menceritakan tentang kisah anggota FBI bernama Clarice (Jodie Foster) yang memiliki tugas untuk menemukan seorang wanita yang diculik oleh seorang psikopat.

Setelah berhasil melakukan berbagai penyelidikan, Clarice pada akhirnya menyadari bahwa untuk memahami cara berpikir seorang psikopat, ia membutuhkan bantuan dari seorang psikopat pula. Psikopat yang dimintai pertolongan ini bernama Dr. Hannibal Lecter, seorang yang membunuh para korbannya dengan sangat sadis.

The Silence of The Lambs menyajikan kolaborasi yang apik antara Clarice dengan Hannibal dalam menangkap psikopat jahat bernama Buffalo Bill. Film ini sangat menarik untuk ditonton, pertarungan pikiran para psikopat ini telah mengantarkan film The Silence of the Lambs masuk dalam daftar salah satu film thriller terbaik sepanjang masa.

12. The Invisible Guest (2016)

Setelah dirilis pada tahun 2016, The Invisible Guest telah sukses menjadi film thriller terbaik dan terfavorit bagi para penonton untuk tahun tersebut. Film ini mengusung cerita tentang seorang pria yang dituduh sebagai pelaku pembunuhan atas kasus kematian seorang gadis di kamar hotel.

Selama masa penuduhan tersebut, pria ini selalu mengelak bahwa ia tidak melakukan pembunuhan tersebut. Berada di posisi yang terpojok, pria ini kemudian bertemu seorang pengacara handal yang terus mendesaknya untuk mengungkapkan apa yang terjadi sebenarnya. Nah, pada saat proses membuka kembali kasus ini, mereka justru menemukan sebuah fakta yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

13. Joker (2019)

Bagi para pecinta film thriller, tentu mereka sudah tahu tentang film yang dibuat khusus untuk menceritakan sosok Joker. Sosok Joker sendiri dikenal pertama sebagai salah satu karakter antagonis yang ada di film Batman. Film yang disutradarai oleh Todd Phillips ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan di Festival Film Internasional sekaligus dinobatkan sebagai film genre psychological thriller terbaik pada tahun perilisannya tersebut.

Sesuai namanya, film ini berfokus pada cerita terbentuknya karakter badut yang baik hati menjadi joker yang jahat dan sadis. Di balik kejahatannya, Joker sebetulnya seorang pria yang rapuh dengan penyakit mental. Namun, ia justru mendapatkan banyak hinaan karena perlakuan orang-orang. Hingga pada akhirnya ia melakukan balas dendam kepada orang yang selalu menghina dan memfitnahnya.

Dalam film Joker ini, ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil. Selain itu, emosi kamu akan terasa campur aduk antara benar atau salah, sedih atau senang, dan lain sebagainya. Jadi tidak berlebihan apabila film ini layak dimasukkan ke dalam daftar salah satu film thriller terbaik yang wajib kamu tonton.

14. Parasite (2019)

Film thriller terbaik selanjutnya berasal dari negeri K-POP, Korea Selatan yaitu Parasite. Film hasil garapan Bong Joon Ho ini berhasil menjadi salah satu film tersukes Korea Selatan untuk abad ini. Selain itu, film yang mengusung genre thriller ini sukses membawa pulang piala Oscar pada tahun 2020 silam.

Film Parasite sendiri mengusung cerita tentang kesenjangan sosial antara keluarga kaya dengan keluarga miskin yang ada di Korea Selatan. Pada awal film akan disajikan gambaran Kim Ki Woo (Choi Woo Shik) dan keluarganya yang hidup dengan kemiskinan. Namun, kehidupan Kzi Woo mulai mendadak berubah pada saat mendapat pekerjaan sebagai guru privat bahasa Inggris untuk keluarga yang kaya raya.

Dari pekerjaannya tersebut, ia mulai seperti melihat kebahagiaan dari kehidupannya. Film ini menyajikan banyak adegan lucu dan menarik, namun dibalik itu ada pesan moral yang sangat mendalam bagi para penonton film ini. Maka dari itu, tentu kamu wajib menyaksikan salah satu film tersukses negeri tetangga kita ini.

15. The Devil All The Time (2020)

Salah satu film thriller terbaik yang wajib kamu tonton selama hidupmu adalah The Devil All The Time. FIlm yang disutradarai oleh Antonio Campos ini menampilkan para aktor papan atas seperti Tom Holland, Robert Pattinson, Bill Skarsgard, dan masih banyak lagi.

Film ini menceritakan tentang seorang anak muda yang harus bertemu dengan para pelaku kejahatan hina di kampung halamannya. Para orang jahat yang hina tersebut merupakan seorang psikopat yang gemar membuat film porno untuk kemudian pemerannya dibunuh sesukanya. Tidak hanya itu, salah satu dari mereka juga merupakan seorang pendeta yang melakukan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Suasana yang gloomy dari awal hingga akhir dipadukan dengan gambaran kebrutalan para tokoh antagonisnya dipastikan akan sangat memuaskan para pecinta film thriller.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah