in

Alat Musik Keyboard dan Rekomendasi Terbaik

Alat musik keyboard piano seringkali kita jumpai dalam permainan instrumen musik yang hampir serupa dengan alat musik piano dan juga alat musik organ. Namun, apa yang menjadi ciri khas dari alat musik keyboard ini sendiri dan yang membedakannya dari alat musik piano dan organ? Simak informasi berikut untuk mengetahui segala informasi penting terkait alat musik yang satu ini beserta rekomendasi terbaik untuk kamu!

Apa Itu Alat Musik Keyboard?

Alat musik keyboard merupakan sebuah alat musik yang memiliki bentuk serta cara dimainkan yang serupa dengan alat musik piano. Namun, yang membedakan alat musik keyboard dengan piano adalah, alat musik keyboard tidak memiliki pedal yang dimiliki piano di bagian bawahnya.

Selain itu, alat musik keyboard juga pada umumnya memiliki bentuk yang jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan alat musik piano yang membuat alat musik ini lebih mudah untuk dibawa kemana-mana oleh penggunanya.

Alat musik keyboard sendiri juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan alat musik piano, dimana alat musik ini dapat menghasilkan berbagai macam suara diluar suara alat musik piano, seperti halnya suara drum, kastanyet, hingga berbagai alat musik lainnya, seperti suara alat musik suling.

Selain itu, pada umumnya alat musik keyboard juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas musik iringan. Alat musik ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan karaoke, dimana pada beberapa jenis keyboard juga menyediakan alat rekam di dalamnya.

Bagi Grameds yang ingin mempelajari cara menguasai instrumen musik yang satu ini, buku Mudahnya Bermain Keyboard bisa menjadi pilihan yang tepat dengan berbagai pengetahuan yang dilengkapi gambar dibawah ini.

Perbedaan Alat Musik Keyboard dengan Piano dan Organ

Setelah membahas alat musik keyboard, saat ini kita akan membahas lebih lanjut berbagai alat musik serupa, yaitu piano dan organ. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alat musik keyboard dan piano sangatlah mirip dengan cakupan nada yang luas sehingga dapat menghasilkan nada yang tinggi ketika dimainkan.

Dalam memainkan alat musik piano sendiri, diperlukan keahlian atau keterampilan khusus yang baik. Selain itu, Grameds juga harus memiliki keseimbangan yang baik antara kedua tangan, baik tangan kiri maupun tangan kanan. Hal ini dikarenakan, untuk memainkan alat musik piano pada umumnya membutuhkan kedua tangan yang memainkan nada berbeda untuk membentuk sebuah irama.

Alat musik piano sendiri memiliki dua jenis, yaitu upright piano dan juga grand piano. Selain itu, pada bagian bawah alat musik piano juga terdapat tiga buah pedal yang membedakan alat musik ini dari keyboard. Setiap pedal ini sendiri memiliki fungsinya masing-masing, seperti halnya digunakan untuk melembutkan suara maupun memanjangkan suatu nada.

Selanjutnya, alat musik organ yang pada umumnya hanya memainkan chord atau trinada yang digunakan untuk mengiringi melodi alat musik piano yang ada. Alat musik organ sendiri juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu orgel dan organ electone atau organ elektronik.

Untuk jenis pertama sendiri yaitu orgel, pada umumnya untuk memainkan alat musik ini memiliki lebih dari satu atau bahkan terkadang lebih dari dua deretan tuts. Sedangkan, untuk organ jenis kedua yaitu organ elektronik, pada umumnya hanya memiliki dua deretan tuts. Keunikan lainnya dari alat musik ini adalah memiliki pedal yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan alat musik piano.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Dengan semakin tingginya minat orang untuk memainkan instrumen yang satu ini, Grameds juga dapt mempelajarinya secara otodidak seperti halnya yang dapat ditemukan pada buku Jago Bermain Keyboard Otodidak.

10 Rekomendasi Alat Musik Keyboard Terbaik

1. Casio Arranger CTK 2400

Casio Arranger CTK 2400

Rekomendasi keyboard pertama adalah Casio Arranger CTK 2400 yang dapat menjadi pilihan para pemula yang baru saja memulai belajar bermain alat musik keyboard. Keyboard yang satu ini sendiri terdiri dari 61 tuts yang dapat menghasilkan lebih dari 400 suara serta 150 irama.

Casio Arranger CTK 2400 ini di desain dengan gaya piano sehingga lebih mudah dimainkan dengan tampilan yang serupa dengan alat musik piano akustik. Selain itu, Grameds juga dapat menambah reverb dengan menggunakan efek digital yang ada pada keyboard ini untuk memberikan kesan musik yang lebih luas serta dalam.

Dalam keyboard yang satu ini juga terdapat fitur menarik, yaitu fitur merekam yang dapat Grameds gunakan untuk merekam suara diri sendiri. Harga dari Casio Arranger CTK 2400 ini sendiri berada di kisaran harga Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000.

2. Samson Carbon 49

Samson Carbon 49

Rekomendasi keyboard kedua adalah Samson Carbon 49 yang sangat direkomendasikan bagi Grameds yang memiliki hobi untuk menciptakan musik karena terdapat fitur konektivitas yang dapat memudahkan proses produksi musik tersebut.

Keyboard Samson Carbon 49 sendiri memiliki 49 kunci yang relatif lebih sensitif, karena secara khusus didesain untuk para profesional. Selain itu, keyboard ini juga memiliki jangkauan pitch yang sangat sempurna dalam pertunjukan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keyboard ini juga dapat terhubung ke berbagai perangkat lain, mulai dari Mac, iPad, hingga Windows.

Oleh sebab itu, keyboard yang satu ini akan sangat cocok bagi Grameds yang tergabung dalam sebuah band dan sering tampil di atas panggung maupun di dalam studio musik. Harga dari Samson Carbon 49 ini sendiri berada di kisaran harga Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000.

3. Novation Launchkey Mini Mk2

Novation Launchkey Mini Mk2

Rekomendasi keyboard ketiga adalah Novation Launchkey Mini Mk2 yang merupakan MIDI keyboard controller dengan desain yang sangat ringkas dengan total 25 kunci yang dapat dimainkan.

Karena ukurannya yang kecil, keyboard ini sangat cocok untuk dibawa kemana saja oleh para penggunanya karena dengan mudah dapat masuk ke dalam tas. Selain itu, dengan adanya kontrol Ableton intuitif, mode Fixed Chord, serta berbagai macam suara yang dapat dibuat dengan keyboard ini, Grameds dapat membuat dan menciptakan musik kapan dan dimana saja.

Namun, dengan banyaknya fitur kompleks di dalam keyboard ini serta tuts yang relatif lebih sedikit, Novation Launchkey Mini Mk2 kurang cocok untuk digunakan para pemula. Harga dari keyboard yang satu ini sendiri berada di kisaran harga Rp 2.500.000 hingga Rp 4.000.000.

4. iRig Keys Midi Controller

iRig Keys Midi Controller

Rekomendasi keyboard keempat adalah iRig Keys Midi Controller, keyboard pada umumnya identik karena tampilan dan modelnya yang berat dan juga berukuran besar, sehingga keyboard ini tidak cocok untuk dibawa-bawa. Namun, berbeda dengan iRig Keys Midi Controller.

Keunggulan dari keyboard yang satu ini sendiri adalah desain ultra slim sehingga mudah untuk dibawa-bawa serta fitur konektivitas sehingga dapat dihubungkan ke berbagai perangkat dengan mudah, seperti iPad, iPod touch, Mac, iPhone, dan juga Windows.

Keyboard yang satu ini juga memiliki 37 tuts yang sensitif dengan total nada 3 oktaf penuh sehingga dapat memaksimalkan proses produksi musik yang ingin kamu buat dan dengan mudah dibawa kemana saja. Harga dari iRig Keys Midi Controller ini sendiri berada di kisaran harga Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000.

5. Yamaha Portable PSR F51

Yamaha Portable PSR F51

Rekomendasi keyboard kelima adalah Yamaha Portable PSR F51 yang merupakan rekomendasi keyboard yang sangat cocok bagi kalian yang baru saja belajar memainkan alat musik keyboard.  Hal ini dikarenakan fitur yang ada di dalamnya dibuat sesederhana mungkin sehingga mudah dimengerti.

Selain itu, keyboard yang satu ini juga memiliki harga yang relatif terjangkau dengan fitur yang ditawarkan di dalamnya yang mudah dipahami oleh para pemula dan dilengkapi dengan panel intuitif yang dapat digunakan untuk membuat sampel suara buatan sendiri.

Harga dari keyboard Yamaha Portable PSR F51 ini sendiri berada di kisaran harga Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000.

6. Techno T-5000

Techno T-5000

Rekomendasi keyboard keenam adalah Techno T-5000 yang secara khusus dirancang untuk digunakan oleh para pemula dan juga anak-anak yang sedang dalam proses pengenalan dan pembelajaran alat musik keyboard.

Hal ini dikarenakan, keyboard ini dilengkapi dengan fitur tuts mini yang dapat dengan mudah digunakan serta dipahami bagi para pemula yang baru saja belajar.

Dengan tampilan berwarna hitam, keyboard yang satu ini memiliki 49 tuts dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti, layar LED, mikrofon, dan berbagai fitur dasar lainnya yang dapat memudahkan penggunanya. Harga dari keyboard Techno T-5000 ini sendiri berada di kisaran harga Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

7. Yamaha PSR E253

Yamaha PSR E253

Rekomendasi keyboard ketujuh adalah Yamaha PSR E253 yang menjadi salah satu keyboard yang paling sering digunakan dan disukai oleh para musisi. Hal ini dikarenakan keyboard ini memiliki bentuk yang portabel sehingga mudah dibawa, selain itu keyboard ini juga memiliki 61 kunci nada, 573 efek suara instrumental, 100 gaya musik, beserta 32 nada polifoni.

Selain itu, keyboard yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar plastik sehingga dapat dengan mudah dimainkan oleh para pemula yang baru saja mempelajari alat musik keyboard. Harga dari keyboard Yamaha PSR E253 ini sendiri berada di kisaran harga Rp 2.000.000 hingga Rp 3.200.000.

Temukan pula keyboard Yamaha lainnya, seperti Yamaha Keyboard Psr E363 yang juga memiliki 61 kunci nada yang dapat kamu gunakan untuk membuat atau menulis musik di Gramedia!

8. Roland E-A7

Roland E-A7

Rekomendasi keyboard kedelapan adalah Roland E-A7 yang pada umumnya digunakan oleh para musisi profesional yang membutuhkan musik pengiring asli atau authentic backing styles yang berasal dari berbagai negara. Hal ini dikarenakan, keyboard ini merupakan keyboard arranger yang di desain secara khusus dan dapat digunakan untuk segala kebutuhan.

Dengan total lebih dari 1500 nada serta suara yang bisa kamu buat menggunakan keyboard ini, fitur yang ada di dalamnya juga tidak kalah lengkap, sehingga membuat keyboard yang satu ini relatif cukup mahal. Harga dari keyboard Roland E-A7 ini sendiri berada di kisaran harga Rp 15.000.000 hingga Rp 23.000.000.

9. Korg Krome 61

Korg Krome 61

Rekomendasi keyboard kesembilan adalah Korg Krome 61 yang merupakan sebuah keyboard premium yang terbuat dari bahan dasar panel aluminium yang memiliki kualitas tinggi, serta dilengkapi dengan fitur layar TouchView yang dapat para penggunanya lebih mudah untuk mengontrol atau mengakses berbagai fitur yang ada di dalam keyboard ini.

Selain itu, keyboard yang satu ini juga memiliki fitur semi-weighted sehingga membuat keyboard ini ketika dimainkan terasa lebih natural dan responsif. Oleh sebab itu, keyboard ini akan sangat cocok untuk dimainkan ke dalam berbagai macam genre musik karena dapat mengeluarkan suara yang seimbang.

Keyboard ini juga dapat menciptakan sebuah nuansa serta dinamika musik yang sangat baik. Harga dari keyboard Korg Krome 61 ini sendiri berada di kisaran harga Rp 9.000.000 hingga Rp 11.000.000.

10. Samson Graphite M25 Midi

Rekomendasi keyboard kesepuluh adalah Samson Graphite M25 Midi yang hanya memiliki 25 tuts sehingga memudahkan Grameds khususnya yang baru saja mempelajari cara bermain alat musik ini, dimana seringkali dengan banyaknya tuts pada keyboard membuat banyak orang kesulitan dan bingung untuk memainkan sebuah alat musik.

Selain itu, tuts yang ada di keyboard ini sangatlah responsif dan sensitif serta dilengkapi dengan bantalan pemicu serta aftertouch. Selain itu, keyboard ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap. Keyboard ini juga memiliki fitur konektivitas yang dapat dengan mudah dihubungkan dengan iPad maupun USB dengan sistem plug and play. Harga dari Samson Graphite M25 Midi ini sendiri berada di kisaran harga Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000.

Berbagai Jenis Alat Musik Keyboard

Setelah mengetahui apa itu alat musik keyboard dan yang membedakannya dengan berbagai alat musik serupa, ternyata alat musik keyboard juga terbagi menjadi beberapa jenis. Simak informasi berikut.

1. Accompaniment Keyboard

Jenis alat musik keyboard yang pertama adalah accompaniment keyboard yang serupa dengan namanya, pada umumnya keyboard ini sangat cocok untuk digunakan sebagai mengisi waktu luang di rumah sebagai hiburan. Hal ini dikarenakan, pada umumnya alat musik ini dilengkapi dengan fasilitas style yang dapat digunakan untuk kebutuhan karaoke maupun organ tunggal.

Selain itu, accompaniment keyboard ini relatif tidak terlalu sulit untuk dimainkan karena tidak membutuhkan banyak tuts maupun keahlian atau kemampuan khusus untuk memainkan chord yang ada. Dimana, keyboard jenis ini sudah secara otomatis dapat membentuk sebuah nada maupun lagu untuk kebutuhan karaoke. Oleh sebab itu, keyboard yang satu ini akan sangat cocok bagi Grameds yang pemula.

2. Keyboard Mono Timbral

Jenis alat musik keyboard yang kedua adalah Keyboard Mono Timbral yang hanya dapat menghasilkan satu buah suara dalam satu kurun waktu dengan kualitas suara yang cukup baik.

3. Keyboard Multi Timbral

Jenis alat musik keyboard yang ketiga adalah Keyboard Multi Timbral yang sangat cocok bagi para penggunanya yang ingin membuat sebuah aransemen musik atau rekaman musik. Hal ini dikarenakan, keyboard jenis ini dapat menghasilkan berbagai macam suara, mulai dari nada piano, bass, gitar, hingga drum.

4. Digital Piano Keyboard

Jenis alat musik keyboard yang keempat adalah Digital Piano Keyboard yang dapat digunakan untuk menggantikan alat musik piano. Hal ini dikarenakan, keyboard ini memiliki jenis suara yang serupa dengan suara alat musik piano dengan kualitas yang juga bagus.

Pada umumnya, memainkan keyboard jenis ini diiringi dengan berbagai instrumen lain. Selain itu, digital piano keyboard memiliki banyak tuts dan fitur lainnya sehingga lebih berat dibandingkan dengan keyboard jenis lain sehingga sulit untuk dibawa. Oleh sebab itu, pada umumnya kita bisa temukan keyboard jenis ini di studio musik, les, maupun gereja.

5. Digital Synthesizer & Workstation Keyboard

Jenis alat musik keyboard yang kelima adalah digital synthesizer yang memiliki fitur suara yang jauh lebih banyak dan dapat diubah serta dikolaborasikan dengan berbagai suara lain sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan, workstation keyboard sendiri pada umumnya dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang dapat digunakan untuk looping, arpeggio, hingga merekam. Dengan menggunakan keyboard ini, Grameds dapat dengan mudah membuat berbagai macam genre musik mulai dari jazz, hip hop, hingga pop.

6. Keyboard Hybrid

Jenis alat musik keyboard yang keenam adalah keyboard hybrid yang merupakan gabungan dari dua fungsi atau lebih sekaligus. Pada umumnya, keyboard jenis ini sendiri digunakan oleh para profesional dengan jangkaun yang lebih terbatas.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Alat Musik Keyboard Piano

Written by Andrew