in

20 Film Action Terbaik yang Wajib Kamu Tonton Setidaknya Sekali!

Framerated.co.uk

Film Action Terbaik – Film-film action dapat menjadi salah satu tayangan yang sangat cocok untuk mengisi dan menikmati waktu luang, baik itu bersama keluarga, kekasih, maupun teman-teman. Menonton film menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengobati capek atau lelah setelah seharian melakukan rutinitas sehari-hari.

Dari berbagai genre film yang sudah pernah diproduksi, film action bisa dikatakan sebagai genre yang paling banyak digemari oleh banyak orang. Dengan berbagai alur dan adegan yang bikin jantung berdebar-debar, film action terbukti ampuh untuk menjadi stress release bagi kamu.

Nah, berikut ini adalah deretan film action terbaik yang bisa kamu tonton untuk memberikan hiburan kepadamu.

Rekomendasi Film Action Terbaik

1. Haywire (2011)

Film Action Terbaik

Buat kamu yang ingin menonton film action terbaik, film Haywire bisa menjadi salah satu daftar yang wajib ditonton. Film yang rilis pertama kali pada tahun 2011 silam ini disutradarai oleh Steven Soderbergh. Haywire juga diperankan oleh berbagai aktor terkenal, mulai dari Channing Tatum, Michael Fassbender, Ewan McGregor, dan Gina Carano.

Film ini menceritakan tentang seorang perempuan yang menjadi agen terlatih. Perempuan tersebut mendapatkan sebuah misi rahasia untuk menyelamatkan seorang wartawan yang sedang disandera oleh gerombolan pembunuh. Hal ini menjadikannya memiliki dua misi, yakni menyelamatkan nyawa wartawan dan nyawanya sendiri dari kejaran para penjahat yang mencoba membunuhnya.

Haywire banyak menyajikan adegan perkelahian yang sangat fantastis. Tidak hanya itu, kualitas suara sangat mendukung adegan perkelahian menjadi lebih seru dan sangat menegangkan. Dalam film ini, Gina Carano mendapatkan banyak sanjungan berkat pembawaan perannya yang sangat apik.

2. Die Hard (1998)

Film action terbaik berikutnya adalah Die Hard. Film ini sendiri diperankan oleh seorang aktor action ternama yakni Bruce Willis. Die Hard menjadi film pertama yang mampu menampilkan John McClane atau Bruce Willis menjadi aktor action terkenal di dunia. Aksinya yang sangat luar biasa telah bikin banyak penonton berdecak kagum.

Dalam Die Hard ini, Bruce Willis harus berjuang mati-matian untuk melawan para teroris. Waktu yang diambil dalam film ini tepat pada saat perayaan festival natal. Perjuangannya melawan para teroris sudah banyak menyihir banyak mata pecinta film di berbagai belahan dunia dan dari masa ke masa.

3. John Wick Chapter 1-3

Film Action Terbaik

Bagi para penggemar film action tentu sudah tidak asing dengan trilogi John Wick. Film yang mengusung genre neo-noir action thriller ini disebut telah sukses menyihir sekaligus meninggalkan kesan yang cukup gelap bagi para penontonnya. Dengan berbagai aksi perkelahian yang ditampilkan secara jelas dan gamblang menjadikan film ini sangat memikat banyak orang.

Film John Wick sendiri memiliki alur yang cerita yang berpusat pada sosok John Wick itu sendiri. Dalam film ini, sosok John Wick diperankan oleh Keanu Reeves sebenarnya merupakan seorang mantan pembunuh bayaran yang telah lama pensiun. Hanya saja, ada sebuah perampokan yang melibatkan anjing kesayangannya hingga terbunuh. Hal ini pun menjadi John Wick tidak bangun dari tidur panjangnya untuk membalaskan dendamnya.

Kembalinya John Wick sang mantan pembunuh bayaran mampu menjadikan heboh dunia pembunuh bayaran. Ada banyak sekali orang yang memiliki dendam kepadanya hingga pada akhirnya para pembunuh bayaran berlomba-lomba untuk membunuh John Wick. Tidak hanya berhenti di situ, ada imbalan yang sangat besar bagi siapa saja yang berhasil membunuh John Wick.

Dari seri pertama hingga ketiganya, film John Wick menyuguhkan berbagai aksi heroik untuk tetap bertahan hidup dan membalaskan dendamnya. Dalam film John Wick – Parabellum atau chapter ketiga yang disutradarai oleh Chad Stahelski, ada dua aktor aksi asal Indonesia, yakni Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian. Kabarnya, film John Wick yang keempat siap rilis pada tahun 2022.

4. Bourne

Selain John Wick, sequel dari film Bourne juga selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemar film action di berbagai belahan dunia. Bourne sendiri merupakan sebuah film action tentang kisah seorang agen Central Intelligence Agency (CIA) bernama Jason Baron yang mengidap amnesia disosiatif. Akibatnya, Jason Bourne terpaksa melakukan pengkhianatan terhadap CIA untuk membongkar berbagai proyek rahasia yang selama ini dilakukan organisasi tersebut.

Sosok Jason Bourne sendiri diperankan oleh aktor bernama Matt Damon. Hingga saat ini, Bourne telah diproduksi hingga mencapai lima sekuel, mulai dari Bourne Identity, Bourne Supremacy, Bourne Ultimatum, Bourne Legacy, hingga Jason Bourne sendiri. Dari lima sekuel tersebut, empat diantaranya diperankan oleh Matt Damon. Hanya pada Bourne Legacy, film ini lebih fokus menampilkan cerita Aaron Cross yang diperankan oleh Jeremy Renner.

5. Mad Max

Membicarakan film action, tentu para penggemar film action tidak bisa melupakan Mad Max (1979) dan Mad Max 2 (1981). Film yang menampilkan aksi-aksi dari Mel Gibson telah sukses menarik perhatian para penonton dari masa ke masa. Film yang memiliki latar cerita setelah kiamat ini menyajikan dunia yang memberlakukan hukum rimba.

Penduduk bumi pada film ini saling merebutkan air dan bahan bakar. Tidak hanya itu, orang-orang juga saling memperebutkan daerah kekuasaan untuk bertahan hidup di dunia tersebut.

Setelah hampir 3 dekade tidak berlanjut, Mad Max kembali rilis pada dengan sekuel berjudul Mad Max Fury Road. Film ketiga ini masih dibesut oleh sosok George Miller yang juga menyutradarai Mad Max dan Mad Max 2. Sementara itu, Mad Max Fury Road menampilkan aksi dari Tom Hardy sebagai Max dan Charlize Theron sebagai teman berjuangnya.

6. The Irishman (2019)

Film Action Terbaik

Film action terbaik selanjutnya merupakan film yang mengisahkan tentang para pembunuh bayaran di kota New York, yaitu The Irishman. Film ini yang berangkat dari sebuah buku dengan judul I Heard You Paint Houses karangan Charles Brandt ini berhasil menyajikan ketegangan khas tahun 70-an. Meskipun menceritakan tentang pembunuh bayaran, film ini juga memiliki sisi tentang kemanusiaan yang juga bikin para penontonnya tersentuh.

7. The Night Comes For Us (2018)

Soal film action, Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Melalui film bergenre action noir, The Night Comes for Us bisa dikatakan sebagai salah satu film action terbaik dari Indonesia yang sangat disukai oleh dunia internasional.

Film ini sendiri menceritakan tentang seorang gangster berdarah dingin dan kuat yang bernama Ito. Namun, Ito mendadak berubah setelah menyelamatkan seorang gadis muda yang bernama Reina dari desanya.

The Night Comes For Us menampilkan duo aktor action terkenal asal Indonesia, yakni Joe Taslim dan Iko Uwais. Sebagai pecinta film Indonesia, tentu sudah terbayang aksi perkelahian bagaimana yang akan ditampilkan oleh dua nama tersebut. Maka dari itu, The Night Comes For Us menjadi film yang wajib ditonton selama hidup kalian.

8. The Departed (2006)

The Departed merupakan sebuah film bergenre action yang menceritakan tentang kisah sekelompok geng Irlandia di Boston, Amerika Serikat. Geng ini sendiri diketuai oleh seorang bernama Frank Costello- yang diperankan oleh Sosok Jack Nicholson.

Masalah mulai muncul pada saat ada dua polisi yang menyamar dan menyusup ke dalam geng tersebut. Kedua penyusup yang bernama WIlliam Costigan dan Colin Sullivan itu berjuang untuk menjaga penyamarannya sekaligus menyelesaikan misi penyelamatan rekan-rekannya.

The Departed sendiri diangkat dari sebuah kisah yang bertajuk Boston Winter Hill Gang. Film ini disebut menjadi salah satu film yang berhasil menyajikan berbagai kisah penguasa kejahatan Irlandia-Amerika Whitey Bulger dengan komplotannya di FBI secara apik dan mengagumkan. John Connolly menjadi orang yang memiliki peran penting dalam melakukan penghindaran Bulger selama bertahun-tahun.

9. The Matrix

Salah satu film action terbaik sepanjang masa yang tidak boleh terlewatkan adalah The Matrix. The Matrix sangat terkenal karena untuk pertama kalinya menyajikan efek ‘bullet time’. ‘Bullet time’ sendiri bisa dikatakan sebagai adegan slow motion yang menjadikan adegan perkelahian dan baku tembak menjadi lebih menegangkan.

Diperankan oleh sosok Keanu Reeves, The Matrix berhasil menyajikan pertarungan gerak lambat yang mengagumkan semua pecinta film di dunia. Meskipun sudah diproduksi dalam beberapa seri, The Matrix tetap yang paling berkesan dan patut dijadikan sebagai salah satu jajaran film action terbaik sepanjang masa.

10. Avengers: Infinity War

Siapa yang tidak tahu serial produksi Marvel ini, The Avengers: Infinity War sangat meledak pada awal perilisannya. Film ini sendiri merupakan seri ketiga dari film Avengers yang pertama kali dirilis pada tahun 2012 dan Avengers: Age of Ultron tepat 3 tahun berselang.

Avengers merupakan sebuah film action yang mengisahkan tentang usaha dari makhluk luar angkasa yang berniat menghilangkan setengah populasi makhluk di dunia, tidak hanya bumi, bahkan di seluruh semesta.

Nah, dalam mewujudkan cita-citanya tersebut, makhluk luar angkasa yang bernama Thanos tersebut harus mengumpulkan infinity stones atau batu sakti dari berbagai galaksi. Berkat kekuatannya yang luar biasa, Thanos berhasil mengumpulkan enam batu sakti tersebut dan segera membangkitkan impiannya.

Tenang saja, kalian tidak akan disajikan alur cerita yang gantung. Layaknya cerita super hero, pahlawan Avengers akan berusaha menyelamatkan dunia pada Avengers: End Game.

11. Real Steel (2011)

Setelah banyak membahas tentang film action terbaik dengan segala aksi perkelahiannya, Real Steel bisa menjadi salah satu solusi bagi yang ingin menikmati film action yang sangat menghibur. Dilengkapi dengan efek visual yang luar biasa, film ini menyajikan permainan video aksi yang sangat unik dan baru.

Real Steel sendiri menceritakan tentang seorang petinju hebat pada masanya yang bernama Charlie Kenton- diperankan oleh Hugh Jackman. Hanya saja, kejayaan Charlie harus meredup karena dunia lebih memilih pertandingan tinju robot daripada manusia. Nah, kalian akan disajikan perjuangan Charlie dalam membuktikan bahwa manusia tetaplah unggul dibandingkan robot.

12. Da 5 Bloods (2020)

Film yang baru dirilis dua tahun lalu ini mengangkat kisah tentang empat pejuang perang kembali ke vietnam setelah perang. Kedatangan empat pejuang tersebut tentu tidak tanpa sebab, pasalnya mereka hendak melacak kembali tumpukan emas batangan yang dikumpulkan selama perang berkecamuk antara Vietnam dengan Amerika Serikat. Da 5 Bloods berhasil mendapatkan skor 92 persen di Rotten Tomatoes.

13. The Hateful Eight (2015)

Salah satu film action terbaik berikutnya adalah The Hateful Eight yang dirilis pada tahun 2015. Film ini sendiri tersedia dalam dua versi, yakni original slow burn yang berdurasi hingga 168 menit dan versi panjang yang disajikan dalam beberapa episode. Perlu kamu tahu bahwa The Hateful Eight berhasil merupakan salah satu film aksi Quentin Tarantino terbaik yang pernah diproduksi.

The Hateful Eight menceritakan tentang kisah perjalanan seorang pembunuh bayaran yang harus mengantarkan mayat kepada tuannya. Namun, proses mengantarkan mayat tersebut tidak semudah melakukan misi pembunuhannya. Ada banyak sekali rintangan yang harus dihadapi pembunuh bayaran tersebut dalam menyelesaikan tugasnya.

14. 300 (2006)

Film Action Terbaik

Film action bertajuk 300 ini patut masuk dalam daftar film action yang ingin kamu tonton selama hidupmu. Pasalnya, film ini disebut sebagai salah satu film paling legendaris dan diprediksi tak akan mudah lekang oleh zaman.

Film yang menceritakan tentang kisah pertarungan antara jutaan tentara persia melawan tentara Sparta yang hanya berjumlah 300 ini mengambil setting waktu pada sekitar tahun 480 sebelum masehi.

Sebetulnya, alur cerita film 300 berangkat dari sebuah kisah nyata yang dikenal dengan Thermopylae. Pertempuran di Celah Thermopylae ini sendiri menyuguhkan pewarnaan dan efek visualnya yang khas sehingga mampu membawa para penonton ikut hadir di masa itu. Maka tak heran, banyak orang yang mengaku bahwa film ini mampu menghadirkan pertempuran yang seperti ada di dunia nyata.

15. Casino Royale (2006)

Hampir semua pecinta film pasti tahu serial film James Bond. Salah satu serial James Bond yang bertajuk Casino Royale bisa dikatakan sebagai salah satu film action terbaik yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pada dasarnya, Casino Royale hampir sama dengan film James Bond lainnya, hanya saja Daniel Crieg dalam film ini mampu menampilkan aksi laga yang sangat menegangkan. Tidak hanya kisah aksi tentunya, untuk menyelesaikan misi James Bond harus terjun dalam dunia kasino.

16. Mission Impossible: Fall Out (2018)

Hampir sama seperti James Bond, Fall Out juga merupakan salah satu sekuel dari Mission Impossible yang menampilkan aksi Tom Cruise sebagai Ethan Hunt dalam menjalankan berbagai misi yang mustahil untuk dilakukan. Film yang dirilis pada tahun 2018 ini menampilkan adegan sosok Tom Cruise yang bergelantungan di pesawat tanpa menggunakan stuntman.

Dalam Mission Impossible: Fall Out ini menceritakan tentang agen Ethan Hunt yang sedang berada di tengah situasi sulit. Ethan harus harus menghentikan aksi pencurian nuklir dari sindikat berbahaya untuk menggagalkan perang dunia terjadi.

Sebenarnya, hampir semua seri dari sekuel film Mission Impossible layak masuk dalam daftar film action yang ingin kamu tonton dalam hidupmu. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali adegan aksi berbahaya dan menegangkan yang banyak diperankan secara langsung oleh Tom Cruise. Tidak hanya aksi Tom Cruise, Mision Impossible juga menyajikan cerita seru dan sangat mengesankan.

17. The Dark Night

Terakhir, film action yang wajib ditonton adalah The Dark Night. Film ini mampu mendapatkan rating tertinggi sebagai film action terbaik sepanjang masa versi IMDb. Film yang rilis pada tahun 2008 ini menceritakan tentang pertarungan sengit antara Batman dan Joker. The Dark Knight sendiri juga merupakan salah satu sekuel dari Batman Begins garapan sutradara Christopher Nolan.

Deretan film action terbaik di atas tentu akan semakin meningkatkan adrenalin sahabat Grameds. Film action pada dasarnya memang didesain untuk memamerkan berbagai aksi dari para pemerannya. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih mendalam tentang film action terbaik di dunia, kamu bisa membaca beberapa buku terkait film action terbaik berikut ini.

18. Top Gun: Maverick (2022)

Top Gun: Maverick
Top Gun: Maverick

Sesuai dengan judulnya, Top Gun: Maverick ini juga dikenal dengan judul Top Gun 2, adalah sekuel dari film Top Gun yang pernah dirilis di 1986 silam. Top Gun menjadi sebuah film action terbaik barat yang memiliki rating 8.6 di IMDb.

Film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini dibuat oleh Paramount Pictures. Kita akan dipamerkan dengan aksi kapten Pete ‘Maverick’ Mitchell (Tom Cruise) yang merupakan seorang instruktur penerbang.

Dipertemukan dengan anak dari salah satu teman baiknya, Maverick pun harus menghadapi dengan ketidakpastian dengan masa depan sekaligus juga dihantui masa lalunya.

19. Extraction (2020)

Extraction (2020)
Extraction (2020)

Film ini menceritakan perjalanan yang bernama Tyler Rake, seorang tentara bayaran di pasar gelap yang kemudian ditugaskan untuk menyelamatkan Ovi, seorang anak dari sosok penguasa narkoba terbesar di India.

Misi dari penyelamatan ini berlangsung di Bangladesh di mana Ovi yang ditahan sebagai sebuah tebusan oleh bandar narkoba yang terbesar di sana.

Film yang di produksi oleh Sam Hargrave ini dibintangi oleh Chris Hemsworth, Rudhraksh Jaiswal, dan Randeep Hooda.

20. Spider-Man: No Way Home

Spider-Man: No Way Home (2021)
Spider-Man: No Way Home (2021)

Di akhir tahun 2021 lalu ada salah satu film superhero Marvel yang sering kali disebut-sebut jadi salah satu yang terbaik nih, geng. Spider-Man: No Way Home yang telah rilis pada 17 Desember 2021 kemarin memang yang berhasil meraih pujian baik dari kritikus maupun juga para penggemar.

Film terbaru MCU ini yang membuka pintu multiverse dengan menampilkan beberapa musuh dari universe lainnya. Musuh-musuh tersebut yang sebelumnya sudah muncul di film-film Spider-Man di seri lain.

Nostalgia banget kan melihat, spoiler alert, ketiga Peter Parker bertarung melawan Lizard, Sandman, Goblin, Electro, Doc Ock sekaligus? Pertarungan akhir yang akan epic sekali!

 

Rekomendasi Buku yang Berkaitan dengan Film Action Terbaik

1. Marvel Action Avengers: The Ruby Egress

Marvel Action Avengers: Ruby Egress (Sc)
Marvel Action Avengers: Ruby Egress (Sc)

2. Batman Nightwalker

Batman: Nightwalker
Batman: Nightwalker

3. Time Travelers Handbook

The Time Traveler's Handbook
The Time Traveler’s Handbook

Grameds, itulah deretan film action terbaik yang wajib kamu tonton setidaknya sekali selama hidupmu. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia juga menyediakan buku-buku terkait film action yang bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Semua buku yang Gramedia sediakan tentunya akan membuat kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam

Apa yang dimaksud dengan film action?

Film laga adalah genre utama dalam film yang satu atau beberapa tokohnya terlibat dalam tantangan yang memerlukan kekuatan fisik ataupun kemampuan khusus.

Genre film ada berapa?

Saat ini beberapa genre film paling populer yang paling banyak dibuat adalah drama, action, romance, comedy, horor dan crime.

Apa arti dari R 18?

R18+ (R-18): Terbatas hanya untuk orang dewasa. Anak-anak dan remaja di bawah usia 18 tahun dilarang menonton film ini.

Apa itu PG di film?

PG (Parental Guidance) mengandung konten atau unsur yang mungkin tidak cocok ditonton anak kecil sehingga butuh pengawasan orang dewasa. PG-13 (Parental Guidance under 13) mengandung konten atau unsur yang mungkin tidak cocok ditonton sendirian oleh anak yang beranjak ABG, sehingga butuh pengawasan orang dewasa.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma