in ,

Rekomendasi 13 Situs Terpercaya untuk Mencari Pekerjaan Freelance

Rekomendasi Situs Freelance – Pekerja lepas atau yang saat ini disebut dengan freelancer, merupakan salah satu profesi yang sedang diburu oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan setiap orang yang bekerja freelance dapat mencari uang sampingan atau tambahan selain dari pekerjaan utamanya. Freelance juga merupakan profesi yang fleksibel karena dapat dilakukan di sela waktu luang.

Saat ini,  profesi freelance banyak diambil oleh para mahasiswa semester akhir yang sudah tidak memiliki mata kuliah dan hanya sedang mengerjakan skripsi. Namun bisa juga, kegiatan freelance ini dijadikan bahan untuk proyek akhirnya. Selain itu, mahasiswa tingkat akhir juga biasanya melakukan kegiatan freelance untuk menambah uang saku yang mereka miliki.

Freelance menjadi pekerjaan yang menjanjikan dan juga praktis karena tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk urusan transportasi, yang mengharuskan pekerja berangkat ke kantor. Pekerjaan freelance bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, terserah bagaimana seorang pekerja freelance tersebut mengerjakannya.

Namun setiap orang yang sedang mencari pekerjaan freelance mungkin bingung harus mencari kemana dan dimana, karena terlalu banyak situs yang menawarkan peluang freelance tersebut. Terkadang ada beberapa pemula yang takut untuk memulai pekerjaan freelance, karena takut ditipu dan tidak diberi upah atas pekerjaan yang sudah dikerjakan.

Nah, maka dari itu, berikut terdapat rekomendasi situs-situs terpercaya baik itu dalam level nasional maupun internasional untuk Grameds dalam menemukan projek freelance yang terbukti dapat dipercaya!

https://www.pexels.com/

1. Projects.co.id

https://projects.co.id/

Rekomendasi yang pertama jatuh pada Projects.co.id, situs ini bisa disebut situs freelance yang sangat terkenal di kalangan freelancer Indonesia. Melalui situs ini, kamu dapat menemukan banyak proyek pekerjaan freelance, seperti pekerjaan programming, kemudian desain grafis, editing video maupun audio, bahkan pekerjaan menjadi penulis baik itucontent writer, copy writer dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa membuka bisnis, karena di situs ini tersedia transaksi jual beli barang digital. Nah, apabila kamu memiliki produk digital baik itue-book, desain grafis, video, hingga template desain web dapat menjualnya di situs ini.

Kamu juga bisa mendapatkan komisi tambahan selain dari menjadi freelancer di situs Projects.co.id ini dengan cara mengundang temanmu untuk bergabung bersama melalui link yang telah kamu bagikan. Gimana, sudah siap menjadi freelancer di Projects.co.id?

Keunggulan yang dimiliki Projects.co.id

  • Terdapat banyak opsi atau pilihan pekerjaan freelance yang kamu mau.
  • Dapat juga menjadi tempat untuk membuka bisnis kamu sendiri, karena dalam situs Projects.co.id ini memberikan layanan transaksi jual beli barang digital
  • Adanya program yang disebutAffiliate Referral, yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan komisi tambahan jika mengundang pengguna lain melalui link yang dia miliki.

2. Sribu

https://www.sribu.com/

Berikutnya  adalah Sribu atau disebut juga dengan SribuDesign. Situs ini sebenarnya masih dibawah satu manajemen dengan situs Sribulancer.

Namun, berbeda dengan Sribulancer yang menawarkan banyak macam pekerjaan freelance, Sribudesign ini berfokus pada pekerjaan freelance dengan jasa desain grafis saja.

Jenis pekerjaan desain yang ditawarkan juga sangat beragam dan memiliki rentang kesulitan tersendiri. Sehingga kamu bisa menemukan pekerjaan desain dari yang paling mudah dan sederhana seperti desain logo bahkan hingga desain yang sulit seperti desain properti atau bahkan interior.

Selain itu, bagi para desainer juga dapat mengikuti kontes dan bersaing dengan para desainer lain, untuk mendapatkan pekerjaan dari seseorang (klien) yang memiliki dan menawarkan atas proyek tersebut.

Jika kamu telah mengikuti kontes, maka hal ini tentu dapat dimasukkan ke dalam portofolio yang kelak dapat digunakan di dunia kerja. Benefit atau keuntungan pemenang yang mengikuti kontes, juga nantinya bukan hanya terpilih oleh pemilik proyek, tetapi juga mendapatkan hadiah spesial dari pihak Sribu!

Keunggulan Situs Freelance Sribu

  • Memberikan peluang freelance khusus kepada para desainer desain grafis
  • Pekerjaan desain yang ditawarkan beragam dari mulai yang sederhana hingga yang tersulit seperti desain interior
  • Memiliki layanan kontes yang bisa bermanfaat untuk portofolio para freelancer di masa mendatang

Jadi tunggu apa lagi, untuk kamu yang mahir dan memiliki kemampuan di bidang desain grafis, dapat langsung mencari proyek freelance terbaikmu melalui situs Sribudesign ini.

tombol beli buku

3. Fiverr

https://www.fiverr.com/

Jika sebelumnya telah membahas mengenai situs freelance dalam lingkup nasional, kali ini ada rekomendasi situs freelance Internasional, yakni Fiverr.

Fiverr memiliki sistem kerja yang berbanding terbalik dengan situs freelance lainnya. Hal tersebut karena bukan pemilik proyek yang mencari pekerja, namun freelancer lah yang memasang pengumuman untuk mendapatkan klien. Gimana unik ‘kan?

Adanya sistem ini, freelancer tidak perlu merasakan kesulitan karena harus melamar terlebih dahulu lalu mempromosikan diri kepada setiap klien. Melalui situs Fiverr ini, kamu hanya perlu memperkenalkan diri secara umum, dan apabila ada klien yang tertarik denganmu, maka klien akan langsung menghubungimu.

Untuk privasi, Fiverr memberikan keamanan bagi pengguna yang menggunakan situs Fiverr. Maka dari itu, bagi kamu pengguna situs ini, tak perlu khawatir akan keamanannya dan dapat merasa aman sertasafety saat berselancar mencari pekerjaan freelance di Fiverr.

Keunggulan dari Situs Freelance Fiverr

  • Sistem kerja yang unik, memungkinkan untuk klien yang mencari para freelance bukan freelancer yang mencari klien
  • Memiliki sistem keamanan data dan privasi yang sangat aman dan canggih

4. Sribulancer

https://www.sribulancer.com/

Bukan hanya Projects.co.id yang dikenal sebagai situs freelance ternama, Sribulancer juga merupakan salah satu situs terberat pesaing Projects.co.id. Para pemula yang baru memasuki dunia freelance, banyak sekali yang memulai karirnya melalui situs Sribulancer.

Proyek yang ditawarkan oleh Sribulancer juga sangat beragam, tidak hanya fokus di desain saja seperti SribuDesign. Jika kamu seorang penulis artikel, kamu bisa mendapatkan proyek di situs ini, begitu juga jika kamu seorang programming atau desainer.

Sribulancer juga adalah situs freelance pertama yang memberikan layanan pembayaran melalui transfer bank. Tentunya ini semakin memudahkan para freelancer Indonesia yang belum memiliki kartu kredit. Apalagi mayoritas freelancer adalah mahasiswa yang masih baru belajar, tentunya layanan ini sangat membantu.

Keunggulan lainnya di sistem pembayaran Sribulance memberikan opsi pembayaran dalam bentuk IDR dan juga USD, kamu bisa pilih mau pembayaran menggunakan mata uang yang mana. Lalu Sribulance juga tersedia secara internasional, karena itu pembayaran dengan mata uang USD juga tetap diberlakukan.

Keunggulan dari Situs Sribulancer

  • Merupakan situs rreelance yang paling terkenal di Indonesia dan memberikan bermacam opsi pekerjaan yang ditawarkan
  • Tersedia hingga kancah Internasional, memungkinkan kamu berinteraksi dengan klien dari negara manapun.
  • Sistem pembayaran yang simpel dan mudah digunakan oleh pengguna
  • Tersedia pembayaran dengan IDR dan juga USD

tombol beli buku

5. Freelancer

https://www.freelancer.com/

Pengguna situs Freelancer saat ini sudah cukup banyak, total ada sekitar 42 juta pencari kerja dan juga klien yang menggunakan situs Freelancer. Perbedaan Freelancer dengan situs lainnya adalah, keharusan kamu untuk melakukan pembayaran jika ingin menjadi anggota di situs ini.

Tapi kamu bisa tenang dulu, kamu tidak harus langsung membayar kok ketika ingin bergabung, kamu bisa membayar jika kamu sudah mengajukan proposal kepada sekitar delapan pencari kerja.

Keunggulan dari Situs Freelancer

  • Memiliki jumlah pengguna yang banyak ada sekitar 42 Juta pengguna baik itu klien maupun freelancer
  • Memberikan akses gratis (Free Trial) dengan total delapan proposal gratis yang berarti memberikan uji coba bagi kamu untuk nanti pada akhirnya berlangganan secara permanen, jika cocok dengan situs Freelancer.

 

6. Upwork

https://www.upwork.com/

Upwork juga termasuk kedalam situs penyedia jasa freelance terbesar, karenanya berselancar di situs ini tentunya dapat memberikanmu kesempatan kerja yang lumayan luas.

Sistem pembayaran pada Upwork juga tergolong unik karena menyediakan sistem pembayaran kerja per projek atau perjam. Melalui sistem pembayaran ini, baik klien maupun freelancer dapat merasa lebih fleksibel dan bebas memilih dengan sistem pembayaran seperti apa yang akan digunakan.

Fitur yang ditawarkan oleh Upwork juga banyak yang unik, seperti collaborative space dan juga adanya pembuatan invoice. Fitur ini tentunya memberikan kamu kemudahan dalam mengembangkan karir.

Keunggulan dari situs Upwork

  • Menawarkan sistem pembayaran dengan sistem perjam atau per proyek membuatnya menjadi lebih fleksibel dan praktis
  • Memiliki fitur yang dapat membantu freelancer mengembangkan karir mereka.

tombol beli buku

7. Toptal

https://www.toptal.com/

Untuk menjadi freelancer di Toptal ini, mungkin tidak direkomendasikan untuk freelancer pemula ya… Hal tersebut karena untuk bergabung di Toptal ini, kamu harus sudah memiliki portofolio yang sangat berkualitas.

Toptal merupakan situs freelancer dengan kemampuan terbaik dan pilihan yang ada di dunia. Maka dari itu untuk menjadi freelancer di Toptal dibutuhkan kemampuan yang sudah mumpuni, sebab kamu akan diseleksi secara ketat.

Melalui situs ini, kamu bisa memilih proyek yang berjangka pendek ataupun jangka panjang. Nah, dengan demikian dapat disebut juga bahwa Toptal adalah situs penyedia freelance bagi kaum yang elit.

Keunggulan dari Toptal

  • Merupakan situs bagi kaum elit dengan freelancer terbaik di dunia. Bahkan disebut juga dengan Top 1% pencari pekerja berbakat
  • Hanya memilih freelancer terbaik, pembayaran untuk hasil proyek yang sedang dikerjakan juga jauh lebih besar.

8. SimplyHired

https://www.simplyhired.com/

Jika kamu mencari situs freelance yang menawarkan sangat banyak variasi pekerjaan freelance, maka SimplyHired adalah jawabannya. Untuk urusan variasi pekerjaan freelance SimplyHired berada di posisi top atau paling teratas.

Dari pekerjaan dengan jenis teknologi, jenis pekerjaan administratif, bahkan hingga pekerjaan konstruksi pun tersedia di SimplyHired, menarik bukan?

SimplyHired juga sudah terintegrasi dengan 24 negara dari seluruh penjuru dunia, sehingga kamu bisa mendapatkan tawaran bekerja dari banyak negara. SimplyHired juga dilengkapi dengan fitur mencari pekerja terdekat melalui sistem pencarian lokasi lho…

Pekerjaan yang ditawarkan tidak hanya pekerjaan online saja, tetapi juga ada pekerjaan offline. Sehingga jika kamu kesulitan menemukan pekerjaan di situs lainnya, SimplyHired adalah pilihan tepat, mencari pekerjaan berdasarkan skill dan juga kemampuan yang kamu miliki.

Keunggulan SimplyHired

  • Memiliki variasi pekerjaan yang banyak, sehingga memudahkan kamu menyesuaikan jenis pekerjaan dengan skill yang kamu miliki
  • Pekerjaan yang ditawarkan berasal dari 24 negara, memudahkan kamu mendapatkan peluang pekerjaan dari mana saja.
  • Pekerjaan yang ditawarkan bukan hanya pekerjaan online, tetapi juga pekerjaan offline.

tombol beli buku

9. PeoplePerHour

https://www.peopleperhour.com/

Situs PeoplePerHour merupakan situs mencari pekerjaan freelance yang memiliki sistem saingan ketat. Hal tersebut karena tersedianya fitur rating, sehingga klien bisa memberikan rating atas pekerjaan yang telah kamu kerjakan.

Maka dari itu, kamu harus dapat mematok harga yang tepat sesuai dengan apa yang bisa kamu kerjakan, karena kamu nantinya akan bersaing dengan para freelancer lain.

Keunggulan PeoplePerHour

  • Tersedia secara gratis untuk kamu yang ingin ikut bergabung
  • Tersedia sistem rating, yang bisa membuatmu secara langsung terpromosikan

10. Writer Acces

https://www.writeraccess.com/

Nah, jika kamu seorang penulis, seusai namanya yakni Writer Acces, tersedia untuk kamu dalam mengembangkan karir menulismu. Para pekerja lepas dengan menulis disebut dengan freelance writer.

Melalui akses Writer Access ini, kamu dapat menemukan pekerjaan yang berhubungan dunia tulis dan menulis. Bisa saja kamu mendapat pekerjaan menulis, artikel, atau studi kasus, karya tulis ilmiah, laporan dan lain sebagainya yang masih banyak lagi.

Fitur lainnya yang disediakan oleh Writer Acces juga sangat banyak seperti optimasi keyword, analytics dan juga content planner. Dari adanya tools ini kamu dapat mengerjakan pekerjaan menulismu menjadi lebih efisien dan efektif.

Keunggulan dari Writer Acces

  • Writer Acces merupakan situs yang khusus digunakan oleh para penulis, tentu saja ini merupakan keunggulan karena sangat jarang sekali situs yang menyediakan tempat khusus untuk para penulis seperti ini
  • Tools yang disediakan membantu pekerjaan para penulis dengan baik sehingga pekerjaan yang dilakukan bisa lebih efektif dan efisien

tombol beli buku

11. Guru

https://www.guru.com/

Situs Guru ini didirikan pada tahun 2001, sehingga membuat situs ini dapat terus berinovasi dan mengembangkan sistem yang mereka miliki. Sistem freelance di Guru baik itu para pekerja lepas maupun para pencari jasa diharuskan untuk membuat profil mereka sendiri. Jika keduanya cocok, maka mereka akan bertemu dan pekerjaan pun bisa dimulai.

Situs Guru selalu memberikan pekerjaan baru hampir setiap harinya. Karena itu kamu harus selalu up to datedan rajin mengecek situs ini. Selain itu kamu juga bisa mencari pekerjaan berdasarkan lokasi dimana kamu berada. Pembayaran yang ditawarkan juga bisa memilih baik itu sistem pembayaran per jam atau per proyek.

Keunggulan Situs Guru

  • Memiliki sistem pencocokan antar pencari kerja dan juga freelancer, dengan adanya fitur ini, bisa menghindari adanya konflik antara freelancer atau klien jika ternyata apa yang mereka butuhkan tidak sesuai.
  • Mendapatkan pekerjaan baru setiap hari
  • Memiliki fitur pencari kerja yang membuat kamu bisa menemukan pekerjaan berdasarkan kategori lokasi, sistem pembayaran dan lainnya.

12. Translator Cafe

https://www.translatorscafe.com/cafe/

Situs Translator Cafe ini sangat berguna buat kamu yang memiliki kemampuan sebagai penerjemah dan juga berbagai hal yang memiliki keterkaitan dengan bidang linguistik.

Setiap harinya ada saja pekerjaan yang membutuhkan penerjemah di Translator Cafe, biasanya dari Project Manager yang memang sedang mencari penerjemah.

tombol beli buku

13. Dribble

https://dribbble.com/jobs

Terakhir adalah situs freelance Dribble yang memberikan kamu akses untuk mendapatkan pekerjaan dengan muda, karena bisa menjadi prioritas.

Banyak seniman yang menggunakan situs Dribble ini untuk membangun portofolio mereka atas kerja kreatif yang telah dilakukan. Jenis pekerjaan yang ditawarkan, banyak dan bervariasi salah satunya adalah UI/UX. Jika kamu ingin menjadi freelancer prioritas kamu harus berlangganan akun premium dengan biaya 5$ sampai dengan 15$ perbulannya.

Nah, itulah 13 rekomendasi situs freelance yang bisa kamu coba untuk menemukan proyek yang bisa mengasah skill dan kemampuan kamu. Jangan lupa untuk kamu yang ingin memulai terjun ke dunia freelance, buku-buku ini bisa menjadi rekomendasi untuk dibaca, agar kamu makin semangat menjadi freelancer!

Penulis: Aisiti Rahayu

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Rekomendasi Situs Freelance

Written by Rifda Arum