in ,

Rekomendasi Film Mafia Terbaik yang Wajib Masuk Daftar Tontonanmu

Pexels.com

Film Mafia Terbaik – Bicara tentang dunia film, sejak dahulu sampai saat ini banyak genre film yang memiliki jumlah peminat begitu besar. Apalagi film action, crime yang terus saja sampai sekarang menjadi salah satu genre film yang memiliki banyak peminat.

Salah satu alur cerita yang paling disukai oleh masyarakat umum adalah tentang mafia atau gangster. Mungkin beberapa dari kalian pernah juga menyaksikan film yang mengisahkan tentang mafia. Kesan hebat setiap aksi bisa memukau para penonton.

Jika dilihat dari perkembangan zaman sudah banyak produksi film yang mengadopsi alur cerita mafia. Beberapa diantaranya mungkin pernah mendapatkan piala di ajang perfilman bergengsi. Namun apakah kalian tahu apa saja film mafia terbaik?

Jika belum, kalian bisa membaca beberapa daftar film mafia terbaik yang ada di dalam artikel ini. Setiap film yang dijelaskan dalam artikel ini secara lengkap bisa kalian masukkan ke dalam list tontonan. Berikut adalah beberapa daftar film mafia yang bisa kalian tonton.

Rekomendasi Film Mafia Terbaik

1. The Godfather (1972)

Film Mafia Terbaik

Jika bertanya tentang film mafia terbaik. Maka film The Godfather yang dirilis pada tahun 1972 adalah salah satunya. Bahkan tak tanggung-tanggung, film yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola mampu memborong tiga piala Oscar sekaligus.

The Godfather mengambil cerita yang menyoroti keluarga mafia yang dipimpin oleh Vito Corleone. Akan tetapi seiring berjalannya waktu Vito Corleone harus digantikan oleh penerusnya yaitu anaknya sebagai seorang pemimpin kelompok mafia. Salah satu kandidat yang akan menggantikan dirinya adalah Michael Corleone.

Film The Godfather sendiri diadaptasi dari novel dengan judul sama. Selain itu film tersebut juga dibintangi oleh banyak pemain terkenal dan bertalenta seperti Marlon Brando, Al Pacino, James Caan.

2. The Godfather, Part II (1974)

Film Mafia Terbaik

Berikutnya ada The Godfather, Part II. Ya film The Godfather, Part II adalah lanjutan dari film sebelumnya yaitu The Godfather. Pada film ini menceritakan penerus dari Vito Corleone yaitu Michael Corleone.

Dalam film The Godfather, Part II juga menceritakan tentang bagaimana Vito Corleone mampu membangun kekuasaannya tersebut. Sama seperti film pendahulunya, film The Godfather, Part II juga begitu sukses di pasaran.

Selain itu film The Godfather, Part II juga mendapatkan lanjutan dengan judul The Godfather, Part III tahun 1990. Bagi kalian yang begitu suka dengan film-film mafia, maka The Godfather, The Godfather, Part II dan The Godfather, Part III adalah rekomendasi terbaik yang bisa kalian tonton.

3. Goodfellas (1990)

Film Mafia Terbaik

Bagi kalian yang suka banget film dengan alur cerita mafia bisa banget nih mencoba menyaksikan film Goodfellas. Film Goodfellas sendiri pertama kali dirilis tahun 1990 dan menjadi salah satu film yang mengusung alur cerita mafia, kriminal dan narkotika.

Martin Scorsese adalah sutradara yang membuat film Goodfellas. Dan tentunya film Goodfellas sudah mampu memborong berbagai macam nominasi seperti Academy Awards seperti Best Film, Best Director, Best Editing, dan lainnya.

Film tersebut mengusung cerita tentang seorang anak bernama Henry Hill, di mana Henry Hill sejak dari kecil sudah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang gangster. Selama perjalanan hidupnya, Henry Hill mampu masuk dan memulai dalam dunia genster berkat Tuddy Cicero dan Paul Cicero.

Lambat laun Henry Hill bisa bertemu dengan gangster atau mafia papan atas bernama Jimmy Conway dan Tommy Devito. Mereka bertiga memulai untuk melakukan kerjasama hingga menjadi sahabat.

Film Goodfellas dibintangi oleh beberapa pemain popule seperti Robert De Niro, Ray Liotta, Joe Pesci. Untuk durasi dari film tersebut adalah 2 jam 26 menit.

4. A Bronx Tale (1993)

Film Mafia Terbaik

A Bronx Tale adalah sebuah film yang menceritakan jalan hidup dari seorang pria bernama Calogero. Saat bertumbuh di masa remajanya, Calogero mengagumi seorang mafia bernama Sonny. Tentunya Sonny memberikan inspirasi kepada Calogero untuk terjun ke dalam dunia gangster.

Namun tentunya maksud dan keinginan Calogero untuk masuk ke dalam dunia gangster mendapatkan larangan dari sang ayah. Kehidupan dari seorang Calogero semakin berubah ketika menyaksikan Sonny melakukan pembunuhan di depan matanya.

5. The Irishman (2019)

Film Mafia Terbaik

Meski terbilang film baru dengan alur cerita mafia, namun film The Irishman tidak kalah dari film dengan alur cerita lama pendahulunya lho. Cerita yang diusung dalam film The Irishman adalah tentang seorang sopir truk bernama Frank Sheeran yang terlibat dengan Russell Bufalino dan juga keluarga mafia yang berada di Pennsylvania.

Dalam perjalanan hidup menjadi yang terbaik, Frank Sheeran juga sedang bekerja dengan Jimmy Hoffa. Jimmy Hoffa merupakan seorang gangster besar yang selalu berada dalam setiap kejahatan secara terorganisir.

Film The Irishman disutradarai oleh Martin Scorsese. Selain itu bintang-bintang top juga turut Andil dalam film The Irishman. Beberapa di antaranya adalah Robert De Niro, Joe Pesci, dan Al Pacino.

6. City of God (2002)

Film Mafia Terbaik

Film gangster maupun mafia memang di dalamnya selalu saja ada bisnis narkoba. Dua sutradara handal Fernando Meirelles dan Kátia Lund mampu memberikan alur cerita tentang mafia dan narkoba dalam film City of God.

Film City of God sendiri mengisahkan tentang dua orang yaitu Rocket dan José Zé Pequeno. Meski memiliki latar belakang daerah yang sama yaitu lingkungan kumuh Rio de Janeiro. Namun keduanya memiliki jalar hidup yang berbeda.

Pada tahun 1970 di Rio de Janeiro, Rocket menjadi seorang fotografer yang melakukan dokumentasi terhadap pengedaran narkoba yang ada di lingkungan tersebut. Sedangkan José Zé Pequeno menjadi seorang pengedar narkoba yang berusaha untuk bisa menaikkan ketenarannya dengan memanfaatkan Rocket dan foto-foto tentangnya.

7. The Departed (2006)

Film Mafia Terbaik

The Departed menceritakan tentang seorang polisi bernama Billy Costigan. Dimana saat itu Billy mendapatkan misi untuk melakukan penyusupan di dalam keluarga mafia yang bernama Frank Costello. Menariknya lagi dari pihak mafia juga melakukan hal yang sama.

Colin Sullivan menjadi mata-mata dari kelompok mafia yang masuk ke dalam markas kepolisian. Saat berhasil melakukan penyusupan, Colin memberikan penjelasan kepada bosnya jika ada penyusup.

Dari situlah kedua kelompok tersebut mengetahui jika terdapat penyusup diantara orangnya. Baik Billy maupun Colin mencari siapa yang berhasil masuk menjadi mata-mata di dalam kelompok mereka.

Film disutradarai oleh Martin Scorsese. Selain itu film The Departed juga dimainkan oleh para pemain terkenal seperti Leonardo DiCaprio, Jack Nicholson dan Matt Damon.

8. Scarface (1983)

Film Mafia Terbaik

Scarface adalah salah satu film dengan alur cerita mafia yang begitu populer pada masanya. Scarface mengambil latar belakang di Miami tahun 80-an. Hal ini juga menjadi salah satu sisi menarik dari film Scarface.

Film Scarface menceritakan kehidupan seorang pengungsi politik yang juga menjadi buronan di Kuba bernama Tony Montana. Dimana ia juga melakukan pelarian ke Amerika. Setelah berhasil berada di Amerika, Tony mencoba untuk membangun kerajaan bisnis narkoba.

Banyak konflik seru yang ditawarkan oleh film Scarface. Tentunya kalian bisa banget nih jadikan film Scarface untuk masuk ke dalam daftar tontonan film mafia.

Perlu diketahui jika film Scarface disutradarai oleh Brian De Palma dan diperankan juga oleh beberapa pemain terkenal seperti Al Pacino, Michelle Pfeiffer, Steven Bauer. Untuk durasi waktu penayangannya sendiri, film Scarface berdurasi kurang lebih 2 jam 50 menit.

9. Snatch (2000)

Film Mafia Terbaik

Masuk di tahun 2000-an, film Snatch juga menjadi salah satu film action dengan alur mafia yang bisa kalian tonton. Film ini menceritakan tentang dunia kriminal di London yang sedang begitu panas karena adanya aksi pencurian berlian berharga.

Film Snatch juga dibintangi oleh beberapa pemain terkenal seperti Jason Statham, Brad Pitt, Benicio Del Toro. Lalu untuk sutradara dari film Snatch sendiri adalah Guy Ritchie. Sedangkan untuk durasi waktu penayangannya adalah sekitar 1 jam 42 menit.

10. American Gangster (2007)

Film Mafia Terbaik

Film American Gangster menceritakan tentang aksi kriminal yang dilakukan oleh Frank Lucas. Bisa dibilang jika film American Gangster memiliki masa produksi yang cukup lama yaitu sekitar 7 tahun. Meski begitu film American Gangster juga mampu memborong beberapa penghargaan pada ajang bergengsi seperti penghargaan Best Thriller, Best Editing, dan Best Supporting Actress.

Film dibintangi oleh beberapa pemain terkenal seperti Denzel Washington, Russell Crowe, Chiwetel Ejiofor dan disutradarai oleh Ridley Scott. Durasi penayangan film American Gangster sendiri adalah sekitar 2 jam 37 min.

11. Infernal Affairs (2002)

Film Mafia Terbaik

Berikutnya ada film dengan judul Infernal Affairs. Film ini menceritakan tentang seorang polisi yang melakukan penyamaran dan masuk ke dalam geng Triad. Banyak aksi memukau yang ditunjukkan dalam film Infernal Affairs.

Selain itu film juga mendapatkan sekuel lanjutan hingga sampai ke film Infernal Affairs III. Menariknya lagi film Infernal Affairs juga menjadi salah satu film alur cerita mafia terbaik di Hong Kong.

Film ini dibintangi oleh banyak pemain populer seperti Andy Lau, Tony Chiu-Wai Leung, Anthony Chau-Sang Wong. Lalu untuk sutradara dari film Infernal Affairs adalah Andrew Lau Wai-Keung, Alan Mak dan untuk durasi penayangannya sendiri sekitar 1 jam 41 menit.

12. Layer Cake (2004)

Film Mafia Terbaik

Mungkin jika mendengar nama Daniel Craig yang terpikirkan adalah seorang agen rahasia. Wajar saja hal ini karena Daniel Craig memang kerap membintangi film yang menjadikannya dirinya memiliki karakter agen rahasia.

Namun jika dilihat ke belakangan, nama Daniel Craig juga pernah memerankan karakter gangster ganas dan kejam di London dalam film Layer Cake. Film yang rilis tahun 2004 ini sukses memberikan penampilan apik Daniel Craig sebagai seorang gangster yang begitu ganas.

Layer Cake merupakan sebuah film yang menceritakan tentang seorang gangster dengan julukan XXX. Awalnya Daniel Craig bekerja dalam lingkaran perdagangan narkoba. Namun seiring berjalannya waktu, Daniel Craig ini keluar dari lingkaran tersebut. Dari sinilah mulai konflik yang begitu memukau.

Selain dibintangi oleh Daniel Craig, film Layer Cake juga dibintangi oleh beberapa pemain populer lainnya seperti Sienna Miller, Michael Gambon. Selain itu film ini juga disutradarai oleh Matthew Vaughn dan memiliki durasi penayangan sekitar 1 jam 45 menit.

13. Kungfu Hustle (2004)

Bicara tentang film gangster atau mafia, mungkin film Kungfu Hustle adalah salah satu yang terbaik pada masanya. Ya film ini mungkin sudah pernah kalian tonton. Dengan alur cerita yang unik dan permainan apik dari setiap pemainnya membuat film Kungfu Hustle mampu menawarkan hal yang berbeda dari film lainnya.

Meski pada dasarnya film Kungfu Hustle memiliki tema utama yaitu kungfu. Namun ada juga sekelompok gangster membuat film tersebut semakin menarik. Jika kebanyakan film gangster memiliki alur cerita yang begitu serius.

Akan tetapi untuk film Kungfu Hustle sendiri memiliki sisi komedinya. Sekelompok geng kuat dan ganas yang bernama geng Kapak menjadi penguasa di Shanghai. Seiring berjalannya waktu banyak para ksatria dengan kekuatan kungfu unik yang mencoba melawan geng kapak.

Film Kungfu Hustle sendiri di bintangi oleh beberapa pemain populer seperti Stephen Chow, Wah Yuen, Qiu Yuen. Lalu untuk sutradara dari film ini adalah Stephen Chow. Film yang dirilis pada tahun 2004 ini memiliki durasi penayangan sekitar 1 jam 39 menit.

14. Election (2005)

Bagi kalian yang suka sekali dengan film tentang perseteruan dua kelompok gangster. Makna film Election bisa dijadikan salah satu film gangster yang bisa ditonton. Film ini menceritakan tentang dua kepala gangster yang bertarung demi memperebutkan kursi ketua kelompok Triad.

Hingga saat ini film Election yang dirilis pada tahun 2005 menjadi salah satu film dengan alur cerita gangster terbaik di Hong Kong. Tak heran jika film ini juga mampu memborong beberapa penghargaan seperti Best Film, Best Director, Best Actor, dan banyak lagi.

Film ini memiliki durasi penayangan sekitar 1 jam 40 menit dan dibintangi oleh beberapa pemain populer seperti Louis Koo, Suet Lam, Tony Ka Fai Leung. Sedangkan untuk sutradara dari film Election adalah Johnnie To.

15. Road to Perdition (2002)

Road to Perdition merupakan film yang menceritakan tentang seorang gangster bersama dengan anaknya melakukan balas dendam terhadap para kriminal yang pernah melakukan pembunuhan terhadap seluruh keluarganya.

Film Road to Perdition sendiri mulai rilis pada tahun 2002 lalu dan yang disutradarai oleh Sam Mendes ini dibintangi oleh para pemain populer seperti Tom Hanks, Jude Law, Daniel Craig, dan banyak lagi. Sedangkan untuk durasi dari penayangannya adalah sekitar 1 jam 57 menit.

Kisah tentang pembunuhan juga bisa kamu baca di buku berjudul Pembunuhan di Rumah Miring dengan klik link bukunya di bawah ini.

16. The Gentlemen (2020)

The Gentlemen yang dirilis tahun 2020 lalu bisa kalian jadikan salah satu film pilihan. Film yang dirilis pada tahun 2020 ini menceritakan perebutan kekuasaan bisnis ganja yang berada di Inggris antar keluarga mafia.

Karena adanya perebutan kekuasaan secara otomatis peperangan antar mafia terjadi. Di dalam kelompok mafia juga terdapat penghianatan yang begitu mengejutkan. Ada beberapa plot twist yang menjadi daya tarik tersendiri dalam film The Gentlemen.

Tentunya dalam pertarungan tersebut ada aksi adegan yang begitu berdarah-darah dari setiap pemainnya.

Film The Gentlemen sendiri di sutradarai oleh Guy Ritchie. Lalu beberapa pemain terkenal juga turut andil dalam film The Gentlemen seperti Matthew mcconaughey, Charlie Hunnam, Henry Golding, dkk.

17. Nobody (2021)

Film Nobody sendiri menceritakan tentang kehidupan membosankan Hutch Mansell yang begitu berubah ketika dua orang pencuri masuk ke dalam rumahnya. Siapa sangka Hutch yang dikira seorang pengecut oleh anaknya menyembunyikan masa lalunya.

Ia mencari pencuri tersebut dan ingin memberikan hukuman kepada mereka. Aksi balas dendam yang dilakukan Hutch berujung ke petinggi mafia rusia yaitu Yulian. Ia akan melakukan tindakan apapun agar bisa membunuh Hutch Mansell.

Film yang disutradarai oleh Ilya Naishuller juga dibintangi oleh pemain profesional seperti Bob Odenkirk, Aleksei Serebryakov, Connie Nielsen dan lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi film mafia terbaik yang wajib Grameds tonton. Buku-buku dengan kisah terkait pembunuhan juga kriminalitas dan mafia lainnya juga bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Written by Ananda