in

Rekomendasi 16 Kado Wisuda Untuk Sahabat, Pacar dan Saudara

Ide Kado Untuk Wisuda Terlengkap – Woow, akhirnya, tiba juga waktunya…. Beberapa saat lalu, teman, anak, keponakan, atau sahabat kita ini lulus sidang skripsi, kemudian mereka akan mengikuti yudisium. Lalu mereka akan segera diwisuda! Luar biasa rasanya, perjalanan sepanjang kuliah kemarin. Waktu perkuliahan rasanya begitu berat. Mungkin bahkan harus mengalami beberapa kali mengulang mata kuliah yang sama. Belum saat ujian mid semester atau final final test.

Belum lagi masa-masa menyiapkan bahan untuk proposal pengajuan judul skripsi. Mondar-mandir ke pembimbing skripsi. Waktu, tenaga, uang kuliah yang terus menerus harus dibayarkan, cucuran air mata, dosen pembimbing yang agak sulit ditemui di tengah kesibukan, jengkel karena tidak paham maunya dosen pembimbing.

Kadang pasti ingin menyerah. Di saat itulah, dukungan kita sebagai keluarga dan sahabatnya pasti sangat diperlukan, agar anak, kakak atau adik, sahabat kita ini tetap tekun dan berhasil melalui masa-masa sulitnya ini. Agar mereka tabah dan berkomitmen tinggi untuk menyelesaikan apa yang mereka mulai.

Nah, sekarang, mereka yang tersayang ini sudah lulus ujian skripsi dan bersiap akan wisuda. Ini hari yang istimewa, merayakan kerja kerasnya. Seperti halnya hari istimewa lain, ulang tahun, pertunangan, atau pernikahan, pasti hari wisuda ini akan jadi hari yang paling manis untuk dikenang. Nah, sebagai tanda kasih, ikut bersuka cita dalam merayakan hari yang menjadi salah satu tanda lompatan besar di dalam hidupnya, tentu kado yang kita kirimkan akan sangat bermakna untuk calon wisudawan ini.

16 Rekomendasi Ide Kado Untuk Wisuda

Apa saja, ya, kado yang cocok untuk para wisudawan ini, apalagi jika dia adalah valedictorian? Daftar kecil ini semoga bisa membantu Anda memilih kado yang cocok untuknya. Selamat berburu!

1. Bunga

kado buatan sendiri

Katakan dengan bunga. Ya, bunga selalu menjadi pilihan hadiah yang paling baik, aman, dan menyenangkan buat siapapun yang menerimanya. Termasuk untuk hari wisuda. Buket bunga tangan biasanya  diberikan kepada wisudawan di hari H, dan biasanya menjadikan foto-foto wisuda menjadi hidup, karena bunga warna-warni ini sangat kontras dengan warna toga yang biasanya gelap.

Mawar, Anggrek, Lili, Gladiol, bunga Matahari atau bunga Daisy, adalah pilihan bunga yang biasa diberikan saat wisuda.

Mawar adalah pilihan paling populer untuk hadiah buket bunga saat wisuda. Beda warna bunga bisa berbeda arti. Ini berlaku juga untuk bunga-bunga lainnya, misalnya bunga Lilia tau Carnation

Beberapa vendor bunga mungkin sudah berjaga di sekitar tempat wisuda atau membuat stan pada hari H  untuk memudahkan calon pembeli,  tapi, mengapa tidak membuat rangkaian bunga sendiri?

Jika Gramedian berniat mengirimkan buket bunga karya kita sendiri, coba intip buku dari Gramedia yang berjudul Panduan Merangkai Bunga karya Lusy Wahyudi ini di lapak milik Gramedia.com, https://www.gramedia.com/products/panduan-merangkai-bunga.

Pilihan lain adalah buku Warna-warni rangkaian bunga, tulisan Teresa M. Ineke Turangan. https://www.gramedia.com/products/conf-warna-warni-rangkaian-bunga



2. Boneka

Boneka sering dijadikan hadiah untuk para wisudawati. Meskipun ada juga boneka yang sifatnya netral yang bisa diberikan kepada wisudawan. Misalnya boneka beruang dan kucing  ukuran mini dengan topi toga kecilnya atau boneka burung hantu mungil yang juga bertoga, atau tokoh-tokoh fabel lainnya, bisa menjadi pilihan boneka untuk wisudawan.

Acap kali, boneka ini digabungkan juga dengan rangkaian buket bunga. Sementara boneka dengan ukuran lebih besar, biasa diberikan kepada wisudawati. Salah satunya adalah boneka Teddy Bear. Ada juga versi boneka Barbie lengkap dengan toga dan topinya.
Images From Pixabay

Jika ingin sedikit istimewa, bisa juga dengan membuat sendiri boneka dengan cara dirajut. Coba, Gramedian intip buku ini Amigurumi: Seni Merajut Boneka Binatang Lucu, karya Nungki Martika dan Kenjiku.

Beli Sekarang

Tidak ingin merajut? Coba Gramedian membuat boneka dari kain felt. Caranya ada di buku. Misalnya buku Diah Saraswati, judulnya Gaya Klasik Boneka Cantik.

Beli Sekarang

Untuk melengkapi boneka buatan sendiri ini supaya cocok dengan suasana wisuda, jangan lupa untuk membuat toga dan topi toganya, ya! Dan, agar tidak telat, maka proyek membuat boneka ini perlu dimulai jauh-jauh hari, loh.

3. Coklat dan Permen

cokelat kado wisuda

Hmm.. nyam-nyam. Ayo, angkat tangan, siapa  yang bisa menolak coklat?  Pasti jarang yang tidak suka coklat, kan? Nah, buket coklat dan permen juga bisa menjadi pilihan untuk diberikan kepada para wisudawan ini di hari kemenangannya. Atau, bisa juga disertakan di buket bunga. Tidak ingin gendut sendirian? Coklat dan permennya tadi bisa dibagikan dengan sahabat dan teman  yang sama-sama diwisuda di hari H, kok.

4, Balon

kado wisuda balon

Rangkaian Balon juga bisa diberikan saat wisuda. Bisa digabung dengan 3 item diatas, yaitu: bunga, boneka, dan coklat. Balon yang digunakan tentu tidak besar, supaya ukurannya pas saat digenggam saat berfoto bersama keluarga dan teman.

Buku-buku terbitan Gramedia tadi juga bisa didapatkan dalam bentuk E-book, loh. Jadi, bisa langsung dibaca melalui aplikasi e-reader Gramedia Digital, kemudian tinggal dieksekusi, supaya hadiahnya tidak terlambat tiba di tangan penerima.

Sekarang, jika kita tidak bisa memberikan kado tepat waktu, apakah kita masih berkesempatan untuk memberikannya? Tentu saja, tinggal kirimkan kadonya ke alamat wisudawan. Apa saja kado yang cocok untuk dikirimkan kemudian? Daftar di bawah ini bisa memberimu sedikit ide tentang jenis kado ini.

5. Gambar Karikatur wisudawan

karikatur wisuda
Source : Bukalapak.com

Ada beberapa pelukis karikatur yang bisa membuat karikatur untuk para wisudawan ini. Biasanya mereka hanya memerlukan foto dari wisudawan, selanjutnya mereka berkreasi sendiri. Jasa mereka tersedia secara daring, yaitu di beberapa platform marketplace, atau secara luring. Biaya pembuatan karikatur ini juga relatif tidak mahal.

6. Puzzle bergambar wisudawan bersama keluarganya atau teman-temannya.

Supaya berkesan, tidak ada salahnya puzzle ini dibuat dari gambar wisuda mereka, saat mereka ada di panggung bersalaman dengan rektor karena mereka berhasil lulus cum-laude, atau saat foto bersama teman-teman seperjuangan mereka. Ukurannya biasanya cukup besar sehingga bisa dijadikan pajangan dinding di rumah

7. Lukisan Foto

lukisan wisudawan

Beda dengan karikatur, lukisan wisuda ini biasanya dilukis berdasarkan foto yang asli. Persembahkan lukisan foto ini dengan bingkai kayu yang sesuai. Jika ukuran foto lukisan ini cukup besar, dijamin, hadiah dari Gramedian yang ini akan dipajang di ruangan yang paling penting buat mereka. Namun, jika ukurannya kecil, maka lukisan ini bisa ditempatkan di meja tulis wisudawan, nanti saat mereka sudah mulai bekerja.

8. Mug dan tumbler

Memberikan mug dan tumbler bergambar foto wisuda juga ide bagus. Jenis kado ini akan selalu mengingatkan wisudawan, saat perjuangan dia semasa kuliah dulu, kapanpun ia menyeruput kopinya di pagi atau sore hari di kantor baru.



9. Power bank dan speaker atau earphone

macam genre musik

Kado ini kemungkinan besar akan disambut hangat oleh wisudawan yang tak bisa lepas dari cellphone dan laptopnya, terutama saat work from home. Peranan power bank sangat krusial, supaya saat tidak ada daya listrik telepon genggam tetap bisa bekerja. Sementara speaker sangat berguna saat harus melakukan meeting online dengan berbagai platform. Suara-suara yang keluar dari laptop atau cell phone bisa mengganggu orang sekitar. Speaker atau earphone bisa sangat membantu

10. Paket alat make up, pake perawatan kulit dan wajah, dan parfum

jenis make up

Nah, kelompok hadiah yang ini mungkin bakal sangat disukai oleh wisudawati. Jika sang wisudawati belum bisa menggunakan make up, tidak ada salahnya sekalian memberikan kesempatan dan dana untuk mengikuti kursus kecantikan untuk pemula. Pasti ini sangat berguna untuknya.

11, Paket alat tulis atau stationery

Kado berupa paket alat tulis atau stationery pasti akan berguna bagi wisudawan yang bersiap memasuki dunia kerja. Di sini termasuk alat untuk menulis seperti pena dan pensil dan stationery,  agenda, tempat kartu nama, dan tempat tissue. Bisa juga ditambah dengan alat melukis atau pensil warna lengkap dengan buku gambar atau buku mewarnai.

12, Alat masak sederhana

kumpulan resep masakan sehari-hari

Bersiap menjadi mandiri, artinya setelah diwisuda, mereka akan mencari kerja. Mungkin pekerjaan itu ada di kota yang sama, namun bukan tidak mungkin dia harus merantau. Atau meskipun tidak merantau, namun ia harus meninggalkan rumah agar bisa dekat dengan tempat kerjanya.

Nah kado berupa buku resep dan alat masak sederhana pasti akan berguna buat anak kos-kosan. Alat masak sederhana bisa berupa set kompor dan panci listrik ditambah utensil penting untuk memasak. Bisa juga alat masak berupa air fryer atau rice cooker mini atau blender manual sehingga tidak makan tempat di kos-kosan.

13, Perlengkapan Olahraga sederhana

Meskipun olahraga bisa dilakukan tanpa alat, namun hadiah berupa perlengkapan olahraga sederhana bisa menambah motivasi seseorang untuk tetap bugar. Contoh perlengkapan Olahraga Sederhana ini antara lain matras yoga, yang bisa berguna untuk melakukan latihan olah raga yang lain seperti plank atau push up dan handuk anti bakteri, yang khusus yang hanya dipakai pada saat olah raga.

Pilihan lainnya adalah penahan kaki untuk sit up sehingga kaki kita tetap tertahan, dumble – meskipun bisa digantikan dengan botol air mineral berisi air 2 liter, skipping rope atau tali untuk lompat tali, DVD aerobik, alat treadmill lipat, sepeda lipat, dan kaos kaki dan sepatu olahraga yang enak dipakai.

14, Kartu hadiah (gift card) atau voucher belanja.

Ini juga salah satu yang dinanti. Dengan kartu hadiah (gift card) atau voucher belanja ini, yang kita beri hadiah bisa membelikan sesuatu yang betul-betul dia perlukan. Gift card ini hanya berlaku  di tempat tertentu, yaitu di merchant yang merupakan penerbit kartu hadiah atau voucher belanja itu. Sebagai wisudawan yang mungkin akan segera bekerja setelah lulus, hadiah ini pasti sangat membantu, jika mereka harus membeli keperluan untuk hari pertama mereka masuk kerja.

Gift card ini bisa khusus untuk pembelanjaan fashion seperti baju, sepatu, tas, dan lain-lain.  Atau bisa juga untuk perawatan diri seperti ke salon dan spa, tergantung siapa penerbit gift card atau voucher belanja ini.

15. Saham

Saham adalah juga salah satu pilihan tepat kado untuk wisudawan atau wisudawati. Jika Gramedian sudah menjadi investor saham, maka Anda bisa menanyakan kepada pihak sekuritas tentang prosedur pemberian atau pengalihan saham yang sudah Gramedian miliki ini kepada pihak lain – atau wisudawan ini. Tentunya dengan membayar sejumlah biaya.



Jika sang wisudawan tersebut belum memiliki SID dan  RDI, maka kita bisa memberikan  kado berupa kartu yang bertuliskan nama-nama saham  berikut berapa lot saham yang diberikan sebagai hadiah untuk wisudawan.  Atau bisa juga dengan memberikan modal dasar di dalam RDI  wisudawan supaya dia bisa membelikan saham dengan modal tersebut.

SID adalah Single Investor Identification atau nomor identitas investor yang diterbitkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, dan SID ini penting dimiliki oleh investor yang berkecimpung di pasar modal. Sementara RDI adalah Rekening Dana Investor atau nama lainnya adalah Rekening Dana Nasabah (RDN). Rekening ini  adalah khusus sebagai rekening penampungan untuk melakukan transaksi atau jual beli saham.

Beberapa saat lalu di Korea Selatan sempat ramai oleh tren memberikan pacar kado sejenis kartu hadiah (gift voucher) khusus saham. Jadi dengan kartu ini, si pemberi hadiah bisa memberikan  saham kepada orang lain. Di Indonesia, kira-kira kapan terbitnya jenis kartu hadiah atau gift card seperti ini, ya? Pasti bakal banyak banget peminatnya. Apalagi  jika si pemberi tidak diharuskan untuk menjadi investor saham dulu.

Nah, karena mungkin mereka belum memahami tentang saham, untuk melengkapi hadiah saham ini, bisa juga disertai dengan kado berupa buku #YukBelajarSaham untuk Pemula: Menjadi Investor Saham dan Nabung Saham Itu Asyik, dari Investor Saham Pemula (ISP),

Beli Sekarang

16. Uang

mata uang
Mata Uang Kesultanan-Kesultanan Islam Aceh Abad 13-17 M sumber: islamtoday.id

Meskipun letaknya ada  di urutan paling buncit, namun nyatanya hadiah berupa uang most wanted gifts, loh, alias yang paling diharapkan. Ya, ya, mungkin beberapa orang berpikir tidak pantas atau kurang sopan jika memberikan uang sebagai hadiah wisuda. Jangan salah, beberapa orang bisa saja menantikan  hadiah uang ini juga kok. Baik dalam jumlah kecil atau cukup besar, hadiah berupa uang pasti tetap dihargai.

Saat  memberikannya bisa dipermanis dengan boks cantik atau bentuk bingkisan yang lucu. Salah satu contohnya, uang ditempatkan di dalam boks yang bentuknya menyerupai topi wisuda lengkap dengan talinya. Bisa juga, sih, jika uang ini disisipkan di dalam kartu ucapan selamat.  Ingin insight bagaimana memberikan uang dengan gaya pengemasan yang cantik? Sila lihat-lihat idenya di platform bernama Pinterest.

Kado yang diberikan saat wisuda ini tidak hanya untuk merayakan keberhasilan orang terdekat kita ini, namun bisa dijadikan penyemangatnya untuk memasuki masa berikutnya, babak baru kehidupannya, setelah ia lulus dan meninggalkan sekolah atau kampusnya.

Kami harap, Anda bisa mendapatkan sebagian ide dari tulisan ini, dan menemukan kado yang tepat untuk ananda, sepupu, kerabat, atau sahabat yang akan wisuda.

Baca juga artikel terkait “Ide Kado Untuk Wisuda” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad