in ,

Deretan Film India Terbaik yang Sarat Pesan Kehidupan, Wajib Ditonton!

Film India Terbaik – Selain deretan film terbaik dari Hollywood atau Amerika Serikat, India dengan Bollywood-nya juga tidak mau kalah dalam persoalan memproduksi film-film terbaik. Diketahui lebih dari 1000 film telah diproduksi setiap tahunnya, tak heran apabila Bollywood berhasil menyuguhkan film india terbaik kepada para pecinta sinema di seluruh dunia.

Selain dari jumlah film produksi yang sangat banyak, film-film India juga memiliki kualitas film yang patut untuk diacungi jempol, mulai dari alur cerita, sinematografi, hingga berbagai aspek yang lain. Hal ini pada akhirnya mengantarkan film-film India masuk ke dalam Box Office dan banyak dianugerahi penghargaan film internasional.

Nah, bagi Grameds yang ingin menonton film india terbaik, berikut ini adalah deretan film india terbaik yang patut kamu tonton sekali seumur hidup. Pasalnya, film India tidak hanya terkenal alurnya yang sangat menyentuh perasaan, film India juga terkenal sebagai film yang menyimpan banyak pesan moral. Maka dari itu, yuk simak ulasan selengkapnya!

Daftar Film India Terbaik dan Terpopuler

1. Aapke Hain Koun (1994)

Film India yang pertama kali mendapatkan banyak penghargaan adalah Aapke Hain Koun. Film yang dirilis pada tahun 1994 ini tercatat telah memenangi 13 penghargaan film internasional. Selain itu, film yang diperankan Salman Khan dan Madhuri Dixit serta disutradarai oleh Sooraj Barjatya ini masuk dalam lebih dari 20 nominasi di berbagai ajang penghargaan internasional.

Aapke Hain Koun merupakan sebuah film yang menceritakan tentang kisah seorang kakak beradik yang bernama Rajesh (Monish Bahl) dan Prem (Salman Khan). Kemudian, cerita mulai masuk dalam konflik pada saat Rajesh memutuskan untuk menikah dengan Pooja (Renuka Shahane) yang merupakan kakak dari Nisha (Madhuri Dixit).

Tak lama selepas pernikahan, Pooja meninggal dunia. Hal tersebut pada akhirnya membuat Nisha disarankan untuk menikah dengan Rajesh yang sebelumnya telah memiliki perasaan dengan Prem.

Drama percintaan tersebut akhirnya berlanjut dengan alur yang sangat mengharukan. Perjalanan cinta Prem dan Nisha dalam memperjuangkan cintanya patut untuk disaksikan oleh seluruh pecinta film yang ada di dunia.

2. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Film India Terbaik

Bagi para pecinta film tentu sudah tak asing dengan nama Shah Rukh Khan dan Kajol. Kedua artis tersebut sudah malang melintang di dunia perfilman India. Saking banyak penonton yang sangat menyukai kedua artis tersebut, mereka kerap kali dipertemukan dan dipasangkan dalam satu judul film yang sama, salah satunya yakni Dilwale Dulhania Le Jayenge.

Dilwale Dulhania Le Jayenge sendiri menceritakan tentang seorang pria yang bernama Raj Maholtra (Shah Rukh Khan) dan Simran Singh (Kajol) yang bertemu dalam sebuah perjalanan liburan mengelilingi benua Eropa. Pertemuan perjalanan singkat tersebut ternyata menyisakan benih cinta yang sangat mendalam bagi keduanya.

Akhirnya, konflik mulai terjadi pada saat orang tua dari Simran Singh tidak merestui hubungan keduanya. Hal ini dikarenakan Samran hendak dijodohkan dengan laki-laki pilihan orang tuanya.

Film yang disutradarai oleh Aditya Chopra ini mendapatkan predikat sebagai salah satu film India terbaik sepanjang masa. Bahkan, IMDb juga memasukkan Dilwale Dulhania Le Jayenge ke dalam daftar 1001 Movie You Must See Before You Die.

Film ini juga berhasil menjadi Best Movie dalam penghargaan Film Fare Awards. Tidak berhenti di situ, lagu dan musik dari film ini juga sukses menyentuh para hati para pendengar di India pada masa itu.

3. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Masih dalam satu film yang memasangkan antara Shah Rukh Khan dan Kajol, Kuch Kuch Hota Hai masuk dalam daftar film india terbaik ketiga. Film ini menyuguhkan kisah tentang seorang anak yang berjuang untuk menyatukan hubungan cinta antara sang ayah dengan sahabat lamanya. Cerita perjuangan dan romantisme ini sangat disukai oleh para penonton dari berbagai kalangan.

Tak heran, apabila Kuch Kuch Hota Hai sukses menyabet banyak sekali penghargaan bergengsi dari dunia internasional, mulai dari Zee Cine, Screen Awards, Film Fare Awards, dan tentu saja Penghargaan Film Bollywood. Dalam Film Fare Awards sendiri, film ini berhasil memenangkan banyak kategori, seperti Film terbaik, Sutradara Terbaik, hingga Aktor dan Aktris terbaik.

4. Mohabbatein (2000)

Film India Terbaik

Meskipun tidak bersama Kajol, aktor legendaris India Shah Rukh Khan tetap berhasil mengantarkan Mohabbatein menjadi film India terbaik yang wajib untuk kalian tonton.

Bersama Aishwarya Rai dan sebagai Megha dan Amitabh Bachchan sebagai Narayan Shankar, Raj Aryan Malhotra atau Shah Rukh Khan sukses menyihir jiwa para pecinta film di seluruh dunia.

Kisah film Mohabbatein sendiri bermula pada saat Raj Aryan Malhotra masuk dalam sebuah kampus khusus laki-laki. Di kampus ini, Narayan Shankar melarang para mahasiswanya untuk memiliki hubungan cinta. Namun, apesnya, Raj malah jatuh cinta dengan perempuan bernama Megha yang merupakan anak dari Narayan.

Perjalanan cinta mereka pun pada akhirnya diketahui oleh Narayan. Hanya saja, ayah dari Megha tersebut tidak merestui hubungan mereka. Hal tersebut menyebabkan Megha putus asa dan memilih untuk mengakhiri hidupnya. Kemudian, Raj disalahkan dan dikeluarkan dari kampus tersebut.

Selepas beberapa tahun pergi, Raj mendapatkan alasan kembali ke kampus tersebut untuk mengajar musik. Pada awalnya, mata kuliah musik tidak ada di kampus. Hanya saja dengan berbagai alasan, Narayan mengizinkan Raj masuk di kampus tersebut.

Tidak ingin para mahasiswa merasakan hal yang sama sepertinya, Raj pun memantapkan diri untuk mengajari para mahasiswanya agar bisa merasakan bagaimana jatuh cinta. Nah, bagi kamu yang belajar tentang cara jatuh cinta. Film ini sangat cocok untuk kalian tonton di waktu senggang nanti.

5. Lagaan (2001)

Tidak hanya Shah Rukh Khan yang dikenal sebagai aktor legendaris asal India, nama lain seperti Amir Khan juga sangat dicintai oleh para pecinta film India di seluruh belahan dunia. Dalam film Lagaan, Amir Khan tidak hanya bermain peran, ia juga menjadi produser dalam film ini.

Lagaan sendiri menceritakan tentang sebuah perjuangan rakyat kecil melawan kekuasaan asing. Dengan menggunakan media bermain kriket, mereka ingin memenangkan pertandingan melawan para penguasa asing. Hal ini dilakukan agar para penguasa asing ini tidak akan menaikkan pajak secara sepihak dan semena-mena.

Film yang disutradarai oleh Ashutosh Gowariker ini berhasil masuk dalam nominasi Academy Awards untuk kategori Best Foreign Language Film. Selain itu, Lagaan juga menjadi salah satu film terbaik yang masuk dalam daftar review film dari banyak media internasional, mulai dari Time, Empire, BBC, dan lain sebagainya.

6. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Film India Terbaik

Masih di tahun 2001, India merilis sebuah film yang juga tak kalah fenomenal, yakni Kabhi Khushi Kabhie Gham. Film yang memasangkan kembali Shah Rukh Khan sebagai Rahul dan Kajol sebagai Anjali Sharma ini dianggap sangat layak menjadi salah satu film India terbaik sepanjang masa.

Film Kabhi Khushi Kabhie Gham sendiri memiliki cerita tentang sebuah keluarga yang kaya raya dan sangat terpandang. Sebagai kepala keluarga, Yashvardhan Raichand (Amitabh Bachchan) mengingatkan kedua anaknya yang bernama Rahul dan Rohan (Hrithik Roshan) untuk menemukan kekasih dari latar belakang yang sama. Hanya saja, Rahul jatuh cinta kepada seorang gadis dari keluarga miskin yang bernama Anjali.

Pada saat Rahul mengakui hubungannya dengan Anjali, Bapak Yash pun murka dan tidak akan bersedia merestui hubungan tersebut. Rahul pun memutuskan untuk meninggalkan rumah dan keluarga demi mendapatkan cinta yang diinginkannya. Ibu Rahul, Nandini (Jaya Bachchan) pun sangat sedih melihat putranya pergi dari rumah. Rohan sebagai adiknya berupaya untuk menyatukan kembali keluarganya seperti sedia kala.

Film ini sangat mengharukan sekali. Pada saat menonton film ini, kamu akan dipaksa untuk ikut terbawa dalam suasana tegang, sedih, marah, dan tentunya bahagia. Tak heran apabila film ini patut untuk masuk dalam daftar film india terbaik.

7. Koi… Mil Gaya (2003)

Setelah banyak mengisahkan tentang cerita yang banyak menyentuh perasaan, Koi… Mil Gaya hadir sebagai film India terbaik yang untuk kali pertama menghadirkan genre Sci-fi atau fiksi ilmiah. Tak heran apabila pada tahun 2004, film ini berhasil menyabet gelar sebagai film terbaik di India.

Koi… Mil Gaya sendiri menceritakan tentang keberhasilan seorang ilmuwan dalam menciptakan komputer untuk mengirimkan sinyal ke luar angkasa. Hrithik Roshan yang berperan sebagai anak dari ilmuwan tersebut secara tak sengaja menemukan komputer itu dan membuat panggilan bagi para alien.

Cerita pun menjadi semakin menarik setelah salah satu alien tersebut yang bernama Jadoo menjadi teman Rohit. Sebagai anak yang mengalami kecacatan perkembangan, Jadoo memberikan kekuatan kepada Rohit sehingga menjadi anak paling populer di lingkungannya.

8. Rang De Basanti (2006)

Akting Aamir Khan kembali menghantarkan film India mendapatkan penghargaan sebagai Best Movie dari Film Fare Award. Tidak hanya itu, Rang De Basanti juga menuai sambutan positif dari para kritikus film internasional berkat kekuatan produksi yang tinggi dan naskah yang kuat serta dialog yang luar biasa.

Rang De Basanti yang disutradarai oleh Rakeysh Omprakash Mehra ini mencatatkan rekor dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah film India pada pekan pertama penayangannya. Film ini mengusung sebuah kisah seorang pembuat film berwarga negara Inggris yang mengajak lima pemuda untuk membuat film dokumenter tentang pemberontakan di India.

Berkat proses produksi film dokumenter yang berangkat dari buku harian ayah dari orang Inggris tersebut, kelima pemuda tersebut berhasil menemukan jati diri dalam hidupnya. Tak heran apabila film ini disukai karena ada banyak sekali pesan moral yang sangat menginspirasi para penontonnya.

9. Taare Zameen Par (2007)

Film India Terbaik

Taare Zameen Par merupakan salah satu film India terbaik sepanjang masa selanjutnya. Film yang menceritakan tentang kisah seorang anak pengidap disleksia yang dianggap bodoh dan nakal karena tidak bisa mengenal dan mengucapkan huruf. Karena para guru di sekolah tersebut tidak mengetahui disleksia, anak tersebut pun kerap dihukum karena tidak mengerjakan PR sehingga nilainya selalu buruk.

Nama dari anak tersebut adalah Nandkishore Awasthi (Darsheel Safary) atau biasa dipanggil Ishaan. Dikarenakan ada banyak sekolah di sekolah sebelumnya, Ishaan pun dipindahkan di sebuah asrama.

Di sana ia bertemu dengan seorang guru kesenian pengganti yang bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan). Di tangan Ram, Ishaan pada akhirnya bisa menemukan semangat belajar.

Taare Zameen Par sendiri diproduksi pada tahun 2006 dan dirilis pada tahun 2007. FIlm ini berhasil membawa pulang 23 piala 4 ajang penghargaan bergengsi di India, di antaranya yaitu Film Fare Awards, V. Shantaram, Zee Cine Awards, dan Star Screen Awards.

10. 3 Idiots (2009)

Salah satu film India terbaik yang sangat wajib ditonton oleh semua umur adalah 3 Idiots. Film yang menceritakan tentang kisah tiga orang sahabat yang sama-sama masuk di kampus teknik terbaik di India. Tiga aktor yang memerankan 3 Idiots tersebut adalah Ranchoddas Shamaldas Chanchad (Aamir Khan), Farhan Quareshi (R. Madhavan), dan Raju Rastogi (Sharman Joshi).

Cerita 3 Idiots sendiri bermula pada saat Farhan dan Raju mencari sahabat lamanya, yaitu Rancho. Perjalanan maju mundur yang tersaji dalam film ini penuh dengan inspirasi. Ada banyak sekali pelajaran mengenai nilai-nilai kehidupan yang tidak bisa dijelaskan secara singkat. Maka dari itu, film ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang masih menempuh pendidikan atau sedang dalam proses menemukan tujuan hidup.

Rajkumar Hirani berhasil menyuguhkan cerita yang sangat padat dan menarik serta mengharukan. Tak heran apabila dalam karyanya ini, ia berhasil meraup pendapatan tertinggi kedua sepanjang sejarah di India.

11. My Name is Khan (2010)

My Name is Khan merupakan salah satu film India terbaik yang berhasil memenangkan banyak sekali penghargaan, mulai dari Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, hingga Aktris Terbaik dalam Film Fare Awards ke 56. Tidak hanya itu, masih ada juga 6 di Zee Cine, 5 di Penghargaan Akademi Film India, 4 di Stardust, 3 di Screen Award, 2 di Musik Mirchi, dan masing-masing 1 di BIG Star Entertainment Awards dan Producers Guild Film Awards.

Film ini bercerita tentang seorang pria dengan sindrom Asperger yang tinggal di Amerika Serikat. Sesuai dengan judul filmnya, pria ini bernama lengkap Rizwan Khan (Shah Rukh khan). Sebagai seorang muslim, Rizwan mendapatkan diskriminasi dari orang-orang disekitarnya. Namun, pada akhirnya ia menikah dengan tambatan hatinya yang bernama Mandira (Kajol).

Kehidupan bahagia Rizwan dan Mandira seketika berubah pada saat gedung WTC di bom tepat 9 September. Tuduhan kepada para muslim sebagai teroris membuat kehidupan keluarga Rizwan menjadi sangat sulit. Bahkan, anak mereka yang bernama Sameer selalu diejek sebagai anak teroris hingga berujung meninggal.

Hal tersebut membuat Mandira kecewa dan menyalahkan Rizwan sebagai seorang muslim. Mandira pun meminta Rizwan untuk mengatakan kepada presiden Amerika Serikat bahwa dirinya bukanlah seorang teroris. Tak disangka, perjalanan Rizwan untuk bertemu presiden Amerika Serikat pun dimulai. Dalam perjalanannya ini, ada banyak sekali cerita tentang kemanusiaan yang sangat heroik dan mengharukan.

12. Dangal (2016)

Mahavir Singh Phogat (Aamir Khan) merupakan seorang mantan atlet gulat atau dangal profesional. Phogat sangat berharap mempunyai seorang anak laki-laki untuk meneruskan jejaknya sebagai pegulat yang sukses hingga dunia internasional. Permasalahan mulai muncul pada saat istrinya yang bernama Daya Sobha Kaur (Sakshi Tanwar) malah melahirkan empat anak perempuan.

Tak kunjung mendapatkan anak laki-laki, Phogat tidak patah arang. Ia pada akhirnya melatih semua anak perempuannya untuk menjadi seorang pegulat atau dangal. Dari keempat anaknya, anak pertama berhasil mewujudkan impian sang ayah dengan masuk timnas gulat dan membawa pulang medali emas.

Melalui tangan dingin sang sutradara, Nitesh Tiwari dan proses produksi bersama Walt Disney, Dangal berhasil meraih 4 penghargaan di Film Fare Awards dan membawa pulang 6 piala dalam New 18 Movie Award. Dangal juga berhasil mendapatkan keuntungan hingga  250 Juta US Dollar.

Dari deretan film India terbaik tersebut, ada banyak hal yang bisa Grameds dapatkan, baik itu tentang kisah cinta yang tulus, perjuangan mencapai tujuan, hingga berbagai kritikan terkait masalah yang dihadapi oleh manusia di zaman sekarang. Grameds juga bisa membaca beberapa rekomendasi buku terkait kehidupan India berikut ini.

Rekomendasi Buku tentang Kisah Kehidupan India

1. Cinderella Bollywood: Claiming His Bollywood Cinderella

Film India Terbaik

2. Putra Mahkota Kerajaan Chandrapur: Indian Prince’s Hidden Son

Film India Terbaik

3. Indian Shoes

Film India Terbaik

Demikian beberapa film India terbaik juga buku-buku terkait kehidupan India yang bisa Grameds dapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam

Written by Ananda