in

Nama-nama Superhero dalam Film Marvel dan DC

Pinterest

Nama-nama Superhero – Superhero atau pahlawan super adalah karakter fiksi yang memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan perbuatan besar demi kepentingan umum, penolong bagai yang lemah untuk membasmi kejahatan.

Karakter hero lain yang tidak memiliki kekuatan super bisa juga disebut sebagai superhero, dan istilah pembasmi kejahatan berkostum sering digunakan untuk superhero yang tidak memiliki kekuatan super.

Superhero yang ada di dunia perfilman tentunya sangat banyak. Bahkan, mereka juga memiliki penggemarnya masing-masing. Namun, para superhero yang telah mendunia ini juga dibagi menjadi dua bagian film, yaitu Marvel dan DC.

Sebagian dari kalian tentu tahu apa itu film Marvel dan DC. Keduanya adalah perusahaan yang memproduksi film-film superhero yang berasal dari komik yang telah dibuat sebelumnya. Kedua perusahaan ini memiliki banyak superhero, bahkan beberapa memiliki kesamaan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Gramedia akan mengulas artikel mengenai nama-nama superhero dalam film Marvel dan DC. Untuk tahu siapa saja superhero pada masing-masing film tersebut, mari simak ulasan berikut.

Nama-nama Superhero Marvel

Para penggemar film superhero Marvel pasti mengenal Avengers Team, sebuah tim superhero dengan kekuatan supernya masing-masing. Karakter dalam Avengers ini adalah karakter Marvel Comics yang dibuat oleh Stan Lee. Karakter-karakter Avengers ini kemudian akan tergabung dalam rangkaian film yang akan diintegrasikan ke dalam Marvel Cinematic Universe atau MCU.

Setiap superhero memiliki sejarah dan asal usulnya masing-masing, superhero ini kemudian dipilih oleh S.H.I.E.L.D., agen rahasia yang mematuhi orang-orang super untuk melindungi tanah dari ancaman dari musuh. Organisasi ini kemudian dinamakan sebagai Avengers. Berikut adalah nama-nama superheronya.

 

beli sekarang

Buku Marvel yang sempurna untuk anak-anak, buku aktivitas Marvel Avengers yang penuh fakta ini dikemas dengan aktivitas menarik, tantangan menyenangkan, dan teka-teki menarik yang dirancang untuk menginspirasi kreativitas. Pelajari semua tentang Iron Man, Captain America, Hulk, dan banyak lagi Pahlawan Super, dan gunakan stiker di dalamnya untuk membuat petualangan kalian sendiri.

1. Iron Man

iron man
Pixabay

Iron Man sering diidentikkan dengan anggota Avengers yang lebih kaya. Karakter di balik Iron Man adalah Tony Stark, seorang miliarder pemilik Stark Industries. Stark Industries adalah perusahaan kontrak militer yang diwarisi dari ayahnya, Howard Stark. Tony kemudian menciptakan setelan berteknologi tinggi yang disebut Iron Man.

Penciptaan Iron Man awalnya terjadi ketika Tony Stark diculik oleh teroris di Afghanistan yang menginginkan misilnya, peristiwa ini juga mengakibatkan dia hampir mati dan pada akhirnya dia harus hidup dengan reaktor di dadanya. Melalui kostum besi ini, Tony telah direkrut sebagai Avengers oleh S.H.I.E.L.D.

2. Captain America

captain america
Pixabay

Captain America adalah superhero tertua di tim Avengers dan sebagai pemimpin tim. Nama asli Captain America adalah Steve Rogers. Dia awalnya adalah orang biasa yang terdaftar di Angkatan Darat Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Steve kemudian menjadi seorang prajurit dengan kekuatan yang luar biasa setelah tubuhnya disuntik dengan Serum Super Soldier dan Vita Ray untuk memberinya kekuatan yang besar dibandingkan dengan orang biasa.

Dalam cerita MCU, Captain America dikatakan telah membeku di Antartika selama 70 tahun ketika dia mengorbankan dirinya melawan Hydra. Dengan teknologi canggih, Captain America dibangkitkan kembali hingga saat ini dan direkrut oleh S.H.I.E.L.D. untuk menjadi anggota Avengers. Captain America memiliki senjata berupa perisai yang dibuat oleh ayah Tony Stark, yaitu Howard Stark.

3. Hulk

Hulk
Pixabay

Hulk dianggap sebagai superhero dengan kekuatan paling kuat yang dimiliki oleh tim Avengers. Sosok hijau besar ini sebenarnya adalah seorang ilmuwan bernama Bruce Banner, yang terkena bom sinar gamma selama penelitiannya. Bruce Banner bisa berubah menjadi Hulk saat dia marah dan tidak bisa mengontrol emosinya.

Sebelum direkrut oleh S.H.I.E.L.D., Dr. Bruce Banner seharusnya mengisolasi dan menenangkan diri untuk menghindari terlibat dalam perkelahian, tetapi ia akhirnya bergabung dengan tim Avengers sekaligus sebagai ilmuwan yang melakukan berbagai penelitian untuk memperkuat tim.

4. Thor

Thor
Unsplash

Berbeda dengan anggota Avengers lainnya yang berasal dari latar belakang manusia yang memiliki kekuatan super, Thor adalah dewa petir dari Asgard. Thor adalah Putra Mahkota Asgard di mana ayahnya adalah Odin, Raja Asgard. Namun, Thor memiliki saudara tiri bernama Loki yang licik dan ingin menguasai Asgard dan dunia.

Thor memiliki senjata khasnya yang disebut Mjolnir. Mjolnir adalah palu bertenaga super yang hanya bisa diangkat oleh Thor. Suatu hari, Thor diturunkan ke bumi dan kehilangan kekuatannya sampai dia jatuh cinta dengan seorang gadis bumi. Setelah itu, dia juga kembali ke Bumi ketika Loki membuat kekacauan, yang akhirnya membuat Thor menjadi bagian dari Avengers.

5. Spiderman

spiderman
Pixabay

Spiderman atau manusia laba-laba adalah seorang superhero yang memiliki kekuatan berupa jaring yang keluar dari tangannya dan memiliki karakter seperti laba-laba. Penampilannya dimulai ketika Peter Parker, seorang siswa sekolah menengah atas, digigit oleh spesies laba-laba langka. Setelah ia mengenali kekuatannya, Peter mendesain kostumnya sendiri. Kemudian, ia menjadi pahlawan penyelamat bernama Spiderman.

Dalam cerita MCU, Tony Stark mengunjungi rumah Peter dan Stark mengajaknya bergabung dengan Avengers. Stark bahkan memberi Spiderman beberapa peralatan canggih. Ia juga merupakan anggota Avengers termuda dibandingkan dengan anggota lainnya.

6. Ant-Man

ant-man
Pixabay

AntMan adalah superhero yang memiliki kekuatan untuk membuat tubuhnya mengecil atau membesar. Karakter di balik Ant-Man adalah Scott Lang, seorang mantan napi yang merampok rumah seorang ilmuwan bernama Hank Pym.

Awal mula Ant-Man bergabung dengan Avengers adalah ketika Captain America meminta bantuannya ketika dia berselisih paham dengan Tony Stark. Ketika pada akhirnya separuh populasi dunia menghilang karena jentikan jari dari Thanos, Ant-Man adalah seorang superhero yang membantu memberi Avengers lain ide untuk menggunakan Quantum Realm untuk menyelamatkan dunia.

7. Black Widow

black widow
Unsplash

Sosok Black Widow awalnya dibuat sebagai mata-mata asal Rusia dan anggota KGB (Badan Intelijen Uni Soviet) bernama Natasha Romanoff. Saat bergabung bersama S.H.I.E.L.D., Natasha juga berperan penting dalam menarik superhero lain untuk menjadi anggota tim Avengers.

Black Widow memiliki kekuatan bela diri yang luar biasa, ia juga memiliki senjata berbentuk gelang yang mampu memberikan sengatan listrik hingga 30.000 volt. Natasha juga digambarkan sebagai karakter dengan kecerdasan yang mampu melakukan manipulasi psikologis dan bisa menutupi perasaan mereka yang sebenarnya.

Nama-nama Superhero DC

Marvel dan DC adalah duo besar yang mendominasi dunia superhero buku komik. Sama seperti Marvel, DC terus berusaha untuk mengharumkan nama di dunia ini dengan merilis banyak superhero atau pahlawan super yang terus mengelilingi dunia seperti Superman, Batman, dan lain-lain. Berikut adalah nama-nama superhero DC.

1. Superman

superman
Unsplash

Dikirim dari planet Krypton oleh orang tuanya, dia diadopsi ke dalam keluarga Kent dan dibesarkan dengan hati yang bijaksana sebagai seorang pria bernama Clark Kent. Berkat kekuatannya yang berasal dari matahari, ia menjadi Superman untuk melindungi umat manusia dengan membela keadilan, kebenaran, dan kebaikan. Dia adalah panutan bagi semua pahlawan super lainnya.

Tentu saja, ketika kita berbicara tentang superhero atau pahlawan super terbaik, maka Superman harus berada di urutan teratas karena dia adalah pahlawan super pertama yang muncul di DC komik, tidak ada pahlawan super lain selain dia. Superhero memanglah tidak hanya Superman, namun tidak ada super hero yang memiliki kekuatan dan sangat mengagumkan seperti Superman. Superman adalah ikon paling terkenal di dunia DC komik.

2. Batman

Batman
Pixabay

Bruce Wayne menyaksikan kematian orang tuanya sebagai seorang anak dan bersumpah untuk membalas dendam. Dia berlatih secara dengan tekun dalam kesempurnaan mental dan fisik, mempelajari keterampilan detektif, seni bela diri, dan psikologi kriminal. Dia melakukan semua itu untuk menakuti semua musuh dan lindungi Gotham City dari kejahatan.

Dibandingkan dengan superhero lainnya, Batman memang tidak bisa disebut superhero karena dia hanyalah manusia biasa yang tidak memiliki kekuatan. Tapi semua itu ditutupi oleh kecerdasan dan pengalamannya dalam strategi, seni bela diri, dan keberanian. Bayangkan seorang miliarder yang menghabiskan hidupnya membela kebenaran, itulah Bruce Wayne.

3. Wonder Woman

wonder woman
Pixabay

Lahir di sebuah pulau bernama Themyscira dan ras pejuang Amazon, Diana adalah seorang putri, seorang duta besar dan, seorang pejuang. Dengan kekuatan supernya dari para dewa Olympus, dia datang ke Amerika Serikat untuk membela keadilan, kebenaran, dan kebaikan. Sering disebut sebagai Superman, namun ia muncul dalam wujud seorang wanita.

Ketika kita berbicara tentang pahlawan super DC, Trinity DC tidak boleh dilupakan. Wonder Woman, Superman, dan Batman adalah anggota dari DC’s Trinity. Tidak hanya itu, Wonder Woman saat dirilis juga menjadi simbol feminitas dan duta besar kedamaian dan cinta yang besar. Tidak mengherankan jika Wonder Woman masuk dalam daftar teratas Superhero DC.

4. The Flash

the flash
Pixabay

The Flash atau juga dikenal sebagai “Scarlet Speedster” atau “Orang tercepat dalam sejarah”. The Flash itu sendiri tidak merujuk pada siapa pun, melainkan nama 5 orang yang mendapat julukan ini yaitu Jay Garrick, Barry Allen, Wally West, Jesse Chambers, dan Bart Allen. Di antara lima orang ini ada satu karakter yang dikenal sebagai superhero terbesar DC, yaitu Wally West. Bahkan, The Flash dapat dikatakan lebih cepat dari Superman.

Nama Wally West juga terkenal karena dia adalah pendiri Speed ??Force, kumpulan The Flash. Wally sendiri juga merupakan anggota Teen Titans, New Teen Titans, dan Justice League. Hal ini menunjukkan bahwa Wally West adalah peran besar dalam karakter The Flash dalam superhero DC.

5. Aquaman

Aquaman
imdb.com

Arthur Curry, itu adalah nama asli dibalik karakter Aquaman. Dikatakan bahwa ia lahir dari putra seorang penjaga mercusuar dari seorang wanita yang berasal dari kerajaan Atlantis. Dari garis keturunan ini, Aquaman menjadi Raja 7 Lautan dan Penguasa Atlantis, dia juga salah satu pendiri Justice League dan teman dekat Superman.

Sayangnya, karena nama dan kekuasaannya, ia sering menjadi bahan lelucon atau candaan di antara mereka yang mendengar namanya, tetapi ini telah berubah dengan penampilannya di layar TV dan di komik DC. Di Smallville, misalnya, dibesarkan sebagai seseorang yang membela kebenaran yang relevan dalam pelestarian laut.Di era modern ini ia dikisahkan sebagai Raja Atlantis yang berusaha menegakkan kebenaran.

6. Green Lantern

Green Lantern
imdb.com

Hal Jordan dinilai pantas dan layak dipilih sebagai anggota Green Lantern untuk melindungi Sektor 2814 (Bumi). Dia menerima kekuatannya dari alien bernama Abin Sur yang berada di ambang kematian. Pada tahun-tahun sejak ia menjadi anggota Green Lantern, ia telah memasukkan namanya ke dalam daftar tindakan heroik di alam semesta dan dikenal sebagai Green Lantern terbesar sepanjang masa.

Salah satu alasan mengapa dia berada di urutan teratas daftar superhero DC bisa jadi karena dia adalah anggota Justice League yang merupakan tim seperti Marvel’s Avengers yang merupakan kumpulan superhero DC yang berbeda seperti Batman dan Superman. Selain itu, dia juga merupakan karakter yang berhasil menonjol dari tim bernama Green Lantern.

7. Robin

robin
Pixabay

Robin adalah nama pendamping  dari salah satu superhero DC terbaik yaitu Batman, seperti The Flash beberapa orang pernah menggunakan nama ini seperti Dick Grayson, Jason Todd, Tim Drake, Sthephanie Brown hingga anaknya Batman Damian Wayne.

Saat ini dua robin sedang bersaing untuk menjadi yang terbaik yaitu Dick Grayson dan Tim Drake. Dick Grayson pernah mengubah namanya dari Robin menjadi Nightwing untuk memakai kostum Batman ketika Bruce Wayne dikatakan telah meninggal. Sementara itu, Tim Drake Robin meyakinkan Batman bahwa dia cocok menjadi Robin baru dan pada akhirnya dia meninggalkan nama Robin dan mengganti namanya menjadi Red Robin, pemimpin Teen Titans.

Terlepas dari karakter yang pernah bernama Robin, sudah diketahui dari cerita seperti sebelumnya bahwa meskipun hanya pendamping Batman, dia bisa menonjol dan mendapatkan ceritanya sendiri. Ketika kalian menjelajahi internet, kalian akan menemukan bahwa DC telah membuat banyak komik yang berisi Robin sebagai karakter utama (dengan banyak nama seperti nightwing) atau karakter lain dalam komik.

Grameds, demikianlah artikel mengenai nama-nama superhero dalam film Marvel dan DC. Sebagian dari kalian tentu sudah mengenal beberapa nama-nama di atas. Namun, tidak dapat dipungkiri jika generasi yang baru seperti anak-anak baru mengenal karakter-karakter di atas. Lalu, karakter manakah yang kalian sukai, apakah dari Marvel atau DC?

Bagi kalian yang ingin membeli buku, kalian bisa mengunjungi toko-toko Gramedia atau bisa membeli secara daring di Gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku yang bisa kalian dapatkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Buku Super Coloring Budaya Nusantara ini menggunakan konsep bermain dan belajar. Tak hanya merasa senang dan ceria, anak juga termotivasi untuk sellau ingin belajar. Buku ini dirancang secara sistematis, dan holistik integratif untuk memberikan rangsangan sensorik dan motorik otak aga berkembang dengan baik.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq