in

Rekomendasi Buku Tes BUMN + Latihan Soal dan Jawaban

Buku Tes BUMN – BUMN atau Badan Usaha Milik Negara merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh negara, baik itu sebian perusahaannya saja atau sepenuhnya. Ada beberapa jenis perusahaan yang termasuk ke dalam BUMN di Indonesia, antara lain Pertamina, Bank BNI, PLN, dan lain sebagainya. Perusahaan-perusahaan tersebut dikenal sebagai perusahaan bonafit. Oleh karena itu, tak jarang perusahaan tersebut menjadi incaran para pencari kerja. Bagaimana tidak, BUMN sendiri menawarkan berbagai fasilitas dan juga jenjang karir yang cukup menjanjikan.

Meskipun begitu, seleksi untuk masuk perusahaan BUMN tergolong cukup sulit. Oleh karena itu, untuk Anda yang berminat melamar ke perusahaan BUMN, di bawah ini kita akan membahas mengenai tips lolos seleksi tes BUMN dan beberapa rekomendasi buku tes BUMN yang akan membantu Anda menyiapkan diri mengikuti tes BUMN nantinya.

Tips Mengikuti Tes BUMN Agar Lolos

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin mengikuti tes BUMN atau melamar ke perusahaan BUMN yang ada di Indonesia:

1. Lengkapi Berkas dan Daftar Riwayat Hidup Dengan Cermat

Seperti halnya saat kita melamar kerja ke perusahaan lain, untuk mengikuti proses seleksi masuk perusahaan BUMN juga harus mempersiapkan berbagai data atau dokumen yang diperlukan. Mulai dari Ijazah, SKCK, TOEFL, dan lain sebagainya sesuai dengan ketentuan yang ada. Perusahaan BUMN umumnya akan menggelar rekrutmen besar-besaran ataupun secara serentak melalui situs resmi setiap perusahaan.

Oleh karena itu, Anda harus teliti dan memperhatikan dengan baik berkas apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa melamar ke perusahaan BUMN impian Anda. Selain itu, isi juga daftar riwayat hidup dengan baik dan benar serta jangan sampai ada yang terlewatkan. Untuk bisa menarik para rekruter, Anda bisa melampirkan beberapa berkas bukti prestasi yang pernah Anda raih dan juga keahlian yang Anda miliki. Lalu, jangan lupa untuk periksa kembali semua kelengkapan berkas dan data sebelum melamar ke posisis jabatan yang Anda inginkan.

2. Persiapkan Diri Untuk Mengikuti Serangkaian Tes

Setelah lolos seleksi administrasi, para pelamar akan melewati beberapa tahapan selanjutnya yaitu Tes Kemampuan Dasar atau TKD dan Tes Kompetensi Bidang atau TKB. TKD disini bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar Anda sebagai pelamar. Mulai dari verbal, berpikir logis, numerik, dan juga berpikir analitis. Sedangkan untuk TKB yakni bertujuan untuk menguji para calon pegawai BUMN mengenai apakah kompetensi para pelamar sudah sesuai dengan posisi yang akan mereka lamar. Hanya pelamar yang mendapatkan nilai terbaik yang akan lolos ke tahap selanjutnya.

Oleh karena itu, persiapkan diri Anda untuk mengikuti serangkaian tes tersebut dengan sebaik mungkin. Anda dapat mencari tahu mengenai berbagai tipe soal TKD dan juga TKB melalui buku, internet, ataupun program yang diselenggarakan oleh rumah belajar.

3. Cari Tahu Latar Belakang Perusahaan dan Posisi yang Akan Dilamar

Sebelum memutuskan untuk melamar ke perusahaan BUMN, alangkah lebih baik jika Anda mencari tahu dulu mengenai latar belakang perusahaan dan juga posisi yang akan Anda lamar. Usahakan untuk melamar ke perusahaan BUMN yang sudah Anda impikan. Jangan melamar ke perusahaan BUMN dengan hanya menebak-nebak saja. Apabila Anda sudah menemukan posisi yang sesuai dengan kualifikasi, namun Anda tidak familiar dengan perusahaan BUMN tersebut. Maka cobalah untuk mencari tahu dulu latar belakang dari perusahaan tersebut, seperti misalnya jenis dan sejarah perusahaannya.

Tak hanya itu saja, usahakan untuk menguasai kompetensi dari posisi yang akan Anda lamar. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah Anda dalam memahami perusahaan dan juga jobdesk yang mungkin saja nantinya akan ditanyakan oleh recruiter ketika proses interview.

4. Jangan Lupa Untuk Menjaga Kesehatan

Medical Check Up atau MCU atau yang kita kenal sebagai pemeriksaan kesehatan juga menjadi salah satu tahapan yang ada di dalam proses seleksi masuk BUMN. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan supaya pada saat proses MCU dilakukan, Anda sedang berada di dalam kondisi yang sehat. Beban dan juga lingkungan kerja di sebuah perusahaan bisa saja tidak cocok untuk beberapa penderita gangguan kesehatan dan mungkin saja bisa memperparah penyakitnya. Oleh sebab itu, pemeriksaan kesehatan ini ditujukan untuk mengetahui gangguan kesehatan apa saja yang mungkin dialami oleh sebagian calon pegawai.

5. Jangan Lupa Berdoa

Hal yang sering dilupakan oleh sebagian orang namun ternyata tidak kalah penting untuk dilakukan adalah berdoa. Agama apapun mengajarkan kepada kita agar selalu memulai segala sesuai dengan berdoa. Begitu juga ketika sedang mengikuti seleksi tes BUMN. Setelah melakukan usaha yang terbaik, hal yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah berserah diri kepada Tuhan dengan cara berdoa. Usaha tidak akan mengkhianati hasil, maka dari itu Anda harus berusaha semaksimal mungkin.

Rekomendasi Buku Tes BUMN Terbaik

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan pegawai BUMN, tentu harus belajar mengenai materi yang nantinya akan muncul di dalam tes. Di bawah ini, kita akan memberikan beberapa rekomendasi buku tes BUMN terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai buku panduan dalam memahami berbagai materi BUMN.

1. Strategi Sukses Lolos Tes Masuk 15 BUMN Terbaik

Di dalam buku ini, Anda akan menemukan berbagai macam materi yang biasa muncul di dalam tes seleksi penerimaan pegawai BUMN. Tak hanya itu saja, di dalam buku ini juga ada beberapa strategi jitu agar Anda bisa lolos di 15 perusahaan BUMN terbaik di Indonesia.

2. Buku Pintar Tes Kemampuan Dasar untuk CPNS, BUMN, DAN SWASTA

Buku TKD atau Tes Kompetensi Dasar ini merupakan salah satu perangkat tes bagian pertama yang harus dilewati oleh peserta ujian CPNS, BUMN, atau BUMD setelah berhasil lolos seleksi administrasi. Meski pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat untuk merekrut peserta tes CPNS. Namun Tes Kompetensi Dasar ini juga digunakan sebagai alat untuk merekrut pegawai BUMN dan swasta.

Untuk peserta yang berhasil lolos Tes Kompetensi Dasar, selanjutnya mereka akan mengikuti tahapan tes CPNS, BUMN, dan BUMN selanjutnya. Yakni Tes Kompetensi Bidang atau TKB. Tapi untuk jurusan tertentu, peserta tidak perlu mengikuti Tes Kompetensi Bidang, itu artinya setelah berhasil lolos TKD, mereka sudah dinyatakan lulus menjadi pegawai negeri sipil, BUMN, dan juga Swasta.

Buku Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini dilengkapi dengan:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Tes Intelegensi Umum (TIU)
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

3. Panduan Resmi Tes Bumn CAT/PBT

Menjadi pegawai ataupun karyawan perusahaan BUMN tentu adalah cita-cita sebagian besar masyarakat Indonesia. Kemapanan dan juga fasilitas yang disediakan oleh perusahaan BUMN menjadi daya tarik tersendiri yang sangat diimpikan oleh banyak pencari kerja. Hal ini menyebabkan peminat perusahaan BUMN menjadi luar biasa banyaknya.. Persaingan yang tinggi hingga proses seleksi yang sangat panjang dan sulit, membuat sebagian orang saja yang bisa meraih keberhasilan menjadi pegawai BUMN. Oleh sebab itu, kesiapan sangat diperlukan untuk bisa menghadapi tahapan proses seleksi BUMN. Salah satunya yakni dengan menggunakan buku yang satu ini sebagai panduan sebelum mengikuti proses seleksi.

4. Strategi Fokus Lulus Tes Skd Cpns : Pppk,BUMN & Sekolah Kedinasan

Sesuai dengan judulnya yaitu “Strategi Fokus Lulus Tes SKD CPNS, PPPK, BUMN & Sekolah Kedinasan”, buku yang satu ini memuat berbagai macam tips dan juga soal latihan supaya bisa lulus tes SKD CPNS, BUMN, PPPK, dan juga Sekolah Kedinasan. Hal tersebut tentu sangat penting supaya Anda mempunyai strategi yang tepat sehingga dalam mengerjakan soal-soal ujian menjadi lebih fokus dan menjadi lulusan BUMN di formasinya.

Berikut ini beberapa strategi dalam mempersiapkan dan mengerjakan tes SKD CPNS, PPPK, BUMN, dan Sekolah Kedinasan.

  • Mengisi jawaban tes diperlukan ketepatan dan kecepatan, agar mencapai ambang batas yang ditentukan.
  • Untuk soal TIU, kita harus sering latihan karena banyak metode yang harus dipelajari. Selain itu, banyak soal tes yang polanya hampir mirip. Belilah buku yang dapat dipergunakan untuk latihan dan pelajari pula pola pertanyaan serta jawaban dari soal sebelumnya atau prediksi soal yang ada.
  • Untuk soal TWK, kita harus menguasai makna Pancasila dan Peraturan Perundang-undangan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Untuk soal TKP, kita harus mengubah pola pikir dan memposisikan diri sebagai ASN yang dituntut berintegritas, profesional, dan mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka penulis buku ini tergerak untuk menyusun buku yang satu ini. Disini, akan ada beberapa tips dan kunci jawaban dari soal-soal yang ada. Perlu diingat bahwa sangat penting untuk mempersiapkan tes SKD CPNS, PPPK, BUMN, dan Sekolah Kedinasan supaya semakin terlatih untuk mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.

5. Modul Resmi Seleksi Masuk CPNS & BUMN (Plus Cd)

Ini adalah buku yang berisi modul resmi seleksi masuk CPNS dan juga BUMN. Jadi, untuk Anda yang berniat mengikuti seleksi penerimaan CPNS dan juga BUMN sangat dianjurkan untuk memiliki buku ini. Sebab, buku yang satu ini dapat menjadi buku panduan Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi CPNS dan juga BUMN.

6. Pakar Tes Masuk BUMN & CPNS Sistem Cat

Buku ini berisi mengenai bank soal terbaru, fresh update dan sesuai dengan standar kisi-kisi CAT resmi BKN. Selain itu, buku ini juga memuat materi penting yang sering keluar dalam soal TWK, TIU, dan TKP.

7. Super Bank Soal Tes Masuk Kepegawaian BUMN, BUMD, & Swasta

Buku Super Bank Soal Tes Masuk Kepegawaian BUMN, BUMD, dan Swasta yang satu ini siap untuk menemani perjuangan Anda yang sekarang ini sedang bergelut dengan impian untuk bisa bekerja di perusahaan bergengsi. Disini, Anda bisa mempelajari berbagai materi yang sering muncul di dalam soal tes seleksi penerimaan BUMN, BUMD, dan Swasta.

Demikian penjelasan mengenai tips mengikuti seleksi penerimaan pegawai BUMN dan beberapa rekomendasi buku tes BUMN yang dapat Anda pilih. Dengan adanya buku di atas, Anda bisa belajar lebih dini mengenai berbagai materi yang berhubungan dengan BUMN dan sejenisnya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Emka Umam