in

Rekomendasi Novel Orang Ketiga yang Bikin Geregetan

Novel Orang Ketiga – Tidak bisa dipungkiri kalau novel romansa adalah jenis novel yang memiliki banyak banget peminat di berbagai kalangan masyarakat. Buktinya saja, di setiap toko buku, Grameds bisa melihat banyak novel dengan genre tersebut terpampang di bagian depan etalase toko buku itu.

Cukup wajar kalau banyak orang yang suka dengan novel romansa apalagi novel orang ketiga. Meskipun formula dari ceritanya mirip dari satu novel dengan novel lainnya, pasti ada satu hal yang membedakan novel itu. Banyak pembaca yang tidak pernah bosan meskipun mereka mungkin pernah menemukan cerita yang plotnya mirip dengan novel yang dia pernah baca sebelumnya.

Novel Orang Ketiga Membahas Apa?

 

Novel romansa sendiri memiliki beberapa jenis plot yang biasa digunakan oleh penulisnya. Mulai dari 2 karakter yang awalnya bermusuhan lalu menjadi lebih dari teman, ada juga 2 pasangan yang berpacaran diam-diam karena tidak mendapat restu dari orang tua atau wali mereka.

Di antara banyaknya plot dalam novel dengan genre romansa, Grameds tentunya pernah mendengar istilah orang ketiga. Istilah ini sudah umum dipakai dalam keseharian, bahkan masyarakat sekarang juga memelesetkan istilah tersebut dengan sebutan pelakor atau perebut laki (suami) orang hingga memunculkan banyak novel orang ketiga.

Novel orang ketiga atau pelakor ini memang mengacu kepada karakter yang berperan merusak hubungan antara sebuah pasangan. Orang ketiga bisa muncul dari mana saja, mulai dari teman yang baru saja berkenalan, sahabat masa kecil, hingga suami atau istri dari tetangga samping rumah.

Rekomendasi Novel Orang Ketiga

Dalam realita, menjadi orang ketiga bukanlah tindakan yang terpuji. Jelas saja, siapa yang mau hubungannya rusak karena pihak lain yang datang begitu saja? Tentu tidak ada sepasang kekasih yang menginginkan peristiwa orang ketiga terjadi dalam hidup mereka.

Meskipun begitu, plot orang ketiga banyak sekali lho digunakan di berbagai novel. Biasanya, cerita dalam novel orang ketiga akan membentuk sebuah cinta segitiga yang akan membuat pembacanya merasa gemas dan geregetan terhadap karakter-karakter di dalam cerita tersebut.

Kali ini, kami akan memberikan 8 rekomendasi mengenai novel orang ketiga, yang memiliki alur cukup “menantang” dan pastinya bisa membuat Grameds geregetan ketika membacanya. Selamat membaca dan semoga terhibur serta mendapat referensi baru ya, Grameds!

1.   Layangan Putus

Novel Orang Ketiga

“It’s my dream Mas! Not hers!” Grameds pasti pernah mendengar kalimat ini entah itu dari teman, keluarga, atau menemukannya di media sosial. Di akhir 2021 hingga awal 2022 serial drama dengan judul yang sama dengan novel ini sedang menjadi bahan obrolan bagi warganet di Indonesia.

Tapi tahukah Grameds bahwa serial ini merupakan adaptasi dari novel karya penulis dengan nama pena Mommy SF? Sebelum serial ini meledak di pasaran, penggemar novel romansa sudah terlebih dahulu merasa geregetan ketika membaca novel yang dipublikasikan pada Februari 2021 ini.

Kisah dari Layangan Putus yang Grameds tonton ini agak berbeda dengan kisah dari novel. Cerita ini bermula dari seorang gadis bernama Eca yang pergi merantau ke kota besar, dan menemukan cinta sejatinya bernama Arif. Keduanya menikah dan akhirnya menjadi keluarga yang besar dan saling menyayangi satu sama lain.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Namun, beberapa tahun setelah pernikahan mereka, Eca menemukan bahwa sang suami terlibat dengan hubungan ketiga dengan wanita lain. Pada akhirnya, hubungan yang dibangun perlahan tapi pasti ini, runtuh seketika, dan berakhir dengan perceraian di antara keduanya.

Cukup banyak perbedaan yang ada dalam novel dan juga serial drama dari cerita ini. Grameds harus cari tahu sendiri perbedaan apa saja di antara 2 media ini. Dan pastinya, versi novel dari Layangan Putus tidak kalah greget dibandingkan dengan versi serial dramanya ini.

2. Perahu Kertas

Novel Orang Ketiga

Lagi-lagi judul yang seharusnya Grameds pasti pernah dengar. Baik itu buku atau 2 filmnya, cerita dari Perahu Kertas ini sempat menjadi bahan perbincangan anak-anak muda di masa itu. Wajar saja, alurnya yang unik ini membuat banyak orang tertarik untuk mencari tahu cerita dari novel atau film ini.

Berbeda dengan serial Layangan Putus, film Perahu Kertas tidak berbeda jauh dengan isi novelnya. Kisah ini melibatkan sejumlah karakter yang terlibat dalam hubungan percintaan. Tetapi, ceritanya secara garis besar mengisahkan romansa antara Kugy dan Keenan.

Keduanya adalah sosok berlawanan, yang memiliki mimpi, prinsip, dan juga pacar masing-masing. Namun, pertemuan antara kedua orang dewasa muda ini memantik asmara di antara keduanya, terlepas dari pantangan serta tantangan yang harus mereka hadapi.

Grameds akan disuguhkan cerita tidak hanya mengenai orang ketiga, tetapi juga tentang persahabatan, mimpi, dan juga keluarga. Akan ada momen di mana kalian merasa gemas terhadap kejadian yang menimpa karakter-karakter dalam cerita ini, dan berharap semua akan berakhir dengan baik.

Kepopuleran novel ini tidak lepas dari kepiawaian sang penulis, Dee Lestari, dalam meramu cerita. Penulis yang namanya sudah melalang buana dalam dunia literatur Indonesia ini berhasil membuat cerita yang akan dikenang oleh banyak orang karena kompleksitas dan keunikannya.

3. Claires

Novel Orang Ketiga

Nama Valerie Patkar perlahan mencuat di kalangan penggemar novel di Indonesia, karena karya-karyanya yang relate dengan banyak masyarakat di Indonesia, khususnya kaum remaja. Penulis kelahiran 1995 ini sudah menulis sejumlah novel yang sukses memikat hati banyak pembacanya.

Salah satu novelnya yang paling terkenal adalah novel berjudul Claires. Novel yang terbit pada Maret 2018 ini menjadi karya pertama Valerie Patkar, sebelum akhirnya namanya dikenal oleh kalangan luas. Novel ini mengisahkan cerita orang ketiga yang dapat dikatakan cukup menohok bagi sejumlah orang.

Cerita ini bermula dari hubungan antara pasangan bernama Claire Paveitria dan Kai Deverra. Hubungan mereka yang harmonis, tiba-tiba terusik oleh keberadaan “penguntit” bernama Ares Nota. Dirinya ingin mengetahui seberapa kuat hubungan romansa di antara keduanya.

Ares berusaha mendekati dan mengambil hati Claire. Perlahan tapi pasti, hati Claire tergugah dan merasa bahwa pertemuannya dengan Ares bukanlah sesuatu yang begitu buruk. Dan lama-lama Claire semakin menjauh dari Ares, dan malah mendekat kepada sosok yang berusaha merusak hubungan pasangan tersebut.

Dari sinopsisnya saja, mungkin sudah membuat sebagian dari Grameds merasa kesal. Dan dapat ditebak bahwa kisah cinta segitiga ini akan mengundang rasa emosi dan membuat beberapa dari kalian merasa geregetan. Tetapi, novel Claires bisa mengajarkan Grameds banyak hal, terlebih dalam urusan percintaan.

4. His Wedding Organizer

Novel Orang Ketiga

Bagaimana Grameds, apakah kalian sudah merasa panas karena membaca sinopsis-sinopsis novel orang ketiga ini? Masih ada beberapa novel lagi yang kemungkinan dapat membuat Grameds merasa geregetan hanya dengan membaca ulasan dari ceritanya.

Novel His Wedding Organiser bisa menjadi salah satunya. Dari judul novel ini, Grameds mungkin mengira bahwa cerita ini memiliki sangkut paut dengan pernikahan di antara karakter-karakter utamanya. Tetapi, kisah yang disajikan dari penulis Retni SB lebih dari sekadar itu.

Serupa dengan novel Claires, cerita ini berkutat di antara kisah cinta antara Harsya dan Adra. Dalam cerita ini, keduanya digambarkan sebagai pasangan serasi dan tidak memiliki masalah berarti, kecuali fakta bahwa Harsya sedang merasa jenuh dengan hubungannya saat itu.

Datanglah sosok Figo, mantan kekasihnya yang meminta Harsya untuk menjadi wedding organizer. Momen ini dimanfaatkan Harsya untuk menjalin hubungan gelap atas dasar rasa jenuh. Dan ketika Harsya sudah kembali ke akal sehatnya, dirinya sadar bahwa sudah terlambat untuk kembali ke keadaan semula.

Novel yang diterbitkan pada Juli 2019 menjadi cambukan bagi Grameds agar tidak berselingkuh dengan orang lain. Kalian akan disuguhkan konsekuensi mengenaskan dari orang yang melakukan hubungan gelap. Karena kepercayaan adalah sesuatu yang sulit untuk dikembalikan.

5. In This Moment

Novel Orang Ketiga

Jika mayoritas dari novel-novel yang sudah disebutkan berlatar memiliki karakter di rentang usia dewasa muda, novel In This Moment menceritakan kisah orang ketiga antara pasangan yang sudah menikah dalam jangka waktu lama. Mereka sudah punya pekerjaan tetap, memiliki anak, dan seharusnya, komitmen antara suami dan istri.

Karakter utama dalam cerita ini adalah Meg Pepper, secara tidak sengaja menabrak anak sekolah yang merupakan anak dari kenalannya, Andrew. Karena merasa amat bersalah, Meg berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik demi kelancaran kesembuhan anak dari Andrew.

Tetapi, hal ini justru menjauhkan Meg dari suaminya, dan malah mendekatkan dirinya terhadap Andrew. Dan akhirnya, asmara di antara keduanya pun tidak terelakan. Apalagi, rasa bersalah dari Meg justru juga memberinya tekanan dari sejumlah orang, dan mengangkat trauma masa lalunya.

Novel yang masuk ke Indonesia pada Februari 2019 ini dikarang oleh Karma Brown, salah satu novelis kondang yang sudah menerbitkan karya bestseller. Menurut sejumlah penggemarnya, novel In This Moment menjadi salah satu karya terbaik dari penulis asal Kanada ini.

Grameds tentu tidak hanya akan ditunjukan konsekuensi dari menjalankan hubungan gelap ketika sudah menikah. Kalian juga mendapat pesan moral berharga untuk tidak tenggelam dalam masa lalu, tidak terjebak dalam kesalahan yang kita pernah buat, dan mau memaafkan diri sendiri.

6. To All The Boys I’ve Loved Before

Novel Orang Ketiga

Grameds yang suka mengikuti film dari barat mungkin pernah mendengar judul di atas. Serial yang ditayangkan pada Agustus 2018 di aplikasi streaming Netflix ini menjadi serial drama romcom yang cukup sukses dan banyak digemari oleh penonton di berbagai belahan dunia.

Dan serupa dengan Layangan Putus, Grameds perlu tahu bahwa film To All The Boys I’ve Loved Before juga diadaptasi dari novel buatan pengarang asal Amerika Serikat, Jenny Han. Novel keluaran April 2014 ini merupakan judul pertama dari novel trilogi sang pengarang.

Grameds yang sudah pernah melihat film ini, tidak akan menemukan banyak perbedaan di antara novel dan filmnya. Ceritanya mengisahkan remaja perempuan bernama Lara Jean, yang memiliki kesulitan di dalam kehidupan asmaranya. Dirinya berkali-kali menulis surat cinta untuk laki-laki yang dia sukai. Tetapi, tidak satupun dari surat-surat tersebut yang pernah sampai kepada laki-laki itu.

Suatu hari, Lara Jean diminta oleh Peter Kavinsky untuk berpura-pura menjadi pacarnya, untuk membuat mantan pacarnya, Genevieve, cemburu. Lara Jean pun menyetujui ide tersebut. Dari yang awalnya bersandiwara menjadi orang ketiga, perlahan keduanya merasa bahwa rasa cinta mereka benar adanya.

Novel yang mengisahkan gejolak cinta remaja ini mendapat respon positif dari banyak pembaca di berbagai belahan dunia. Terbukti, novel ini sudah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa berbeda. Tidak hanya itu, seluruh sekuel dari novel ini ditunggu-tunggu oleh para penggemar.

7. P.S. I Still Love You

Novel Orang Ketiga

Novel kedua dari trilogi karya Jenny Han ini terbit pada May 2015, dan menjadi novel terakhir yang membahas seputar orang ketiga. Lagi-lagi Grameds akan disuguhkan kisah romansa remaja yang masih berkutat pada Lara Jean serta Peter Kavinsky. Kisah mereka penuh dengan emosi, kepolosan, dan cukup mengharukan.

Diawali dengan pertengkaran di antara pasangan tersebut, suatu hari Lara Jean menerima surat dari John Ambrose McClaren. Mereka rupanya teman masa kecil. Keduanya dengan cepat menjadi sahabat pena, dan selalu bertukar surat kapanpun mereka memiliki waktu.

Kejadian ini diketahui oleh Peter Kavinsky, yang merasa cemburu. Dia berusaha membalas dendam, kali ini dengan membawa mantan pacarnya, Genevieve, ke pesta. Konflik di antara keempat karakter ini tidak terhindarkan, dan membuat hubungan antara Lara Jean dan Peter Kavinsky retak.

P.S. I Still Love You juga berhasil mengikuti jejak pendahulunya dalam segi kesuksesan. Novel ini bercokol di New York Times Bestseller selama 5 minggu berturut-turut. Kesuksesan novel ini membuatnya kembali diangkat menjadi film di Netflix dengan judul yang sama, pada Februari 2020.

Selepasnya, Jenny Han menulis novel terakhir dalam triloginya, berjudul Always and Forever, Lara Jean. Novel ini terbit pada Mei 2017. Di dalam novel ini, tidak lagi membahas mengenai orang ketiga, melainkan klimaks dari kisah percintaan antara Lara Jean dan juga Peter Kavinsky yang saat itu sudah memasuki usia dewasa muda.

8. Twilight

Novel Orang Ketiga

Novel yang satu ini sudah pasti sering terdengar di telinga Grameds. Mayoritas dari Grameds mungkin lebih mengenal Twilight sebagai film yang sempat keluar dari tahun 2008 sampai dengan 2012. Film tersebut dianggap sejumlah penggemar sebagai salah satu film romansa terbaik.

Tetapi, novel Twilight juga tidak kalah seru untuk disimak lho, Grameds. Layaknya film atau serial adaptasi lainnya, terdapat banyak detail yang hanya bisa ditemukan hanya dengan membaca novelnya. Sehingga bagi kalian yang memang menggemari Twilight, cukup disayangkan jika hanya berhenti sampai di filmnya saja.

Seperti yang Grameds tahu, Twilight mengisahkan cerita romansa antara manusia biasa bernama Bella Swan dan juga vampir bernama Edward Cullen. Mereka menghadapi banyak tantangan dalam menjalankan hubungan cinta mereka.

Halangan tersebut mulai dari perbedaan spesies, dan restu dari klan vampir. Tantangan juga datang dari rival cinta Edward Cullen, yaitu serigala jadi-jadian bernama Jacob Black. Grameds disuguhkan cerita yang penuh dengan emosi, dan berharap bahwa hubungan antara Edward dan Bella bisa berjalan dengan baik.

Serial Twilight, meskipun sudah terbit sejak tahun 2005, masih diburu oleh banyak penggemar novel romansa. Kesuksesan dari novel karya Stephenie Meyer ini tidak hanya sekedar berhasil diadaptasi menjadi layar lebar saja, tetapi juga berhasil menjadi blockbuster di bioskop.

Itulah 8 rekomendasi novel orang ketiga, yang bisa dipastikan akan membuat Grameds merasa geregetan ketika membacanya. Ingat ya Grameds, bahwa menjadi orang ketiga tidak akan memberikan sesuatu yang baik bagi kalian, dan justru hanya malah membawa petaka, baik untuk diri sendiri atau orang lain. Jika Grameds berminat untuk membeli novel-novel tersebut, akamu bisa mendapatkannya di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan sellau memberikan produk terbaik, agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: M. Adrianto S.

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Novel Pernikahan Populer
  2. 8 Rekomendasi Novel Pernikahan Karena Dijodohkan
  3. Selain Twivortiare, 3 Novel Ini Bercerita Tentang Rumitnya Pernikahan
  4. 10 Rekomendasi Buku Tentang Pernikahan
  5. Ciri-Ciri Pacar Selingkuh dan Cara Menghadapinya
  6. 20 Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong
  7. 9 Ciri Istri Selingkuh di Belakang Kamu!

Written by Ananda