in

20 Ciri-ciri Suami Selingkuh dan Berbohong

pixabay.com

Ciri Suami Selingkuh – Selingkuh adalah suatu perbuatan atau aktivitas tidak jujur seorang pasangan yang menyelewengkan kepercayaan dan kesetiaan dalam suatu hubungan. Selingkuh merupakan salah satu perbuatan tidak menyenangkan dan berakibat menyakiti pasangannya. Sebagian besar hubungan suami istri hancur karena perselingkuhan, baik itu selingkuh fisik atau non fisik.

Namun, tidak mudah untuk mengetahui suami berselingkuh atau tidak. Sejatinya orang yang berselingkuh sudah memiliki strategi khusus untuk mengelabui pasangannya. Ia bisa saja bersikap sangat baik dan perhatian demi menutupi perbuatan bejatnya. Oleh karena itu, istri harus bisa membedakan kapan suami bersikap manis, dan kapan ia mengelabui agar tidak dicurigai.

Table of Contents

Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong

1. Penampilan suami jadi berbeda

Suami yang biasanya tampil apa adanya, tiba-tiba mengubah tatanan rambut hingga gaya busana. Bisa jadi ia jadi lebih wangi, dan sering berbelanja baju agar penampilannya lebih stylish. Patut dicurigai jika ia tampil tidak biasa, hal ini dikarenakan ia ingin memikat seseorang yang ia incar.

2. Sering hangout dengan teman-temannya

Suami jadi sering beralasan hangout diajak temannya. Patut dicurigai apakah ia memang hangout atau alasan belaka. Istri juga harus mengenal kepribadian teman yang dekat dengan suami. Apakah mereka tipe setia atau memang termasuk kategori hidung belang juga. Terkadang mereka bisa jadi partner in crime dan saling menutupi kebejatan masing-masing. Ada rasa kebanggaan tersendiri saat mereka pamer bisa berselingkuh dari istri mereka.

3. Sering rapat atau perjalanan dinas

Suami jadi sering pulang larut malam karena alasan “meeting”. Urusan pekerjaan jadi senjata utama karena istri tidak bisa melarang urusan yang satu itu. Yang harus dicurigai jika meeting tersebut dilakukan setiap minggu, apalagi jika sampai pulang larut malam.

[algolia_carousel]

Lebih parah lagi jika suami tiba-tiba sering perjalanan dinas ke luar kota hingga berhari-hari. Istri bisa kroscek dengan rekan kantor untuk memastikan suami memiliki agenda meeting atau tidak.

Ingat dengan cerita Kinan yang ditinggal perjalanan dinas oleh Aris? Disinyalir Aris pergi dengan selingkuhannya ke Capadoccia. Cerita dari Buku “Layangan Putus” yang terilhami dari kisah nyata menjabarkan segala bentuk perselingkuhan sang suami.

Ciri Suami Selingkuh

4. Sering pulang malam

Jika suami biasa pulang tepat waktu, kini ia pulang larut malam hingga istri tertidur. Hal ini dikarenakan ia bertemu dengan selingkuhannya dan pulang menunggu istri tertidur agar tidak dicurigai.

5. Menjadi lebih royal

Jika suami mendadak royal memberikan hadiah, mengajak jalan-jalan, atau bersikap manis berlebihan, maka istri patut mencurigainya. Hal itu dilakukan untuk menutupi rasa bersalah, sekaligus agar tidak dicurigai karena telah berselingkuh secara diam-diam.

6. Tiba-tiba sering membicarakan teman wanita

Saat suami sering memikirkan seorang wanita, ia refleks menceritakan apa yang ada di kepalanya. Ia juga sengaja memperkenalkan teman wanita yang menjadi selingkuhannya agar ia tidak dicurigai saat bersamanya.

7. Sering mengangkat telepon diam-diam

Jika suami sering mengangkat ponsel diam-diam sambil menjauh dari istri, maka hal itu patut dicurigai. Tidak ada hal yang harus disembunyikan jika panggilan itu dari rekan kantor atau keluarga, apalagi jika panggilan tersebut saat ruangan tidak sedang bising. Maka tidak alasan untuk menjauh untuk mengangkat panggilan dari siapapun.

8. Mengganti pin ponsel

Biasanya istri mengetahui pin ponsel hingga akun sosial media suami. Jika tiba-tiba pin ponsel juga berubah, makan patut dicurigai. Istri berhak untuk bertanya mengapa pin ponsel bisa berubah. Walaupun ada beberapa pasutri memiliki komitmen untuk menghargai privasi masing-masing, tidak ada alasan untuk mengganti pin ponsel tanpa sepengetahuan istri.

9. Memiliki banyak rekening tabungan

Istri patut mencurigai jika suami terlihat memiliki banyak rekening tabungan, karena biasanya mereka menyimpan “dana gelap” di rekening yang tidak diketahui istri. Cek buku tabungan, ATM hingga ponsel suami, apakah ia memiliki beberapa akun bank, baik itu bank konvesional atau bank digital.

10. Terjadi penurunan atau peningkatan hubungan seksual yang tidak biasa

Saat suami sedang tertarik atau sedang behubungan dengan wanita lain, hasrat seksual suami bisa berkurang drastis. Namun bisa juga terjadi sebaliknya, ia tiba-tiba “mengajak” istri untuk menutupi rasa bersalahnya.

11. Teman dekat suami terlihat tidak nyaman

Jika suami memiliki teman dekat yang terlihat menjauh, maka bisa jadi ia mengetahui perbuatan bejat suami. Bisa jadi mereka sudah menasihati dan tidak setuju dengan tindakan perselingkuhan. Istri bisa kroscek dengan teman dekatnya, mengapa pertemanan mereka menjadi renggang, sekaligus mencari informasi mengenai wanita yang menjadi selingkuhannya.

12. Perubahan kebiasaan yang mendadak

Jika suami biasanya sering meluangkan waktu bersama, kini ia sering membatalkan acara dengan alasan apapun. Ia tak lagi membawa istri ke acara pertemuan, sering ke luar rumah dan jadwalnya menjadi berantakan. Hal ini dikarenakan ia sering mendapat ajakan tiba-tiba oleh selingkuhannya.

13. Sering berbohong dan selalu menghindar

Orang yang berselingkuh pasti sering berbohong untuk menutupi perselingkuhannya. Semakin lama maka kebohongannya akan semakin besar dan cenderung menghindar agar tidak ketahuan. Cara bicaranya menjadi gagap jika ditanya, atau seolah-olah sok meyakinkan agar tidak dicurigai.

14. Kurang konsentrasi dan menjadi acuh

Suami jadi sering melamun dan acuh jika ditanya sesuatu. Hal ini dikarenakan banyak hal yang harus ia tutupi dan raut wajahnya selalu kusut. Ia harus senantiasa mengatur siasat untuk menutupi perbuatannya secara terus menerus.

Oleh karena itu ia terlihat seperti tak fokus dan acuh pada keluarga, karena perhatiannya selalu ada di tempat lain. Hubungan seperti itu sudah mengarah ke toxic relationship yang menyakiti perasaan satu sama lain. Ketahui cara untuk mengatasinya melalui Buku “A Handbook For Toxic Relationship” agar istri bisa merasa dicintai dan dihargai.

Ciri Suami Selingkuh

15. Penurunan kondisi finansial

Orang yang sedang berselingkuh biasanya akan berfoya-foya dengan selingkuhannya. Tak jarang ia menghabiskan uang untuk memikat selingkuhan dan untuk berjalan-jalan ke tempat yang tidak diketahui sang istri. Tidak sedikit uang yang dihabiskan untuk selingkuh, tak heran jika kondisi finansial menurun akibat hal ini.

16. Suami sering menyalahkan dan memutarbalikkan keadaan saat bertengkar

Demi menutup rasa bersalahnya, ia akan memutarbalikkan masalah saat istri mulai mencium gelagat aneh suami. Ia bersikap seolah-olah menjadi korban untuk memvalidasi perbuatan yang ia lakukan. Ia juga akan membuat istri merasa bersalah dan tak berdaya, seolah-olah perbuatannya merupakan kesalahan sang istri.

17. Sering mengacuhkan panggilan telepon

Jika istri mulai sulit menghubungi suami dikarenakan ponselnya sering mati atau panggilan tidak diangkat, maka hal itu patut dicurigai. Saat ia bersama selingkuhannya, ia akan mematikan ponsel atau mengatur mode silent agar tidak dicurigai. Jika istri bertanya, ia akan menjawab ponselnya ketinggalan, lupa men-charge atau ponselnya mendadak error. Suami yang sudah mulai mengabaikan istri cenderung tak peduli dengan keluarga, walaupun terjadi masalah genting sekalipun.

18. Banyak berkutat dengan ponselnya

Suami yang sering asyik dengan ponselnya bisa jadi sedang berselancar di sosial media atau chatting dengan seseorang. Patut dicurigai jika isi ponselnya memiliki banyak aplikasi chat atau akun sosmed.

Cek aplikasi chat terakhir, jam berapa ia masih berkutat chatting di ponselnya. Jika ia terlihat masih chatting beberapa menit lalu, kemudian di history nya chat terakhir tertulis beberapa jam lalu, artinya ia sudah menghapus chat tersebut. Harus diwaspadai jika ia sering menghapus pesan, sudah dipastikan ia sedang menutupi sesuatu.

19. Sering terlihat kikuk jika pulang kerja

Jika istri mendapati suami yang gelisah saat pulang kerja, itu tandanya ia menutupi sesuatu. Ia merasa takut jika tercium bau parfum wanita, takut ditanya habis darimana, habis bertemu siapa, atau belum sempat membuat skenario untuk berbohong pada sang istri.

[algolia_carousel page=2]

Ia akan langsung memilih mandi lalu membenamkan diri ke kasur dengan alasan lelah seharian bekerja. Sejatinya suami yang pulang bekerja akan langsung berkeluh kesah pada istri mengenai kesibukannya, alih-alih menghindar jika ditanya istrinya.

20. Banyak berbohong dan tidak konsisten

Sekali berbohong maka ia akan terus menutupi dengan kebohongan lainnya. Orang yang berbohong tidak akan konsisten dengan ucapannya. Jika ditanya sesuatu tidak ada jawaban pasti.

Saking banyaknya kebohongan yang ia buat, bisa jadi ia pun lupa akan kebohongannya. Jebak saja dengan suatu pertanyaan, apakah jawabannya konsisten atau tidak. Ia cenderung menjawab dengan jawaban yang menggantung seperti “tidak tahu”.

Perhatikan gestur saat ia menjawab, apakah ia gelisah atau tidak. Tatapan mata ke kanan-kiri, bagaimana cara tangannya bergerak, berbicara sambil menggosok-gosok hidung, atau berbicara terbata-bata.

Untuk pembohong kelas kakap, ia justru berusaha bersikap tenang, dan sorot matanya tajam untuk membuktikan ia sedang tidak berbohong. Cukup percaya saja dengan insting yang Tuhan beri. Tetap tenang dan berdoa, karena orang yang menyimpan bangkai akan tercium juga di kemudian hari.

Jenis-Jenis Selingkuh

Ciri Suami Selingkuh
unsplash.com

1. Selingkuh emosional

Selingkuh emosional biasanya dimulai dari hubungan teman semata. Jika suami memiliki teman wanita dan mereka menemukan kecocokan, mereka bisa intens berkomunikasi karena didasari faktor kenyamanan.

Mereka bisa berkomunikasi dari hal yang sifatnya umum, lalu bisa menjurus ke hal yang pribadi. Jika suami sudah bisa menceritakan tentang masalah yang cukup personal, maka ia merasa ada kenyamanan yang didapat dari perempuan tersebut. Jika sang perempuan tidak menerapkan batasan, hubungan bisa berlanjut lebih jauh lagi.

Tidak mudah untuk mengetahui mana teman wanita biasa atau “teman spesial” yang dekat dengan suami. Istri sebaiknya mulai mengetahui teman wanita yang biasa dekat dengannya.. Tak ada salahnya untuk berteman juga dengan mereka. Hal ini menjadikan perasaan istri lebih nyaman dan tidak perlu mencurigai teman wanita nya satu persatu.

2. Selingkuh fisik

Setelah merasa nyaman dengan lawan jenis, hubungan bisa berlanjut dengan menjalin hubungan yang lebih intim. Sentuhan tangan, pelukan hingga hubungan intim bisa dikatakan selingkuh secara fisik.

Ada baiknya suami istri berkompromi untuk menerapkan batasan pada lawan jenis masing-masing. Bagi sebagian orang, berpelukan atau mencium pipi lawan jenis bisa saja pertanda keakraban tanpa didasari rasa cinta. Oleh karena itu, pasutri harus membuat batasan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat menyakiti hati pasangan.

3. Selingkuh digital

Tak melulu sentuhan fisik. Suami flirting di aplikasi atau media sosial sudah dikatakan selingkuh, Grameds. Likes postingan perempuan, saling memuji, hingga berkirim pesan merupakan praktik selingkuh yang tak bisa dimaafkan.

Walaupun suami berkelit bahwa hal itu cuma “iseng”, namun perbuatannya tidak bisa dibiarkan terus-menerus. Suami harus tahu bahwa tindakannya bisa menjurus ke arah yang lebih jauh.

Dilansir dari Wolipop, suami berselingkuh di dunia digital karena hal tersebut menjadi tantangan untuk melepas stres. Ada kepuasan tersendiri untuk bermain media sosial dengan membuat fake account, mem-follow wanita yang menjadi target, hingga bisa berinteraksi dengan target masing-masing.

Kebanyakan suami bisa leluasa selingkuh dengan metode ini, karena sang istri gaptek atau terlalu sibuk mengurus buah hati. Ditambah lagi, lingkaran pertemanan suami yang juga menjadi partner in crime bisa mengelabui istri agar mereka bebas berselingkuh. Jika istri curiga, suami bisa berdalih bahwa selingkuhannya merupakan sebatas teman hangout saja. Apalagi jika mereka pintar menghapus jejak, bukti chat bisa mereka sembunyikan/hapus agar tidak ketahuan pasangan.

4. Selingkuh secara mental

Selingkuh yang satu ini tidak separah selingkuh fisik atau digital, namun dapat menurunkan keharmonisan rumah tangga. Selingkuh secara mental adalah saat suami membayangkan seorang wanita, baik itu hanya membayangkan sosoknya hingga berfantasi ke hal yang lebih intim. Walaupun hanya sekadar fantasi, perbuatan ini merupakan hal yang menyakiti hati istri.

Istri bisa mencurigai jika suami terlihat sering melamun atau memuji sosok wanita tertentu. Misalkan memuji bagian tubuhnya secara terus menerus, lalu kerap membandingkan istri dengan sosok pujaannya.

Bicarakan dengan suami jika sudah terdapat tanda-tanda ia sering berfantasi. Sejatinya suami harus realistis dan fokus pada keluarga. Terlalu banyak berfantasi juga menurunkan konsentrasi dan produktivitas kerja. Lakukan kegiatan bersama agar ia tidak memiliki waktu untuk berkhayal yang tidak-tidak.

5. Selingkuh finansial

Selingkuh secara finansial tak melulu hubungan spesial dengan lawan jenis. Tindakan menutupi atau menyelewengkan keuangan pada istri sudah termasuk kategori selingkuh. Kurangnya komunikasi mengenai keuangan menjadi pencetus selingkuh finansial.

Adakalanya suami diam-diam menganggarkan dana untuk orang tua, keluarga, atau sekadar untuk kebutuhannya sendiri. Meskipun tidak ada tendensi negatif, istri memiliki hak untuk mengetahui anggaran rumah tangga. Kunci keharmonisan pasutri adalah transparansi dalam segala hal, salah satunya mengenai keadaan finansial.

Diskusikan anggaran rumah tangga bersama-sama. Selain agar bisa mengatur keuangan, keharmonisan juga bisa terjalin karena adanya saling percaya. Ketahui sumber pendapatan suami, kelola keuangan rumah tangga, dan bersikap legowo jika suami menganggarkan sebagian dana untuk diri sendiri dan keluarganya. Hal ini bisa mengurangi kecenderungan suami diam-diam memiliki “dana khusus” dengan alasan takut menyakiti hati istri.

Cara Menghindari Suami Selingkuh

1. Ketahui bahasa cinta suami

Cari tahu apa bahasa cinta masing-masing. Apakah sentuhan fisik, hadiah, quality time, pemberian kata-kata positif, atau layanan dari pasangan. Ketidaktahuan bahasa cinta antar pasangan akan berakibat hambarnya suatu hubungan karena tidak bisa saling mengisi kebutuhan emosi satu sama lain. Hal ini mengakibatkan suami mencari kebutuhan tersebut pada orang lain.

2. Luangkan waktu bersama suami

Saat istri disibukkan oleh urusan domestik atau pekerjaan kantor, adakalanya suami ingin ditemani untuk sekedar bercerita atau melepas penat. Luangkan waktu sejenak untuk sekedar ngobrol sambil diberi camilan favoritnya.

Bisa juga melakukan hobi berdua seperti olahraga bersama atau atau sekedar cuddling di rumah saja. Kedekatan fisik dan emosi yang terjalin bisa menambah keharmonisan suami istri seperti yang terangkum di buku “Amalan Istri Agar Sayang, Setia & Tidak Selingkuh” berikut ini.

Ciri Suami Selingkuh

3. Ketahui minat dan hobi suami

Suami seringkali mencari teman mengobrol mengenai apa yang menjadi minatnya. Misal, jika ia senang bersepeda, ia akan berbicara tentang merek sepeda beserta aksesoris pada temannya. Ia juga akan mencari partner untuk melakukan hobi tersebut. Alangkah baiknya jika istri turut mengikuti informasi dan bisa bertukar pikiran tentang apa yang suami minati. Maka kecil kemungkinan ia mencari orang lain yang bisa diajak berdiskusi mengenai apa yang disukainya.

4. Selalu terbuka akan wawasan baru

Banyak membaca dan menggali informasi agar bisa menjadi lawan bicara suami. Mendengarkan berita, membaca artikel, atau membaca buku bisa menambah wawasan agar bisa “nyambung” dan tidak dibodohi.

5. Tidak gaptek

Biasanya lelaki selalu selangkah di depan untuk urusan teknologi. Tidak harus menjadi programmer dadakan, istri cukup menguasai teknologi seperti mengenal fitur ponsel atau laptop. Kenali macam-macam aplikasi dan cara kerjanya. Hal ini sangat berguna jika suami sering berkutat dengan gawai nya. Istri harus tau bagaimana cara mengecek history chat, aplikasi apa yang ia gunakan, sampai melacak keberadaan suami via aplikasi tracker jika ada tendensi perselingkuhan.

6. Dekat dengan teman atau rekan kerjanya

Jadikan teman suami menjadi teman istri juga. Hal ini berguna untuk mencari informasi tentang keberadaan suami, apa yang menjadi minatnya, serta bisa menghabiskan waktu bersama mereka tanpa curiga. Terkadang teman yang baik justru bisa pro pada istri apabila suami bersikap yang “aneh-aneh”

7. Transparan atas keuangan dan kelola bersama-sama

Bicarakan keadaan finansial secara terbuka. Berapa pendapatan yang diterima serta pos-pos apa saja yang harus dibayarkan. Ketahui apa yang menjadi target finansial agar bisa sama-sama berjuang meraih target tersebut. Istri harus proaktif untuk urusan keuangan, agar tau kemana saja dana rumah tangga mengalir.

8. Terbuka atas akun yang dimiliki pasangan namun tetap hargai privasinya

Sejatinya suami istri akan selalu terbuka dalam berbagai hal. Pasangan yang menjaga kesetiaan justru tidak akan insecure dengan akun social media yang dimilikinya. Tidak ada yang harus ditakuti jika istri mengecek akunnya. Istri bisa waspada jika ada teman wanita yang konsisten memberi likes dan sering berinteraksi. Bicarakan dengan suami jika itu membuat tidak nyaman.

9. Berdiskusi untuk mengetahui apa yang diinginkan/tidak diinginkan satu sama lain

Ketahui apa yang disukai atau tidak diketahui pasangan. Hal ini bisa menjadi pakem dalam rumah tangga agar bisa saling menghargai.

10. Menjadi istri yang produktif

Produktif bukan berarti harus memiliki penghasilan sendiri. Produktif bisa juga dengan cara melakukan hal yang dapat menambah wawasan, lingkaran pertemanan, dan jadi lebih positif. Hal ini bisa mendongkrak percaya diri agar tidak diremehkan, Grameds.

11. Mendekatkan diri pada Tuhan

Setelah semua tips di atas telah dipenuhi, pasrahkan pada Tuhan agar senantiasa menjaga sang suami. Yakinlah bahwa Tuhan akan selalu menjaga setiap umat-Nya, dan senantiasa berdoa agar rumah tangga selalu terberkati. Pelajari hukum pernikahan melalui Buku “Ensiklopedia Fikih Indonesia Pernikahan” yang akan menambah wawasan dalam menjalani biduk rumah tangga.

Ciri Suami Selingkuh

Tidak ada gading yang tak retak, pernikahan memang bukan hal yang mudah untuk dijalani. Retaknya bahtera pernikahan bisa karena andil kedua belah pihak, namun jika memang seseorang dasarnya tidak setia, sesempurna apapun istrinya, maka ia akan selingkuh juga. Selingkuh itu pilihan, tidak ada alasan yang dibenarkan untuk berselingkuh.

Apapun masalah rumah tangganya, selingkuh bukanlah solusi. Selain melanggar norma agama karena perzinahan, dalam Undang Undang Pernikahan, selingkuh bisa dikenakan ancaman pidana paling lama 9 bulan. Berat juga ya kalau selingkuh, selain bikin lelah, sanksinya juga sampai ke akhirat. Jadi jangan ditiru ya, Grameds.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda